Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Turboman wrote:sebelum di bawa ke luar kota bisa ganti oli mesinnya dulu, pakai saja yg 10w30 mineral atau semi synth macam Petronas Syntium 800 - 10w30 bisa
nanti selepas 5000 Km bebas mau pakai oli Full Synth apa aja
Utk Yaris = rekomen oli buntut 30
Oli Matic-nya nanti ganti di 20 - 25 rb Km gpp
siipp,, makasih advise nya om turbo, mungkin ane kejar dulu 1000 km di jkt dalam tiga hari, menjelang mudik ane ganti deh pake pentonas syntium 800. atau di ganti saat tengah perjalanan kali ya??
ocob wrote:nubie ijin komen..
setahu saya gapapa om...dulu pas mau beli mobil baru dari dealer di padang mereka malah bawa langsung mobilnya dari jkt(tau sendiri bagaimana ganasnya para sopir bawa mobilnya,gaspoll broo)..dan udah dikasi tau sebelumnya kalo mobil sampe tangan kita km nya udah 1400an, dan langsung servis pertama di dealer padang, baru diserahkan sama kita
tapi sekarang kebanyakan udah dibawa pake kapal laut,kecuali beberapa dealer tertentu saja,alasan salesnya ga dibawa pake kapal takut mobilnya karatan kecipratan air laut
bener banget om... rata2 di kampung ku mobil baru km nya udah di atas 1000 km. di duga si stir lewat darat dengan menyewa supir,
mudah2an aja unit nya yang diterima ga ada masalah,
dieselkiki wrote:pernah pengalaman bawa mobil baru langsung bawa pulang jalur pantura jawa +/- 800 (city vtec 2007) dan +/- 600 km (i20 crdi 2010) tanpa brake in dahulu dan oli masih bawaan pabrik. Lari ya 130-140 kmh kalo pas kosong di tol lainnya 80-110 kmh, load +/- 400 sampai 500 Kg gak apa-apa kok. Mobil sampai sekarang (60.00 an 110.000 an km) sehat-sehat saja, cuman waktu itu bukan arus mudik tapi mudik arus lalin biasa.
kalo menurut saya gak usah terlalu khawatir. go for it
andy1800 wrote:Klo dpt unit yg beruntung, ya lempeng2 aja gak masalah.
spt ane dulu pas dpt toyota baru, semuanya lempeng aja kayak gak terjadi apa2 *baca=kayak bukan inreijn..semuanya spt checklist book aja: oli gantinya ya ntar di ceban, gardan gak ganti, ngegasnya ya gak kayak ngegas bayi, dsb dsb..pokoknya rusuh lah...beruntunglah sampai diatas 100rb km tu mobil msh tegar2 aja.
Bahkan klo pas inrejn tu ternyata adlh pas masa mudik, oleh mekanik2 beres mereka istilahkan dg: "wah bagus banget itu pak, pas dapat moment nya!"
Tp yg harap mjd catatan, bhw ane adlh satu2nya yg sangat beruntung ya. Krn kbyakan pemilik mobil baru punya masalah dg gram, atau lumpur, dsb dsb, katanya.
INRIJDEN
emang sengaja disalahin dulu, dg maksud mengundang dan yakin mod meneer pasti datang utk mengkoreksi....
semua punya pemikiran masing2 tentang mobil baru..
saya klo liat itu driver plat merah bawa mobil cukup kencang..
malah siang2 saya pernah selip2an lawan rx 8 di tol ancol lari 160an plat merah sama2 keluar kelapa gading..yg punya nanti pikiran harus inreyen lari mak 100km..
klo saya sih gas aja..mobil saya rata2 sudah lari paksa gigi 160an belum sampe 1000km..rem jg saya maen2in..bagus aja sampe skrg..
^
nah tambah satu lagi, "abuser" pd masa inrijdn...stlh FMEAKD n dieslkiki
yaaah, berarti ane gak bisa lagi deh mengklaim sbg satu2nya yg sangat beruntung dpt mobil yg baik2 saja meskipun tanpa memperlakkan break-in sbg hal spesial.
menurut gw, ritual inreyen itu sama seperti ritual mudik..
kalau ada kesempatan yaa inreyen saja om..wong namanya juga mobil baru, kalau nggak inreyen nanti rasanya sama saja kayak beli mobil bekas..
tapi gw setuju sih mengenai normal driving di mobil baru, terutama tentang; jangan langsung dibejek abis..bukan khawatir sama mekanikal, elektrikal, dan kawan-kawannya..cuma biasanya mobil baru belum cukup kita kenal karakternya, salah perhitungan kan gimana gitu..
mengenai ganti oli, selama mesin masih standar, ya ikuti saja standar mobil tersebut..buku pedoman pada mobil tersebut dibuat dengan perhitungan dan alasan yang tidak ngawur kok..
menurut saya untuk 500 km pertama mesin baiknya inreyen karena metal metal masih mengalami penyesuaian duduk , kalau dipaksa takutnya umurnya gak seawet yg di inreyen tapi tetap lebih baik selama inreyen jangan banyak tangan cukup satu orang yg megang
Saya pernah dikasih link cara inreyen yang sama sekali bertolak belakang dengan yang selama ini tertulis di buku pedoman pemilik kendaraan, berikut link-nya:
Disclaimer: saya bukan mekanik (tapi tahu sedikit2 lah mengenai teknologi kendaraan termasuk mesin), dan belum pernah mencoba cara yang disebutkan di link itu...
Namun logika-nya sih rasanya masuk, dan kelak kalau ada nasib mujur bisa beli mobil baru saya mau coba cara yang disebutkan di link itu...
Ane ambil hari jumat, senin uda ngebut 150kpj di tol Sby-Gempol, tiap hari pp Sby-Pandaan-Sby...
Servis 1000km pertama di 2 minggu kemudian, ganti oli di 3000an km pake 0w20 kalo ga salah ingat...
Indrijen menurut ane utk membiasakan diri dgn karakter dan handling mobil... ane harus membiasakan diri dari nyetir CityZ MT yang super fun dan Honda banget driving exp nya ke Mazda8 yg harus diperlakukan kayak kapal induk...
Saya pernah dikasih link cara inreyen yang sama sekali bertolak belakang dengan yang selama ini tertulis di buku pedoman pemilik kendaraan, berikut link-nya:
Disclaimer: saya bukan mekanik (tapi tahu sedikit2 lah mengenai teknologi kendaraan termasuk mesin), dan belum pernah mencoba cara yang disebutkan di link itu...
Namun logika-nya sih rasanya masuk, dan kelak kalau ada nasib mujur bisa beli mobil baru saya mau coba cara yang disebutkan di link itu...
Maaf ya, kalau tambah bikin bingung....hehehe
Wahhh itu break-in kalo untuk mobil matic gimana tuh om?
Trus berarti begitu mobil datang, ganti oli mineral dulu ya?
Ga usah kebut-kebut, yang penting cepet sampe aja.
ipah ane oleh owner pertama nya... beli di jakarta... servis 1000 km pertama malah di sumut dgn odo 1800 km... trus ga perna nginjek beres lg ampe jatuh ke tangan ane di odo 70an rebu... dan per hari ini, tuh mobil uda 140an rebu km... masi tetep smooth enjin nya tanpa ngebul2, padahal oli nya ane pakein yg encer (5W-30)...
kaleng ane, bgitu kluar dealer.. lgs dipake angkat beban ama supir babe slama sminggu full, jakarta cikarang pp tiap ari angkut barang ampir 2 kuintal tiap trip... odo per ari ini uda 60an rebu.. masi smooth...
GE8 cece ane... minggu kedua abis lahir dari showroom... lgs laga pantura, jakarta bali...
kalo panty pu ane sehh.... itu lebi mengenaskan lagi nasib nya..
andy1800 wrote:Klo dpt unit yg beruntung, ya lempeng2 aja gak masalah.
spt ane dulu pas dpt toyota baru, semuanya lempeng aja kayak gak terjadi apa2 *baca=kayak bukan inreijn..semuanya spt checklist book aja: oli gantinya ya ntar di ceban, gardan gak ganti, ngegasnya ya gak kayak ngegas bayi, dsb dsb..pokoknya rusuh lah...beruntunglah sampai diatas 100rb km tu mobil msh tegar2 aja.
Bahkan klo pas inrejn tu ternyata adlh pas masa mudik, oleh mekanik2 beres mereka istilahkan dg: "wah bagus banget itu pak, pas dapat moment nya!"
Tp yg harap mjd catatan, bhw ane adlh satu2nya yg sangat beruntung ya. Krn kbyakan pemilik mobil baru punya masalah dg gram, atau lumpur, dsb dsb, katanya.
berarti inreyen miras ane mirip2 yg di link di atas. dapet 1000 km dlm 10 hari, diajak lari tiap hari di tol dgn kecepatan sekitar 120km/jam. hasilnya skrg lebih enak diajak lari 140km/jam....
Saya mau bertanya dengan suhu2 disini, sy memiliki pengalaman berbeda, mobil saya yg baru ini sedikit rewel sepertinya dalam memilih oli.
Kemarin saya mengganti oli bawa honda dengan motul hitech 5w30 di km 790..
saya ganti oli sendiri (dirumah) lalu oli yg keluar dgn dibiarkan semalam terbuka didasarnya ada serbuk besi halus seikit (kata papa, saya tidak lihat)...
Permasalahnya, td saya gunakan saya merasa mesinnya sangat panas sekali.
Panasnya hingga menyengat tangan (mobil jika masuk garasi pasti kap mesin saya buka)
Mobil sy yg lain menggunakan motul Hitech 5w30 ini tdk bermasalah.
Apakah ada penjelasannya?
Mohon bantuannya..
Kent wrote:Saya mau bertanya dengan suhu2 disini, sy memiliki pengalaman berbeda, mobil saya yg baru ini sedikit rewel sepertinya dalam memilih oli.
Kemarin saya mengganti oli bawa honda dengan motul hitech 5w30 di km 790..
saya ganti oli sendiri (dirumah) lalu oli yg keluar dgn dibiarkan semalam terbuka didasarnya ada serbuk besi halus seikit (kata papa, saya tidak lihat)...
Permasalahnya, td saya gunakan saya merasa mesinnya sangat panas sekali.
Panasnya hingga menyengat tangan (mobil jika masuk garasi pasti kap mesin saya buka)
Mobil sy yg lain menggunakan motul Hitech 5w30 ini tdk bermasalah.
Apakah ada penjelasannya?
Mohon bantuannya..
menyengat dalam arti tangan ketika akan membuka engine hood, tersengat krn panasnya suhu mesin.
seperti kena siram air panas.
tapi indikator instrumen "hot engine" tidak menyala..
maxx wrote:mobil jaman sekarang bisa dibilang sudah ga ada kata INRIJDEN lagi, wong di assembly line saat finishing di geber smp 120 kph.
Saran saya .. pakai biasa aja layaknya pakai mobil scr "normal", nikmati aja jangan dipusingin.
"normal" = eco driving >> bukan race driving
Setujuh om... jgnkan mobil produksi massal...
Klo liat natgeo mega factories, mbl2 supercar mcm ferarri dan lambo, malah pake dyno-test, brp horsepower dan torsi yg didapat at max rpm
Klo ada yg missed atau malfunction, mesinnya dicopot dan tuker sm yang baru (klo memungkinkan direpair)
Jadi ketika sampai di tgn pembeli, yeah! you've got the real power!
Klo bicara mobil normal, ya normal2 ajah bawanya.. gak diperkosa asal-asalan juga. Tapi lebih ke mengenal karakter mobilnya, mirip spt mengenal karakter istri yg baru dinikahin istilahnya.
____________________
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri