Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

MI16 wrote:Om Turbo kalau dikemasanya cuma tertera API SN ACEA A3/B4 A3/B3 tanpa MBxxxx gimana om apakah mampu untuk pemakaian 10 ribu km?
mesti liat dulu data TBN nya

Tapi sih kalo masuk B4 ya at least 7500 Km atau Max 9 bulan sih ga masalah, asal mesinnya prima
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by MI16 »

Turboman wrote:
MI16 wrote:Om Turbo kalau dikemasanya cuma tertera API SN ACEA A3/B4 A3/B3 tanpa MBxxxx gimana om apakah mampu untuk pemakaian 10 ribu km?
mesti liat dulu data TBN nya
Tapi sih kalo masuk B4 ya at least 7500 Km atau Max 9 bulan sih ga masalah, asal mesinnya prima
Om Turbo ane nemu link PDS nya http://bit.ly/18rcEL9
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

MI16 wrote: Om Turbo ane nemu link PDS nya http://bit.ly/18rcEL9
ini ?
http://www.caltex.com.au/FPL%20PDS/Havo ... 0Blend.pdf

ini bisa sampe 10.000 Km or Max 10 bulan since dia meet MB 229.3 & SAPS 1,2%

kena brp per L nya ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by MI16 »

Turboman wrote:
MI16 wrote: Om Turbo ane nemu link PDS nya http://bit.ly/18rcEL9
ini ?
http://www.caltex.com.au/FPL%20PDS/Havo ... 0Blend.pdf

ini bisa sampe 10.000 Km or Max 10 bulan since dia meet MB 229.3 & SAPS 1,2%

kena brp per L nya ?
Harganya 65 ribu/liternya om, bener itu linknya prduknya havoline 10w40 API SN..
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

Turboman wrote: Ngecek ATF dlm kondisi mesin hidup dan sebelum angkat disptick mainkan tuas dari P ke L then balik ke P ?
Baru aja ngecek Om, sesuai dengan instruksi daaaaannnn hasilnya batas oli sedikit dibawah batas atas Hot :)...jadi ATF aman he..he..he
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
kalvin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Apr 17, 2013 15:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kalvin »

sory melenceng dikitt :big_peace: , o ya om turboman emang mesin yang sering dipakai lebih sehat ya? kalau elektroniknya seperti ecu gt gimana om? ane jadi aga lega denger penjelasan om, karna km dah menuju 170000km hehe, tapi kalo kaki2 jadi lebih cepet rusak ya om?
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by dimasapri »

Ada yang tau gak, kenapa dalam website resmi MB approved, product Pertamina yang tercatat mendapatkan approval hanya Fastron Gold yaitu MB 229.51 approved.
Padahal product lainnya yang mencantumkan MB 229.1, 228.1, 228.3, maupun 226.1 dalam kemasan / brosur product pertamina ternyata tidak terdaftar dalam website MB.
Padahal seingat saya tahun lalu masih terdaftar.

Apakah approval MB tiap tahun harus diperbaharui walaupun product yang sudah mendapatkan approval tersebut tetap diproduksi tanpa perubahan spesifikasi?
Kalau tahun ini sudah tidak terdaftar, apakah legal kalau Pertamina tetap mencantumkan approval MB 229.1, 228.1, 228.3, maupun 226.1 dalam kemasan product mereka?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

kalvin wrote:1. sory melenceng dikitt :big_peace: , o ya om turboman emang mesin yang sering dipakai lebih sehat ya? kalau elektroniknya seperti ecu gt gimana om? ane jadi aga lega denger penjelasan om, karna km dah menuju 170000km hehe,

2. tapi kalo kaki2 jadi lebih cepet rusak ya om?
ya lebih sehat

1. ECU ga masalah, paling secara berkala bersihkan MAF sensor dan MAP sensor (kalo pake MAP sensor)

2. Kalo kaki2 yah tergantung penggunaan, kondisi jalan yg dilalui dan driving style kita aja.......
* Bukan ajakan Beli *
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by twa »

JAKARTA - Pelumas merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi kesehatan jantung mekanis kendaraan. Melihat kondisi ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic yang ditujukan bagi kendaraan Nissan.

Nissan mengklaim, pelumas miliknya tersebut ramah lingkungan dan mampu meningkatkan performa produk-produknya.

"Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic dihadirkan bagi pelanggan yang ingin meng-upgrade pengalaman berkendara mereka bersama Nissan," jelas Teddy Irawan, Vice President Product Planning, Aftersales, Dealer Development, & Customer Satisfaction NMI.

"Dibekali berbagai inovasi terdepan, pelumas yang diformulasikan khusus untuk berbagai jenis kendaraan Nissan ini siap memberikan peningkatan akselerasi mesin, perlindungan mesin yang lebih baik, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan," sambungnya lagi.

NMI mengatakan Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic telah memenuhi standar internasional American Petroleum Institute (API) SN dan memiliki berbagai keunggulan.

Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic menghasilkan akselerasi yang lebih responsif sampai dengan 4 persen. Hal ini dikarenakan hadirnya teknologi Friction Modifier yang lebih baik dan friksi yang lebih rendah, sehingga menjadikan performa mesin menjadi lebih tinggi dan responsif.

Selain itu pelumas ini dapat melindungi sampai ke suku cadang terkecil dalam mesin, karena bahan dasar yang fully synthetic memiliki lapisan pelumas yang lebih stabil untuk oksidasi suhu panas dan dingin. Produk ini diformulasikan secara khusus untuk dapat melumasi dan melindungi bagian-bagian mesin Nissan yang telah menggunakan proses Micro Finishing.

Micro Finishing pada mesin Nissan yang dikombinasikan dengan Friction Modifier dan pelumas dengan bahan dasar fully synthetic dapat mendukung efisiensi pemakaian bahan bakar yang lebih baik.

Tingkat penguapan yang rendah serta penggunaan zat aditif khusus dalam Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic, menghasilkan pelumas yang ramah lingkungan. Kerja mesin yang lebih efisien dapat secara signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Untuk menebus pelumas ini, Anda harus menyiapkan kocek sebesar Rp85 ribu per liter. Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic tersedia di seluruh diler resmi Nissan di Indonesia mulai awal Oktober 2013.
http://autos.okezone.com/read/2013/09/3 ... umas-resmi

murah bener tuh oli full sintetik 85rb/ltr, mohon dianalisa om turbo :mrgreen:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imsus2c »

^^^
Apa masih oli-nya idemitsu juga? :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by MI16 »

imsus2c wrote:^^^
Apa masih oli-nya idemitsu juga? :e-think:
Rasa2nya masih idemitsu yg senang pakai kata "eco"...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

twa wrote:
JAKARTA - Pelumas merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi kesehatan jantung mekanis kendaraan. Melihat kondisi ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic yang ditujukan bagi kendaraan Nissan.

Nissan mengklaim, pelumas miliknya tersebut ramah lingkungan dan mampu meningkatkan performa produk-produknya.

"Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic dihadirkan bagi pelanggan yang ingin meng-upgrade pengalaman berkendara mereka bersama Nissan," jelas Teddy Irawan, Vice President Product Planning, Aftersales, Dealer Development, & Customer Satisfaction NMI.

"Dibekali berbagai inovasi terdepan, pelumas yang diformulasikan khusus untuk berbagai jenis kendaraan Nissan ini siap memberikan peningkatan akselerasi mesin, perlindungan mesin yang lebih baik, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan," sambungnya lagi.

NMI mengatakan Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic telah memenuhi standar internasional American Petroleum Institute (API) SN dan memiliki berbagai keunggulan.

Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic menghasilkan akselerasi yang lebih responsif sampai dengan 4 persen. Hal ini dikarenakan hadirnya teknologi Friction Modifier yang lebih baik dan friksi yang lebih rendah, sehingga menjadikan performa mesin menjadi lebih tinggi dan responsif.

Selain itu pelumas ini dapat melindungi sampai ke suku cadang terkecil dalam mesin, karena bahan dasar yang fully synthetic memiliki lapisan pelumas yang lebih stabil untuk oksidasi suhu panas dan dingin. Produk ini diformulasikan secara khusus untuk dapat melumasi dan melindungi bagian-bagian mesin Nissan yang telah menggunakan proses Micro Finishing.

Micro Finishing pada mesin Nissan yang dikombinasikan dengan Friction Modifier dan pelumas dengan bahan dasar fully synthetic dapat mendukung efisiensi pemakaian bahan bakar yang lebih baik.

Tingkat penguapan yang rendah serta penggunaan zat aditif khusus dalam Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic, menghasilkan pelumas yang ramah lingkungan. Kerja mesin yang lebih efisien dapat secara signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Untuk menebus pelumas ini, Anda harus menyiapkan kocek sebesar Rp85 ribu per liter. Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic tersedia di seluruh diler resmi Nissan di Indonesia mulai awal Oktober 2013.
http://autos.okezone.com/read/2013/09/3 ... umas-resmi

murah bener tuh oli full sintetik 85rb/ltr, mohon dianalisa om turbo :mrgreen:
Ga bisa komen krn belom pernah lihat TDS dan analisa kandungan antiwearnya
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
puck
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Jul 02, 2009 6:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by puck »

numpang share master skalian, tadi ES ane barusan ganti oli, dari dulu pake HX7, tadi iseng coba kendal GT-1 10w40 pas ada promo beli 3 bonus 1 di rajawali, impresi pertama sih emang lbih halus daripada sebelumnya (jelaslah oli baru :big_peace: )....
belum dicoba narik full, cm td ada suara ngelitik dikit pas sedikit agresif shifting dari 2 ke 3, ntar dicoba lg deh. so far nothing phenomenal yet...
jadi kepikiran pindah ke buntut 30 buat next nya, kira2 masih brani nggak ya buat mobil keluaran 2004 gini dengan km 107rb...

thanks...
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ecco »

Turboman wrote: Ganti total pakai ATF changer atau cuman ganti buang oli di pan trus masukkin bbrp L sesuai yg dibuang ?

Kalau pakai ATF changer dan jumlah ATF nya masuk range dipstick baik inspeksi saat panas / dingi, coba :

cabut terminal negatip aki selama 5 detik, trus pasang lagi

Ditunggu update-nya
Apdet aja Om Turbo, setelah cabut terminal negatip, efek seperti engine break bisa dikonfirmasikan tidak ada lagi...udah uji coba di Tol, sejauh ini normal :thanks:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by dimasapri »

Rekan - rekan SM, sudah ada gak ya thread yang membuat listing oli-oli merk/tipe apa saja yang rawan menjadi lumpur/sludge?
Imho, informasi hasil pengujian ketahanan terhadap timbulnya sludge tidak pernah dicantumkan dalam kemasan maupun msds oli/pelumas.
Penyebab internal utama oli gampang menjadi sludge apakah kualitas base oil-nya atau additive-nya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

koq mirip ama hgmo nya honda yahh... sama2 api SN... sama2 5-30... sama2 pake kata eco eco an... dan harganya pun mirip... cuman beda 5 rebu per liter nya... kayanya musti coba di sama2 dituang di wadah yg terpisah trus diliat warna dan bau nya nehh... kalo mirip persis.. berarti ketauan dehh isi nya apa..
MI16 wrote:
imsus2c wrote:^^^
Apa masih oli-nya idemitsu juga? :e-think:
Rasa2nya masih idemitsu yg senang pakai kata "eco"...
twa wrote:
JAKARTA - Pelumas merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi kesehatan jantung mekanis kendaraan. Melihat kondisi ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic yang ditujukan bagi kendaraan Nissan.

Nissan mengklaim, pelumas miliknya tersebut ramah lingkungan dan mampu meningkatkan performa produk-produknya.

"Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic dihadirkan bagi pelanggan yang ingin meng-upgrade pengalaman berkendara mereka bersama Nissan," jelas Teddy Irawan, Vice President Product Planning, Aftersales, Dealer Development, & Customer Satisfaction NMI.

"Dibekali berbagai inovasi terdepan, pelumas yang diformulasikan khusus untuk berbagai jenis kendaraan Nissan ini siap memberikan peningkatan akselerasi mesin, perlindungan mesin yang lebih baik, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan," sambungnya lagi.

NMI mengatakan Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic telah memenuhi standar internasional American Petroleum Institute (API) SN dan memiliki berbagai keunggulan.

Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic menghasilkan akselerasi yang lebih responsif sampai dengan 4 persen. Hal ini dikarenakan hadirnya teknologi Friction Modifier yang lebih baik dan friksi yang lebih rendah, sehingga menjadikan performa mesin menjadi lebih tinggi dan responsif.

Selain itu pelumas ini dapat melindungi sampai ke suku cadang terkecil dalam mesin, karena bahan dasar yang fully synthetic memiliki lapisan pelumas yang lebih stabil untuk oksidasi suhu panas dan dingin. Produk ini diformulasikan secara khusus untuk dapat melumasi dan melindungi bagian-bagian mesin Nissan yang telah menggunakan proses Micro Finishing.

Micro Finishing pada mesin Nissan yang dikombinasikan dengan Friction Modifier dan pelumas dengan bahan dasar fully synthetic dapat mendukung efisiensi pemakaian bahan bakar yang lebih baik.

Tingkat penguapan yang rendah serta penggunaan zat aditif khusus dalam Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic, menghasilkan pelumas yang ramah lingkungan. Kerja mesin yang lebih efisien dapat secara signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Untuk menebus pelumas ini, Anda harus menyiapkan kocek sebesar Rp85 ribu per liter. Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic tersedia di seluruh diler resmi Nissan di Indonesia mulai awal Oktober 2013.
http://autos.okezone.com/read/2013/09/3 ... umas-resmi

murah bener tuh oli full sintetik 85rb/ltr, mohon dianalisa om turbo :mrgreen:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by B 0 YZ »

selamat siang nubi bawa beberapa pertanyaan


Mesin all new jazz 2013 apakah flat tapped atau roller rocker ?

Barusan ane ganti oli dengan Gulf Ultrasynth X ( API SN and ILSAC GF-5) 5w - 30 , apakah cocok dengan mesin ane?

untuk ganti oli berikutnya ane pengen coba shell HX-8 , tapi banyak teman saran pake Motul H-tech , sama-sama 5w-30 , menurut suhu disini lebih baik pakai yang mana ya?
The_Sa1nts
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Mon Sep 05, 2011 7:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by The_Sa1nts »

B 0 YZ wrote:selamat siang nubi bawa beberapa pertanyaan


Mesin all new jazz 2013 apakah flat tapped atau roller rocker ?

Barusan ane ganti oli dengan Gulf Ultrasynth X ( API SN and ILSAC GF-5) 5w - 30 , apakah cocok dengan mesin ane?

untuk ganti oli berikutnya ane pengen coba shell HX-8 , tapi banyak teman saran pake Motul H-tech , sama-sama 5w-30 , menurut suhu disini lebih baik pakai yang mana ya?
sebagai sesama pengguna ge8, paling bagus tipe oli 5w-30. klo bisa pake yang ud punya merek jika duit bukan masalah (macam mobil 1, shell helix ultra, total, amzoil yg biasa aja jgn signature edition). tp paling value for money dg performance pake fastron gold 5w-30.

om turbo sekalian nanya Honda sekarang mengeluarkan oli sendiri yg 0w-20 dimana harga pasarannya mirip dengan fully syntethic 5w-30 branded. kira-kira ada rebranding darimana? dan klo tau kualitasnya gimana?

thanks
CX 5 User - ex GE8 user - PS3 Gamer- javaddict

Jasa konsultan pajak (fee terjangkau)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

B 0 YZ wrote:selamat siang nubi bawa beberapa pertanyaan


Mesin all new jazz 2013 apakah flat tapped atau roller rocker ?

Barusan ane ganti oli dengan Gulf Ultrasynth X ( API SN and ILSAC GF-5) 5w - 30 , apakah cocok dengan mesin ane?

untuk ganti oli berikutnya ane pengen coba shell HX-8 , tapi banyak teman saran pake Motul H-tech , sama-sama 5w-30 , menurut suhu disini lebih baik pakai yang mana ya?
Roller rocker

bisa pakai API SM
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

The_Sa1nts wrote: om turbo sekalian nanya Honda sekarang mengeluarkan oli sendiri yg 0w-20 dimana harga pasarannya mirip dengan fully syntethic 5w-30 branded. kira-kira ada rebranding darimana? dan klo tau kualitasnya gimana?

thanks
wah belom pernah lihat data nya yg 0w20 yg dijual di Indo.....kalo ada yg test di lab utk cek kadar antiwearnya sih seru

kalo oli oli genuie mobil 0W20 di luar sih rata2 kadar antiwearnya tinggi, ada yg ladnungan Molybden nya sampe 500 ppm, disamping ZDDP yg 800 ppm

Trus oli2 0w20 rata rata viscisty index nya sgt tinggi, 180 - 190 an - hampir 200
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by B 0 YZ »

@ om turbo dan om saint

Terima kasih atas tanggapannya, kalau sekarang saya pakai oli gulf ini API SN di oli yang sekarang, apakah tidak bermasalah atau malah lebih baik atau buruk?

Apakah ada yang pernah mereview oli FK freshing? baik atau tidak oli ini , dibandingkan dengan motul H-tec dsbnya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

B 0 YZ wrote:@ om turbo dan om saint

Terima kasih atas tanggapannya, kalau sekarang saya pakai oli gulf ini API SN di oli yang sekarang, apakah tidak bermasalah atau malah lebih baik atau buruk?
Oke saja, gak masalah, cuman ngeliat spec nya di internet, TBN cuman 7,4 mg KOH, maka oli ini pakai maksimum sampai 7500 Km aja atau 9 bulan Max.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by B 0 YZ »

Turboman wrote:
B 0 YZ wrote:@ om turbo dan om saint

Terima kasih atas tanggapannya, kalau sekarang saya pakai oli gulf ini API SN di oli yang sekarang, apakah tidak bermasalah atau malah lebih baik atau buruk?
Oke saja, gak masalah, cuman ngeliat spec nya di internet, TBN cuman 7,4 mg KOH, maka oli ini pakai maksimum sampai 7500 Km aja atau 9 bulan Max.
terima kasih banyak , infonya sangat berguna :D
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by fastering »

B 0 YZ wrote:selamat siang nubi bawa beberapa pertanyaan


Mesin all new jazz 2013 apakah flat tapped atau roller rocker ?

Barusan ane ganti oli dengan Gulf Ultrasynth X ( API SN and ILSAC GF-5) 5w - 30 , apakah cocok dengan mesin ane?

untuk ganti oli berikutnya ane pengen coba shell HX-8 , tapi banyak teman saran pake Motul H-tech , sama-sama 5w-30 , menurut suhu disini lebih baik pakai yang mana ya?
Om, saya juga pengguna ge8, bbrp waktu yg lalu om turbo beri saran gunakan shell hx8, motul h-tech dll.
Tp saya jatuhkan pilihan ke shell hx8(ntah knp dari dulu lebih seneng pakai produknya shell).
Mobil udah jalan hampir 3ribu kilometer pakai oli ini, tarikannya masih sama aja enaknya spt saat baru diganti oli nya ;)
Nanti saya bantu update penggunaan oli ini setelah 5ribu, 7ribu dan 9ribu kilometer bagaimana kondisi tarikannya :big_peace:
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

Para Suhu, tanya dong. Ane dikasih tau ama tetangga yang punya bengkel, katanya harga oli bakal naik 10%, nah ane jadi mikir mending stok aja. Pertanyaan: apakah oli yang disimpan misalnya sampai 2-3 tahun akan berkurang kualitasnya? segel semua utuh.
thanks
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi