kalo dimasukkan biaya service motor, asuransi, pajak tahunan dan ongkos beli motor gimana ya?VanzMatic wrote:Sedikit melenceng dari topic, tapi masih ada kaitan dengan transpor publik..
2 bulan ini ane ditugasin di store di bilangan cipinang-jatinegara.
Kalau pakai motor, ongkos 22.000 (bbm+aditif untuk 1 tangki motor bebek) habis dalam 9 hari. Pengendaraan
campuran. Betot iya, santai juga iya. Pengeluaran per 9 hari untuk transport ane segitu.Berarti sebulan (24 hari kerja) akan keluar Rp 58.667. Pembulatan 60 ribu lah.
Kalau pakai busway, ane belum hitung ongkos bbm nya jadi 12 hari atau 15 hari, belum tau.
Tapi sebagai gambaran, kalau ane naik dari halte busway buaran, turun di jatinegara, 1 trip 3.500. Kalo pp berarti 7.000 sehari. Kalo 9 hari berarti 63.000. Sebulan (24 hari kerja) = Rp 168.000.
Itu baru ongkos busway loh.. Belum ongkos titip parkir seharian di bioskop buaran taruh kata 3.000 deh, nanti coba ane survey lagi.., belum lagi bbm motor yg mungkin konsumsinya menurun .. say it separuh, sekira 12 ribu selama 9 hari.
Coba dicoret2...
Ongkos parkir 3.000x24 hari = Rp 72.000,-
BBM selama 24 hari = Rp 32.000,-
Berarti, ongkos diluar busway= Rp 104.000,-
Ongkos busway sebulan.. Rp 168.000 --> Sebulan kudu keluar kocek transport Rp 168.000 + Rp 104.000,- = Rp 272.000,-
Bandingkan dengan kalau saya naik motor saja, hanya keluar Rp 60.000.
Hemat 77,8% sendiri.
Nah kalo begini caranya, bagaimana mau mendorong transport publik?
![]()
Saya belum nyoba kalau saya ditugasin ke cabang Salemba atau Tipar, akan habis berapa..mungkin ada teman2 mau membantu? Buat kalkulasi, apa bener kalau pakai transport publik itu semakin jauh semakin murah?
Duluu jaman masih di Tangsel, kerja di thamrin, sehari akan habis biaya angkutan:
1. Berangkat:
- angkot ke stasiun 2000
- kereta bumel alias campur ayam dan sayur dan buah, 2500
- naik kopaja dari tenabang ke depag dan jalan kaki ke kantor, berapa yak...agak lupa... sekira 3000.
Berarti berangkatnya udah 7.500.
2. Pulang, sami mawon. kopaja ke tenabang, kereta bumel, dan angkot. 7500 lagi. Kalau ga kebagian bumel, terpaksa naik KRL ac non patas, waktu itu 5000. Berarti 10.000 total pulangnya.
Sehari sekira 15.000 - 17.500.
Sementara kalau naik motor, dulu masih 4.500/liter premium. PP 72km hanya habis 1,25 liter. Style santai buat ngejar irit. Kalo dirupiahin, sekira 6.000 rupiah doang PP sehari.
Nah... Bagaimana mendorong masyarakat pindah ke transpor publik kalo selisihnya jauh banget begini?
![]()
BTT

asumsi service 100 rb per 2 bulan? -> 50rb per bulan
pajak motor 300rb per tahun -> 25rb per bulan
asuransi 100rb pertahun? -> 9rb per bulan
beli motor 12 jt untuk 5 tahun tapi masih ada nilai motor anggap 6 jt. jadi cost 6 jt untuk 5 tahun. sekitar 100rb sebulan...
jadi ada tambahan biaya kurang lebih 100 + 50 +25 + 9 sekitar 180rb sebulan.. plus 60 rb untuk bensin.. jadi sekitar 240rb sebulan total biaya.
ternyata masih murah pake motor ya??
