Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Setujukah rekan2 jika pembatasan kecepatan di semua jalan di Indonesia benar2 ditegakkan scr ketat guna mengurangi tingkat kecelakaan ?
Hal ini tentunya juga harus diimbangi dengan pengawasan pemberian SIM yg lebih ketat serta revisi pasal2 hukum terutama utk denda pelanggaran Lalu Lintas
Hal ini tentunya juga harus diimbangi dengan pengawasan pemberian SIM yg lebih ketat serta revisi pasal2 hukum terutama utk denda pelanggaran Lalu Lintas
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Sangat setuju...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Setuju lah....seharusnya begitu...biar gak kaya hukum rimba di jalanan. Liat contohnya di SM aja....dulu ada yg mau ngadain kebut2an di jalanan wkwkwk. Apa ini?
Manusia Indonesia memang harus dikerasin. Mau marah kalo liat org ngebut di bahu jalan, ambil jalur busway, motor jalan lawan arah. Polisi gak guna, rakyat tidak ada disiplin.
Manusia Indonesia memang harus dikerasin. Mau marah kalo liat org ngebut di bahu jalan, ambil jalur busway, motor jalan lawan arah. Polisi gak guna, rakyat tidak ada disiplin.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Setuju seh...
Cuman kpn baru bisa? Wong plokis "negara kita yang tercinta" ini masi doyan duit....
Hopeless dah...
Cuman kpn baru bisa? Wong plokis "negara kita yang tercinta" ini masi doyan duit....
Hopeless dah...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Sangat setuju.
Hare genee masih napsong adu kuat mobil di jalan raya?? Ada dynotest. Ngapain ngibrit2 adu horsepower?
Hare genee masi napsong adu drift di jalan raya?? Ada sirkuit sentul. Ngapain resiko senggol mobil orang lain ??
Hare genee masih bangga freestyle di lampu merah? Ada banyak klub freestyle. Orangnya asik asik, dan tegas, kagak boleh freestyle di jalan raya.
Kasarnya, maaf, kalo mau mati, bunuh diri aja sendiri, jangan korbanin nyawa orang, hanya karena merasa anda tidak ada lagi yang perlu dikerjakan.
BTT

Hare genee masih napsong adu kuat mobil di jalan raya?? Ada dynotest. Ngapain ngibrit2 adu horsepower?
Hare genee masi napsong adu drift di jalan raya?? Ada sirkuit sentul. Ngapain resiko senggol mobil orang lain ??
Hare genee masih bangga freestyle di lampu merah? Ada banyak klub freestyle. Orangnya asik asik, dan tegas, kagak boleh freestyle di jalan raya.
Kasarnya, maaf, kalo mau mati, bunuh diri aja sendiri, jangan korbanin nyawa orang, hanya karena merasa anda tidak ada lagi yang perlu dikerjakan.
BTT

Last edited by VanzMatic on Mon Sep 09, 2013 2:17, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Setuju. Saya rasa nyetir ngebut2an sangat berbahaya dan harus ditindak tegas.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
setuju...dengan penegakan aturan2 yg laen tentunya...seperti marka jalan dsb...
tp kl bisa ada jalan yg di bikin khusus tanpa speed limit jg...seperti autobahn gt...
tp kl bisa ada jalan yg di bikin khusus tanpa speed limit jg...seperti autobahn gt...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Big Brother stuff. Semua mesti ada peraturannya. Lama2 mau nafas mesti ada ijinnya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Hidup di hutan aja kalo gak mau ada aturan 

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
- Location: Pati - Jateng
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Saya setuju aja kalo ada pembatasan kecepatan. Namun, disisi yg lain juga harus ada batasan minimum kecepatan juga. Dalam artian, kalau memang jalan bebas hambatan sebaiknya truck yg jalan pelan pelan diberi pengarahan, agar tidak menutupi jalan kendaraan lainnya.
Begitu juga dijalan antar propinsi. Apa gunanya dibuat 4 lajur kalo dipenuhi truck yg berjalan pararel.... Gak lupa untuk sepeda motor, kalao memang pelan, tolonglah beri jalan untuk kendaraan lainnya guna mendahului, jangan malah nutupin diantara kendaraan lainnya trus kalo di bel pura pura bego.
Saling menghormati antar sesama pengguna jalan itu juga termasuk memberikan jalan bagi kendaraan lain untuk mendahului.
Kalau jalan dalam kota, atau jalan kampung, saya memaklumi. Tapi di jalan antar propinsi....
Mungkin di threat ini saya sekaligus menyampaikan uneg uneg, kalau ada yg kurang berkenan, mohon dimaafkan, ini muncul dr diri saya sendiri.
Begitu juga dijalan antar propinsi. Apa gunanya dibuat 4 lajur kalo dipenuhi truck yg berjalan pararel.... Gak lupa untuk sepeda motor, kalao memang pelan, tolonglah beri jalan untuk kendaraan lainnya guna mendahului, jangan malah nutupin diantara kendaraan lainnya trus kalo di bel pura pura bego.
Saling menghormati antar sesama pengguna jalan itu juga termasuk memberikan jalan bagi kendaraan lain untuk mendahului.
Kalau jalan dalam kota, atau jalan kampung, saya memaklumi. Tapi di jalan antar propinsi....
Mungkin di threat ini saya sekaligus menyampaikan uneg uneg, kalau ada yg kurang berkenan, mohon dimaafkan, ini muncul dr diri saya sendiri.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Great opinion om papico
Memang betul sekali mesti ada penerapan batas maksimum dan minimum juga supaya stream traffic gak kacau
Juga mesti ada penegakkan aturan penggunaan lajur jalan
mestinya di jalan tol bisa dipasangi kamera, utamanya kalo Tol yg minimal 3 lajur, bahwa bus dan truk gak boleh pake lajur paling kanan......kalo ketahuan ada di lajur kanan maka di intercept polisi + denda
Di jalan umum polisi drpd gak ada kerjaan mending ngejer pengendara motor yg nyetir gak disiplin
Daripada polisi nyari duit dgn cara yg enggak2, lebih baik dia dapat income dari menegakkan aturan lalu lintas, duit tetap setor ke kantor pusat, tapi polisi dapat komisi resmi jika bisa ngumpulin surat tilang di atas jumlah tertentu serta dapat point utk promosi naik pangkat ke depannya (Hmm Kapolri nya mesti ganti yg mindset-nya kayak Jokowi / A Hok dulu neh)
Just IMO ajah

Memang betul sekali mesti ada penerapan batas maksimum dan minimum juga supaya stream traffic gak kacau
Juga mesti ada penegakkan aturan penggunaan lajur jalan
mestinya di jalan tol bisa dipasangi kamera, utamanya kalo Tol yg minimal 3 lajur, bahwa bus dan truk gak boleh pake lajur paling kanan......kalo ketahuan ada di lajur kanan maka di intercept polisi + denda
Di jalan umum polisi drpd gak ada kerjaan mending ngejer pengendara motor yg nyetir gak disiplin
Daripada polisi nyari duit dgn cara yg enggak2, lebih baik dia dapat income dari menegakkan aturan lalu lintas, duit tetap setor ke kantor pusat, tapi polisi dapat komisi resmi jika bisa ngumpulin surat tilang di atas jumlah tertentu serta dapat point utk promosi naik pangkat ke depannya (Hmm Kapolri nya mesti ganti yg mindset-nya kayak Jokowi / A Hok dulu neh)
Just IMO ajah
papico wrote:Saya setuju aja kalo ada pembatasan kecepatan. Namun, disisi yg lain juga harus ada batasan minimum kecepatan juga. Dalam artian, kalau memang jalan bebas hambatan sebaiknya truck yg jalan pelan pelan diberi pengarahan, agar tidak menutupi jalan kendaraan lainnya.
Begitu juga dijalan antar propinsi. Apa gunanya dibuat 4 lajur kalo dipenuhi truck yg berjalan pararel.... Gak lupa untuk sepeda motor, kalao memang pelan, tolonglah beri jalan untuk kendaraan lainnya guna mendahului, jangan malah nutupin diantara kendaraan lainnya trus kalo di bel pura pura bego.
Saling menghormati antar sesama pengguna jalan itu juga termasuk memberikan jalan bagi kendaraan lain untuk mendahului.
Kalau jalan dalam kota, atau jalan kampung, saya memaklumi. Tapi di jalan antar propinsi....
Mungkin di threat ini saya sekaligus menyampaikan uneg uneg, kalau ada yg kurang berkenan, mohon dimaafkan, ini muncul dr diri saya sendiri.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
+dibuat lah banyakan lintasan sirkuit yang bisa dipake, biar gak pada kebut2 an di jalan wkwkwkwk






Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
very agreeMonSTER_GTR wrote:+dibuat lah banyakan lintasan sirkuit yang bisa dipake, biar gak pada kebut2 an di jalan wkwkwkwk![]()
![]()
![]()
![]()
Ijin pakai Sirkuit Sentul dipermudah & akan memotivasi developer bikin sirkuit di tempat lain
Siapa tahu nanti ada kompleks perumahan bernuansa auto sport.....dikelilingin sirkuit milik developer........wwaakakakkakakakakaka
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
setuju usul bu Yustanti d
n perlu diperbanyak tu sirkuit2 di kota lain
hoby biar tersalurkan di sirkuit aja, tp di jalanan umum aturan udah komplit d ane rasa
tinggal yg tegas aja polisinya.

n perlu diperbanyak tu sirkuit2 di kota lain
hoby biar tersalurkan di sirkuit aja, tp di jalanan umum aturan udah komplit d ane rasa
tinggal yg tegas aja polisinya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
susah di indonesia, selama mental (baik pengendara dan penegak hukum nya) nya masi retarded, ignorant, bodoh dan sebagainya
mo dibuat peraturan kek apapun pasti aja dilanggar, liat jalur busway, udah dikasi palang + penjaga, separator ditinggiin masi banyak yg masuk, para2 geng2 peminat bahu jalan tol juga masi banyak, hobi menantang maut penerobos lampu merah juga masi banyak... dan semua2 pelanggaran lalu lintas di indonesia ini udah dianggap lumrah, dan kadang merasa bangga udah melanggar..
mo dibuat peraturan kek apapun pasti aja dilanggar, liat jalur busway, udah dikasi palang + penjaga, separator ditinggiin masi banyak yg masuk, para2 geng2 peminat bahu jalan tol juga masi banyak, hobi menantang maut penerobos lampu merah juga masi banyak... dan semua2 pelanggaran lalu lintas di indonesia ini udah dianggap lumrah, dan kadang merasa bangga udah melanggar..
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Aug 20, 2013 1:30
- Location: INA
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
ga setuju Om Momod...
it is about man behind the steering wheel. saya ga ngomongin si anu jago nyetir si anu engga, yg jago boleh ngebut... bukan...
tapi klo si pengemudi disiplin, batas keepatan max 100km/jam, dia akan 100 km/jam. dan ingat, ini batas maksimum, alias dalam beberapa kondisi tertentu, makximumnya tidak 100 km/jam. misal hujan, berkabut, jalanan padat. ini harus disardari sekali oleh semua poengemudi.
Mobil yg saya kemudikan bisa 200 km/jam, batas keepatan max 100 km/jam, saya akan max di 100 km/jam, karena selain saya dan kendaraan, 100 km/jam adalah batas kemampuan jalan melindungi saya. guard rail di tol mungkin hanya di design untuk max 120km/jam, safety factor max speed di jalan tol, 100km/jam. klo 160 km/jam? ya guard rail tidak bisa melindungi lagi...
Untuk disiplin dan pengenalan kondisi jalan gmana? ya penerbitan SIM yang bener, SIM harus diperoleh secara sah. yg ga disiplin, akan semakin disiplin sewaktu mengikuti kursus dan ujian pengambilan SIM.
kalo liat check list ngambil SIM, ga enteng loh. tapi klo bayar, mana pernah tertanam kesadaran dan tanggung jawab mengemudi.
my 50 cents, utnuk lalu lintas Indonesia yang lebih baik.
it is about man behind the steering wheel. saya ga ngomongin si anu jago nyetir si anu engga, yg jago boleh ngebut... bukan...
tapi klo si pengemudi disiplin, batas keepatan max 100km/jam, dia akan 100 km/jam. dan ingat, ini batas maksimum, alias dalam beberapa kondisi tertentu, makximumnya tidak 100 km/jam. misal hujan, berkabut, jalanan padat. ini harus disardari sekali oleh semua poengemudi.
Mobil yg saya kemudikan bisa 200 km/jam, batas keepatan max 100 km/jam, saya akan max di 100 km/jam, karena selain saya dan kendaraan, 100 km/jam adalah batas kemampuan jalan melindungi saya. guard rail di tol mungkin hanya di design untuk max 120km/jam, safety factor max speed di jalan tol, 100km/jam. klo 160 km/jam? ya guard rail tidak bisa melindungi lagi...
Untuk disiplin dan pengenalan kondisi jalan gmana? ya penerbitan SIM yang bener, SIM harus diperoleh secara sah. yg ga disiplin, akan semakin disiplin sewaktu mengikuti kursus dan ujian pengambilan SIM.
kalo liat check list ngambil SIM, ga enteng loh. tapi klo bayar, mana pernah tertanam kesadaran dan tanggung jawab mengemudi.
my 50 cents, utnuk lalu lintas Indonesia yang lebih baik.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
mslhnya ngareppin semua org disiplin itu yg susah, makanya tetap perlu peraturan dan ada punishment klo dilanggarwewe98 wrote:ga setuju Om Momod...
it is about man behind the steering wheel. saya ga ngomongin si anu jago nyetir si anu engga, yg jago boleh ngebut... bukan...
tapi klo si pengemudi disiplin, batas keepatan max 100km/jam, dia akan 100 km/jam. dan ingat, ini batas maksimum, alias dalam beberapa kondisi tertentu, makximumnya tidak 100 km/jam. misal hujan, berkabut, jalanan padat. ini harus disardari sekali oleh semua poengemudi.
Mobil yg saya kemudikan bisa 200 km/jam, batas keepatan max 100 km/jam, saya akan max di 100 km/jam, karena selain saya dan kendaraan, 100 km/jam adalah batas kemampuan jalan melindungi saya. guard rail di tol mungkin hanya di design untuk max 120km/jam, safety factor max speed di jalan tol, 100km/jam. klo 160 km/jam? ya guard rail tidak bisa melindungi lagi...
Untuk disiplin dan pengenalan kondisi jalan gmana? ya penerbitan SIM yang bener, SIM harus diperoleh secara sah. yg ga disiplin, akan semakin disiplin sewaktu mengikuti kursus dan ujian pengambilan SIM.
kalo liat check list ngambil SIM, ga enteng loh. tapi klo bayar, mana pernah tertanam kesadaran dan tanggung jawab mengemudi.
my 50 cents, utnuk lalu lintas Indonesia yang lebih baik.
even di negara maju aja yg aturan ambil SIM udh ketat trus law enforcement udh bgs (penegakan hukum jelas), ttp aja ada aturan speed limit
aturan nya mulai dr yg tertulis sampe kyk speed camera di titik tertentu ato patroli polisi yg bw speed camera
sedisiplin2 org/masyarat pasti ada 1-2 yg nekat/nyeleneh, utk mrk ini lah perlu law enforcement
berkaca di Indo, di bbrpa tmpat..cmiiw..udh ada speed camera, kyk di Cipularang, tp gk tau itu berfungsi gak ?
dan kalo berfungsi ada tindak lanjut nya gak bg yg ngelanggar ? ato mlh jd ajang dadah2 ke speed camera itu ?

lucu nya speed camera itu posisi nya mlh dikasi tau, jd org bs siap2 nurunin speed menjelang camera itu

kalo gw sih setuju, terutama di titik2 (di tol terutama) yg berpotensi org ngebut gila2an
apalg ini Indo, disiplin masy gk bs diharapkan dtg dr diri mrk sdiri, tp yg bh penting dr itu aturan & penegakan hukum nya hrs jelas
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
drpd pembatasan kecepatan, lebih baik pembatasan kelambatan, banyak mobil lambat di jalur paling kanan, harusnya mobil yg pelan banget disuruh keluar tol
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Saya setuju pembatasan kecepatan, bisa nyetir lebih rileks karena batas kecepatan di tol cuma 80kpj. Dan gak ada mobil rese nyalip dari kiri.



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Setuju dibatasi.
Dan setuju adanya penegakan aturan lalu lintas yg tegas.
Di Jogja nih, ane sudah sangat jengkel dengan tingkah oknum2 pengguna lalu lintas di jogja yg makin semrawut
Dan setuju adanya penegakan aturan lalu lintas yg tegas.
Di Jogja nih, ane sudah sangat jengkel dengan tingkah oknum2 pengguna lalu lintas di jogja yg makin semrawut
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Inti dari semua pengaturan/peraturan/pembatasan/dan tentu saja penegakannya, intinya hrs berkonsep/pijakan awalnya adlh terpenuhinya rasa keadilan masyarakat. Dah, itu aja kok intinya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
lupa bilang, saya tidak setuju sama sekali pembatasan kecepatan
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 335
- Joined: Sun Jun 30, 2013 7:00
- Location: Sin City
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
tergantung dari kebijakan pemerintah juga, terkadang konyol juga ada pembatasan kecepatannya ga sesuai sama sikon jalan nya krn dulu ane pernah liad dulu di jalan mana gt uda lupa plang batas kecepatan 40km di jalanan yg ckup besar dan bawa 40 aja masi pelan sebenarnya, kalo bener2 semua nurutin aturannya bsa2 jalanan nya jadi ngadet
yg paling penting tetep pembuatan SIM harus diperketat supaya gada lagi yg namanya SIM tembak, asal bikin SIM padahal ga bisa bawa mobil, perketat usaha biro jasa supaya SIM ga bisa sembarang org bikin
yg paling penting tetep pembuatan SIM harus diperketat supaya gada lagi yg namanya SIM tembak, asal bikin SIM padahal ga bisa bawa mobil, perketat usaha biro jasa supaya SIM ga bisa sembarang org bikin
Last edited by B808BY on Mon Sep 09, 2013 7:27, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26
Re: Pembatasan kecepatan guna menekan angka kecelakaan
Bukannya udah ada ya? kalo ga salah inget di tol Min 60 Max 80 km/j...
entah maksudnya di tujukan ke siapa pembatasan kecepatan tersebut, sangat tidak realistis dgn realita di lapangan
entah maksudnya di tujukan ke siapa pembatasan kecepatan tersebut, sangat tidak realistis dgn realita di lapangan