reza martiyas wrote:melihat dan menimbang akhirnya keluarga sedan/hatchback atau bangsa mobil2 ceper sepertinya harus dicoret dari list..jalan keriting luar kota, ada juga beberapa titik rawan banjir yg bakal sering ditempuh, lobang, tumpukan material pinggir jalan dllll, tambah lagi dengan makin banyaknya arsitek POLDUR yang asal buat, jadi was2, apalagi dengan kemampuan mengemudi pas2an, pasti bakal sering mentok, so..dengan berat hati kenyamanan ala sedan harus dikesampingkan dulu.
pilihan yg masuk akal skrg ada cari mobil yg GC nya lumayan buat melibas trek jenis apa aja,(asal jangan yg model2 off road) hehehe...
yang masuk akal keknya ada di keluarga MPV-SUV:
1. taruna
2. grandia
3. sgx or Lgx
kira2 ketiga mobil tempur itu tahan banting ga ya?
Semua tahan dibanting banting kok om... Suer.. Semua pilihan tersebut juga sudah discontinued.
Usul, untuk Grandia dan SGX/LGX, lebih baik pilih yang Diesel, om.
Lebih hemat pengeluaran solar, perawatan sangat minim kalau mesin sehat alias engga ada bocor kompresi dan ga bocor water jacket di dalam blok silindernya.
Mesin diesel, coba cek kendaraannya pada saat first in the morning. Mesinnya masih adem. Supaya beberapa bagian mesin bisa sekalian di-cek dalam satu waktu bersamaan.
Saat mesin dingin, cek glowplug dan seal seal klep: kontak diputar ke posisi on. Tahan, jangan start. Tahan sampai lampu glow plug mati, trus kontak off, putar kontak ke on lagi, saat glow plug nyala kali kedua, langsung start. Kalau langsung nyala, joss gandhos itu.. Saat nyala, langsung segera lihat ke ujung knalpot, ada asap putih tidak? Saat digas, asap putih tambah keluar, atau malah hilang?
Kalau saat digas malah tambah keluar asap putih, tanda ring piston sudah lemah. Kalau digas asap putih malah hilang, dan saat gas dilangsamkan keluar lagi asap putih, tanda seal klep kena.
Masih rada mending seal klep kena, hanya TOP Overhaul. Kalau udah ring piston kena…waduh…
Taruna, konsumsi bensin termasuk moderat. Irit engga, boros juga engga. Lumayan nyaman..
Ambil yang seri F (family) aja om. Cirinya, baris ketiga jendela sampingnya panjang dan besar, dan ada emblem di belakangnya...bias FL, FGX..blablabla..
Ini masih karbu. Ada juga yang edisi injeksi.
Mesin Taruna sama dengan Feroza. Kampas rem nya biasanya dipakai user avania dan Rush, karena sama persis.
Hmm apalagi ya?
Tunggu momod dan member lain deh… terutama momod NG yang apal luar kepala Daihatsu… Sesepuh Daihatsu tuh dia… hehe…