Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

uletbulu
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Aug 05, 2013 6:33

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by uletbulu »

permisi..
mau nanya ni om2...kmrn di km 1075 ada ganti oli 5w-30 merk kendall gt-1 with liq titanium semi synth buat grand livina.
apakah oli ini cocok ga y dan maksimal di km brp sudah mesti diganti ? Soalnya rasanya kok ga ada beda sama oli NGO :mky_01: (atau ane yg ga bisa bedain :big_peace: ) trus nanti rencana mau diganti pakai yg full synth, rekomendasi merk apa kalo budget plng mahal 120k.
Thanks..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

kendall gt-1 semi syn perna ane coba bro di lipina ane dulu...

kalo dibanding ama NGO sehhh jelasssss bangetttt peningkatan kelas nya.... kalo yg ane rasain sehh, utk jalan langsam dan mendadak di bejeg respon mesin nya jauhh lebi enak.. dan utk ketahanan, NGO mahh sorry to say yahh... ampasss... mending ane kasi FK freshing atau magnatec skalian... ane pake NGO baru jalan 2000an km aja mesin uda orkestra klitik klitik kalo uda panas..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
andipuspita
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Jun 26, 2009 1:25
Location: Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by andipuspita »

Pagi Om ..
Sebenarnya sudah dibahas di page sebelumnya, tapi dasarnya belum paham bener makanya tanya lagi .. :big_peace:

Untuk Honda Brio - Engine Oil yang paling bagus pakai apa ya .. pemakaian sebulan kurang dari 1.000km dan jalur ringan saja. Budget tidak masalah, yang penting bagus ..

Thanks.
:frm_tumbright:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by JESKONENG »

DOHC wrote:kendall gt-1 semi syn perna ane coba bro di lipina ane dulu...

kalo dibanding ama NGO sehhh jelasssss bangetttt peningkatan kelas nya.... kalo yg ane rasain sehh, utk jalan langsam dan mendadak di bejeg respon mesin nya jauhh lebi enak.. dan utk ketahanan, NGO mahh sorry to say yahh... ampasss... mending ane kasi FK freshing atau magnatec skalian... ane pake NGO baru jalan 2000an km aja mesin uda orkestra klitik klitik kalo uda panas..
Kendall oli asli bikinan USA lhoo... bukan bikinan Kendal dekat Semarang Jateng hehehehe.... dan harganya mungkin bikin orang curiga, kok cuma 65rb/liter ... Pug saya sudah 3 x 5000 km pake oli Kendall GT-1 semi syn ini, jauh lebih enak dibandingkan saat pake Shell yg kurang tahan panas dan cepet berkurang volumenya....

Menurut pengamatan saya, oli Kendall juga masih lebih bagus dibandingkan Total Quartz 7000 yg juga pernah sy pake beberapa kali di mobil Pug 306
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
richard t
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Mon Nov 19, 2012 6:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by richard t »

elvansalim wrote:Salam kenal smua.. Mau nanya" nih om.. Mobil sy toyota camry 2.4v 2013.. Yg bagus pk oli merk ap ya om? Ad yg saranin pake royal purple, liquimoli.. Dlu mobil ane yg sebelumnya pernah pk oli mobil1 0-30 trs pindah ke shell ultra 5-30 kyny lebih bagus shell ultra 5-30.. Pk mobil1 awal ganti oli enak suara halus tarikan enak tp lama" kurang.. Thx utk pencerahannya
Kalau harga ga masalah, dulu saya ada pakai t camry 2.4v '08, dari umur 5rb km sampai dijokul di posisi <45rb km, saya pakai motul 300v , awal2 saya pakai yg 5w-30, belakangan 5w-40, 5tahun pakai mesin nya enteng Om. Sebenarnya cocok nya di 5w-40, Om.
uletbulu
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Aug 05, 2013 6:33

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by uletbulu »

@om DOHC,
iya nih kykny baru kerasa bedanya, kl jalan langsam trus diinjek sedikit rpm langsung naek cepet :mky_01:
thx y infonya.



@bro jeskoneng beli dimana harga segitu ? DTMF ?
ane beli di t*d* mahal bener euy... :big_slap: :e-doh: jauh banget selisihnya y...91k/l
btw ada rekomen ga utk ganti oli daerah gading serpong/bsd tp selisih jgn jauh gitu dan bisa ganti ditempat..soalnya ga bisa ganti sendiri :big_peace:
JESKONENG wrote: Kendall oli asli bikinan USA lhoo... bukan bikinan Kendal dekat Semarang Jateng hehehehe.... dan harganya mungkin bikin orang curiga, kok cuma 65rb/liter ... Pug saya sudah 3 x 5000 km pake oli Kendall GT-1 semi syn ini, jauh lebih enak dibandingkan saat pake Shell yg kurang tahan panas dan cepet berkurang volumenya....

Menurut pengamatan saya, oli Kendall juga masih lebih bagus dibandingkan Total Quartz 7000 yg juga pernah sy pake beberapa kali di mobil Pug 306
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Chevyman »

Om turbo ane barusan pake q8 5w 30..G longlife di new aveo matik 2012 ane...udah betul belum ya?mohon petunjuk..nuwun
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by JESKONENG »

Di jayapura motor dtmf dan di bengkel pug langganan saya di lebak bulus om...
uletbulu wrote:@om DOHC,
iya nih kykny baru kerasa bedanya, kl jalan langsam trus diinjek sedikit rpm langsung naek cepet :mky_01:
thx y infonya.



@bro jeskoneng beli dimana harga segitu ? DTMF ?
ane beli di t*d* mahal bener euy... :big_slap: :e-doh: jauh banget selisihnya y...91k/l
btw ada rekomen ga utk ganti oli daerah gading serpong/bsd tp selisih jgn jauh gitu dan bisa ganti ditempat..soalnya ga bisa ganti sendiri :big_peace:
JESKONENG wrote: Kendall oli asli bikinan USA lhoo... bukan bikinan Kendal dekat Semarang Jateng hehehehe.... dan harganya mungkin bikin orang curiga, kok cuma 65rb/liter ... Pug saya sudah 3 x 5000 km pake oli Kendall GT-1 semi syn ini, jauh lebih enak dibandingkan saat pake Shell yg kurang tahan panas dan cepet berkurang volumenya....

Menurut pengamatan saya, oli Kendall juga masih lebih bagus dibandingkan Total Quartz 7000 yg juga pernah sy pake beberapa kali di mobil Pug 306
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

om jes dapet kendall gt-1 itu 65 rebu di toko apa om ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Chevyman wrote:Om turbo ane barusan pake q8 5w 30..G longlife di new aveo matik 2012 ane...udah betul belum ya?mohon petunjuk..nuwun
Kalo mesin Aveo dah roller rocker si ga masalah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by JESKONENG »

DOHC wrote:om jes dapet kendall gt-1 itu 65 rebu di toko apa om ??
di toko Jayapura DTMF (sebrang Graha Sakti) dan di bengkel spesialis Pug, namanya EBA (Engine Block Autoworks), Jl. Raya Pertanian, Lebak Bulus
Last edited by JESKONENG on Tue Aug 06, 2013 22:04, edited 1 time in total.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by JESKONENG »

Kendall GT-1 :

Image
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Chevyman »

Turboman wrote:
Chevyman wrote:Om turbo ane barusan pake q8 5w 30..G longlife di new aveo matik 2012 ane...udah betul belum ya?mohon petunjuk..nuwun
Kalo mesin Aveo dah roller rocker si ga masalah[/quote

Mesinnya udah roller rocker bener ya om???maap om masi beneran nubi masalah mesin.tinggal pake doang..hehe...oya dexos 1 sama dexos 2 bagusan mana ya om fuel efficiencynya?nuwun]
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Chevyman wrote:
Turboman wrote:
Chevyman wrote:Om turbo ane barusan pake q8 5w 30..G longlife di new aveo matik 2012 ane...udah betul belum ya?mohon petunjuk..nuwun
Kalo mesin Aveo dah roller rocker si ga masalah[/quote

Mesinnya udah roller rocker bener ya om???maap om masi beneran nubi masalah mesin.tinggal pake doang..hehe...oya dexos 1 sama dexos 2 bagusan mana ya om fuel efficiencynya?nuwun]
ya coba donk di cek udah Roller rocker belum mesinnya......ane kan gak punya Aveo

Kalo mintanya std Dexos 1 sih mestinya udah Roller rocker, tapi buat pastinya ya di cek, lihat service manual / parts catalogue / liat ke bengkel utk mesin yg sama yg lagi dibongkar.

Sebagai pemilik mobil kita harus tahu dong detail mobil kita. :mrgreen:

Dexos 1 itu pengembangan dr ILSAC GF-5 / API SN utk Gasoline, Dexos 2 utk Diesel, versi low SAPS dari GM LL 025 B.......kalau ada pilihan antara yg mana ya pilih yg Dexos 2 aja, ini juga termasuk oli low SAPS dgn TBN di bawah 10, jadi buat di mesin bensin gak masalah sama sekali.
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

JESKONENG wrote:
DOHC wrote:om jes dapet kendall gt-1 itu 65 rebu di toko apa om ??
di toko Jayapura DTMF (sebrang Graha Sakti) dan di bengkel spesialis Pug, namanya EBA (Engine Block Autoworks), Jl. Raya Pertanian, Lebak Bulus
oww yg 65 rebu itu yg 10-40 tohh.. ane kira yg 5-30...

tempat kta beli si kendall itu ternyata sama...

itu pug nya uda di modif sana sini, ga ada niatan naekin kelas oli nya om ke 5-30 ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Kalo mesin Eropa era 90 - 99 sih mungkin cocoknya oli buntut 40

dulu di E39 - 97 rekomendasinya semua oli buntut 40
DOHC wrote:
JESKONENG wrote:
DOHC wrote:om jes dapet kendall gt-1 itu 65 rebu di toko apa om ??
di toko Jayapura DTMF (sebrang Graha Sakti) dan di bengkel spesialis Pug, namanya EBA (Engine Block Autoworks), Jl. Raya Pertanian, Lebak Bulus
oww yg 65 rebu itu yg 10-40 tohh.. ane kira yg 5-30...

tempat kta beli si kendall itu ternyata sama...

itu pug nya uda di modif sana sini, ga ada niatan naekin kelas oli nya om ke 5-30 ??
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by JESKONENG »

DOHC wrote:
JESKONENG wrote:
DOHC wrote:om jes dapet kendall gt-1 itu 65 rebu di toko apa om ??
di toko Jayapura DTMF (sebrang Graha Sakti) dan di bengkel spesialis Pug, namanya EBA (Engine Block Autoworks), Jl. Raya Pertanian, Lebak Bulus
oww yg 65 rebu itu yg 10-40 tohh.. ane kira yg 5-30...

tempat kta beli si kendall itu ternyata sama...

itu pug nya uda di modif sana sini, ga ada niatan naekin kelas oli nya om ke 5-30 ??
haha... Pug 306 sy aslinya th 99 dan swap engine pake mesin lebih jadul, mgkn th 96/97 yg biasa dipake di Pug 405 STi ... jadi kayak kata om Turboman, cocoknya pake oli 10w40, dan Kendall menurut hasil riset sejauh ini seh nemunya review yg bagus2 aja...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

wahh aneh jg yahh... mesin eropa yg performance oriented aja masi minta buntut 40.... jepun yg ngejar irit irit tp uda pada minta buntut 30... malah 20...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

DOHC wrote:wahh aneh jg yahh... mesin eropa yg performance oriented aja masi minta buntut 40.... jepun yg ngejar irit irit tp uda pada minta buntut 30... malah 20...
It was om.....itu era sebelum th 2000

Kalo skg juga rata2 minta pakai oli buntut 30, tapi utk BMW & MB biar buntut 30 mrk minta HTHS 3,5 jadi kekentalan udah mendekati 40......biasanya ada pertimbangan tersendiri utk oli agak kental, mungkin menyangkut panas mesin.

FYI :
Mesin2 high performance / SuperCar yg NA atau Gasoline Turbo khan rata2 mintanya oli 10W-60 malah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by JESKONENG »

DOHC wrote:wahh aneh jg yahh... mesin eropa yg performance oriented aja masi minta buntut 40.... jepun yg ngejar irit irit tp uda pada minta buntut 30... malah 20...
mesin yg nemplok pada Pug 405/306 yg beredar di sini taun 1995-2002 semuanya versi 8v om, padahal di negara asalnya ada yg versi 16v high compression

menjadi "performance oriented" itu kan hasil akal2an bengkel spesialis Pug non-beres aja... sehingga bisa bersaing dng mesin2 16v keluaran BMW di ajang ETCC @ Sentul ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

Turboman wrote:
DOHC wrote:wahh aneh jg yahh... mesin eropa yg performance oriented aja masi minta buntut 40.... jepun yg ngejar irit irit tp uda pada minta buntut 30... malah 20...
It was om.....itu era sebelum th 2000

Kalo skg juga rata2 minta pakai oli buntut 30, tapi utk BMW & MB biar buntut 30 mrk minta HTHS 3,5 jadi kekentalan udah mendekati 40......biasanya ada pertimbangan tersendiri utk oli agak kental, mungkin menyangkut panas mesin.

FYI :
Mesin2 high performance / SuperCar yg NA atau Gasoline Turbo khan rata2 mintanya oli 10W-60 malah
ya ya... lupa ane, rotary nya masda aja masi minta buntut 60 malah..

mungkin ada menyangkut soal panas dan beban kerja mesin jg kali yah .... tp ane jg masi binggung knapa eropa yg iklim lebi dingin aja masi doyan stick ke oli agak kentel... ipah yg dijual di negara2 tropis aja mintanya tetep buntut 30..
JESKONENG wrote:
DOHC wrote:wahh aneh jg yahh... mesin eropa yg performance oriented aja masi minta buntut 40.... jepun yg ngejar irit irit tp uda pada minta buntut 30... malah 20...
mesin yg nemplok pada Pug 405/306 yg beredar di sini taun 1995-2002 semuanya versi 8v om, padahal di negara asalnya ada yg versi 16v high compression

menjadi "performance oriented" itu kan hasil akal2an bengkel spesialis Pug non-beres aja... sehingga bisa bersaing dng mesin2 16v keluaran BMW di ajang ETCC @ Sentul ....
nahh pug nya om jes kan uda di "akalin" tuh ama bengkel non pug nya... berarti oli nya jg uda musti di upgrade donk.. :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by JESKONENG »

DOHC wrote:
Turboman wrote:
DOHC wrote:wahh aneh jg yahh... mesin eropa yg performance oriented aja masi minta buntut 40.... jepun yg ngejar irit irit tp uda pada minta buntut 30... malah 20...
It was om.....itu era sebelum th 2000

Kalo skg juga rata2 minta pakai oli buntut 30, tapi utk BMW & MB biar buntut 30 mrk minta HTHS 3,5 jadi kekentalan udah mendekati 40......biasanya ada pertimbangan tersendiri utk oli agak kental, mungkin menyangkut panas mesin.

FYI :
Mesin2 high performance / SuperCar yg NA atau Gasoline Turbo khan rata2 mintanya oli 10W-60 malah
ya ya... lupa ane, rotary nya masda aja masi minta buntut 60 malah..

mungkin ada menyangkut soal panas dan beban kerja mesin jg kali yah .... tp ane jg masi binggung knapa eropa yg iklim lebi dingin aja masi doyan stick ke oli agak kentel... ipah yg dijual di negara2 tropis aja mintanya tetep buntut 30..
JESKONENG wrote:
DOHC wrote:wahh aneh jg yahh... mesin eropa yg performance oriented aja masi minta buntut 40.... jepun yg ngejar irit irit tp uda pada minta buntut 30... malah 20...
mesin yg nemplok pada Pug 405/306 yg beredar di sini taun 1995-2002 semuanya versi 8v om, padahal di negara asalnya ada yg versi 16v high compression

menjadi "performance oriented" itu kan hasil akal2an bengkel spesialis Pug non-beres aja... sehingga bisa bersaing dng mesin2 16v keluaran BMW di ajang ETCC @ Sentul ....
nahh pug nya om jes kan uda di "akalin" tuh ama bengkel non pug nya... berarti oli nya jg uda musti di upgrade donk.. :e-think: :e-think:
ngakalinnya enggak sampai bikin clearance antara komponen jadi makin rapet/sempit om... cuma sebatas Port 'n' Polishing, memodif profil payung klep, papas head, remap ECU, pake injector Volvo 960, dan FPR (Fuel Pressure Regulator) Pug 406 D8. Sama dng versi mesin yg ikut balap di Sentul, cuma bedanya, yg mobil balap pake : cam aftermarket (utk lift (bukaan klep lebih tinggi) dan duration (durasi buka klep yg lebih lama), header rancangan bengkel specialist Pug, dan gir rasio lebih rapat (close ratio) milik Pug 306 taun 2002. Jadi pake oli 10W40 semi synthetic juga udah cukup, apalagi oli baru setiap race day ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

hoo.. ane kira uda ampe modif ganti piston dan ring2 nya sgala...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by JESKONENG »

DOHC wrote:hoo.. ane kira uda ampe modif ganti piston dan ring2 nya sgala...
piston dan liner/boring bawaan mesin limbah masih oke cukup dibersihkan, ring piston PASTI diganti baru, demikian juga seal2 dan gasket/paking
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
wiratmana
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Feb 21, 2013 1:22

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by wiratmana »

Om Turbo, Saya masih ada stock oli Dexos2 5w-30, apakah bisa digunakan untuk mobil Terios saya? mohon pencerahan, terima kasih sebelumnya, Salam