MRT...Dimulai!!

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: MRT...Dimulai!!

Post by maskopat »

VanzMatic wrote:Sedikit melenceng dari topic, tapi masih ada kaitan dengan transpor publik..
2 bulan ini ane ditugasin di store di bilangan cipinang-jatinegara.
Kalau pakai motor, ongkos 22.000 (bbm+aditif untuk 1 tangki motor bebek) habis dalam 9 hari. Pengendaraan
campuran. Betot iya, santai juga iya. Pengeluaran per 9 hari untuk transport ane segitu.Berarti sebulan (24 hari kerja) akan keluar Rp 58.667. Pembulatan 60 ribu lah.

Kalau pakai busway, ane belum hitung ongkos bbm nya jadi 12 hari atau 15 hari, belum tau.
Tapi sebagai gambaran, kalau ane naik dari halte busway buaran, turun di jatinegara, 1 trip 3.500. Kalo pp berarti 7.000 sehari. Kalo 9 hari berarti 63.000. Sebulan (24 hari kerja) = Rp 168.000.

Itu baru ongkos busway loh.. Belum ongkos titip parkir seharian di bioskop buaran taruh kata 3.000 deh, nanti coba ane survey lagi.., belum lagi bbm motor yg mungkin konsumsinya menurun .. say it separuh, sekira 12 ribu selama 9 hari.

Coba dicoret2...
Ongkos parkir 3.000x24 hari = Rp 72.000,-
BBM selama 24 hari = Rp 32.000,-
Berarti, ongkos diluar busway= Rp 104.000,-

Ongkos busway sebulan.. Rp 168.000 --> Sebulan kudu keluar kocek transport Rp 168.000 + Rp 104.000,- = Rp 272.000,-

Bandingkan dengan kalau saya naik motor saja, hanya keluar Rp 60.000.

Hemat 77,8% sendiri.

Nah kalo begini caranya, bagaimana mau mendorong transport publik?
:big_blushing:

Saya belum nyoba kalau saya ditugasin ke cabang Salemba atau Tipar, akan habis berapa..mungkin ada teman2 mau membantu? Buat kalkulasi, apa bener kalau pakai transport publik itu semakin jauh semakin murah?



Duluu jaman masih di Tangsel, kerja di thamrin, sehari akan habis biaya angkutan:
1. Berangkat:
- angkot ke stasiun 2000
- kereta bumel alias campur ayam dan sayur dan buah, 2500
- naik kopaja dari tenabang ke depag dan jalan kaki ke kantor, berapa yak...agak lupa... sekira 3000.
Berarti berangkatnya udah 7.500.

2. Pulang, sami mawon. kopaja ke tenabang, kereta bumel, dan angkot. 7500 lagi. Kalau ga kebagian bumel, terpaksa naik KRL ac non patas, waktu itu 5000. Berarti 10.000 total pulangnya.
Sehari sekira 15.000 - 17.500.

Sementara kalau naik motor, dulu masih 4.500/liter premium. PP 72km hanya habis 1,25 liter. Style santai buat ngejar irit. Kalo dirupiahin, sekira 6.000 rupiah doang PP sehari.

Nah... Bagaimana mendorong masyarakat pindah ke transpor publik kalo selisihnya jauh banget begini?
:big_blushing:

BTT
kalo dimasukkan biaya service motor, asuransi, pajak tahunan dan ongkos beli motor gimana ya? :e-think:

asumsi service 100 rb per 2 bulan? -> 50rb per bulan
pajak motor 300rb per tahun -> 25rb per bulan
asuransi 100rb pertahun? -> 9rb per bulan
beli motor 12 jt untuk 5 tahun tapi masih ada nilai motor anggap 6 jt. jadi cost 6 jt untuk 5 tahun. sekitar 100rb sebulan...
jadi ada tambahan biaya kurang lebih 100 + 50 +25 + 9 sekitar 180rb sebulan.. plus 60 rb untuk bensin.. jadi sekitar 240rb sebulan total biaya.

ternyata masih murah pake motor ya?? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: MRT...Dimulai!!

Post by dubz »

Berat ya lawan motor wkkwkwk....subsidinya mesti kelas kakap, atau ERP/parkir kelas pemerasan hihihi
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: MRT...Dimulai!!

Post by Nightster Guy »

:wkkk:

@Dubz.. Tetep susah memang kl mo ngelawan motor di Indo yak wwkwkwkwk.. Sekedar ilustrasi riil aja ane alamin, dr 14 karyawanku, 4 org dulunya bener2 jelata pake angkot mikrolet, akirnya setelah kerja bs cicil motor.

Saat awal beli motor, ane mmg kasi kebijakan subsidi utk cicilan awal tergantung masa kerja dan prestasi dan etos kerja, minimal 500 max 1000k. Selalu ane interviu: Yakin kamu bs menuhin cicilan bla bla bla? Mreka jawab yakin.

Setelah bbrp saat mreka punya motor dan nampak fine2 aja ane slalu tanya lg: Berat nyicil?

Keempat karyawan tsb jawabannya sama: Ya beratan naik angkot pak !!

Note: Ini di Sby yg mana moda transportasi utama cm bus dan mikrolet, lebih simpel, lebih sedikit harus berpindah antarmoda. Msh lbih murah drpd Jkt kl mo mencapai titik A ke titik B di Sby.

Tetep aja di Sby, biaya angkot jatuh2nya lbh mahal drpd motor. APALAGI di Jkt.

Perlu kebijakan radikal, komprehensif, dan bener2 bersifat memenuhi kemauan konsumen, bila ingin pemakai motor di Jkt mau pindah ke MRT.

Beda banget. Org Indo uda tahanbanting idup susah, puluhan kilo pk motor tiap hari uda biasa. Motor sbg moda UTAMA di masyarakat kita ngga akan bs dimengerti ama masyarakat negara maju yg menganggap motor itu moda HOBI/FUN only.

Tanya aja temen bule, seberapa sih di antara mereka yg bs bawa motor? Kl kita di Indo pasti mayoritas banget bs motor.

:wkkk:
Das Beste oder nichts.
danan32
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36

Re: MRT...Dimulai!!

Post by danan32 »

dubz wrote:Semua perlu sih di bali...tol ke daerah lain pun perlu. Yg macet kan cuman denpasar dan daerah turis aja. Sarbagita kaya gak niat bikinnya, liat aja stopan busnya, kaya pipa2 besi disambungin haha

Yang paling krusial buat di bali tu jalanan aspalnya tu lho,mbok ya pake kualitas ala jalan nasional,APBD kan gede,cukup lah. Ga usah pake paving blok niru-niru luar negeri,uda banyak yg hancur malah bikin ga stabil karena ga rata,uda sering liat motor jatuh sendiri gegara jalan di paving blok.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: MRT...Dimulai!!

Post by doq »

Nightster Guy wrote::wkkk:

@Dubz.. Tetep susah memang kl mo ngelawan motor di Indo yak wwkwkwkwk.. Sekedar ilustrasi riil aja ane alamin, dr 14 karyawanku, 4 org dulunya bener2 jelata pake angkot mikrolet, akirnya setelah kerja bs cicil motor.

Saat awal beli motor, ane mmg kasi kebijakan subsidi utk cicilan awal tergantung masa kerja dan prestasi dan etos kerja, minimal 500 max 1000k. Selalu ane interviu: Yakin kamu bs menuhin cicilan bla bla bla? Mreka jawab yakin.

Setelah bbrp saat mreka punya motor dan nampak fine2 aja ane slalu tanya lg: Berat nyicil?

Keempat karyawan tsb jawabannya sama: Ya beratan naik angkot pak !!

Note: Ini di Sby yg mana moda transportasi utama cm bus dan mikrolet, lebih simpel, lebih sedikit harus berpindah antarmoda. Msh lbih murah drpd Jkt kl mo mencapai titik A ke titik B di Sby.

Tetep aja di Sby, biaya angkot jatuh2nya lbh mahal drpd motor. APALAGI di Jkt.

Perlu kebijakan radikal, komprehensif, dan bener2 bersifat memenuhi kemauan konsumen, bila ingin pemakai motor di Jkt mau pindah ke MRT.

Beda banget. Org Indo uda tahanbanting idup susah, puluhan kilo pk motor tiap hari uda biasa. Motor sbg moda UTAMA di masyarakat kita ngga akan bs dimengerti ama masyarakat negara maju yg menganggap motor itu moda HOBI/FUN only.

Tanya aja temen bule, seberapa sih di antara mereka yg bs bawa motor? Kl kita di Indo pasti mayoritas banget bs motor.

:wkkk:
yup.......plus lg dg jumlah pengeluaran bulanan yg hampir sama atawa lbh mahal/murah sedikit, mereka yg memilih kredit motor memiliki barang riil berupa motor itu sendiri........ yah paling ga uang yg dikeluarkan ada "hasil nyata nya" lah

dulu sy jg pernah ngalamin hal begini saat akhir nya memutuskan kredit motor :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: MRT...Dimulai!!

Post by an15wn »

Nightster Guy wrote: Tanya aja temen bule, seberapa sih di antara mereka yg bs bawa motor? Kl kita di Indo pasti mayoritas banget bs motor.

:wkkk:
Bahkan di sini anak SD aja juga dah bisa nyetir motor... ;)

(ane termasuk yg bisa nyetir motor pas kls 5)

Kebiasaan dari kampung naik motor kemana2 karena emang jarang juga angdes (pedesaan version). Akhirnya pas kleleran di Jkt ya naik motor lagi. Sampe2 ane kalo ditanya rute transportasi umum suka gak bisa njawab. Soalnya jarang2 makenya. Demikian juga dgn tarifnya. Terlebih kalo abis naik bbm. Blank.

Takutnya, ini MRT hanya mindahin penumpang angkutan umum yg lain, bukan bener2 mindahin pengguna kendaraan pribadi. Busway juga belum sepenuhnya sukses dlm hal itu. Salah sasaran kalo gitu, mah.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: MRT...Dimulai!!

Post by VanzMatic »

@mod kopat, biaya insurance mostly ngga pada pake. Pakeknya paling jasa raharja saat perpanjangan stnk..
Biaya serpis di honda sekira 35ribu mtt bebek. Ane aja udh 2 taun ga perna serpis mtr. Hny ganti oli melulu tiap 5000km.

@all, jadi skrg bisa tau ya, kalo ada kebijakan menaikkan pagu DP utk kredit motor, kira kira menyentuh esensi masalah utamanya atau tidak?
Jujur wkt denger berita pagu DP minimal u/ kredit mtr naik, hny krn alasan mengerem laju pertumbuhan motor, ane ketawa aja..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: MRT...Dimulai!!

Post by maskopat »

VanzMatic wrote:@mod kopat, biaya insurance mostly ngga pada pake. Pakeknya paling jasa raharja saat perpanjangan stnk..
Biaya serpis di honda sekira 35ribu mtt bebek. Ane aja udh 2 taun ga perna serpis mtr. Hny ganti oli melulu tiap 5000km.

@all, jadi skrg bisa tau ya, kalo ada kebijakan menaikkan pagu DP utk kredit motor, kira kira menyentuh esensi masalah utamanya atau tidak?
Jujur wkt denger berita pagu DP minimal u/ kredit mtr naik, hny krn alasan mengerem laju pertumbuhan motor, ane ketawa aja..
35rb dah termasuk oli dan ongkos kerja ya? sangat terjangkau sih kalo untuk ukuran karyawan.... :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: MRT...Dimulai!!

Post by VanzMatic »

Ops sorry.. 35 ribu jasanya tok.
Oli sekira 40rb seliter, tambah aditif 20rb.
Seratus ribu lha.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: MRT...Dimulai!!

Post by maskopat »

VanzMatic wrote:Ops sorry.. 35 ribu jasanya tok.
Oli sekira 40rb seliter, tambah aditif 20rb.
Seratus ribu lha.
berarti gak jauh dari itungan ane ya?
jadi secara total pun biaya menggunakan motor lebih murah daripada transportasi umum?
tinggal paket harga yang ditawarkan pemda DKI nih apakah bisa lebih murah daripada motor...
mungkin targetnya memindahkan pengguna mobil ke transportasi umum kali ya? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: MRT...Dimulai!!

Post by dubz »

Mayan lah kalo pada pindahan mobil di tahap awal. Nanti kalo udah makin integrated sama yg lainnya..dan bbm subsidi dihapus...baru motor.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: MRT...Dimulai!!

Post by maskopat »

ada yang tahu rencana kedepannya intergrasi transportasi di jakarta? apakah sudah ada rencana integrasi antara bandara udara dengan MRT? atau dari bandara ke terminal bus hingga lebak bulus, pulogadung, kampung rambutan?
trus nanti mikrolet, bajaj gimana? apakah tetap dipertahankan?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: MRT...Dimulai!!

Post by ilhami »

Bandara - MRT akan terkoneksi tidak secara langsung, rencananya Bandara - stasiun Manggarai dengan KRL Eksekutif, akan melewati (kira-kira) Kalideres, Duri, tanah abang, sudirman (disini nanti juga ada stasiun MRT), Manggarai.
Jalur KA bandara via pluit juga sudah direncanakan, tapi masih lebih lama lagi realisasinya.
Bandara Terminal bus masih "sesuai rencana"...dengan bus DAMRI.
Mikrolet akan dipertahankan tapi tidak boleh lewat jalur arteri.
Bajaj dipertahankan asalakn konversi dengan bahan bakar gas atau elektrik.
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: MRT...Dimulai!!

Post by dubz »

Bandara Terminal bus masih "sesuai rencana"...dengan bus DAMRI. ==> ini bukannya udah lama? Saya sering dr bandara ke Lbk Bulus naik Damri...disana dijemput supir. Apa ada rencana lain/baru?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: MRT...Dimulai!!

Post by maskopat »

ilhami wrote:Bandara - MRT akan terkoneksi tidak secara langsung, rencananya Bandara - stasiun Manggarai dengan KRL Eksekutif, akan melewati (kira-kira) Kalideres, Duri, tanah abang, sudirman (disini nanti juga ada stasiun MRT), Manggarai.
Jalur KA bandara via pluit juga sudah direncanakan, tapi masih lebih lama lagi realisasinya.
Bandara Terminal bus masih "sesuai rencana"...dengan bus DAMRI.
Mikrolet akan dipertahankan tapi tidak boleh lewat jalur arteri.
Bajaj dipertahankan asalakn konversi dengan bahan bakar gas atau elektrik.
stasiun sudirman ini kalo gak salah yang di jalan blora - sudirman. dah dipagerin dari beberapa pekan yang lalu.

tapi dah seharusnya antarterminal/stasiun dah terintegrasi ya.

nanya nih, bedanya MRT dengan komuter (dulunya KRL) gimana ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: MRT...Dimulai!!

Post by andy1800 »

pd dasarnya sama lah ya. istilah bs dibikin masing2 yg pada dasarnya adlh suatu Mass Rapid Transit system. intinya mengandung unsur Masal dan Cepat.
nama MRT sndiri skrg ini mmg lbh identik dg Singapore MRT. sdgkan di London disebut London Underground singkatnya the Underground saja. NYC Subway singkatnya Subway saja. dll...

yg pd intinya mass rapid transit system tu idealnya adlh punya jalan tersendiri shg tidak mengganggu dan terganggu dg traffic yg lain.
jln tersendiri tu, yg plg praktis tentu saja biasanya adlh underground. utk yg sikon nya memungkinkan.

dan byk jg yg secara network, underground nya tdk berdiri sndiri, tp gabungan jg dg Overground dan/atau Elevated/Overhead Railway.

sdgkan KL sejauh ini lbh memilih bikin dg sistem elevated rail: monorail. tentu saja konsekuensinya kapasitasnya/daya dukungnya jauh lbh terbatas. jd msh bisa diprokontra-kan, apakh monorail bs memenuhi unsur Mass atau tdk.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: MRT...Dimulai!!

Post by ilhami »

@Om Dubz
Saya hanya bercanda soal bus DAMRI...peace.
Nanti dengan selesainya Jalur JORR W2, kemungkinan Ke lebak bulus lebih nyaman, bisa tol terus dari bandara

@Om Maskopat
MRT Jakarta yang dimaksud adalah pembangunan Jalur Kereta Listrik Bawah Tanah dan Layang antara Sudirman sampai Lebak bulus.

Jalur nya berpotongan dengan jalur KRL yang sudah ada, namun tidak sebidang, artinya akan dibuat stasiun transit saja. Menurut Rencana, Jalur MRT nantinya akan sampai Kampung Bandan, sehingga bisa bertemu dengan KRL yang sudah ada.
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47

Re: MRT...Dimulai!!

Post by Bueuk_32 »

eh btw, kalo kereta bawah tanah gitu, ada kekhawatiran kalo pas musim banjir gt ga sih? ane kok rada merinding ya :e-think:
"The Power of ren-Dreams"
Image
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: MRT...Dimulai!!

Post by dubz »

Yahh....insinyur udah pinter lah skrg...gak mungkin gak diperhitungkan soal air. Yg lebih menakutkan sebenernya ancaman teroris...ada bom di kereta dalem goa gelap...horor wkwkwkwk
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: MRT...Dimulai!!

Post by Good_boy86 »

Yah memang susah kala melawan motor bebek...
Yg paling bener ya subsidi bbm dicabut.. Semua pakai bbm non subsidi..

Terus yg saya belum tau, apakah parkir Motor di jakarta juga pakai hitungan per jam? Seperti parkiran mobil di mall?

Oya, sekalian nanya yg lain.(oot)
berapa sih jumlah motor yg beredar di indonesia? Dibandingkan jumlah mobil.
Kenapa yg disalahkan selalu mobil... Dibilang bikin macet, boros bbm.. Kalo perbandingan mobil dan motor =1:10.. Apa masih movil yg bikin macet dan boros bbm?
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: MRT...Dimulai!!

Post by ilhami »

semua juga bikin macet, baik mobil maupun motor.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: MRT...Dimulai!!

Post by VanzMatic »

Good_boy86 wrote:Yah memang susah kala melawan motor bebek...
Yg paling bener ya subsidi bbm dicabut.. Semua pakai bbm non subsidi..

Terus yg saya belum tau, apakah parkir Motor di jakarta juga pakai hitungan per jam? Seperti parkiran mobil di mall?

Oya, sekalian nanya yg lain.(oot)
berapa sih jumlah motor yg beredar di indonesia? Dibandingkan jumlah mobil.
Kenapa yg disalahkan selalu mobil... Dibilang bikin macet, boros bbm.. Kalo perbandingan mobil dan motor =1:10.. Apa masih movil yg bikin macet dan boros bbm?
Malaysia memberi subsidi untuk bbm RON 92 saja. Emang segitu RON terendah di Malaysia. RON 95 dan 97 tetap dibiarkan mengikuti harga pasar minyak dunia.

Tujuannya, supaya masyarakat tidak terbebani dengan beban biaya bahan bakar minyak, supaya produk produk dan ekonomi yang dijalankan warga, bias dijual dengan harga sangat bersaing.
Bahkan diklaim bahwa harga bbm RON 92 Malaysia adalah terendah di seantero negara negara di Asean.

Disana masyarakatnya dibantu, sedangkan disini, subsidi malah kudu dicabut? Hell no... Yang bener aja..

Cabut dulu itu ketetapan MPR(S) (?) tentang subsidi bahan bakar minyak, yang dikeluarkan untuk melaksanakan amanat Tritura.
Selain itu, apa imbal balik ke warga dari bbm subsidi dicabut?
Jalanan mulus?
MRT bagus?
Kota yang bersih?
Subsidi mobil nasional?
Jaminan kesehatan ngga ribut ribut lagi?

what else?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: MRT...Dimulai!!

Post by y_anjasrana »

yg dibutuhin skrg tuh asuransi kecelakaan. tingkat kecelakaan tinggi bgt. sim perpanjang per tahun dgn biaya murah tp plus asuransi yg besarannya disesuaikan dgn umur. umur2 yg beresiko tinggi jelas lebih tinggi asuransinya. lalu 5 tahun sekali test ulang. jgn sampe ada orang yg beralasan ga update dgn peraturan2 baru, atau minimal menyaring yg nembak2. proses byr lewat transfer. klu mw perpanjang, transfer dulu lalu buktinya buat ngurus perpanjangan.

lalu pak pulisinya dimodalin derek atau truk yg banyak. jgn lupa siapin pool utk menahan kendaraan2 bermasalah yg besar jg. jgn sampe ada vespa udah bertaun2 ga bayar pajak dilepasin aja krn pak pulisinya males nangkep. mw nyita males urusannya krn ga ada kendaraan utk ngangkut dan pool utk nyimpen. masa kendaraan disimpen di parkiran polres/polda. bentar aja penuh donk. cmiiw.

lalu seperti yg dilakukan pakde jokowi top bgt tuh, tertibkan parkiran liar. hari gini orang byk yg pakai kendaraan pribadi krn bisa parkir bebas. parkir di mall mahal, ga mempan dgn adanya parkir liar. tinggal hukumannya ditegasin lagi. top bgt tuh klu dishub boleh nilang juga, terutama sampai polantas bisa diandalkan utk tertib menilang. pak pulisi skrg terlalu "bijak" utk menilang.

klu udah diketatkan peraturan lalinnya baru deh orang mikir naik angkutan umum aja biar ga ribet parkir, bbm, asuransi, pajak dan tilang. selama masih merasa nyaman dan bisa seenaknya, orang bakal naik kendaraan pribadi terus.
Accurate V5 Accounting System Consultant
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: MRT...Dimulai!!

Post by Good_boy86 »

VanzMatic wrote:
Good_boy86 wrote:Yah memang susah kala melawan motor bebek...
Yg paling bener ya subsidi bbm dicabut.. Semua pakai bbm non subsidi..

Terus yg saya belum tau, apakah parkir Motor di jakarta juga pakai hitungan per jam? Seperti parkiran mobil di mall?

Oya, sekalian nanya yg lain.(oot)
berapa sih jumlah motor yg beredar di indonesia? Dibandingkan jumlah mobil.
Kenapa yg disalahkan selalu mobil... Dibilang bikin macet, boros bbm.. Kalo perbandingan mobil dan motor =1:10.. Apa masih movil yg bikin macet dan boros bbm?
Malaysia memberi subsidi untuk bbm RON 92 saja. Emang segitu RON terendah di Malaysia. RON 95 dan 97 tetap dibiarkan mengikuti harga pasar minyak dunia.

Tujuannya, supaya masyarakat tidak terbebani dengan beban biaya bahan bakar minyak, supaya produk produk dan ekonomi yang dijalankan warga, bias dijual dengan harga sangat bersaing.
Bahkan diklaim bahwa harga bbm RON 92 Malaysia adalah terendah di seantero negara negara di Asean.

Disana masyarakatnya dibantu, sedangkan disini, subsidi malah kudu dicabut? Hell no... Yang bener aja..

Cabut dulu itu ketetapan MPR(S) (?) tentang subsidi bahan bakar minyak, yang dikeluarkan untuk melaksanakan amanat Tritura.
Selain itu, apa imbal balik ke warga dari bbm subsidi dicabut?
Jalanan mulus?
MRT bagus?
Kota yang bersih?
Subsidi mobil nasional?
Jaminan kesehatan ngga ribut ribut lagi?

what else?
Terus kenapa di malaysia bisa sedikit sepeda motor?
Berapa harga bbm ron 92 yg telah disubsidi?

Ya siapa tau dengan mengurangi jumlah subsidi bbm, bener2 bisa dialihkan untuk infrastruktur dan mass transport.

Barusan iseng2 cari, dapat data taun 2011
http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?t ... 7&notab=12

2011
mobil : 9 548 866
Motor :68 839 341

Perbandingannya 1:7.2
Itu jumlah di Seluruh indonesia..

Belum tau yg taun 2012 sudah meningkat lagi atau nggak..
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: MRT...Dimulai!!

Post by Good_boy86 »

y_anjasrana wrote:yg dibutuhin skrg tuh asuransi kecelakaan. tingkat kecelakaan tinggi bgt. sim perpanjang per tahun dgn biaya murah tp plus asuransi yg besarannya disesuaikan dgn umur. umur2 yg beresiko tinggi jelas lebih tinggi asuransinya. lalu 5 tahun sekali test ulang. jgn sampe ada orang yg beralasan ga update dgn peraturan2 baru, atau minimal menyaring yg nembak2. proses byr lewat transfer. klu mw perpanjang, transfer dulu lalu buktinya buat ngurus perpanjangan.

lalu pak pulisinya dimodalin derek atau truk yg banyak. jgn lupa siapin pool utk menahan kendaraan2 bermasalah yg besar jg. jgn sampe ada vespa udah bertaun2 ga bayar pajak dilepasin aja krn pak pulisinya males nangkep. mw nyita males urusannya krn ga ada kendaraan utk ngangkut dan pool utk nyimpen. masa kendaraan disimpen di parkiran polres/polda. bentar aja penuh donk. cmiiw.

lalu seperti yg dilakukan pakde jokowi top bgt tuh, tertibkan parkiran liar. hari gini orang byk yg pakai kendaraan pribadi krn bisa parkir bebas. parkir di mall mahal, ga mempan dgn adanya parkir liar. tinggal hukumannya ditegasin lagi. top bgt tuh klu dishub boleh nilang juga, terutama sampai polantas bisa diandalkan utk tertib menilang. pak pulisi skrg terlalu "bijak" utk menilang.

klu udah diketatkan peraturan lalinnya baru deh orang mikir naik angkutan umum aja biar ga ribet parkir, bbm, asuransi, pajak dan tilang. selama masih merasa nyaman dan bisa seenaknya, orang bakal naik kendaraan pribadi terus.
Saya aja sekarang kalo ke jakarta sudah malas bawa mobil, mending naek taksi..
Mau naek angkot, panas dan copet, naek busway masih harus berjalan cukup jauh panas2an..
Semoga ada mrt, dan stasiun2 nya bisa terhubung ke mall atau perkantoran..