Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sory melenceng dikitt , o ya om turboman emang mesin yang sering dipakai lebih sehat ya? kalau elektroniknya seperti ecu gt gimana om? ane jadi aga lega denger penjelasan om, karna km dah menuju 170000km hehe, tapi kalo kaki2 jadi lebih cepet rusak ya om?
Ada yang tau gak, kenapa dalam website resmi MB approved, product Pertamina yang tercatat mendapatkan approval hanya Fastron Gold yaitu MB 229.51 approved.
Padahal product lainnya yang mencantumkan MB 229.1, 228.1, 228.3, maupun 226.1 dalam kemasan / brosur product pertamina ternyata tidak terdaftar dalam website MB.
Padahal seingat saya tahun lalu masih terdaftar.
Apakah approval MB tiap tahun harus diperbaharui walaupun product yang sudah mendapatkan approval tersebut tetap diproduksi tanpa perubahan spesifikasi?
Kalau tahun ini sudah tidak terdaftar, apakah legal kalau Pertamina tetap mencantumkan approval MB 229.1, 228.1, 228.3, maupun 226.1 dalam kemasan product mereka?
kalvin wrote:1. sory melenceng dikitt , o ya om turboman emang mesin yang sering dipakai lebih sehat ya? kalau elektroniknya seperti ecu gt gimana om? ane jadi aga lega denger penjelasan om, karna km dah menuju 170000km hehe,
2. tapi kalo kaki2 jadi lebih cepet rusak ya om?
ya lebih sehat
1. ECU ga masalah, paling secara berkala bersihkan MAF sensor dan MAP sensor (kalo pake MAP sensor)
2. Kalo kaki2 yah tergantung penggunaan, kondisi jalan yg dilalui dan driving style kita aja.......
JAKARTA - Pelumas merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi kesehatan jantung mekanis kendaraan. Melihat kondisi ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic yang ditujukan bagi kendaraan Nissan.
Nissan mengklaim, pelumas miliknya tersebut ramah lingkungan dan mampu meningkatkan performa produk-produknya.
"Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic dihadirkan bagi pelanggan yang ingin meng-upgrade pengalaman berkendara mereka bersama Nissan," jelas Teddy Irawan, Vice President Product Planning, Aftersales, Dealer Development, & Customer Satisfaction NMI.
"Dibekali berbagai inovasi terdepan, pelumas yang diformulasikan khusus untuk berbagai jenis kendaraan Nissan ini siap memberikan peningkatan akselerasi mesin, perlindungan mesin yang lebih baik, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan," sambungnya lagi.
NMI mengatakan Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic telah memenuhi standar internasional American Petroleum Institute (API) SN dan memiliki berbagai keunggulan.
Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic menghasilkan akselerasi yang lebih responsif sampai dengan 4 persen. Hal ini dikarenakan hadirnya teknologi Friction Modifier yang lebih baik dan friksi yang lebih rendah, sehingga menjadikan performa mesin menjadi lebih tinggi dan responsif.
Selain itu pelumas ini dapat melindungi sampai ke suku cadang terkecil dalam mesin, karena bahan dasar yang fully synthetic memiliki lapisan pelumas yang lebih stabil untuk oksidasi suhu panas dan dingin. Produk ini diformulasikan secara khusus untuk dapat melumasi dan melindungi bagian-bagian mesin Nissan yang telah menggunakan proses Micro Finishing.
Micro Finishing pada mesin Nissan yang dikombinasikan dengan Friction Modifier dan pelumas dengan bahan dasar fully synthetic dapat mendukung efisiensi pemakaian bahan bakar yang lebih baik.
Tingkat penguapan yang rendah serta penggunaan zat aditif khusus dalam Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic, menghasilkan pelumas yang ramah lingkungan. Kerja mesin yang lebih efisien dapat secara signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar.
Untuk menebus pelumas ini, Anda harus menyiapkan kocek sebesar Rp85 ribu per liter. Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic tersedia di seluruh diler resmi Nissan di Indonesia mulai awal Oktober 2013.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
JAKARTA - Pelumas merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi kesehatan jantung mekanis kendaraan. Melihat kondisi ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic yang ditujukan bagi kendaraan Nissan.
Nissan mengklaim, pelumas miliknya tersebut ramah lingkungan dan mampu meningkatkan performa produk-produknya.
"Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic dihadirkan bagi pelanggan yang ingin meng-upgrade pengalaman berkendara mereka bersama Nissan," jelas Teddy Irawan, Vice President Product Planning, Aftersales, Dealer Development, & Customer Satisfaction NMI.
"Dibekali berbagai inovasi terdepan, pelumas yang diformulasikan khusus untuk berbagai jenis kendaraan Nissan ini siap memberikan peningkatan akselerasi mesin, perlindungan mesin yang lebih baik, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan," sambungnya lagi.
NMI mengatakan Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic telah memenuhi standar internasional American Petroleum Institute (API) SN dan memiliki berbagai keunggulan.
Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic menghasilkan akselerasi yang lebih responsif sampai dengan 4 persen. Hal ini dikarenakan hadirnya teknologi Friction Modifier yang lebih baik dan friksi yang lebih rendah, sehingga menjadikan performa mesin menjadi lebih tinggi dan responsif.
Selain itu pelumas ini dapat melindungi sampai ke suku cadang terkecil dalam mesin, karena bahan dasar yang fully synthetic memiliki lapisan pelumas yang lebih stabil untuk oksidasi suhu panas dan dingin. Produk ini diformulasikan secara khusus untuk dapat melumasi dan melindungi bagian-bagian mesin Nissan yang telah menggunakan proses Micro Finishing.
Micro Finishing pada mesin Nissan yang dikombinasikan dengan Friction Modifier dan pelumas dengan bahan dasar fully synthetic dapat mendukung efisiensi pemakaian bahan bakar yang lebih baik.
Tingkat penguapan yang rendah serta penggunaan zat aditif khusus dalam Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic, menghasilkan pelumas yang ramah lingkungan. Kerja mesin yang lebih efisien dapat secara signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar.
Untuk menebus pelumas ini, Anda harus menyiapkan kocek sebesar Rp85 ribu per liter. Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic tersedia di seluruh diler resmi Nissan di Indonesia mulai awal Oktober 2013.
numpang share master skalian, tadi ES ane barusan ganti oli, dari dulu pake HX7, tadi iseng coba kendal GT-1 10w40 pas ada promo beli 3 bonus 1 di rajawali, impresi pertama sih emang lbih halus daripada sebelumnya (jelaslah oli baru )....
belum dicoba narik full, cm td ada suara ngelitik dikit pas sedikit agresif shifting dari 2 ke 3, ntar dicoba lg deh. so far nothing phenomenal yet...
jadi kepikiran pindah ke buntut 30 buat next nya, kira2 masih brani nggak ya buat mobil keluaran 2004 gini dengan km 107rb...
Turboman wrote:
Ganti total pakai ATF changer atau cuman ganti buang oli di pan trus masukkin bbrp L sesuai yg dibuang ?
Kalau pakai ATF changer dan jumlah ATF nya masuk range dipstick baik inspeksi saat panas / dingi, coba :
cabut terminal negatip aki selama 5 detik, trus pasang lagi
Ditunggu update-nya
Apdet aja Om Turbo, setelah cabut terminal negatip, efek seperti engine break bisa dikonfirmasikan tidak ada lagi...udah uji coba di Tol, sejauh ini normal
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Rekan - rekan SM, sudah ada gak ya thread yang membuat listing oli-oli merk/tipe apa saja yang rawan menjadi lumpur/sludge?
Imho, informasi hasil pengujian ketahanan terhadap timbulnya sludge tidak pernah dicantumkan dalam kemasan maupun msds oli/pelumas.
Penyebab internal utama oli gampang menjadi sludge apakah kualitas base oil-nya atau additive-nya?
koq mirip ama hgmo nya honda yahh... sama2 api SN... sama2 5-30... sama2 pake kata eco eco an... dan harganya pun mirip... cuman beda 5 rebu per liter nya... kayanya musti coba di sama2 dituang di wadah yg terpisah trus diliat warna dan bau nya nehh... kalo mirip persis.. berarti ketauan dehh isi nya apa..
MI16 wrote:
imsus2c wrote:^^^
Apa masih oli-nya idemitsu juga?
Rasa2nya masih idemitsu yg senang pakai kata "eco"...
twa wrote:
JAKARTA - Pelumas merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi kesehatan jantung mekanis kendaraan. Melihat kondisi ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic yang ditujukan bagi kendaraan Nissan.
Nissan mengklaim, pelumas miliknya tersebut ramah lingkungan dan mampu meningkatkan performa produk-produknya.
"Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic dihadirkan bagi pelanggan yang ingin meng-upgrade pengalaman berkendara mereka bersama Nissan," jelas Teddy Irawan, Vice President Product Planning, Aftersales, Dealer Development, & Customer Satisfaction NMI.
"Dibekali berbagai inovasi terdepan, pelumas yang diformulasikan khusus untuk berbagai jenis kendaraan Nissan ini siap memberikan peningkatan akselerasi mesin, perlindungan mesin yang lebih baik, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan," sambungnya lagi.
NMI mengatakan Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic telah memenuhi standar internasional American Petroleum Institute (API) SN dan memiliki berbagai keunggulan.
Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic menghasilkan akselerasi yang lebih responsif sampai dengan 4 persen. Hal ini dikarenakan hadirnya teknologi Friction Modifier yang lebih baik dan friksi yang lebih rendah, sehingga menjadikan performa mesin menjadi lebih tinggi dan responsif.
Selain itu pelumas ini dapat melindungi sampai ke suku cadang terkecil dalam mesin, karena bahan dasar yang fully synthetic memiliki lapisan pelumas yang lebih stabil untuk oksidasi suhu panas dan dingin. Produk ini diformulasikan secara khusus untuk dapat melumasi dan melindungi bagian-bagian mesin Nissan yang telah menggunakan proses Micro Finishing.
Micro Finishing pada mesin Nissan yang dikombinasikan dengan Friction Modifier dan pelumas dengan bahan dasar fully synthetic dapat mendukung efisiensi pemakaian bahan bakar yang lebih baik.
Tingkat penguapan yang rendah serta penggunaan zat aditif khusus dalam Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic, menghasilkan pelumas yang ramah lingkungan. Kerja mesin yang lebih efisien dapat secara signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar.
Untuk menebus pelumas ini, Anda harus menyiapkan kocek sebesar Rp85 ribu per liter. Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic tersedia di seluruh diler resmi Nissan di Indonesia mulai awal Oktober 2013.
Mesin all new jazz 2013 apakah flat tapped atau roller rocker ?
Barusan ane ganti oli dengan Gulf Ultrasynth X ( API SN and ILSAC GF-5) 5w - 30 , apakah cocok dengan mesin ane?
untuk ganti oli berikutnya ane pengen coba shell HX-8 , tapi banyak teman saran pake Motul H-tech , sama-sama 5w-30 , menurut suhu disini lebih baik pakai yang mana ya?
B 0 YZ wrote:selamat siang nubi bawa beberapa pertanyaan
Mesin all new jazz 2013 apakah flat tapped atau roller rocker ?
Barusan ane ganti oli dengan Gulf Ultrasynth X ( API SN and ILSAC GF-5) 5w - 30 , apakah cocok dengan mesin ane?
untuk ganti oli berikutnya ane pengen coba shell HX-8 , tapi banyak teman saran pake Motul H-tech , sama-sama 5w-30 , menurut suhu disini lebih baik pakai yang mana ya?
sebagai sesama pengguna ge8, paling bagus tipe oli 5w-30. klo bisa pake yang ud punya merek jika duit bukan masalah (macam mobil 1, shell helix ultra, total, amzoil yg biasa aja jgn signature edition). tp paling value for money dg performance pake fastron gold 5w-30.
om turbo sekalian nanya Honda sekarang mengeluarkan oli sendiri yg 0w-20 dimana harga pasarannya mirip dengan fully syntethic 5w-30 branded. kira-kira ada rebranding darimana? dan klo tau kualitasnya gimana?
B 0 YZ wrote:selamat siang nubi bawa beberapa pertanyaan
Mesin all new jazz 2013 apakah flat tapped atau roller rocker ?
Barusan ane ganti oli dengan Gulf Ultrasynth X ( API SN and ILSAC GF-5) 5w - 30 , apakah cocok dengan mesin ane?
untuk ganti oli berikutnya ane pengen coba shell HX-8 , tapi banyak teman saran pake Motul H-tech , sama-sama 5w-30 , menurut suhu disini lebih baik pakai yang mana ya?
The_Sa1nts wrote:
om turbo sekalian nanya Honda sekarang mengeluarkan oli sendiri yg 0w-20 dimana harga pasarannya mirip dengan fully syntethic 5w-30 branded. kira-kira ada rebranding darimana? dan klo tau kualitasnya gimana?
thanks
wah belom pernah lihat data nya yg 0w20 yg dijual di Indo.....kalo ada yg test di lab utk cek kadar antiwearnya sih seru
kalo oli oli genuie mobil 0W20 di luar sih rata2 kadar antiwearnya tinggi, ada yg ladnungan Molybden nya sampe 500 ppm, disamping ZDDP yg 800 ppm
Trus oli2 0w20 rata rata viscisty index nya sgt tinggi, 180 - 190 an - hampir 200
Terima kasih atas tanggapannya, kalau sekarang saya pakai oli gulf ini API SN di oli yang sekarang, apakah tidak bermasalah atau malah lebih baik atau buruk?
Apakah ada yang pernah mereview oli FK freshing? baik atau tidak oli ini , dibandingkan dengan motul H-tec dsbnya.
Terima kasih atas tanggapannya, kalau sekarang saya pakai oli gulf ini API SN di oli yang sekarang, apakah tidak bermasalah atau malah lebih baik atau buruk?
Oke saja, gak masalah, cuman ngeliat spec nya di internet, TBN cuman 7,4 mg KOH, maka oli ini pakai maksimum sampai 7500 Km aja atau 9 bulan Max.
Terima kasih atas tanggapannya, kalau sekarang saya pakai oli gulf ini API SN di oli yang sekarang, apakah tidak bermasalah atau malah lebih baik atau buruk?
Oke saja, gak masalah, cuman ngeliat spec nya di internet, TBN cuman 7,4 mg KOH, maka oli ini pakai maksimum sampai 7500 Km aja atau 9 bulan Max.
B 0 YZ wrote:selamat siang nubi bawa beberapa pertanyaan
Mesin all new jazz 2013 apakah flat tapped atau roller rocker ?
Barusan ane ganti oli dengan Gulf Ultrasynth X ( API SN and ILSAC GF-5) 5w - 30 , apakah cocok dengan mesin ane?
untuk ganti oli berikutnya ane pengen coba shell HX-8 , tapi banyak teman saran pake Motul H-tech , sama-sama 5w-30 , menurut suhu disini lebih baik pakai yang mana ya?
Om, saya juga pengguna ge8, bbrp waktu yg lalu om turbo beri saran gunakan shell hx8, motul h-tech dll.
Tp saya jatuhkan pilihan ke shell hx8(ntah knp dari dulu lebih seneng pakai produknya shell).
Mobil udah jalan hampir 3ribu kilometer pakai oli ini, tarikannya masih sama aja enaknya spt saat baru diganti oli nya
Nanti saya bantu update penggunaan oli ini setelah 5ribu, 7ribu dan 9ribu kilometer bagaimana kondisi tarikannya
Para Suhu, tanya dong. Ane dikasih tau ama tetangga yang punya bengkel, katanya harga oli bakal naik 10%, nah ane jadi mikir mending stok aja. Pertanyaan: apakah oli yang disimpan misalnya sampai 2-3 tahun akan berkurang kualitasnya? segel semua utuh.
thanks
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi