Mirage,matic atau manual??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Mirage,matic atau manual??
Hallo rekan2 Sm'ers...perkenalkan Nubie di SM tercinta.akhirnya memberanikan diri register setelah selama ini cuma bisa silent reading,dan karna nubie lagi terkena kontroversi hati menyangkut pilihan kendaraan yg mungkin bisa mengkudeta keputusan yg sudah diambil selama ini dan mungkin akan berpengaruh pada stabilisasi ekonomi keluarga di masa mendatang
[*]abaikan paragraf pembukanya[*]
ane berencana mau membeli sebuah mobil pertama untuk akomodasi keluarga kecil ane(suami-istri dan 1 anak),sebelumnya cuma minjem2 jazz RS Manual punya ortu.dan tidak tahu sama sekali dengan perawatan atau pun perbaikannya.pilihannya sudah jatuh kepada mitsubishi mirage exceed matic,karna sudah dari awal kepincut sama model dan performa nya,dan dari review2 yg sudah dibaca kayaknya cocok dengan keinginan
karena sangat awam sekali dengan mobil,ane ber konsultasi dulu dengan ortu dan mendapati kenyataan bahwa mobil matic tidak terlalu populer di kota ane(banjarmasin),kebanyakan orang termasuk ortu ane berpendapat bahwa mobil matic memrlukan perawatan yg lebih sulit,lebih mahal dan yg paling penting klo dijual kembali susah karna jarang ada yg mau beli berimbas pada harga jualnya yg menurun drastis
kenapa sangat concern kepada jual kembali,karna tidak menutup kemungkinan nanti kedepannya ane mau ngembangin usaha atau ada suatu keperluan mendadak yg penting,menjual mobil adalah opsi utama.karna itu kembali dipertimbangkan apakah tetap ambil tipe exceed atau tipe terendah GLX yg manual.terus terang ane tertarik tipe exceed bukan karna matic nya,tapi karna fitur2 dan kelengkapan lainnya yg tidak ada di tipe2 dibawahnya,fitur2 yg hanya ada di tipe exceed adalah;
- Keyless operating sisterm
- Engine start/stop button
- Fog lamp
- muffler cutter(yg ini sebenarnya ga tau yg mana)
- rear spoiler
- abs+ebd
- immobilizer(ini juga ga tau,maklum nubie)
nah,pertanyaan ane adalah
1.adakah perbedaan perawatan antara matic dan manual?diantaranya mungkin jarak berkala ganti oli,parts fast / slow moving,pajak pertahun dll
2.bagaimana konsumsi BBM antara matic dan manual?fyi,ane orangnya klo nyetir ga agresif,lebih sering ngalahnya dari pada ngeyelnya.tipe2 orang yang prinsipnya biar lambat asal ga telat karna sepertinya gaya nyetir juga berpengaruh dengan konsumsi bbm nya.
3.apakah worthed perbedaan harga hampir 26 juta di pricelist antara 2 tipe tersebut?analoginya begini,yg mana yg rekan2 pilih,ambil GLX dan tambahin2 sendiri tambahan2 seperti exceed tentunya dengan mengesampingkan transimisi dan keyless nya,atau ambil exceed dan tutup mata dengan perbedaan harga nya yg lumayan jauh?
4.ini rasanya sangat spesifik,benarkah di daerah2 seperti dikota ane mobil matic kurang peminat.dari sepenglihatan ane klo di kota2 besar user nya malah cenderung memilih matic dari manual.kebalikannya dengan di daerah2.
5.paling penting ini,kira bagaimana resale value kedepannya?mengingat ini model yg masih terbilang baru,masih 1 tahunan dan resale value nya masih belum kelihatan.sepengamatan ane,dari unit2 yg dijual di situs2 jual beli,memang harga 2nd nya masih tidak terlalu jauh dengan unit barunya.tapi mungkin juga karna pengaruh lokasi juga.
nah,sekian dulu pertanyaan ane,nanti klo ada yg lain ga menutup kemungkinan ada pertanyaan2 lain di kemudian hari.terima kasih banyak buat master2 SM yg sudah mau membaca apalagi me reply trit curhatan ane.mudah2an bisa mencerahkan ane dalam memutuskan pilihan nanti.
sekali lagi SM maaf klo ada salah2 kata.
[*]abaikan paragraf pembukanya[*]
ane berencana mau membeli sebuah mobil pertama untuk akomodasi keluarga kecil ane(suami-istri dan 1 anak),sebelumnya cuma minjem2 jazz RS Manual punya ortu.dan tidak tahu sama sekali dengan perawatan atau pun perbaikannya.pilihannya sudah jatuh kepada mitsubishi mirage exceed matic,karna sudah dari awal kepincut sama model dan performa nya,dan dari review2 yg sudah dibaca kayaknya cocok dengan keinginan
karena sangat awam sekali dengan mobil,ane ber konsultasi dulu dengan ortu dan mendapati kenyataan bahwa mobil matic tidak terlalu populer di kota ane(banjarmasin),kebanyakan orang termasuk ortu ane berpendapat bahwa mobil matic memrlukan perawatan yg lebih sulit,lebih mahal dan yg paling penting klo dijual kembali susah karna jarang ada yg mau beli berimbas pada harga jualnya yg menurun drastis
kenapa sangat concern kepada jual kembali,karna tidak menutup kemungkinan nanti kedepannya ane mau ngembangin usaha atau ada suatu keperluan mendadak yg penting,menjual mobil adalah opsi utama.karna itu kembali dipertimbangkan apakah tetap ambil tipe exceed atau tipe terendah GLX yg manual.terus terang ane tertarik tipe exceed bukan karna matic nya,tapi karna fitur2 dan kelengkapan lainnya yg tidak ada di tipe2 dibawahnya,fitur2 yg hanya ada di tipe exceed adalah;
- Keyless operating sisterm
- Engine start/stop button
- Fog lamp
- muffler cutter(yg ini sebenarnya ga tau yg mana)
- rear spoiler
- abs+ebd
- immobilizer(ini juga ga tau,maklum nubie)
nah,pertanyaan ane adalah
1.adakah perbedaan perawatan antara matic dan manual?diantaranya mungkin jarak berkala ganti oli,parts fast / slow moving,pajak pertahun dll
2.bagaimana konsumsi BBM antara matic dan manual?fyi,ane orangnya klo nyetir ga agresif,lebih sering ngalahnya dari pada ngeyelnya.tipe2 orang yang prinsipnya biar lambat asal ga telat karna sepertinya gaya nyetir juga berpengaruh dengan konsumsi bbm nya.
3.apakah worthed perbedaan harga hampir 26 juta di pricelist antara 2 tipe tersebut?analoginya begini,yg mana yg rekan2 pilih,ambil GLX dan tambahin2 sendiri tambahan2 seperti exceed tentunya dengan mengesampingkan transimisi dan keyless nya,atau ambil exceed dan tutup mata dengan perbedaan harga nya yg lumayan jauh?
4.ini rasanya sangat spesifik,benarkah di daerah2 seperti dikota ane mobil matic kurang peminat.dari sepenglihatan ane klo di kota2 besar user nya malah cenderung memilih matic dari manual.kebalikannya dengan di daerah2.
5.paling penting ini,kira bagaimana resale value kedepannya?mengingat ini model yg masih terbilang baru,masih 1 tahunan dan resale value nya masih belum kelihatan.sepengamatan ane,dari unit2 yg dijual di situs2 jual beli,memang harga 2nd nya masih tidak terlalu jauh dengan unit barunya.tapi mungkin juga karna pengaruh lokasi juga.
nah,sekian dulu pertanyaan ane,nanti klo ada yg lain ga menutup kemungkinan ada pertanyaan2 lain di kemudian hari.terima kasih banyak buat master2 SM yg sudah mau membaca apalagi me reply trit curhatan ane.mudah2an bisa mencerahkan ane dalam memutuskan pilihan nanti.
sekali lagi SM maaf klo ada salah2 kata.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Mirage,matic atau manual??
Salam kenal om...
Berhubung ane juga nubie, perkenankan ane menjawab fitur miras... utk sisanya harus manggil om yun dan om R2D2 sebagai suhu mirasantika...
Mufflercutter itu untuk knalpot om, jadi diberikan aksen krom... ga cuman terlihat kayak pipa ledeng di bawah mobil...
Immobilizer itu sistem keamanan mobil. Kunci mobil memiliki kode komputer tersendiri, apabila mobil dinyalakan secara paksa tanpa kode yg tepat, ECU akan mematikan seluruh sistem kendaraan. Hanya BeRes yg bs membereskan hal2 spt ini... *pernah kejadian di Odyss RB1, salah masukin kunci mobil, kunci tertelan di keyhole nya. panggil enjiner dr Jkt baru beres...*
Cmiiw...
Berhubung ane juga nubie, perkenankan ane menjawab fitur miras... utk sisanya harus manggil om yun dan om R2D2 sebagai suhu mirasantika...
Mufflercutter itu untuk knalpot om, jadi diberikan aksen krom... ga cuman terlihat kayak pipa ledeng di bawah mobil...
Immobilizer itu sistem keamanan mobil. Kunci mobil memiliki kode komputer tersendiri, apabila mobil dinyalakan secara paksa tanpa kode yg tepat, ECU akan mematikan seluruh sistem kendaraan. Hanya BeRes yg bs membereskan hal2 spt ini... *pernah kejadian di Odyss RB1, salah masukin kunci mobil, kunci tertelan di keyhole nya. panggil enjiner dr Jkt baru beres...*
Cmiiw...
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Re: Mirage,matic atau manual??
oke om medcet yg bukan klonmadcat015 wrote:Salam kenal om...
Berhubung ane juga nubie, perkenankan ane menjawab fitur miras... utk sisanya harus manggil om yun dan om R2D2 sebagai suhu mirasantika...
Mufflercutter itu untuk knalpot om, jadi diberikan aksen krom... ga cuman terlihat kayak pipa ledeng di bawah mobil...
Immobilizer itu sistem keamanan mobil. Kunci mobil memiliki kode komputer tersendiri, apabila mobil dinyalakan secara paksa tanpa kode yg tepat, ECU akan mematikan seluruh sistem kendaraan. Hanya BeRes yg bs membereskan hal2 spt ini... *pernah kejadian di Odyss RB1, salah masukin kunci mobil, kunci tertelan di keyhole nya. panggil enjiner dr Jkt baru beres...*
Cmiiw...
ternyata immobilizer fitur yg sangat penting
klo muffler cutter sepertinya bisa diatasi.
BIG THANKS
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mirage,matic atau manual??
Jika likuiditas mmg sedemikian prioritas, maka ane turut dukung manual.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Mirage,matic atau manual??
1. ada perbedaan. oli mira CVT lebih banyak dari manual. harga olinya juga lebih mahal, dan harus pakai CVTF bukan ATF biasa.SilverK610i wrote:Hallo rekan2 Sm'ers...perkenalkan Nubie di SM tercinta.akhirnya memberanikan diri register setelah selama ini cuma bisa silent reading,dan karna nubie lagi terkena kontroversi hati menyangkut pilihan kendaraan yg mungkin bisa mengkudeta keputusan yg sudah diambil selama ini dan mungkin akan berpengaruh pada stabilisasi ekonomi keluarga di masa mendatang
[*]abaikan paragraf pembukanya[*]
ane berencana mau membeli sebuah mobil pertama untuk akomodasi keluarga kecil ane(suami-istri dan 1 anak),sebelumnya cuma minjem2 jazz RS Manual punya ortu.dan tidak tahu sama sekali dengan perawatan atau pun perbaikannya.pilihannya sudah jatuh kepada mitsubishi mirage exceed matic,karna sudah dari awal kepincut sama model dan performa nya,dan dari review2 yg sudah dibaca kayaknya cocok dengan keinginan
karena sangat awam sekali dengan mobil,ane ber konsultasi dulu dengan ortu dan mendapati kenyataan bahwa mobil matic tidak terlalu populer di kota ane(banjarmasin),kebanyakan orang termasuk ortu ane berpendapat bahwa mobil matic memrlukan perawatan yg lebih sulit,lebih mahal dan yg paling penting klo dijual kembali susah karna jarang ada yg mau beli berimbas pada harga jualnya yg menurun drastis
kenapa sangat concern kepada jual kembali,karna tidak menutup kemungkinan nanti kedepannya ane mau ngembangin usaha atau ada suatu keperluan mendadak yg penting,menjual mobil adalah opsi utama.karna itu kembali dipertimbangkan apakah tetap ambil tipe exceed atau tipe terendah GLX yg manual.terus terang ane tertarik tipe exceed bukan karna matic nya,tapi karna fitur2 dan kelengkapan lainnya yg tidak ada di tipe2 dibawahnya,fitur2 yg hanya ada di tipe exceed adalah;
- Keyless operating sisterm
- Engine start/stop button
- Fog lamp
- muffler cutter(yg ini sebenarnya ga tau yg mana)
- rear spoiler
- abs+ebd
- immobilizer(ini juga ga tau,maklum nubie)
nah,pertanyaan ane adalah
1.adakah perbedaan perawatan antara matic dan manual?diantaranya mungkin jarak berkala ganti oli,parts fast / slow moving,pajak pertahun dll
2.bagaimana konsumsi BBM antara matic dan manual?fyi,ane orangnya klo nyetir ga agresif,lebih sering ngalahnya dari pada ngeyelnya.tipe2 orang yang prinsipnya biar lambat asal ga telat karna sepertinya gaya nyetir juga berpengaruh dengan konsumsi bbm nya.
3.apakah worthed perbedaan harga hampir 26 juta di pricelist antara 2 tipe tersebut?analoginya begini,yg mana yg rekan2 pilih,ambil GLX dan tambahin2 sendiri tambahan2 seperti exceed tentunya dengan mengesampingkan transimisi dan keyless nya,atau ambil exceed dan tutup mata dengan perbedaan harga nya yg lumayan jauh?
4.ini rasanya sangat spesifik,benarkah di daerah2 seperti dikota ane mobil matic kurang peminat.dari sepenglihatan ane klo di kota2 besar user nya malah cenderung memilih matic dari manual.kebalikannya dengan di daerah2.
5.paling penting ini,kira bagaimana resale value kedepannya?mengingat ini model yg masih terbilang baru,masih 1 tahunan dan resale value nya masih belum kelihatan.sepengamatan ane,dari unit2 yg dijual di situs2 jual beli,memang harga 2nd nya masih tidak terlalu jauh dengan unit barunya.tapi mungkin juga karna pengaruh lokasi juga.
nah,sekian dulu pertanyaan ane,nanti klo ada yg lain ga menutup kemungkinan ada pertanyaan2 lain di kemudian hari.terima kasih banyak buat master2 SM yg sudah mau membaca apalagi me reply trit curhatan ane.mudah2an bisa mencerahkan ane dalam memutuskan pilihan nanti.
sekali lagi SM maaf klo ada salah2 kata.
2. klw nyupir seperti anda, saya rasa CVT bisa lebih irit. CVT memang kelebihanya di kondisi low engine load, seperti smooth driving dan cruise d tol.. dan bisa ngejaga RPM rendah d ecodrive <2000rpm hingga 90kmh... itu bisa di lakukan dengan mantengin rpm dri awal jalan tampa shifting sama sekali. dan bisa ngejaga rpm terus di sweet spot teririt mesin.. cruising di speed 100kmh juga bisa dilakukan di rpm lebih rendah dari MT which is lebih irit.
klw seneng bejek2an atau naik turun gunung MT bisa lebih irit karna lebih minim powerloss. dari hasil lomba ecodrive yg di gelar KTB. umumnya yg diselenggarakan di kota dgn rute jalan tol juara 1 CVT lebih irit. sedangkan di kota yg g ada tol jalan nanjak, MT lebih irit. yg pasti selisih FCnya uda minim dan imbang ga sejauh AT 4speed biasa dgn MT.
klw seneng bejek2an sih mending lupain yg CVT.. bukan karna ga bisa lari.. tp hilang feelnya beda dgn AT biasa. sayang ga ada MT di versi Exceed.
3. tergantung..... gw sih butuh fitur keamanan Immobilizer dan ABS+EBD. hal yg sulit di tambahkan blkngan..immobilizer aftermarket d alarm imho tidak akan bisa menyamain keamanan immobilizer oem built-in didalam ECU mobil. apalagi di model 2014 yg exceed ada steering audio controlnya. spoiler blkng exceed juga beda dgn aksesoris yg untuk GLX/GLS
4. Tergantung daerahnya lagi... wkwkw di kota besar sih yup.. lebih seneng yg matic.
5. g tw dan nda ane pikirin hehehe
cek
indonesianmirageclub.com liat di forumnya banyak info2 bermanfaat soal mirage.
Last edited by billyd1773dz on Sat Sep 21, 2013 3:19, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Mirage,matic atau manual??
@om silver: sama2 om, suhu2 miras uda ane panggil td... masih bingung sama id masing2... kebanyakan klonengan...
Nubie juga setuju dgn pak'E, untuk daerah, mobil manual masih jadi primadono... mohon dipertimbangkan populasi dan popularitas mobil metik, trutama miras di daerah om silver...
Cmiiw...
Nubie juga setuju dgn pak'E, untuk daerah, mobil manual masih jadi primadono... mohon dipertimbangkan populasi dan popularitas mobil metik, trutama miras di daerah om silver...
Cmiiw...
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mirage,matic atau manual??
dari 6 poin di atas yg ga bisa diupgrade dari tipe gls dan glx cuma abs dan ebd. ini fitur keamanan dan ga bisa diupgrade (belum pernah denger ada yg upgrade 2 item ini).- Keyless operating sisterm
- Engine start/stop button
- Fog lamp
- muffler cutter(yg ini sebenarnya ga tau yg mana)
- rear spoiler
- abs+ebd
- immobilizer(ini juga ga tau,maklum nubie)
kalau start/stop button dan immob sudah ada di pasaran meski mungkin belum ada di kota TS (tp tidak ada di beres). hanya saja bila memodif tentu akan menggugurkan garansi kelistrikan. fungsi immob bisa digantikan dgn alarm biasa dan/atau gps tracker.
utk foglamp, muffler cutter dan rear spoiler dijual di beres sebagai accessories std mirage. yg beda hanya rear spoiler saja. utk exceed stoplampnya nempel pada rear spoiler. sedangkan pd gls dan glx, stop lamp nempel pada pintu, bukan pada rear spoiler.
Utk pertanyaannya :
1. utk perawatan umumnya beda di oli aja. gearbox matik butuh oli lebih banyak drpd gearbox manual. asal rutin ganti oli gearbox, tentu ga ada masalah. image matik lebih sulit lebih karena perawatan yg asal2an dan akibatnya banyak mobil matik yg gearboxnya rusak.
2. utk konsumsi jelas lebih irit manual. tp balik lagi tergantung kaki pengemudi.
3. tergantung budget saja. ane sendiri pakai glx, krn sudah harga lebih murah dapat pedal lebih banyak...
4. kalau daerah berbukit2 mending manual aja, meski sebetulnya matik jg ga masalah. di kota matik jelas laku terutama utk menghadapi kemacetan. pdhl pedal kopling miras enteng bgt. jadi ga masalah jg pake manual.
5. RV pasti bagus utk mobil yg bagus. balik lagi ke kondisi si mobilnya jg. klu kondisi ancur, biar merk nomer 1, tetep aja jeblok harga sekennya. jadi ga usah khawatir.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: Mirage,matic atau manual??
Jangan ragu ambil exceed bro silverK610i (sonyericsson ya??)
1. CVTF/oli cvt mirage udah ga perlu ganti
2. Garansi 3th/100K km
3. CVT cerdas, fuzzy logic, bisa belajar sikap sopir, kalo agresif, ECU akan autoremap, akan terasa lebih galak kalo abis dipakai agresif, akan terasa lebih smooth kalo abis dipakai nyantai...
Sejauh ini temen2 yg beli atas rekomen sy ga ada yg komplen, paling cuma kelembutan suspensi yg bagi sebagian orang yg suka suspensi rigid akan commen
Sy sempet pakai exceed awal launching sampai 12K, sangat2 surprise & rekomen!!!
Penjualan tertinggi mirage
1. Exceed
2. GLX/ manual
3. GLS/ cvt
Analoginya, harga bekas Exceed akan tetep lebih tinggi dibanding GLX
1. CVTF/oli cvt mirage udah ga perlu ganti
2. Garansi 3th/100K km
3. CVT cerdas, fuzzy logic, bisa belajar sikap sopir, kalo agresif, ECU akan autoremap, akan terasa lebih galak kalo abis dipakai agresif, akan terasa lebih smooth kalo abis dipakai nyantai...
Sejauh ini temen2 yg beli atas rekomen sy ga ada yg komplen, paling cuma kelembutan suspensi yg bagi sebagian orang yg suka suspensi rigid akan commen
Sy sempet pakai exceed awal launching sampai 12K, sangat2 surprise & rekomen!!!
Penjualan tertinggi mirage
1. Exceed
2. GLX/ manual
3. GLS/ cvt
Analoginya, harga bekas Exceed akan tetep lebih tinggi dibanding GLX
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Mirage,matic atau manual??
Matic lah...
Mbl kecil itu harus matic, dan penjualan Miraz itu yg plg tinggi maticnya...
Mbl kecil itu harus matic, dan penjualan Miraz itu yg plg tinggi maticnya...
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Re: Mirage,matic atau manual??
oke om.1 vote untuk manualandy1800 wrote:Jika likuiditas mmg sedemikian prioritas, maka ane turut dukung manual.
sepertinya jawaban om billy mendapatkan beberapa pertanyaan balik dari anebillyd1773dz wrote: 1. ada perbedaan. oli mira CVT lebih banyak dari manual. harga olinya juga lebih mahal, dan harus pakai CVTF bukan ATF biasa.
2. klw nyupir seperti anda, saya rasa CVT bisa lebih irit. CVT memang kelebihanya di kondisi low engine load, seperti smooth driving dan cruise d tol.. dan bisa ngejaga RPM rendah d ecodrive <2000rpm hingga 90kmh... itu bisa di lakukan dengan mantengin rpm dri awal jalan tampa shifting sama sekali. dan bisa ngejaga rpm terus di sweet spot teririt mesin.. cruising di speed 100kmh juga bisa dilakukan di rpm lebih rendah dari MT which is lebih irit.
klw seneng bejek2an atau naik turun gunung MT bisa lebih irit karna lebih minim powerloss. dari hasil lomba ecodrive yg di gelar KTB. umumnya yg diselenggarakan di kota dgn rute jalan tol juara 1 CVT lebih irit. sedangkan di kota yg g ada tol jalan nanjak, MT lebih irit. yg pasti selisih FCnya uda minim dan imbang ga sejauh AT 4speed biasa dgn MT.
klw seneng bejek2an sih mending lupain yg CVT.. bukan karna ga bisa lari.. tp hilang feelnya beda dgn AT biasa. sayang ga ada MT di versi Exceed.
3. tergantung..... gw sih butuh fitur keamanan Immobilizer dan ABS+EBD. hal yg sulit di tambahkan blkngan..immobilizer aftermarket d alarm imho tidak akan bisa menyamain keamanan immobilizer oem built-in didalam ECU mobil. apalagi di model 2014 yg exceed ada steering audio controlnya. spoiler blkng exceed juga beda dgn aksesoris yg untuk GLX/GLS
4. Tergantung daerahnya lagi... wkwkw di kota besar sih yup.. lebih seneng yg matic.
5. g tw dan nda ane pikirin hehehe
cek
indonesianmirageclub.com liat di forumnya banyak info2 bermanfaat soal mirage.
1.yap,noted!
2.daerah ane ga ada jalan tol,ga ada bukit2/tanjakan2 juga om.bisa cruising 40-100 kpj itu pun klo cuma mau jalan kearah luar kota.ane ga suka bejek2an gas tapi klo liat jalan kosong kadang2 ga ngerasa juga klo spedo hampir 100 kpj which mean sudah termasuk ngebut menurut versi ane.sepertinya disini MT unggul yah?nah,klo di dalam kota dengan kecepatan <40 kpj dengan gas naik turun,masih unggul MT ga?
yg di bold; nah itu dia point nya
3.exceed menang telak sepertinya
4.no surprise
5.
another BIG THANKS om billy
iya om,ane aja perlu 3 kali baca id nya ente biar ga salahmadcat015 wrote:@om silver: sama2 om, suhu2 miras uda ane panggil td... masih bingung sama id masing2... kebanyakan klonengan...
Nubie juga setuju dgn pak'E, untuk daerah, mobil manual masih jadi primadono... mohon dipertimbangkan populasi dan popularitas mobil metik, trutama miras di daerah om silver...
Cmiiw...
hmm miras disini sepertinya memang jarang yg tipe exceed.
kebanyakan malah GLX.
apalagi klo klo mau diliat lebih luas lagi,contoh apanjah aja yg segitu banyaknya ampe ga bisa dikalahin di jalan paling cuman beberapa yg pakai transmisi matic.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2494
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Mirage,matic atau manual??
kebalik lah bro, mobil kecil enakan manual buat meliuk-meliuk di puncak wkwkwkricz wrote:Matic lah...
Mbl kecil itu harus matic, dan penjualan Miraz itu yg plg tinggi maticnya...
Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Re: Mirage,matic atau manual??
keburu submit post diatas,males edit udah kepanjangan
terima kasih banyak pencerahnnya om.
iya om itu Sony Ericsson
1.maaf nubie ini,oli CVT beda yah dengan oli girboks seperti yg ditulis om y_anjasrana diatas?
2.beda yah om garansinya dengan tipe lain?
3.wow baru tau ane klo CVT bisa begitu.
data itu termasuk data di kota ane ngga om?karena sepenglihatan ane populasi matic sangat sedikit disini.
sekali lagi terima kasih banyak masukannya
hormat dulu sama master miragey_anjasrana wrote:dari 6 poin di atas yg ga bisa diupgrade dari tipe gls dan glx cuma abs dan ebd. ini fitur keamanan dan ga bisa diupgrade (belum pernah denger ada yg upgrade 2 item ini).- Keyless operating sisterm
- Engine start/stop button
- Fog lamp
- muffler cutter(yg ini sebenarnya ga tau yg mana)
- rear spoiler
- abs+ebd
- immobilizer(ini juga ga tau,maklum nubie)
kalau start/stop button dan immob sudah ada di pasaran meski mungkin belum ada di kota TS (tp tidak ada di beres). hanya saja bila memodif tentu akan menggugurkan garansi kelistrikan. fungsi immob bisa digantikan dgn alarm biasa dan/atau gps tracker.
utk foglamp, muffler cutter dan rear spoiler dijual di beres sebagai accessories std mirage. yg beda hanya rear spoiler saja. utk exceed stoplampnya nempel pada rear spoiler. sedangkan pd gls dan glx, stop lamp nempel pada pintu, bukan pada rear spoiler.
Utk pertanyaannya :
1. utk perawatan umumnya beda di oli aja. gearbox matik butuh oli lebih banyak drpd gearbox manual. asal rutin ganti oli gearbox, tentu ga ada masalah. image matik lebih sulit lebih karena perawatan yg asal2an dan akibatnya banyak mobil matik yg gearboxnya rusak.
2. utk konsumsi jelas lebih irit manual. tp balik lagi tergantung kaki pengemudi.
3. tergantung budget saja. ane sendiri pakai glx, krn sudah harga lebih murah dapat pedal lebih banyak...
4. kalau daerah berbukit2 mending manual aja, meski sebetulnya matik jg ga masalah. di kota matik jelas laku terutama utk menghadapi kemacetan. pdhl pedal kopling miras enteng bgt. jadi ga masalah jg pake manual.
5. RV pasti bagus utk mobil yg bagus. balik lagi ke kondisi si mobilnya jg. klu kondisi ancur, biar merk nomer 1, tetep aja jeblok harga sekennya. jadi ga usah khawatir.
terima kasih banyak pencerahnnya om.
wow master mirage yg lain juga replyRVR wrote:Jangan ragu ambil exceed bro silverK610i (sonyericsson ya??)
1. CVTF/oli cvt mirage udah ga perlu ganti
2. Garansi 3th/100K km
3. CVT cerdas, fuzzy logic, bisa belajar sikap sopir, kalo agresif, ECU akan autoremap, akan terasa lebih galak kalo abis dipakai agresif, akan terasa lebih smooth kalo abis dipakai nyantai...
Sejauh ini temen2 yg beli atas rekomen sy ga ada yg komplen, paling cuma kelembutan suspensi yg bagi sebagian orang yg suka suspensi rigid akan commen
Sy sempet pakai exceed awal launching sampai 12K, sangat2 surprise & rekomen!!!
Penjualan tertinggi mirage
1. Exceed
2. GLX/ manual
3. GLS/ cvt
Analoginya, harga bekas Exceed akan tetep lebih tinggi dibanding GLX
iya om itu Sony Ericsson
1.maaf nubie ini,oli CVT beda yah dengan oli girboks seperti yg ditulis om y_anjasrana diatas?
2.beda yah om garansinya dengan tipe lain?
3.wow baru tau ane klo CVT bisa begitu.
data itu termasuk data di kota ane ngga om?karena sepenglihatan ane populasi matic sangat sedikit disini.
sekali lagi terima kasih banyak masukannya
pertanyaan ane sama dengan yg diatasricz wrote:Matic lah...
Mbl kecil itu harus matic, dan penjualan Miraz itu yg plg tinggi maticnya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Mirage,matic atau manual??
Ane tersummon
Ane pake Mirage matic tapi bukan yang Exceed. Budget ane sudah mentok cuma bisa dapat yang GLS
Terus terang ane baru 2 bulan pake dan ini pake matic yang pertama kalinya. Betul2 yg pertama kali, sebelum beli ane test drive dulu dan minta diajarin salesnya nyupir mobil matic
Pertimbangan ane beli matic adalah menghadapi kota Jogja yg makin lama makin macet di jam dan lokasi tertentu, dan apesnya ane bisa dipastikan keluar pada jam dan lokasi macet2 itu
Jadi ini murni pertimbangan kebutuhan, saya jujur saja gak mikir resale value. Saya punya prinsip, ketika kelak mobil dijual, pasti sudah ada rejeki untuk beli mobil baru, seberapapun harus nambah.
Mohon maaf belum bisa menjawab pertanyaan TS karena ane baru pake 2 bulan, service gratis keduapun belum diambil
Cuma ane pikir, kalo memang dananya ada, sangat worth sekali ambil yang Exceed.
Ane pake Mirage matic tapi bukan yang Exceed. Budget ane sudah mentok cuma bisa dapat yang GLS
Terus terang ane baru 2 bulan pake dan ini pake matic yang pertama kalinya. Betul2 yg pertama kali, sebelum beli ane test drive dulu dan minta diajarin salesnya nyupir mobil matic
Pertimbangan ane beli matic adalah menghadapi kota Jogja yg makin lama makin macet di jam dan lokasi tertentu, dan apesnya ane bisa dipastikan keluar pada jam dan lokasi macet2 itu
Jadi ini murni pertimbangan kebutuhan, saya jujur saja gak mikir resale value. Saya punya prinsip, ketika kelak mobil dijual, pasti sudah ada rejeki untuk beli mobil baru, seberapapun harus nambah.
Mohon maaf belum bisa menjawab pertanyaan TS karena ane baru pake 2 bulan, service gratis keduapun belum diambil
Cuma ane pikir, kalo memang dananya ada, sangat worth sekali ambil yang Exceed.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mirage,matic atau manual??
koq pd binun soal oli girboks sih. ya klu matiknya miras ya oli cvt lah. klu klaim pabrikan memang lifetime tp kyknya ya sepanjang masa garansi, alias 3 taun atau 100.000km. di atas itu ya ganti kali ya.. tp ane ga tau minumnya abis brp liter, apalagi klu abis dikuras. klu oli mesinnya sih dikit. yaa mesin 1200cc ga mungkin sampe berliter2
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3152
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Mirage,matic atau manual??
Gwe kasi gambaran aja
Kos dan sse itu fitur worth banget dengan keperaktisan lebih dan hati juga lebih tenang dengan menggunakn mobil yg beginian..
Matic mengutamakan kenyaman.., aplagi ini cvt ..masalah irit malah lebih irit matic klo gwe yang bawa.. rpm lebih stabil, lost power nya ga ad pd saat ngopling,, dan s3kali lagi karena ini cvt maka lebih baik lagi
Di satu sisi anda akan lama mencairkan mobil anda ke bentuk uang jika kota anda ga suka matic, dengan harga yg bahkan akan lebih jatuh dari yg manual dan lamany mobil untuk laku.. dalam hal ini liquiditas manual masih menang
Nah itu 2 poin utamany, tinggal anda pilih.. klo mo dipake lama y jelas exced klo mo bentar yg glx.
Kos dan sse itu fitur worth banget dengan keperaktisan lebih dan hati juga lebih tenang dengan menggunakn mobil yg beginian..
Matic mengutamakan kenyaman.., aplagi ini cvt ..masalah irit malah lebih irit matic klo gwe yang bawa.. rpm lebih stabil, lost power nya ga ad pd saat ngopling,, dan s3kali lagi karena ini cvt maka lebih baik lagi
Di satu sisi anda akan lama mencairkan mobil anda ke bentuk uang jika kota anda ga suka matic, dengan harga yg bahkan akan lebih jatuh dari yg manual dan lamany mobil untuk laku.. dalam hal ini liquiditas manual masih menang
Nah itu 2 poin utamany, tinggal anda pilih.. klo mo dipake lama y jelas exced klo mo bentar yg glx.
engine roaring!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Re: Mirage,matic atau manual??
siapp om r2d2 udah di reply aja sudah sangat membantu.artoodetoo wrote:Ane tersummon
Ane pake Mirage matic tapi bukan yang Exceed. Budget ane sudah mentok cuma bisa dapat yang GLS
Terus terang ane baru 2 bulan pake dan ini pake matic yang pertama kalinya. Betul2 yg pertama kali, sebelum beli ane test drive dulu dan minta diajarin salesnya nyupir mobil matic
Pertimbangan ane beli matic adalah menghadapi kota Jogja yg makin lama makin macet di jam dan lokasi tertentu, dan apesnya ane bisa dipastikan keluar pada jam dan lokasi macet2 itu
Jadi ini murni pertimbangan kebutuhan, saya jujur saja gak mikir resale value. Saya punya prinsip, ketika kelak mobil dijual, pasti sudah ada rejeki untuk beli mobil baru, seberapapun harus nambah.
Mohon maaf belum bisa menjawab pertanyaan TS karena ane baru pake 2 bulan, service gratis keduapun belum diambil
Cuma ane pikir, kalo memang dananya ada, sangat worth sekali ambil yang Exceed.
hehehhe maaf om,ane yg binun masalah oli.y_anjasrana wrote:koq pd binun soal oli girboks sih. ya klu matiknya miras ya oli cvt lah. klu klaim pabrikan memang lifetime tp kyknya ya sepanjang masa garansi, alias 3 taun atau 100.000km. di atas itu ya ganti kali ya.. tp ane ga tau minumnya abis brp liter, apalagi klu abis dikuras. klu oli mesinnya sih dikit. yaa mesin 1200cc ga mungkin sampe berliter2
maklum belum pernah punya mobil sebelumnya
benar sekali om walid,disitulah letak kebimbangan ane.walid_007 wrote:Gwe kasi gambaran aja
Kos dan sse itu fitur worth banget dengan keperaktisan lebih dan hati juga lebih tenang dengan menggunakn mobil yg beginian..
Matic mengutamakan kenyaman.., aplagi ini cvt ..masalah irit malah lebih irit matic klo gwe yang bawa.. rpm lebih stabil, lost power nya ga ad pd saat ngopling,, dan s3kali lagi karena ini cvt maka lebih baik lagi
Di satu sisi anda akan lama mencairkan mobil anda ke bentuk uang jika kota anda ga suka matic, dengan harga yg bahkan akan lebih jatuh dari yg manual dan lamany mobil untuk laku.. dalam hal ini liquiditas manual masih menang
Nah itu 2 poin utamany, tinggal anda pilih.. klo mo dipake lama y jelas exced klo mo bentar yg glx.
2 poin yg sudah sangat jelas,dan diperparah lagi ternyata setelah ane konsultasi lagi dengan orang2 yg biasany jadi perantara jual-beli mobil istilahanya makelar disini,ternyata merk "MITSUBISHI" juga termasuk merk yg susah dijual unit 2nd nya,ga berbeda dengan merk macam chevrolet,ford,nissan bahkan duo korea sekalipun.wtf!! dan ini sama sekali tidak membantu malah memperparah kondisinya
padahal itu truk kepala kuning seabrek2 disini,dan angkutan akdp semuanya pakai mitsu L300 wagon.yyg usainya sampai sekarang bahkan ada yg sampai 20 tahun lebih,tapi masih bisa jalan.orang2 taunya klo ga toyota ya honda dan segelintir suzuki
yah,akhirnya setelah dipikir2 sepertinya masih lebih condong ke GLX,walopun jauh didalam lubuk hati yg paling dalam tetap pengen exceed,tapi ya kembali karena concern nya lebih kepada nantinya bagaimana mobil itu bisa diuangkan kembali.mudah2an nanti klopun mobil itu dijual karena mau ganti yg baru bukan karna suatu keperluan yg mendesak,amiinnn....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mirage,matic atau manual??
asiiikkk..... dpt temen miras glx
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Mirage,matic atau manual??
1. kaga om... yg MT penggunaan berat 100.000km yang AT 40.000kmRVR wrote:Jangan ragu ambil exceed bro silverK610i (sonyericsson ya??)
1. CVTF/oli cvt mirage udah ga perlu ganti
2. Garansi 3th/100K km
3. CVT cerdas, fuzzy logic, bisa belajar sikap sopir, kalo agresif, ECU akan autoremap, akan terasa lebih galak kalo abis dipakai agresif, akan terasa lebih smooth kalo abis dipakai nyantai...
Sejauh ini temen2 yg beli atas rekomen sy ga ada yg komplen, paling cuma kelembutan suspensi yg bagi sebagian orang yg suka suspensi rigid akan commen
Sy sempet pakai exceed awal launching sampai 12K, sangat2 surprise & rekomen!!!
Penjualan tertinggi mirage
1. Exceed
2. GLX/ manual
3. GLS/ cvt
Analoginya, harga bekas Exceed akan tetep lebih tinggi dibanding GLX
kira2 jarak tempuhnya 40%nya yg MT.
3. yup setuju...
tp pling kesel AI fuzzylogic nya telat respon perbedaan pijekan kaki atau gantian yg nyupir misalnya wkwkwk tarikannya bakal beda bngt, klw pke mira, dari pagi hari gw supirin dgn gaya gw, dan kalau gantian abis di supirin adek wkwkwk....
atw pling gampang abis ecodrive di keramaian akhirnya keluar dri tempat rame mulai di bejek..... yg kerasa lemot dulu.. 10-15menit konsisten bawanya bejek baru robah...
seandainya ada mode Ds kya mira luar, yg mewakili mode sport, g perlu mancing2 dulu...... wkwkwk
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Mirage,matic atau manual??
2. imho sih, klw CVT bedanya uda minim bangt dgn MT malah beberapa mobil CVT yg di test lembaga uji independen di luar negeri umumnya malah punya FC rating yg lebih irit dari MT... trutama MT 5sped yah. metode pengujian tentu soal irit2an di kondisi normal pemakaian normal, dgn cara nyupir yg normal... juga hehe ya speed sampai 100kpj dgn akselerasi normal masih ngejaga smooth masih lebih irit CVT karna rpm bisa diem di <2000 klw MT lebih sulit ngejaga rpmnya karna gigi cuma 5 sedangkan CVT infinity.SilverK610i wrote:
sepertinya jawaban om billy mendapatkan beberapa pertanyaan balik dari ane
1.yap,noted!
2.daerah ane ga ada jalan tol,ga ada bukit2/tanjakan2 juga om.bisa cruising 40-100 kpj itu pun klo cuma mau jalan kearah luar kota.ane ga suka bejek2an gas tapi klo liat jalan kosong kadang2 ga ngerasa juga klo spedo hampir 100 kpj which mean sudah termasuk ngebut menurut versi ane.sepertinya disini MT unggul yah?nah,klo di dalam kota dengan kecepatan <40 kpj dengan gas naik turun,masih unggul MT ga?
yg di bold; nah itu dia point nya
3.exceed menang telak sepertinya
4.no surprise
5.
another BIG THANKS om billy
yg di garis bawahi klw sprint ke 0-100kmh gaspol sekenceng mungkin.... CVT biasanya ada powerlossnya sebelum torqueconverter lockup dan saat adjust ratio cvtnya. nah klw yg nyupir uda g normal ky gtu, seneng bejek2an atau jalannya naik turun di kondisi berat... mending ambil yg MT aja bisa lebih efisien karna powerloss lebih dikit saat accelerate di kecepatan tinggi dan di RPM atasnya. sekaligus lebih fun sensasinya.
hehe ane g vote cvt atw mt .... terserah aja, keduanya ada kelebihannya d sisi gb nya aja. *klw ga liat trim level dan kelengkapan exceed yah*
sesuaikan kebutuhan aja
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Fri May 03, 2013 17:00
Re: Mirage,matic atau manual??
saya hari ini di IIMS baru ambil GLX mirage M/T buat istri om
td sama mitsu dwindo bintaro.. awal2 saya minta diskon 25 jt cuma ga dikasih mentok2x dapet diskon 20jt kebetulan beli cash kl kredit mungkin dapet lebih lagi....rata2 mereka open discon 15 jt sajahhh
bonus xtra yg didapet td:
- muffle cutter (ujung knalpot chrom)
- Paket Rally Art (sticker body, shift knob, etc)
- Voucher belanja MAP sbesar 1jt
- KF solarguard
dan undian mitsubishi hadiahnya mobil + HP selama IIMS saja
kl menurut saya matic sekarang sudah canggih ga rumit perawatannya coz saya pakai matic jg u/ sehari2x Mitsu OS & Jeng Eva XV A/t ... hanya saja pastinya matic lebih boros dari manual coz setingan rpm lebih tinngi. kl sering ketemu macet saran saya matic saja tp kl tidak lebih baik manual selain lebih murah, akselerasi nya lebih dapet dari A/t
sekian info dari saya om
td sama mitsu dwindo bintaro.. awal2 saya minta diskon 25 jt cuma ga dikasih mentok2x dapet diskon 20jt kebetulan beli cash kl kredit mungkin dapet lebih lagi....rata2 mereka open discon 15 jt sajahhh
bonus xtra yg didapet td:
- muffle cutter (ujung knalpot chrom)
- Paket Rally Art (sticker body, shift knob, etc)
- Voucher belanja MAP sbesar 1jt
- KF solarguard
dan undian mitsubishi hadiahnya mobil + HP selama IIMS saja
kl menurut saya matic sekarang sudah canggih ga rumit perawatannya coz saya pakai matic jg u/ sehari2x Mitsu OS & Jeng Eva XV A/t ... hanya saja pastinya matic lebih boros dari manual coz setingan rpm lebih tinngi. kl sering ketemu macet saran saya matic saja tp kl tidak lebih baik manual selain lebih murah, akselerasi nya lebih dapet dari A/t
sekian info dari saya om
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sat Sep 21, 2013 14:14
Re: Mirage,matic atau manual??
Om munyuy2, bisikin dong no kontak sales miragenya, pengen ambil yg GLX juga sapa tahu dapat diskon lebih gede, pengen kredit aja lah..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Fri May 03, 2013 17:00
Re: Mirage,matic atau manual??
silakan om.. td saya deal sama sales spv nya pak Iwan S.. 08129972703
smoga dapet disc lebih gede
smoga dapet disc lebih gede
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sat Sep 21, 2013 14:14
Re: Mirage,matic atau manual??
makasih byk om..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mirage,matic atau manual??
wooww.. mantaph diskonnya om. dpt unit yg versi baru atau msh yg lama om? yg baru kalau ga salah sudah ada tombol audio di stir, dobel airbag dll. tp ane ga inget utk tipe apa.
selamat utk miras barunya ya. jgn lupa ditunggu reviewnya
selamat utk miras barunya ya. jgn lupa ditunggu reviewnya
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mirage,matic atau manual??
om billy, perbedaan pemakaian berat dan normal itu apa aja ya? kalau model ane yg sminggu bisa jalan hampir 800km (bisa lebih), dan sering dibawa lari sampai 160km/jam (kadang lebih), termasuk berat pa normal? note: kondisi jalan lurus dan datarbillyd1773dz wrote:1. kaga om... yg MT penggunaan berat 100.000km yang AT 40.000kmRVR wrote:Jangan ragu ambil exceed bro silverK610i (sonyericsson ya??)
1. CVTF/oli cvt mirage udah ga perlu ganti
2. Garansi 3th/100K km
3. CVT cerdas, fuzzy logic, bisa belajar sikap sopir, kalo agresif, ECU akan autoremap, akan terasa lebih galak kalo abis dipakai agresif, akan terasa lebih smooth kalo abis dipakai nyantai...
Sejauh ini temen2 yg beli atas rekomen sy ga ada yg komplen, paling cuma kelembutan suspensi yg bagi sebagian orang yg suka suspensi rigid akan commen
Sy sempet pakai exceed awal launching sampai 12K, sangat2 surprise & rekomen!!!
Penjualan tertinggi mirage
1. Exceed
2. GLX/ manual
3. GLS/ cvt
Analoginya, harga bekas Exceed akan tetep lebih tinggi dibanding GLX
kira2 jarak tempuhnya 40%nya yg MT.
3. yup setuju...
tp pling kesel AI fuzzylogic nya telat respon perbedaan pijekan kaki atau gantian yg nyupir misalnya wkwkwk tarikannya bakal beda bngt, klw pke mira, dari pagi hari gw supirin dgn gaya gw, dan kalau gantian abis di supirin adek wkwkwk....
atw pling gampang abis ecodrive di keramaian akhirnya keluar dri tempat rame mulai di bejek..... yg kerasa lemot dulu.. 10-15menit konsisten bawanya bejek baru robah...
seandainya ada mode Ds kya mira luar, yg mewakili mode sport, g perlu mancing2 dulu...... wkwkwk
Accurate V5 Accounting System Consultant