mau nanya ni om2...kmrn di km 1075 ada ganti oli 5w-30 merk kendall gt-1 with liq titanium semi synth buat grand livina.
apakah oli ini cocok ga y dan maksimal di km brp sudah mesti diganti ? Soalnya rasanya kok ga ada beda sama oli NGO


Thanks..
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
Kendall oli asli bikinan USA lhoo... bukan bikinan Kendal dekat Semarang Jateng hehehehe.... dan harganya mungkin bikin orang curiga, kok cuma 65rb/liter ... Pug saya sudah 3 x 5000 km pake oli Kendall GT-1 semi syn ini, jauh lebih enak dibandingkan saat pake Shell yg kurang tahan panas dan cepet berkurang volumenya....DOHC wrote:kendall gt-1 semi syn perna ane coba bro di lipina ane dulu...
kalo dibanding ama NGO sehhh jelasssss bangetttt peningkatan kelas nya.... kalo yg ane rasain sehh, utk jalan langsam dan mendadak di bejeg respon mesin nya jauhh lebi enak.. dan utk ketahanan, NGO mahh sorry to say yahh... ampasss... mending ane kasi FK freshing atau magnatec skalian... ane pake NGO baru jalan 2000an km aja mesin uda orkestra klitik klitik kalo uda panas..
Kalau harga ga masalah, dulu saya ada pakai t camry 2.4v '08, dari umur 5rb km sampai dijokul di posisi <45rb km, saya pakai motul 300v , awal2 saya pakai yg 5w-30, belakangan 5w-40, 5tahun pakai mesin nya enteng Om. Sebenarnya cocok nya di 5w-40, Om.elvansalim wrote:Salam kenal smua.. Mau nanya" nih om.. Mobil sy toyota camry 2.4v 2013.. Yg bagus pk oli merk ap ya om? Ad yg saranin pake royal purple, liquimoli.. Dlu mobil ane yg sebelumnya pernah pk oli mobil1 0-30 trs pindah ke shell ultra 5-30 kyny lebih bagus shell ultra 5-30.. Pk mobil1 awal ganti oli enak suara halus tarikan enak tp lama" kurang.. Thx utk pencerahannya
JESKONENG wrote: Kendall oli asli bikinan USA lhoo... bukan bikinan Kendal dekat Semarang Jateng hehehehe.... dan harganya mungkin bikin orang curiga, kok cuma 65rb/liter ... Pug saya sudah 3 x 5000 km pake oli Kendall GT-1 semi syn ini, jauh lebih enak dibandingkan saat pake Shell yg kurang tahan panas dan cepet berkurang volumenya....
Menurut pengamatan saya, oli Kendall juga masih lebih bagus dibandingkan Total Quartz 7000 yg juga pernah sy pake beberapa kali di mobil Pug 306
uletbulu wrote:@om DOHC,
iya nih kykny baru kerasa bedanya, kl jalan langsam trus diinjek sedikit rpm langsung naek cepet![]()
thx y infonya.
@bro jeskoneng beli dimana harga segitu ? DTMF ?
ane beli di t*d* mahal bener euy...![]()
jauh banget selisihnya y...91k/l
btw ada rekomen ga utk ganti oli daerah gading serpong/bsd tp selisih jgn jauh gitu dan bisa ganti ditempat..soalnya ga bisa ganti sendiri![]()
JESKONENG wrote: Kendall oli asli bikinan USA lhoo... bukan bikinan Kendal dekat Semarang Jateng hehehehe.... dan harganya mungkin bikin orang curiga, kok cuma 65rb/liter ... Pug saya sudah 3 x 5000 km pake oli Kendall GT-1 semi syn ini, jauh lebih enak dibandingkan saat pake Shell yg kurang tahan panas dan cepet berkurang volumenya....
Menurut pengamatan saya, oli Kendall juga masih lebih bagus dibandingkan Total Quartz 7000 yg juga pernah sy pake beberapa kali di mobil Pug 306
Kalo mesin Aveo dah roller rocker si ga masalahChevyman wrote:Om turbo ane barusan pake q8 5w 30..G longlife di new aveo matik 2012 ane...udah betul belum ya?mohon petunjuk..nuwun
di toko Jayapura DTMF (sebrang Graha Sakti) dan di bengkel spesialis Pug, namanya EBA (Engine Block Autoworks), Jl. Raya Pertanian, Lebak BulusDOHC wrote:om jes dapet kendall gt-1 itu 65 rebu di toko apa om ??
Kalo mesin Aveo dah roller rocker si ga masalah[/quoteTurboman wrote:Chevyman wrote:Om turbo ane barusan pake q8 5w 30..G longlife di new aveo matik 2012 ane...udah betul belum ya?mohon petunjuk..nuwun
ya coba donk di cek udah Roller rocker belum mesinnya......ane kan gak punya AveoChevyman wrote:Kalo mesin Aveo dah roller rocker si ga masalah[/quoteTurboman wrote:Chevyman wrote:Om turbo ane barusan pake q8 5w 30..G longlife di new aveo matik 2012 ane...udah betul belum ya?mohon petunjuk..nuwun
Mesinnya udah roller rocker bener ya om???maap om masi beneran nubi masalah mesin.tinggal pake doang..hehe...oya dexos 1 sama dexos 2 bagusan mana ya om fuel efficiencynya?nuwun]
oww yg 65 rebu itu yg 10-40 tohh.. ane kira yg 5-30...JESKONENG wrote:di toko Jayapura DTMF (sebrang Graha Sakti) dan di bengkel spesialis Pug, namanya EBA (Engine Block Autoworks), Jl. Raya Pertanian, Lebak BulusDOHC wrote:om jes dapet kendall gt-1 itu 65 rebu di toko apa om ??
DOHC wrote:oww yg 65 rebu itu yg 10-40 tohh.. ane kira yg 5-30...JESKONENG wrote:di toko Jayapura DTMF (sebrang Graha Sakti) dan di bengkel spesialis Pug, namanya EBA (Engine Block Autoworks), Jl. Raya Pertanian, Lebak BulusDOHC wrote:om jes dapet kendall gt-1 itu 65 rebu di toko apa om ??
tempat kta beli si kendall itu ternyata sama...
itu pug nya uda di modif sana sini, ga ada niatan naekin kelas oli nya om ke 5-30 ??
haha... Pug 306 sy aslinya th 99 dan swap engine pake mesin lebih jadul, mgkn th 96/97 yg biasa dipake di Pug 405 STi ... jadi kayak kata om Turboman, cocoknya pake oli 10w40, dan Kendall menurut hasil riset sejauh ini seh nemunya review yg bagus2 aja...DOHC wrote:oww yg 65 rebu itu yg 10-40 tohh.. ane kira yg 5-30...JESKONENG wrote:di toko Jayapura DTMF (sebrang Graha Sakti) dan di bengkel spesialis Pug, namanya EBA (Engine Block Autoworks), Jl. Raya Pertanian, Lebak BulusDOHC wrote:om jes dapet kendall gt-1 itu 65 rebu di toko apa om ??
tempat kta beli si kendall itu ternyata sama...
itu pug nya uda di modif sana sini, ga ada niatan naekin kelas oli nya om ke 5-30 ??
It was om.....itu era sebelum th 2000DOHC wrote:wahh aneh jg yahh... mesin eropa yg performance oriented aja masi minta buntut 40.... jepun yg ngejar irit irit tp uda pada minta buntut 30... malah 20...
mesin yg nemplok pada Pug 405/306 yg beredar di sini taun 1995-2002 semuanya versi 8v om, padahal di negara asalnya ada yg versi 16v high compressionDOHC wrote:wahh aneh jg yahh... mesin eropa yg performance oriented aja masi minta buntut 40.... jepun yg ngejar irit irit tp uda pada minta buntut 30... malah 20...
ya ya... lupa ane, rotary nya masda aja masi minta buntut 60 malah..Turboman wrote:It was om.....itu era sebelum th 2000DOHC wrote:wahh aneh jg yahh... mesin eropa yg performance oriented aja masi minta buntut 40.... jepun yg ngejar irit irit tp uda pada minta buntut 30... malah 20...
Kalo skg juga rata2 minta pakai oli buntut 30, tapi utk BMW & MB biar buntut 30 mrk minta HTHS 3,5 jadi kekentalan udah mendekati 40......biasanya ada pertimbangan tersendiri utk oli agak kental, mungkin menyangkut panas mesin.
FYI :
Mesin2 high performance / SuperCar yg NA atau Gasoline Turbo khan rata2 mintanya oli 10W-60 malah
nahh pug nya om jes kan uda di "akalin" tuh ama bengkel non pug nya... berarti oli nya jg uda musti di upgrade donk..JESKONENG wrote:mesin yg nemplok pada Pug 405/306 yg beredar di sini taun 1995-2002 semuanya versi 8v om, padahal di negara asalnya ada yg versi 16v high compressionDOHC wrote:wahh aneh jg yahh... mesin eropa yg performance oriented aja masi minta buntut 40.... jepun yg ngejar irit irit tp uda pada minta buntut 30... malah 20...
menjadi "performance oriented" itu kan hasil akal2an bengkel spesialis Pug non-beres aja... sehingga bisa bersaing dng mesin2 16v keluaran BMW di ajang ETCC @ Sentul ....
ngakalinnya enggak sampai bikin clearance antara komponen jadi makin rapet/sempit om... cuma sebatas Port 'n' Polishing, memodif profil payung klep, papas head, remap ECU, pake injector Volvo 960, dan FPR (Fuel Pressure Regulator) Pug 406 D8. Sama dng versi mesin yg ikut balap di Sentul, cuma bedanya, yg mobil balap pake : cam aftermarket (utk lift (bukaan klep lebih tinggi) dan duration (durasi buka klep yg lebih lama), header rancangan bengkel specialist Pug, dan gir rasio lebih rapat (close ratio) milik Pug 306 taun 2002. Jadi pake oli 10W40 semi synthetic juga udah cukup, apalagi oli baru setiap race day ...DOHC wrote:ya ya... lupa ane, rotary nya masda aja masi minta buntut 60 malah..Turboman wrote:It was om.....itu era sebelum th 2000DOHC wrote:wahh aneh jg yahh... mesin eropa yg performance oriented aja masi minta buntut 40.... jepun yg ngejar irit irit tp uda pada minta buntut 30... malah 20...
Kalo skg juga rata2 minta pakai oli buntut 30, tapi utk BMW & MB biar buntut 30 mrk minta HTHS 3,5 jadi kekentalan udah mendekati 40......biasanya ada pertimbangan tersendiri utk oli agak kental, mungkin menyangkut panas mesin.
FYI :
Mesin2 high performance / SuperCar yg NA atau Gasoline Turbo khan rata2 mintanya oli 10W-60 malah
mungkin ada menyangkut soal panas dan beban kerja mesin jg kali yah .... tp ane jg masi binggung knapa eropa yg iklim lebi dingin aja masi doyan stick ke oli agak kentel... ipah yg dijual di negara2 tropis aja mintanya tetep buntut 30..
nahh pug nya om jes kan uda di "akalin" tuh ama bengkel non pug nya... berarti oli nya jg uda musti di upgrade donk..JESKONENG wrote:mesin yg nemplok pada Pug 405/306 yg beredar di sini taun 1995-2002 semuanya versi 8v om, padahal di negara asalnya ada yg versi 16v high compressionDOHC wrote:wahh aneh jg yahh... mesin eropa yg performance oriented aja masi minta buntut 40.... jepun yg ngejar irit irit tp uda pada minta buntut 30... malah 20...
menjadi "performance oriented" itu kan hasil akal2an bengkel spesialis Pug non-beres aja... sehingga bisa bersaing dng mesin2 16v keluaran BMW di ajang ETCC @ Sentul ....![]()
piston dan liner/boring bawaan mesin limbah masih oke cukup dibersihkan, ring piston PASTI diganti baru, demikian juga seal2 dan gasket/pakingDOHC wrote:hoo.. ane kira uda ampe modif ganti piston dan ring2 nya sgala...