Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Soal biaya jasa di beres ane pernah ngalamin rada ga enak..
Mau servis rutin ke beres hando trus ane bawa aki baru yg langsung ambil dr pabriknya..ane pikir sekalian "minta tolong" gantiin aki yg lamanya.. pas liat invoice ane kaget ternyata biaya jasa ganti aki 50 rebong bok..wah wah..maunya cm minta tlg gantiin biar gratis ternyata mesti byr lg walaupun ane dah byr servis rutin nya. Weleh2..
Biaya segitu itu wajar ga kira2?
Sedikit tips aja nih mana tau bisa bantu sedikit menghemat pengeluaran.. Seperti pake busi irridium, ganti filter udara yg bisa dicuci sama kalo sekedar cuma ganti oli n tune up aja yg ringan2 bisa ke bengkel diluar beres soalnya biasa nya kalo diluar beres jasa nya sih masih free kecuali yg berat2 hehe
pengalaman ganti;
- kampas rem 800rb apa 1jt ya...
- tie rod 650rb keatas
- wiper depan kanan, 600rb. yang kiri 400rb. made in belgium tulisannya (untung di Ace ada yg sama dudukannya)
- aki 1100rb (cuma iseng tanya ke SA)
- bearing hub belakang @1,7jt (kanan dibetulin, gak lama yang kiri iri minta diganti juga)
- karet boot 600rb <<< keterlaluan, karet doang!!
- engine mount, driver side 1.9jt
- piringan cakram @1jt (disuruh ganti, tapi mana tahannnn)
plus ditambah ongkos kerjanya yang sepertinya dibuat2 estimasinya. dulu sih 1jam = 150rban. jadi kalo ganti oli,tuneup biasa sudah ada aturannya 2jam. kalo ganti bearing berapa jam. padahal yaa ngga selama itu seharusnya sudah kelar sih.
yang murah cuma...
filter oli 80rb
oli Motul 5w30 5 x 100rb/L << diluar sih oli motul itu setauku 140rban.
@metket
mahal bener itu filter oli mazda?!!tampaknya CX5 digarasi nasibnya bakal sama ky ford ya. bakal muahal2 :p
Lumayan juga partsnya ford
Padahal dulu (sekarang juga masih) sempet pengen banget yg hatchback diesel yg model awal
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
utk harga2 fast moving servis rutin nya tergolong murah lohh...
ambil contoh GL
- filter udara dibawah 100 rebu (krn berminyak bgt, jalan 10 rebu jg uda full debu... setaon skali atau 20 rebu uda wajib diganti kl ga mau mesin nya sesak napas)
- fan belt dibawah 100 rebu (20-30an rebu uda getas retak2 bunyi dsb)
- filter oli 30an rebu doank.. aseli japan lg..
- oli seliter 66 rebu (jalan 1000-2000 km uda bkin mesin berorkestra klik klik)
nahh cuman kalo uda masuk servis "semi" berat sperti klipatan 40 rebu.. mulai dehh agak mahal
- MTF nya sliter 75 rebu
- minyak rem seliter 30an rebu
- coolant sliter nya 70an rebu
masuk servis kaki2 ?... ini bagian h@rdc0re nya nehh...
- kampas rem depan 500an rebu (merek hitachi cungkwo)
- shock belakang 500an nyaris 600 rebu... per setaon atau 2 taon jebol
- shock depan 800-900an rebu (lupa ane sbiji atau sepasang)
- tie rod sbiji doank 300an rebu (harga atrium dan dtmf)
- swing arm bawah, KWan nya 900 rebu sbiji... yg asli oem uda jut jut an...
- servis kopling beserta spare parts siapkan 2.6 jt (harga di beres)
satu lagi om, busi NGKnya yang udh iridium,150rb. kl udah nginjek tahun ke 5 busi mesti ganti tiap 3 bulan
- servis kopling beserta spare parts siapkan 2.6 jt (harga di beres)
satu lagi om, busi NGKnya yang udh iridium,150rb. kl udah nginjek tahun ke 5 busi mesti ganti tiap 3 bulan
yg ane bold...
busett skrg uda 150 rebu yahh.. naek nya lmayan ajib tuh... trakir ane beli aja uda 120 rebu per biji...
ngomong2 soal busi si lipina... entah ada yg nyadar ga, kalo busi bawaan dari tuh mobil waktu masi gress ting2 kluar dr showroom ama busi yg stelah kita ganti... koq yg diganti umurnya ga sepanjang busi bawaan dari lahir tuh mobil yahh...
pengalaman di 2 GL dan 1 XR... busi bawaan sukses tewas di odo diatas 60 rebu... tp stelah itu, busi yg diganti cuman bertahan antara 30an rebu lalu brubah menjadi bener2 "ga layak" dipake lg... padahal busi2 tsb beli nya d beres... ada yg bsa jelaskan fenomena ini ??
pas idling dan pas lg aksel nya agak aneh om.. agak ga smooth... tp yg plg berasa biasanya geter2 mesin aneh... nahh kalo dari penampakan busi biasanya ujung tip si iridium itu uda aus banget...
cmiiw dan imaly dari pengalaman bongkar2 lipina ane dl...
erwinstwn wrote:
satu lagi om, busi NGKnya yang udh iridium,150rb. kl udah nginjek tahun ke 5 busi mesti ganti tiap 3 bulan
masa sih om ? punya gw udh mau 6 thn masih bagus.
pengalaman di bengkel toyota dan nissan biarpun bawa olie sendiri + cabin filter ngak pernah dicharge biaya pasang tambahan. kata Sa nya udh inc service kelipatan 10rb atau 40rb.