BEDA PERFORMA SIANG & MALAM
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
BEDA PERFORMA SIANG & MALAM
Pak PenyuTurbo, aku minta penjelasan nih... kan baru aja bawa Jeskoneng dari Sby - Jkt (lewat jalur selatan), aku merasakan ada perbedaan menyolok mengenai performa mesin.. Saat panas terik, rasanya tarikan jadi berat banget... Saat malam hari, apalagi di daerah pegunungan Jawa Barat, tarikan kok jadi jauh lebih ringan ? padahal jalan banyak tanjakan... Apakah fenomena ini umum terjadi pada semua jenis mesin mobil atau Jeskoneng aja yang bermasalah ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Yep, gejala umum.
Udara dingin = lebih padat kandungan oksigennya. Udara panas = lebih renggang kandungan oksigennya.
Apalagi kalau di Jakarta siang2, kandungan oksigennya kali jauh di bawah 20% (20% O2 = normal). Nafas aja engap karena polusi udara.
Paling kerasa kalau di daerah yang 4 musim. Bedanya (kerasanya) ada mungkin 100 hp waktu suhu turun dari 30c jadi 0c (atau di bawah 0c)
Udara dingin = lebih padat kandungan oksigennya. Udara panas = lebih renggang kandungan oksigennya.
Apalagi kalau di Jakarta siang2, kandungan oksigennya kali jauh di bawah 20% (20% O2 = normal). Nafas aja engap karena polusi udara.
Paling kerasa kalau di daerah yang 4 musim. Bedanya (kerasanya) ada mungkin 100 hp waktu suhu turun dari 30c jadi 0c (atau di bawah 0c)
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Bikin Cold Air Induction pakai Peltier
Mengenai Peltier :
http://saft7.com/?p=228
Dah itu kasih switch & Relay, pas jalan siang bolong panas terik, tinggal "klik" maka mengalirlah udara dingin menuju intake manifold......heuheuheuheue
IMHO :
Utk pembuangan panas yg Optimal Peltier mungkin harus didukung oleh mini electric fan
Mengenai Peltier :
http://saft7.com/?p=228
Dah itu kasih switch & Relay, pas jalan siang bolong panas terik, tinggal "klik" maka mengalirlah udara dingin menuju intake manifold......heuheuheuheue
IMHO :
Utk pembuangan panas yg Optimal Peltier mungkin harus didukung oleh mini electric fan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Wah soal Peltier idealnya discuss dengan pak Saftari yg punya web saft7.com, itu ide dari beliau dan rekan2 beliau konon ada bbrp yg sedang membuat project CAI dengan Peltier.
Kalau the latest thing yg ada pada saya adalah Methorel Octane Booster yg saya coba di Katana saya, Feroza (milik oom), Nissan Srena (milik cousin) semuanya dengan murni premium, tarikan RPM bawah - menengah improve significantly.
Kalau the latest thing yg ada pada saya adalah Methorel Octane Booster yg saya coba di Katana saya, Feroza (milik oom), Nissan Srena (milik cousin) semuanya dengan murni premium, tarikan RPM bawah - menengah improve significantly.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
Kalo CAI yang banyak tersedia itu kan pada dasarnya adalah filter udara model terbuka, dan supaya tidak menghisap panas udara mesin, biasanya ditambahi pelat pembatas untuk mengisolasi posisi oper air filter.... betul apa salah ya ? Kalo yang aku bayangin adalah yang lebih revolusioner, lebih dingin, mungkin pakai alat peltier ini, atau extra fan khusus, atau mungkin ada tukang AC yang bisa membuat saluran AC khusus untuk dimasukkan ke ruang air filter ya ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Selain CAI pendekatan lain adalah Water Injection (WAI), tentunya rekan2 sudah banyak yg mengetahuinya ttg WAI
http://saft7.com/?p=144
http://saft7.com/?p=147
Dari pengalaman salah seorang rekan di milis otomotif-l, aplikasi WAI di Corolla SEG nya memungkinkan dia mengeset lambda di atas 1 (AFR di atas 15:1) hanya dengan bensin premium, sehingga konsumsi BBM dapat lebih dihemat lagi.
Saat ini di MIT juga sedang berlangsung research berkaitan dengan WAI ini, tetapi yg diinjeksikan bukanlah air melainkan Ethanol :
http://www.greencarcongress.com/2006/10 ... rking.html
Dasar pemikirannya sama dengan WAI tetapi dengan Ethanol diharapkan penyerapan panas di combustion chamber lebih efektif daripada air, sehingga lambda bisa di set di atas 1 / memungkinkan boost turbo ditingkatkan dengan Compression ratio cylinder yg tetap tinggi, sehingga diharapkan dapat menghemat BBM secara cukup signifikan.
Mungkin pak Penyu dapat menjelaskan lebih detail.
http://saft7.com/?p=144
http://saft7.com/?p=147
Dari pengalaman salah seorang rekan di milis otomotif-l, aplikasi WAI di Corolla SEG nya memungkinkan dia mengeset lambda di atas 1 (AFR di atas 15:1) hanya dengan bensin premium, sehingga konsumsi BBM dapat lebih dihemat lagi.
Saat ini di MIT juga sedang berlangsung research berkaitan dengan WAI ini, tetapi yg diinjeksikan bukanlah air melainkan Ethanol :
http://www.greencarcongress.com/2006/10 ... rking.html
Dasar pemikirannya sama dengan WAI tetapi dengan Ethanol diharapkan penyerapan panas di combustion chamber lebih efektif daripada air, sehingga lambda bisa di set di atas 1 / memungkinkan boost turbo ditingkatkan dengan Compression ratio cylinder yg tetap tinggi, sehingga diharapkan dapat menghemat BBM secara cukup signifikan.
Mungkin pak Penyu dapat menjelaskan lebih detail.
* Bukan ajakan Beli *