Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas ??

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

wibawana
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Aug 19, 2012 12:02

Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas ??

Post by wibawana »

mau sharing pengalaman saya gonta ganti jenis bensin kendaraan oreo saya. di suatu hari kantor saya memberikan jatah bensin sebanyak 25 liter untuk keperluan transport kegiatan yang dilakasankan di luar kota. dan itu berbentuk kupon, dan ini biasa di tukarkan ke pom bensin yang telah melakukan hubungan kerjasama dengan instansi tertentu. bensin yang di dapat adalah Pertamax, kaerna memang harus memakai bbm no subsidi. sehari hari oreo saya cuma minum premium aja... jadi saya hafal konsumsi bbm untuk mobil ini. pas bensin mobil habis dan jarum penunjuk bahan bakar sudah udah mentok sementok mentoknya langsung saya masuk ke pom bensin dan tukar kuponnnya. dapat 25 liter Pertamax! wow... jarang jarang dapat pertamax,, harganya itu lho,,,, hu huuuuu.... :mky_01: . pas awalnya oero terasa irit dan memang mesin terasa beda getarannya. memang rada halus... :big_blushing: (waduh jauh banget sama premium) dan mobil yang saya rasakan terasa lebih irit, tapi setelah beberapa kali isi pertamax saya rasakan kok irit nya di mobil oreo saya hilang ya?? irit di awalanya saja. setelah kegiatan kantor selesai, si oreo kembali minum premium... dan memang saya rasakan konsumsi bbm nya sama. tapi getaran mesin memang beda di saat memakai pertamax. yang jadi pertanyaan saya adalah : kenapa konsumsi bbm nya irit dan mungkin sangat irit menurut saya disaat pertama kali di isi Pertamax?? apa karena masih tercampur sisa premium di tangki ya??? apa ada pengaruh dari ECU mobil yang masih berpatokan pada premium??
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by htannis »

kalauu dari pengalaman dulu, dari terrano, livina, innova vvti, oddesey rb1, mercy e320, emang gak pernah merasa beda sih, makanya akhirnya sampe skrg settle pake premium, tenaga sama, fc sama kok. kalau sekarang sih settle pake bio solar
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by singachu »

wibawana wrote:pas awalnya oero terasa irit dan memang mesin terasa beda getarannya. memang rada halus... :big_blushing: (waduh jauh banget sama premium) dan mobil yang saya rasakan terasa lebih irit, tapi setelah beberapa kali isi pertamax saya rasakan kok irit nya di mobil oreo saya hilang ya?? irit di awalanya saja. setelah kegiatan kantor selesai, si oreo kembali minum premium... dan memang saya rasakan konsumsi bbm nya sama.
maskudnya :
* Pakai premium FC : A km/ltr
* Pertama pakai Pertamax, FC : A+B km/ltr
* Beberapa kali isi pertamax, FC : A km/ltr
* Balik premium, FC: A km/ltr


Gitu kah ?

regards,
singachu
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by andy1800 »

Secara teoritis, mmg kalau berganti ВВМ pada bilang perlu direset ECU, katanya spya data di memory ilang, shg ECU nya relearning lg bentar dg kondisi ВВМ yg baru.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by campoeran »

Nah , wa ikut grup altis di negara tetangga , kebanyakan konsumsi mereka gila2 , full tank bisa mencapai 600-800km walaupun 80% highway , wa udah pernah coba fulltank 80% highway ( pas lebaran ) dapatnya cuman 500an km .
Kt mereka kl mau irit reset ECUnya .

Gini kl di beres minta direset ECUnya bisa yak ?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by andy1800 »

Reset ECU, disini dlm arti ngosongin memory (data ttg maju mundurnya pengapian) itu bs jg dilakukan sndiri sih.
dg cara cabut fuse yg supply arus ke ECU, atau cabut aki (kutub negatif) selama sekian minit.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by campoeran »

:) nubi cupu gak ngarti , drpd salah praktek , mgkn nanti pas service di beres wa rekues deh . thx pak andi atas inponya
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by andy1800 »

Ɓƹ†űĹº°˚‎​​Ɓƹ†űĹº°˚‎​​˚ serahin aja ke beres. :off_good_job:

soalnya memang bagaimanpun kdg reset ECU tu tricky jg...baik yg diresetin beres maupun yg DIY....intinya sblm reset hrs dicermati/yakin dulu bhw kondisi TB dan sensor2nya hrs dlm kondisi sebersih mgkin. mendekati bersihnya pas keluar dr pabrik deh.

Soalnya, sblm ecu direset, ada sbagian mobil tu yg EcU nya punya kemampuan menyimpan data kebiasaan posisi dari si TB dll itu. klo TB kotor misalnya, maka si EcU dah terbiasa kasih kompensasi dg menyetel posisi bukaan throttle jd sekian derajat...nah masalahnya, Ecu learning (averaging data) yg model begitu tu biasanya terjadinya dlm kurun wktu yg ckup lama.
Nah pd saat direset, maka data konpensasi itu ikutan ilang jg. Ini yg bs mjd 'masalah'.
Agak tricky mmg. Jd klo di beres, itu kan jd tggjwb si beres klo ada gak enak2nya hbs direset.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by Penikmat_Kopi »

emang ada ya hasil penelitian bbm non subsidi lebih irit drpd bbm bersubsidi?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by andy1800 »

Ga tau klo penelitian akadmis.

Mgkin kbyakan berlandaskan logika dasar sih:
- ввм lbh baik, ron lbh tinggi = pembakaran efisien.
- pembakaran efisien = tenaga outputnya optimal
- klo tenaga optimal = towel dikit aja dah ngacir. Dbandingkan yg tdk optimal, harus bejek lbh dalem = lbh byk bensin ngucur.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by campoeran »

Pas wa isi pertamax / p+ dibanding shell V-Power beda iritnya mmg gak jauh paling misal kl pertamax biasanya 1:9 ini bisa 1:9.5-9.7

Cm yg paling kentara tarikannya .......wussss uenak banget tp mundur dah cm sekali isi doank balik lagi ke pertamax haha.
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by Deasegara »

RON BBM hubunganya dengan compression ratio. Semakin tinggi RON akan semakin sulit untuk terbakar, untuk terbakar dengan sempurna dibutuhkan compression yg lebih tinggi. Jadi kalo mobil didesain RON 88 trus diisi RON 95 ya buang duit aja.
Atau sebaliknya design RON 95 diisi RON 88 gak akan sempurna. Kecuali dilakukan adjusment.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by Turboman »

Menurut sumber yg dapat dipercaya :
Premios yg skg ini dimana banyak yg ex import, angka RON nya memang di atas 90 krn kilang2 di luar sudah nyaris gak ada lagi yg produksi RON 88

seringnya RON 90 - 91 en bahkan kalo stok RON basic di luar habis, konon si P*tr*l ambil yg RON 95 utk dijadikan Premios, walau mmg yg diambil adalah Gasoline yg paling murah dimana poor on additip / additip ala kadarnya

cuman yg nurunin kualitas Premios di SPBU adalah soal ground handlingnya, kecampur aer lah, kecampur solar lah dll

Btw kalo soal irit / nggak irit yah tergantung kaki kanan & lalu lintas lah......kalo rutin pake Premios alangkah baiknya dikasih additive cleaner yg mengandung PEA

Just IMO
* Bukan ajakan Beli *
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by twa »

Turboman wrote:Menurut sumber yg dapat dipercaya :
Premios yg skg ini dimana banyak yg ex import, angka RON nya memang di atas 90 krn kilang2 di luar sudah nyaris gak ada lagi yg produksi RON 88

seringnya RON 90 - 91 en bahkan kalo stok RON basic di luar habis, konon si P*tr*l ambil yg RON 95 utk dijadikan Premios, walau mmg yg diambil adalah Gasoline yg paling murah dimana poor on additip / additip ala kadarnya

cuman yg nurunin kualitas Premios di SPBU adalah soal ground handlingnya, kecampur aer lah, kecampur solar lah dll

Btw kalo soal irit / nggak irit yah tergantung kaki kanan & lalu lintas lah......kalo rutin pake Premios alangkah baiknya dikasih additive cleaner yg mengandung PEA

Just IMO
confirm om, ada teman yg di s** migas juga bicara hal yg sama. khusus yg saya bold diatas. jadi kalo lagi hoki dapat yg jatah import ya Ron 90 keisinya :mrgreen: tapi kalo dapat yg lokal ya nasib :mrgreen:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

perasaan jauh bngt premium n pertamax d mira gw....
pertamax ke plus juga jauh lg.


engine skrng ada knock sensornya, dia butuh waktu untuk ngeset ulang timing jika ganti2 bbm atau di campur aditif. jadi efeknya baru kerasa minimal 2-3x full tank.

setelah pke 95 pke 92 pasti kerasa drop n ngelitik... apa lagi klw pke 88....

dari 88 ke 95 tidak akan langsung kerasa bedanya. karna mesin perlu adjust advancing timing nya lagi. kec d reset ecuny.

klw iya sekali2 lg hoki isi premium isinya ron 90, ecu nya harus ngatur lg timingnya dan biasanya rada lama bru kerasa efeknya.... fulltank berikutnya dpt 88.. malah ngelitik lagi. :frm_bang_head:

toh mbl modern kompresi 10.5:1 baru optimal di ron95.... d 92 aja klw d siksa masih ngelitik... 90 engga dulu deh.


oktan yg sesuai dengan kompresi mesin memungkin kan fuel di ledakan titik TDC dan kompresi maksimal a.k.a saat piston berada di titik paling atas, oktan yg rendah memiliki resiko fuel terbakar saat piston masih bergerak naik ini yg bikin knocking karna piston masih naik tp fuel uda meledak, hasilnya fuel itu jadi wasted tidak jadi tenaga malah ngehantam piston yg bergerak naik *liat piston bolong akibat keseringan knocking*.

knocking sensor ngebaca knocking dan berusaha mengurangi nya salah satunya mundurin timing pengapian jadi lebih retard setelah lewat TDC/topdeadcenter saat piston bergerak turun, tujuannya agar energi yg di hasilkan ledakan lebih kecil suhu/kalor yg di hasilkan lebih rendah dan di putaran berikutnya fuel tidak akan terbakar sebelum waktunya/knocking diharapkan tidak terjadi.

byngkan mengayuh sepedah, jika di kayuh saat pedal di posisi puncak dan jika di kayuh saat sudah 3/4 jalan turun pasti beda kan lajunya? ini yg bikin timing yg g tepat akibat oktan yg g tepat tenaga lebih kecil.

dan jika dgn oktan 95 uda cocok dgn kompresi mesin dan bisa ngasilin pembakaran optimal d TDC terus.. uda g perlu oktan 98-100 g akan ngasilin tenaga lebih... kec mesin sudah di modip.. highcompresion, forced induction atau remap timing bikin lebih advance lg


bisa juga dgn naikin jumlah fuel yg di bakar jadi lebih rich lebih dari AFR ideal stockiometris 14,7:1, rich burn cendurng tidak sepanas stockiometris burn apalagi lean burn...AFR lebih rich,lebih banyak fuel yg di bakar jadi lebih boros.

cmiiw
coret2 ane.. :D :D
http://indonesianmirageclub.com/forum/v ... 98ba8565d2


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by asudarsono »

Ya itulah om Billy, kadang kita heran kenapa monil baru kok malah mintanya bahan bakar oktan tinggi. Sedangkan mobil gue yg jadul berkarbu nyaman aja pakai premium. Ada dua hal

1. Premium sering dicampur etanol menjadi bio-premium. Mesin mana pun gak doyan itu etanol. Mesin modern apalagi krn no 2 di bawah.
2. Mesin modern cenderung lean burn, artinya campuran bensinnya dikurangi. Makanya kalau mobil modern akselerasi awalnya gak galak. Makin tinggi level Euro nya makin lean burn. Khan emisi dihitungnya dgn ppm. Makin dikit parts yg masuk, hitungan per millionnya jadi lebih encer.

Jadi bukan karena insinyur jaman injeksi lebih bego dari jaman karbu, sehingga hilangin detonasi aja gak bisa tapi emang tuntutan jaman begitu. Kalau mau mobil distel bisa pakai premium, saya udah biasa melakukan, tapi khan maksud pabrikannya bikin mobil yg emisi rendah dan irit jadi gak kesampaian.

Konkretnya, Duke 200 vs Pulsar 200NS kalau drag race banyak menang Pulsarnya. Bukan saja karena yg buat video org India, tapi emang Duke 200 yg injeksi buat pasar Eropa yg emission minded.
Ready to Race
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

asudarsono wrote:Ya itulah om Billy, kadang kita heran kenapa monil baru kok malah mintanya bahan bakar oktan tinggi. Sedangkan mobil gue yg jadul berkarbu nyaman aja pakai premium. Ada dua hal

1. Premium sering dicampur etanol menjadi bio-premium. Mesin mana pun gak doyan itu etanol. Mesin modern apalagi krn no 2 di bawah.
2. Mesin modern cenderung lean burn, artinya campuran bensinnya dikurangi. Makanya kalau mobil modern akselerasi awalnya gak galak. Makin tinggi level Euro nya makin lean burn. Khan emisi dihitungnya dgn ppm. Makin dikit parts yg masuk, hitungan per millionnya jadi lebih encer.

Jadi bukan karena insinyur jaman injeksi lebih bego dari jaman karbu, sehingga hilangin detonasi aja gak bisa tapi emang tuntutan jaman begitu. Kalau mau mobil distel bisa pakai premium, saya udah biasa melakukan, tapi khan maksud pabrikannya bikin mobil yg emisi rendah dan irit jadi gak kesampaian.

Konkretnya, Duke 200 vs Pulsar 200NS kalau drag race banyak menang Pulsarnya. Bukan saja karena yg buat video org India, tapi emang Duke 200 yg injeksi buat pasar Eropa yg emission minded.
wow... terus hubungannya dgn kompresi?

leanburn? setau gw, mobil modern d kondisi closeloop patokanya d AFR 14.7:1 Stoichiometry dan belum masuk katagori lean-burn engine, yang AFRny hingga 65:1..

suhu tolonng di jelasin :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
genisukma
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Sun Apr 20, 2008 18:38
Location: surabaya

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by genisukma »

Turboman wrote:Menurut sumber yg dapat dipercaya :
Premios yg skg ini dimana banyak yg ex import, angka RON nya memang di atas 90 krn kilang2 di luar sudah nyaris gak ada lagi yg produksi RON 88

seringnya RON 90 - 91 en bahkan kalo stok RON basic di luar habis, konon si P*tr*l ambil yg RON 95 utk dijadikan Premios, walau mmg yg diambil adalah Gasoline yg paling murah dimana poor on additip / additip ala kadarnya

cuman yg nurunin kualitas Premios di SPBU adalah soal ground handlingnya, kecampur aer lah, kecampur solar lah dll

Btw kalo soal irit / nggak irit yah tergantung kaki kanan & lalu lintas lah......kalo rutin pake Premios alangkah baiknya dikasih additive cleaner yg mengandung PEA

Just IMO
@ Pak Turboman : mohon petunjuk lbh lanjut, merk apa yg cocok utk dipakaikan ke Honda FREED;
Thanks :frm_salut:
Utamakan tidur nyenyak drpd makan enak;
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by asudarsono »

Ya gitulah, AFR makin lama makin miskin. Syukur2 sampai 1:65 atau lebih. Ya mungkin gak pakai pertamax lagi, tapi rocket fuel.

Apa ya hubungannya sama kompresi? Aku juga gak ngerti tuh. Aku terus terang gak ngerti, apa susahnya membuat ruang bakar yg baik, shg front api bisa menjalar tanpa detonasi. Dulu Toyota baru belajar dengan Kijangnya atau Kia dengan Rionya emang detonasi. Tapi khan insinyurnya udah canggih2.

Yg bikin susah khan peraturan emisi yg makin ketat. Makanya di dunia sepeda motor, banyak pabrikan yg beralih dari karbu ke fuel injection di mana motornya mengalami stall. Contohnya Ninja dan Benelli. Setelah diremapping baru waras deh. Semprotan bensinnya di rpm rendah digedein.

Kalau mengapa tangki2 pertama beralih dari premium ke pertamax kok tambah enak, karena pertamax ada aditifnya, termasuk aditif pembersih. Enak dong kayak dicarbon clean.
Ready to Race
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

asudarsono wrote:Ya gitulah, AFR makin lama makin miskin. Syukur2 sampai 1:65 atau lebih. Ya mungkin gak pakai pertamax lagi, tapi rocket fuel.

Apa ya hubungannya sama kompresi? Aku juga gak ngerti tuh. Aku terus terang gak ngerti, apa susahnya membuat ruang bakar yg baik, shg front api bisa menjalar tanpa detonasi. Dulu Toyota baru belajar dengan Kijangnya atau Kia dengan Rionya emang detonasi. Tapi khan insinyurnya udah canggih2.

Yg bikin susah khan peraturan emisi yg makin ketat. Makanya di dunia sepeda motor, banyak pabrikan yg beralih dari karbu ke fuel injection di mana motornya mengalami stall. Contohnya Ninja dan Benelli. Setelah diremapping baru waras deh. Semprotan bensinnya di rpm rendah digedein.

Kalau mengapa tangki2 pertama beralih dari premium ke pertamax kok tambah enak, karena pertamax ada aditifnya, termasuk aditif pembersih. Enak dong kayak dicarbon clean.
ya gw setuju klw tuntutan emisi jg ada hubungan dgn req fuel.. dan ada hubungan dgn AFR knp harus 14.7:1 .....

gw jadi bingung sendiri........ hebat bener... jadi intinya gw di bohongin nih g perlu pke pertamax?

jadi hubungan nya apa dgn kompresi? knp fuel di banyakin ilang detonasi?knp dengan remap di mobil modern bisa ngilangin detonasi? knp mbl harus pke ron 95? knp mbl jaman dulu gpp pakai ron 88?hasil akhirny tenaga besar mana?apa penyebap knocking?

ada link nya yg menguatkan teorinya?

kalau mobil baru yg gress minim endapan carbon,blm perlu carbon clean knp tetep aja signifikan performany lebih baik pke 95?aditif yg ada d fuel non subsidi apa aja selain detergent yg d mobil baru minim endapan, yg blm terlalu perlu pembersihan *except d vpower*?

lean burn engine uda ada loh......... dan g perlu pke rocket fuel.. wkwkw :D


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by ibar78 »

punya mobil masih mikirjn bensin.... :big_biglaugh: ....
:popcorn:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by asudarsono »

Ya deh, yang mau pakai pertamax juga gak dilarang kok. Malah mobil mewah kalau isi premium suka difoto2 terus diuplot.

Dulu Vios kudu tandatangan pernyataan gak pakai premium. Ternyata Limo yg buat taxi pakai premium semua, kecuali waktu premium kacau trus fuel pump pada hancur. LCGC juga mau distel kudu pertamax, tapi malah pejabatnya ragu sendiri.

Gitu aja ya. Namanya pendapat.
Ready to Race
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

asudarsono wrote:Ya deh, yang mau pakai pertamax juga gak dilarang kok. Malah mobil mewah kalau isi premium suka difoto2 terus diuplot.

Dulu Vios kudu tandatangan pernyataan gak pakai premium. Ternyata Limo yg buat taxi pakai premium semua, kecuali waktu premium kacau trus fuel pump pada hancur. LCGC juga mau distel kudu pertamax, tapi malah pejabatnya ragu sendiri.

Gitu aja ya. Namanya pendapat.
wkwwk :D gw sih pingin alesan jelas, hubungan ke performa gmn ke durabilitas gmn, knp butuh oktan yg tepat. pingin alesan teknis n jelas,

bukan teori konspirasi... atw takut di foto hahaha :D :D ya hak masing2 sih mau isi apa... wkwkw :D
dan bukan asal jalan, pingin mesin bisa jalan optimal, ngeluarin tenaga optimalnya......

mestinya type google juga jawabanya uda jelas,
hubungan kompresi,detonasi dan knocking, dan knp mobil modern butuh oktan lebih tinggi,gmn cara ngakalinnya dan apa resikonya, apa hubungan nya ke tenaga durabilitas dan emisi

ah emisi sih blm terlalu gw pikirin, yg no 1 tenaga n durabilitas... wkwk :D


kepikiran sih gas CNG/Envogas oktan120 rp3100/ltr........... hmmmmm

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by artoodetoo »

nubie menyimak ah
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by asudarsono »

Khan kuncinya di remapping. Krn mapping awal fokus ke emisi dan irit, ya keunggulannya di situ. Setelah remapping, tenaga naik dong. Emang maksudnya begitu kok.

Kalau gak diremap, ya itu tergantung kecanggihan sensor2nya.

Kalau mengenai durabilitas, maksudnya gimana ya om? Menurut saya lebih tergantung kualitas oli dan air pendinginan. Apa maksudnya busi cepet mati, piston bolong, ring aus, timbul kerak? Yang sering terjadi emang keraknya banyak. Kalau untuk mesin turbo aku juga gak paham, dulu punya WRX pakainya super terus.
Ready to Race