boed2 wrote:captiva vcdi FL saya rencana mau di service rutin ke 3 (30,000 km/ 18 bulan, "which ever comes first"),
walaupun odo sekarang masih sekitar 17,000 km, tapi sudah masuk 18 bulan pemakaian.
lihat daftar service di service booklet, yang perlu diganti, CMIIW:
- Oli mesin dan saringan (setiap 10 ribu/ 6 bulan)
- Saringan udara AC (setiap 30 ribu km/ 18 bulan)
menurut beres, daftar service yang disarankan untuk service ke 3 ini selain 2 item di atas:
- Fuel filter (di booklet: service ke 4, 40 ribu km / 24 bulan)
- Saringan udara mesin (di booklet: periksa dan bersihkan, max. 60 ribu km)
- Oli transmisi (di booklet: service ke 6, 60 ribu km/ 36 bulan)
IMO fuel filter & saringan udara diganti masih wajar dengan kualitas bbm terutama biosolar dan polusi di sini.
tapi ganti oli transmisi di 30 ribu km/ 18 bulan.. apa ga terlalu premature (menurut service booklet di 60 ribu km/ 36 bulan)???
Bagaimana menurut sesepuh2 di sini?
Om Boed2
Supaya tidak terlalu mahal, kalo km msh di 17rb, mungkin oli mesin dan filter oli aja dulu yg diganti...memang oli itu sebaiknya maksimal 6 bulan hrs diganti
Utk saringan ac mah, pas 30rb aja baru ganti...bisa 1,5 thn lagi tuh baru ganti
Oli transmisi ganti tiap 30rb km...ga perlu rutin per 6 bulan...kalo sering lewat jalan macet, mungkin 25rb nanti boleh tukar...mungkin tahun depan tuh baru ganti. Utk transmisi kita ga perlu pelit, kalo rusak mahal loh komponennya....
Fuel filter, kalo sering pake bio, lbh baik sering ganti, kalo solur lux terus, bisa ikut booklet
Ini opini pribadi ya....
Soalnya nanti ane mau terapin seperti itu...kalo nurutin booklet, biayanya ampir 3.6jt bro.....
