

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
maskudnya :wibawana wrote:pas awalnya oero terasa irit dan memang mesin terasa beda getarannya. memang rada halus...(waduh jauh banget sama premium) dan mobil yang saya rasakan terasa lebih irit, tapi setelah beberapa kali isi pertamax saya rasakan kok irit nya di mobil oreo saya hilang ya?? irit di awalanya saja. setelah kegiatan kantor selesai, si oreo kembali minum premium... dan memang saya rasakan konsumsi bbm nya sama.
confirm om, ada teman yg di s** migas juga bicara hal yg sama. khusus yg saya bold diatas. jadi kalo lagi hoki dapat yg jatah import ya Ron 90 keisinyaTurboman wrote:Menurut sumber yg dapat dipercaya :
Premios yg skg ini dimana banyak yg ex import, angka RON nya memang di atas 90 krn kilang2 di luar sudah nyaris gak ada lagi yg produksi RON 88
seringnya RON 90 - 91 en bahkan kalo stok RON basic di luar habis, konon si P*tr*l ambil yg RON 95 utk dijadikan Premios, walau mmg yg diambil adalah Gasoline yg paling murah dimana poor on additip / additip ala kadarnya
cuman yg nurunin kualitas Premios di SPBU adalah soal ground handlingnya, kecampur aer lah, kecampur solar lah dll
Btw kalo soal irit / nggak irit yah tergantung kaki kanan & lalu lintas lah......kalo rutin pake Premios alangkah baiknya dikasih additive cleaner yg mengandung PEA
Just IMO
wow... terus hubungannya dgn kompresi?asudarsono wrote:Ya itulah om Billy, kadang kita heran kenapa monil baru kok malah mintanya bahan bakar oktan tinggi. Sedangkan mobil gue yg jadul berkarbu nyaman aja pakai premium. Ada dua hal
1. Premium sering dicampur etanol menjadi bio-premium. Mesin mana pun gak doyan itu etanol. Mesin modern apalagi krn no 2 di bawah.
2. Mesin modern cenderung lean burn, artinya campuran bensinnya dikurangi. Makanya kalau mobil modern akselerasi awalnya gak galak. Makin tinggi level Euro nya makin lean burn. Khan emisi dihitungnya dgn ppm. Makin dikit parts yg masuk, hitungan per millionnya jadi lebih encer.
Jadi bukan karena insinyur jaman injeksi lebih bego dari jaman karbu, sehingga hilangin detonasi aja gak bisa tapi emang tuntutan jaman begitu. Kalau mau mobil distel bisa pakai premium, saya udah biasa melakukan, tapi khan maksud pabrikannya bikin mobil yg emisi rendah dan irit jadi gak kesampaian.
Konkretnya, Duke 200 vs Pulsar 200NS kalau drag race banyak menang Pulsarnya. Bukan saja karena yg buat video org India, tapi emang Duke 200 yg injeksi buat pasar Eropa yg emission minded.
@ Pak Turboman : mohon petunjuk lbh lanjut, merk apa yg cocok utk dipakaikan ke Honda FREED;Turboman wrote:Menurut sumber yg dapat dipercaya :
Premios yg skg ini dimana banyak yg ex import, angka RON nya memang di atas 90 krn kilang2 di luar sudah nyaris gak ada lagi yg produksi RON 88
seringnya RON 90 - 91 en bahkan kalo stok RON basic di luar habis, konon si P*tr*l ambil yg RON 95 utk dijadikan Premios, walau mmg yg diambil adalah Gasoline yg paling murah dimana poor on additip / additip ala kadarnya
cuman yg nurunin kualitas Premios di SPBU adalah soal ground handlingnya, kecampur aer lah, kecampur solar lah dll
Btw kalo soal irit / nggak irit yah tergantung kaki kanan & lalu lintas lah......kalo rutin pake Premios alangkah baiknya dikasih additive cleaner yg mengandung PEA
Just IMO
ya gw setuju klw tuntutan emisi jg ada hubungan dgn req fuel.. dan ada hubungan dgn AFR knp harus 14.7:1 .....asudarsono wrote:Ya gitulah, AFR makin lama makin miskin. Syukur2 sampai 1:65 atau lebih. Ya mungkin gak pakai pertamax lagi, tapi rocket fuel.
Apa ya hubungannya sama kompresi? Aku juga gak ngerti tuh. Aku terus terang gak ngerti, apa susahnya membuat ruang bakar yg baik, shg front api bisa menjalar tanpa detonasi. Dulu Toyota baru belajar dengan Kijangnya atau Kia dengan Rionya emang detonasi. Tapi khan insinyurnya udah canggih2.
Yg bikin susah khan peraturan emisi yg makin ketat. Makanya di dunia sepeda motor, banyak pabrikan yg beralih dari karbu ke fuel injection di mana motornya mengalami stall. Contohnya Ninja dan Benelli. Setelah diremapping baru waras deh. Semprotan bensinnya di rpm rendah digedein.
Kalau mengapa tangki2 pertama beralih dari premium ke pertamax kok tambah enak, karena pertamax ada aditifnya, termasuk aditif pembersih. Enak dong kayak dicarbon clean.
wkwwkasudarsono wrote:Ya deh, yang mau pakai pertamax juga gak dilarang kok. Malah mobil mewah kalau isi premium suka difoto2 terus diuplot.
Dulu Vios kudu tandatangan pernyataan gak pakai premium. Ternyata Limo yg buat taxi pakai premium semua, kecuali waktu premium kacau trus fuel pump pada hancur. LCGC juga mau distel kudu pertamax, tapi malah pejabatnya ragu sendiri.
Gitu aja ya. Namanya pendapat.