Buat kerja? Ngapain yg aneh2? Fungsional ajalah kec memang bidang krjanya yg kreatif macem advertising or bengkel customizer.
Bikin sedan jd pikap itu gak sesimpel: Potong » rapikan » abbracadabra jadi, imo. Dia menyangkut struktur buat pembebanan. Kalo for show purposes only sih no prob. Membuang atap dan dudukan engsel bagasi brarti merusak kalkulasi struktur dr pabrikan, bila ngga dilakukan reinforce di titik2 tertentu guna mengkompensasi bagian yg dibuang.
Nah, apakah kalkulasi reinforce ini semua bengkel custom bisa? TIDAK.
Belmont (dlm bntuk pikap, onetonner, dan panel van), walau dia bentuk sedan, tp full ladder frame dpan blakang persis jip jadul, memang buat kuda beban, beda ama Belmont sedan yg laddernya cm setengah dr depan smpe tengah.
Banyak memang pikap sedan berbasis dr sedannya, kek Pug 504, tp itu rancangan pabrik dgn itungan teknis matang, bkan hasil kerja bengkel custom. Customan pikap dr sedan di Indo jg banyak, ada bbrapa Mercy Tiger pikap, soal kekuatan, wallahualam deh.
Coz di Indo, udah trlalu banyak bngkel custom yg cm ngejar tampilan, soal struktur dan safety mah NOL. Gak laik jalan, boro2 dipake jd angkutan barang.
Kl msh ngotot, biar aman buat kerja, ambil sedan yg basisnya msh pk chassis ladder, macem Crown tua. Kl ngotot bikin pikap dr sedan compact bercasis monoko, make sure bengkel customnya bener2 gape. DAN, bersiaplah terima resikonya.
Gak lucu kan dipake angkut barang, mobilnya lama2 jd ngendoi di tengah bodi.. Patah pinggang, istilahnya.
Just FYI, temen ane ngeresto VW golf mk1 4 pintu mo dibikin 2 pintu aja gak direkomen ama rekan2 Golfer dia coz bakal muntir ntar strukturnya. Apalagi kl dibikin pikap.
Kl tetep mo nyentrik buat kerja, bagi ane pribadi Kijang kotak uda cukup 'lucu'. Resto, rapikan detail, sehatin mesin, kinclongkan cat, pasang velg retro nongol bodi kek TRD Tosco, dijamin anda akan diliat org drpd motong Holden Gemini jd pikap yg mungkin lebih unik by visual tp ngga safety buat ke depannya dan sgt sulit dijual lg kl someday bosen.