share captiva - PART 05

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

gaspol wrote:
Asap putih bro..makanya ane udah males pake shell diesel,lebih baik dex aja :mky_01:
Pernah pake full biosolar juga ga ada asep sama sekali bro..

Di beres andalan PI udah 3-4x nanganin badak non fl yg pincang mesinnya gara2 diisi shell diesel....hemm

Wah... kok bisa parah begitu Shell? Udah pernah complain ke pihak Shell nya?
Udah pernah coba ke Shell yang lain sebelumnya? Kalau di sini sih dulunya ada Petronas, dan kata kepala bengkelnya jangan isi Petronas punya diesel, katanya membuat yang Captiva non FL bermasalah juga. Cuma saya lupa dia bilangnya masalahnya di bagian mana. Disarankan pakai Biosolar aja, soalnya dulu belum ada Pertadex.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

Kebetualan ada waktu senggang, jadi tadi pagi pergi purging.
Di beres sini sih mereka pakai begini caranya.
Purging
Image

Sample Bahan Bakar yang diambil sebelum purging
Image

Setelah dipurging sih, ketika idle digas sampai rpm tinggi nampak ada asap2 hitam yang keluar. Harusnya sih ini menunjukkan bahwa kotoran/karbon2 yang melekat di mesin rontok. Biasanya sebelum purging kalau digas gitu tinggi gak ada asap sama sekali.
Kalau saya hitung sih, ketika kondisi idle sama ditambah gas di sekitar 2000 rpm untuk beberapa saat dan sesekali sampai 3000an rpm, mesinnya baru mati setelah 41-42 menit, untuk 500 ml Liquimoly. Berarti lebih kurang kalau dalam kondisi idle, tanpa AC hidup, konsumsi BBM nya gak sampai 1 liter/jam. Lebih kurang 0.83 liter/jam. Apakah ini termasuk kategori irit?
Ketika tadi mekaniknya cek pakai komputer, saya nampak, ketika idle putaran mesinnya di 754 rpm. Dan tekanan fuel rail nya 240 bar. Berarti masih jauh dari maksimalnya yang 1800 bar. Lumayan canggih juga sih. Banyak sensor di mobilnya, dan ada satu sensor membaca bahwa ada kandungan air di bahan bakarnya. Cuma gak ditulis sih berapa banyak.
User avatar
brantaqan
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jun 11, 2013 18:19

Re: share captiva - PART 05

Post by brantaqan »

wllaw2 wrote:Kebetualan ada waktu senggang, jadi tadi pagi pergi purging.
Di beres sini sih mereka pakai begini caranya.
Purging
Image

Sample Bahan Bakar yang diambil sebelum purging
Image

Setelah dipurging sih, ketika idle digas sampai rpm tinggi nampak ada asap2 hitam yang keluar. Harusnya sih ini menunjukkan bahwa kotoran/karbon2 yang melekat di mesin rontok. Biasanya sebelum purging kalau digas gitu tinggi gak ada asap sama sekali.
Kalau saya hitung sih, ketika kondisi idle sama ditambah gas di sekitar 2000 rpm untuk beberapa saat dan sesekali sampai 3000an rpm, mesinnya baru mati setelah 41-42 menit, untuk 500 ml Liquimoly. Berarti lebih kurang kalau dalam kondisi idle, tanpa AC hidup, konsumsi BBM nya gak sampai 1 liter/jam. Lebih kurang 0.83 liter/jam. Apakah ini termasuk kategori irit?
Ketika tadi mekaniknya cek pakai komputer, saya nampak, ketika idle putaran mesinnya di 754 rpm. Dan tekanan fuel rail nya 240 bar. Berarti masih jauh dari maksimalnya yang 1800 bar. Lumayan canggih juga sih. Banyak sensor di mobilnya, dan ada satu sensor membaca bahwa ada kandungan air di bahan bakarnya. Cuma gak ditulis sih berapa banyak.
purging dimana tuh? abis brp duit buat purging?
efeknya berasa gak abis purging?
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

brantaqan wrote: purging dimana tuh? abis brp duit buat purging?
efeknya berasa gak abis purging?
Saya di Medan gan, langsung di beresnya, Chevrolet Mega Auto.
Harga normalnya sih 165.000 untuk Liquimoly + 132.000 untuk biaya jasanya. Udah termasuk PPN 10%. Kalau mau lebih murah sih mending beli Liquimoly di Ace Hardware. Gak murah2 amat2 sih. Cuma beda 5.000 aja. Sekarang udah banyak jual Liquimoly di Ace. Kayaknya pengganti untuk Redline Diesel.
Efek nya yang jelas terasa beda sih belum ada, mungkin karena belum begitu kotor mesinnya. Soalnya baru 18.000an km. Kalau ukur pakai dB meter sih jadi lebih sunyi 0,2 dB aja. :mrgreen: Sama kalau menurut saya sih, getaran lebih halus sedikit terutama ketika mesin dimatikan. Kalau dari segi keiiritan belum bisa ditest, soalnya jalanan lagi sepi sekali. Gak macet kayak biasanya.
maswewe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21

Re: share captiva - PART 05

Post by maswewe »

wllaw2 wrote:
brantaqan wrote: purging dimana tuh? abis brp duit buat purging?
efeknya berasa gak abis purging?
Saya di Medan gan, langsung di beresnya, Chevrolet Mega Auto.
Harga normalnya sih 165.000 untuk Liquimoly + 132.000 untuk biaya jasanya. Udah termasuk PPN 10%. Kalau mau lebih murah sih mending beli Liquimoly di Ace Hardware. Gak murah2 amat2 sih. Cuma beda 5.000 aja. Sekarang udah banyak jual Liquimoly di Ace. Kayaknya pengganti untuk Redline Diesel.
Efek nya yang jelas terasa beda sih belum ada, mungkin karena belum begitu kotor mesinnya. Soalnya baru 18.000an km. Kalau ukur pakai dB meter sih jadi lebih sunyi 0,2 dB aja. :mrgreen: Sama kalau menurut saya sih, getaran lebih halus sedikit terutama ketika mesin dimatikan. Kalau dari segi keiiritan belum bisa ditest, soalnya jalanan lagi sepi sekali. Gak macet kayak biasanya.
Boil ane kalo mesin dimatikan malah gak getar...
boed2
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34

Re: share captiva - PART 05

Post by boed2 »

captiva vcdi FL saya rencana mau di service rutin ke 3 (30,000 km/ 18 bulan, "which ever comes first"),
walaupun odo sekarang masih sekitar 17,000 km, tapi sudah masuk 18 bulan pemakaian.

lihat daftar service di service booklet, yang perlu diganti, CMIIW:
- Oli mesin dan saringan (setiap 10 ribu/ 6 bulan)
- Saringan udara AC (setiap 30 ribu km/ 18 bulan)

menurut beres, daftar service yang disarankan untuk service ke 3 ini selain 2 item di atas:
- Fuel filter (di booklet: service ke 4, 40 ribu km / 24 bulan)
- Saringan udara mesin (di booklet: periksa dan bersihkan, max. 60 ribu km)
- Oli transmisi (di booklet: service ke 6, 60 ribu km/ 36 bulan)

IMO fuel filter & saringan udara diganti masih wajar dengan kualitas bbm terutama biosolar dan polusi di sini.
tapi ganti oli transmisi di 30 ribu km/ 18 bulan.. apa ga terlalu premature (menurut service booklet di 60 ribu km/ 36 bulan)???

Bagaimana menurut sesepuh2 di sini?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 05

Post by evolution21 »

perkembangan mobilnya um belphegor gimana ya...? :e-think:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 05

Post by Belphegor »

Sabar ya om, badak masi sakit di rumah, ane jg masih liburan, will update soon
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 05

Post by Good_boy86 »

Punya saya juga lagi rawat inap di beres nih..
Masih benerin 3item
1. Power window tengah kanan matot.
2. Bunyi nguk dr shock depan
3. Bunyi gak jelas dr bagian firewall / joint steer
Kebetulan saya lagi liburan sama keluarga 1minggu, jd ya drpd di rumah mending di bengkel.
cicapu
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Dec 18, 2012 1:04

Re: share captiva - PART 05

Post by cicapu »

Ban Maxxis untuk Captiva
Minggu lalu ban depan CTV ku robek ngehajar batu separator busway yang menggeletak lepas ditengah jalan daerah Warung Buncit Jkt. Besoknya nyari ban pengganti yang sama, karena daerah selatan aku oprek oprek samperin semua toko ban di daerah fatmawati, keb baru, Radio dalam sampe PI , gak nemu yang jual ban maxxis ???, Ini memang ban apaan yah koq gak banyak dijual orang , bikin sengsara nyari ban gantinya , Boleh bagi alamat toko ban yang jual maxxis didaerah Jkt Selatan , tks :frm_bang_head: , kalo nyari alternatif selain maxxis yang sepadan misal Dunlop ada yg pernah pakai boleh sharing infonya..!!
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 05

Post by WK1 »

boed2 wrote:captiva vcdi FL saya rencana mau di service rutin ke 3 (30,000 km/ 18 bulan, "which ever comes first"),
walaupun odo sekarang masih sekitar 17,000 km, tapi sudah masuk 18 bulan pemakaian.

lihat daftar service di service booklet, yang perlu diganti, CMIIW:
- Oli mesin dan saringan (setiap 10 ribu/ 6 bulan)
- Saringan udara AC (setiap 30 ribu km/ 18 bulan)

menurut beres, daftar service yang disarankan untuk service ke 3 ini selain 2 item di atas:
- Fuel filter (di booklet: service ke 4, 40 ribu km / 24 bulan)
- Saringan udara mesin (di booklet: periksa dan bersihkan, max. 60 ribu km)
- Oli transmisi (di booklet: service ke 6, 60 ribu km/ 36 bulan)

IMO fuel filter & saringan udara diganti masih wajar dengan kualitas bbm terutama biosolar dan polusi di sini.
tapi ganti oli transmisi di 30 ribu km/ 18 bulan.. apa ga terlalu premature (menurut service booklet di 60 ribu km/ 36 bulan)???

Bagaimana menurut sesepuh2 di sini?
Om Boed2
Supaya tidak terlalu mahal, kalo km msh di 17rb, mungkin oli mesin dan filter oli aja dulu yg diganti...memang oli itu sebaiknya maksimal 6 bulan hrs diganti

Utk saringan ac mah, pas 30rb aja baru ganti...bisa 1,5 thn lagi tuh baru ganti

Oli transmisi ganti tiap 30rb km...ga perlu rutin per 6 bulan...kalo sering lewat jalan macet, mungkin 25rb nanti boleh tukar...mungkin tahun depan tuh baru ganti. Utk transmisi kita ga perlu pelit, kalo rusak mahal loh komponennya....

Fuel filter, kalo sering pake bio, lbh baik sering ganti, kalo solur lux terus, bisa ikut booklet

Ini opini pribadi ya....
Soalnya nanti ane mau terapin seperti itu...kalo nurutin booklet, biayanya ampir 3.6jt bro..... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
captivaism
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu May 16, 2013 14:44

Re: share captiva - PART 05

Post by captivaism »

Good_boy86 wrote:Punya saya juga lagi rawat inap di beres nih..
Masih benerin 3item
1. Power window tengah kanan matot.
2. Bunyi nguk dr shock depan
3. Bunyi gak jelas dr bagian firewall / joint steer
Kebetulan saya lagi liburan sama keluarga 1minggu, jd ya drpd di rumah mending di bengkel.
Kita senasib nih dipoint no 2 ada bunyi kaya suara babi "nguk" dari shock depan pas lewatin poldur padahal
saya kagak piara babi, sudah complen ke beres nav pluit 2x bongkar pasang shock kagak hilang juga, lalu
SA bilang itu bunyi rem nanti lama2 juga hilang kok bunyinya...hari itu saya masuk beres pas km 1000+
sekarang odo sudah hampir 3000 km tapi suara babi masih ada

Tips SA kalo lewat poldur jangan direm jadi kagak ada suara "nguk" :glodak:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 05

Post by Belphegor »

Om captivaism: boleh coba pakai valen damper utk support per dan shock, niscaya bunyi nguk tsb berkurang, pengalaman pribadi soalnya :mrgreen:
User avatar
hwizzy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
Location: balikpapan

Re: share captiva - PART 05

Post by hwizzy »

Hari ini mau masukin captiva buat injector cleaner dan calibration. Nanti saya update hasil setelahnya.
captivaism
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu May 16, 2013 14:44

Re: share captiva - PART 05

Post by captivaism »

Belphegor wrote:Om captivaism: boleh coba pakai valen damper utk support per dan shock, niscaya bunyi nguk tsb berkurang, pengalaman pribadi soalnya :mrgreen:
Thanks om Belphegor, kalo boleh tau valen damper itu apaan? Ada gambarnya gak? Beli?pasang dimana? Maklum ane newbie banget

waktu di beres sudah dipangkas sebagian kaya plastic putih gitu dari bagian shocknya, kata beres bisa hilangin bunyi2 itu, tapi ternyata tetep aja bunyi "nguk" ada pas ngerem
Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Jul 26, 2012 14:21

Re: share captiva - PART 05

Post by Mid69 »

cicapu wrote:Ban Maxxis untuk Captiva
Minggu lalu ban depan CTV ku robek ngehajar batu separator busway yang menggeletak lepas ditengah jalan daerah Warung Buncit Jkt. Besoknya nyari ban pengganti yang sama, karena daerah selatan aku oprek oprek samperin semua toko ban di daerah fatmawati, keb baru, Radio dalam sampe PI , gak nemu yang jual ban maxxis ???, Ini memang ban apaan yah koq gak banyak dijual orang , bikin sengsara nyari ban gantinya , Boleh bagi alamat toko ban yang jual maxxis didaerah Jkt Selatan , tks :frm_bang_head: , kalo nyari alternatif selain maxxis yang sepadan misal Dunlop ada yg pernah pakai boleh sharing infonya..!!
Yg jual ban maxxis di jaksel ada di radio dalam. kalau dari PI ke arah radal adanya sebelah kiri jalan, nama tokonya Anwan International search aja di google. Hati2 om kalau ganti ban disana perhatiin thn produksinya jgn sampe dpt yg produksi 2012.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

maswewe wrote:
Boil ane kalo mesin dimatikan malah gak getar...

Wah.. kok bisa ya gan? Agan punya udah km berapa?
Saya belum pernah cobain starting sama ketika matiin mesin Captiva Diesel FL yang lain sih.
Getarannya sih ya kalau sekilas sih memang gak terasa. Cuma kalau fokus sama udah terbiasa sih masih terasa getaran lembutnya. Mirip getaran ketika idle gitu aja.
Getaran yang lebih terasa ketika mau starting aja sih.
Minggu lalu kebetulan ada ke Jakarta, pas pakai Pajero Sportnya saudara, getarannya memang jauh lebih lembut ketika start. Padahal startnya lebih lama dari Captiva ketika mesin dingin.
Dan setelah saya bandingkan sih memang konsumsi BBM di Jakarta bisa lebih irit (tergantung rute), rute yang saya lewati sih jauh lebih lancar ketimbang di Medan. Di MID Pajero Sportnya rata2 9,7 - 10 km/l.
Kalau di Medan, saya cek punya saudara MID nya berkisar 7 km/l berarti lebih kurang sama dengan Captiva.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

Good_boy86 wrote:Punya saya juga lagi rawat inap di beres nih..
Masih benerin 3item
1. Power window tengah kanan matot.
2. Bunyi nguk dr shock depan
3. Bunyi gak jelas dr bagian firewall / joint steer
Kebetulan saya lagi liburan sama keluarga 1minggu, jd ya drpd di rumah mending di bengkel.
Dulu pernah bunyi "nguk" juga, sekali masuk ke beres langsung hilang masalahnya. Kata kepala bengkel nya sih tinggal dilumasi bagian suspensinya. Hari itu saya punya bunyi yang kiri depan.
Kalau sekarang tambah bunyi baru di bagian belakang :e-wall: . Suaranya sih mirip suara kaca. Kayaknya bermasalah di bagian kaca belakangnya itu. Kalau lewat jalan yang rusak sekali sih gak bunyi, ketika lewat jalan mulus terus kalau ketemu jalan yang gak rata dikit bisa bunyi kadang2. Ataupun ketika naik tanjakan. Hampir bunyi tiap kali.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

captivaism wrote:
Good_boy86 wrote:Punya saya juga lagi rawat inap di beres nih..
Masih benerin 3item
1. Power window tengah kanan matot.
2. Bunyi nguk dr shock depan
3. Bunyi gak jelas dr bagian firewall / joint steer
Kebetulan saya lagi liburan sama keluarga 1minggu, jd ya drpd di rumah mending di bengkel.
Kita senasib nih dipoint no 2 ada bunyi kaya suara babi "nguk" dari shock depan pas lewatin poldur padahal
saya kagak piara babi, sudah complen ke beres nav pluit 2x bongkar pasang shock kagak hilang juga, lalu
SA bilang itu bunyi rem nanti lama2 juga hilang kok bunyinya...hari itu saya masuk beres pas km 1000+
sekarang odo sudah hampir 3000 km tapi suara babi masih ada

Tips SA kalo lewat poldur jangan direm jadi kagak ada suara "nguk" :glodak:
Tadi lupa ditulis. Udah pernah coba diganti dengan shock yang baru?
Dulu pas baru beli, baru beberapa hari pakai, terdengar bunyi "ngik2" gitu dari kiri belakang ketika naik polisi tidur. Ternyata shock nya yang rusak. Setelah diganti baru langsung hilang bunyinya.

Gila ya SA nya, masa lewat polisi tidur gak usah rem? Kecuali polisi tidurnya bisa bangun sendiri ya gak masalah, mobil tinggal lewat aja.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 05

Post by Good_boy86 »

captivaism wrote:
Good_boy86 wrote:Punya saya juga lagi rawat inap di beres nih..
Masih benerin 3item
1. Power window tengah kanan matot.
2. Bunyi nguk dr shock depan
3. Bunyi gak jelas dr bagian firewall / joint steer
Kebetulan saya lagi liburan sama keluarga 1minggu, jd ya drpd di rumah mending di bengkel.
Kita senasib nih dipoint no 2 ada bunyi kaya suara babi "nguk" dari shock depan pas lewatin poldur padahal
saya kagak piara babi, sudah complen ke beres nav pluit 2x bongkar pasang shock kagak hilang juga, lalu
SA bilang itu bunyi rem nanti lama2 juga hilang kok bunyinya...hari itu saya masuk beres pas km 1000+
sekarang odo sudah hampir 3000 km tapi suara babi masih ada

Tips SA kalo lewat poldur jangan direm jadi kagak ada suara "nguk" :glodak:
Klo di polisi tidur gak direm, memang ga bakalan dengar suara "nguk". Soalnya bunyi gubraknya lebih keras. Isi2 di dalam mobil pada loncat. Hehehe
Duuk
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Aug 26, 2013 11:25

Re: share captiva - PART 05

Post by Duuk »

Hai.. Ijin join captiva diesel 2011, nanya sama teman2 disini, ada bunyi nging seperti bunyi mainan mobil batere, bunyinya makin besar seiring gas diinjak.. Kira2 kenapa ya, malahan di dalam mobil jg berasa sedikit bunyinya
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 05

Post by Good_boy86 »

Siulan turbo nya mungkin..cmiiw
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 05

Post by Good_boy86 »

Akhirnya captiva sudah keluar dr beres.. Bunyi2 mengganggu sudah hilang, tp masih ada sisa sedikit kalo setir belok mentok kondisi jalan pelan.. Misal pas parkir..
Selebihnya sudah puas banget, berasa nikmat nya captiva. Hehe
boed2
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34

Re: share captiva - PART 05

Post by boed2 »

WK1 wrote:
boed2 wrote:captiva vcdi FL saya rencana mau di service rutin ke 3 (30,000 km/ 18 bulan, "which ever comes first"),
walaupun odo sekarang masih sekitar 17,000 km, tapi sudah masuk 18 bulan pemakaian.

lihat daftar service di service booklet, yang perlu diganti, CMIIW:
- Oli mesin dan saringan (setiap 10 ribu/ 6 bulan)
- Saringan udara AC (setiap 30 ribu km/ 18 bulan)

menurut beres, daftar service yang disarankan untuk service ke 3 ini selain 2 item di atas:
- Fuel filter (di booklet: service ke 4, 40 ribu km / 24 bulan)
- Saringan udara mesin (di booklet: periksa dan bersihkan, max. 60 ribu km)
- Oli transmisi (di booklet: service ke 6, 60 ribu km/ 36 bulan)

IMO fuel filter & saringan udara diganti masih wajar dengan kualitas bbm terutama biosolar dan polusi di sini.
tapi ganti oli transmisi di 30 ribu km/ 18 bulan.. apa ga terlalu premature (menurut service booklet di 60 ribu km/ 36 bulan)???

Bagaimana menurut sesepuh2 di sini?
Om Boed2
Supaya tidak terlalu mahal, kalo km msh di 17rb, mungkin oli mesin dan filter oli aja dulu yg diganti...memang oli itu sebaiknya maksimal 6 bulan hrs diganti

Utk saringan ac mah, pas 30rb aja baru ganti...bisa 1,5 thn lagi tuh baru ganti

Oli transmisi ganti tiap 30rb km...ga perlu rutin per 6 bulan...kalo sering lewat jalan macet, mungkin 25rb nanti boleh tukar...mungkin tahun depan tuh baru ganti. Utk transmisi kita ga perlu pelit, kalo rusak mahal loh komponennya....

Fuel filter, kalo sering pake bio, lbh baik sering ganti, kalo solur lux terus, bisa ikut booklet

Ini opini pribadi ya....
Soalnya nanti ane mau terapin seperti itu...kalo nurutin booklet, biayanya ampir 3.6jt bro..... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Om WK1, terima kasih buat sarannya..
Sekalian share service ke 3 si captiva vcdi (18 bulan/ 30ribu km) di odo 17 ribu km.
Karena baru 17 ribu dan ga ada keluhan, SA saranin ganti oli mesin + filter saja yang pasti...
Saringan udara dan filter AC coba dibersihin dulu, tapi ternyata udah kotor banget jadi diganti.
Sebetulnya saringan udara ama filter AC ini bisa DIY buat dibersihin berkala dan ganti sendiri karena aksesnya mudah. Total biaya (oli Q8 + filter oli + filter udara + filter AC + jasa) 2.07 jt setelah ppn.
(lagi ada promo dari GM sampai akhir bulan ini, diskon 20% untuk spare part, 10% untuk jasa dan material)
maintenance list yg dicetak di beres sama seperti di service booklet.. Entah kenapa 2 beres yang saya tanya sebelumnya kasih info dan saran yg sama seperti yg saya share di atas.
Setelah service, mesin berasa lebih tenang dan tarikannya lebih enteng.. Sepertinya efek saringan udara yg dulu sudah kotor, sekarang lebih plong nafasnya.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 05

Post by Good_boy86 »

Bisa dikasi rincian gak om biaya masing2?
Kebetulan juga ada rencana untuk servis ke 3 ini, uda 24rb km.