Pertama liat ni mobil emank mungil banget. Dari panjangnya aja cuma 3,5 meter, dibandingkan dgn twincam 91 or Avanza yg panjangnya 4 meteran. Gw beli emank niatnya cari mobil yg bisa masuk ke halaman rumah. Selama ini halaman depan yg mungil, ukuran 4,5m (panjang) x 6 m (lebar), ga cukup kalu diisi 2 mobil. Utk masukin avanza/twincam melewati pintu selebar 3 meter dari jalan komplek dlm sekali belok, lumayan sulit. Kalu salah ambil ancang2 pasti harus maju mundur. Apalagi utk masukin 2 mobil sekaligus. Jelas tidak mungkin kecuali mobil yg udah masuk trus digeser kesamping.
Waktu masuk rumah pertama kali, butuh sekitar 10 kali maju mundur supaya bisa masuk di samping carport. Tanaman2 yg ditanam ma nyonyah harus minggir semua. Untung di pot semua, jadi tinggal geser doank. Pokoknya ribet banget. Maklum pertama kali. Tapi setelah beberapa kali, akhirnya gw bisa juga parkir di tempat super sempit tanpa ada yg kasih aba-aba. Cukup 2-3 kali maju mundur udah bisa parkir dgn rapi. Untuk keluarnya juga cepat. Kalu pertama2 harus 2-3 kali maju mundur baru bisa keluar. Sekarang cukup mundur dikit, trus maju n langsung keluar. Bisa kebayang khan kalu "cuma" parkir di mall? Ga butuh tempat gede, bisa nyelip dimana aja. Hehehe...
Jujur, ni mobil super enteng power steeringnya. Buat parkir di tempat seperti di rumah, sama sekali ga pegel. Cuma memang rada ngeri kalu jalan kenceng, karena tetep ringan. Tapi seberapa kenceng sih larinya. EPS buatan hyundai ini keliatan cukup bagus. Biar ban depan sampai baret2 karena dipaksa muter2 di parkiran, tangan ga pegel2. Jauh deh kalu dibandingin mobil yg pake steering by power. Huehue...
Soal kecepatan, lumayan juga. Untuk dapet 100 kmpj ga butuh waktu terlalu lama. Untuk dapet di atas itu memang harus sabar. Tarikannya lumayan lambat. Tapi kalu di toll, tinggal aplikasi gaya balap "slip stream" aja. Dijamin mobil2 ber-cc lebih besar bisa dilewati. (Dlm kondisi normal ya). Tapi selama ini ga berani bawa di atas 120kmpj. Soalnya kondisi ban yg kelewat kecil, bikin mobil kurang stabil di kecepatan tinggi.
Ngomong2 soal kestabilan, pasti terkait dgn suspensi. Kalu anda pedagang, jangan sekali2 ngomong suspensi ttg mobil ini deh. Asli ga enak bgt. Kurang lebih kyk naek gerobak deh. Sudah ban kecil, suspensi keras, alhasil tiap lewat pipa kejut/speed trap/polisi tidur, bunyi gedubrakan muncul disana sini. Namun denger2 sih bisa diperbaiki dgn mengganti per dari mobil lain, cuma lupa mobil apaan. Di tikungan juga jangan coba2 kenceng. Dgn ban kecil, body yg agak tinggi, wajar saja kalu rada limbung. Tp untungnya ga terlalu parah. Mungkin akibat per yg agak keras.
So far diajak jalan, masalah utama hanya suspensi saja. Utk di dalam kota, mobil ini lumayan nyaman. Dgn kepadatan yg luar biasa di Jakarta, mobil ini enteng saja diajak nyelip2. Bikin keqi orang iya. Tinggal rajin2 oper2 gigi aja supaya dapet tenaga. Maklum mesin 1000cc berapa sih tenaganya. Kalu maksa start dari gigi 2, bisa2 diklaksonin ma mobil di belakang. Hehehe...
Utk luar kota (lewat toll maksudnya), cuma satu cara supaya bisa cepet: Slip stream. Ga ada cara lain untuk memaksa Atoz bisa lari kenceng. Tenaga yg pas-pasan milik Atoz memang cuma pantas dibawa di jalur paling kiri dan tengah. Tapi kalu mau di jalur paling kanan, ya musti ngekor mobil lain. Cuma hati-hati saja. Soalnya rem standard pd mobil ber-velg 13 inch dijamin ga punya rem yg pakem seperti mobil dgn velg 14-15inch. Jadi kalu mau slip stream, selalu jaga jarak agak jauh untuk antisipasi harus rem mendadak.
Segitu dulu, nanti dilanjutkan ttg interior dan lainnya ya.
