AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
idealnya bersihin ruang bakar itu pemakaian berapa km atau berapa taun ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
Idealnya siiy, kalau sering premium murni dan sering mengemudi siang2, baru jalan 20rb km aja bawaan udah nglitik mlulu..y_anjasrana wrote:idealnya bersihin ruang bakar itu pemakaian berapa km atau berapa taun ya?
Tuh, kaleng matik ane ngalamin.
Sebelum2nya pakai oplosan ron 91 dan 88, trus pakai 88 mlulu, mosok tanjakan flyover DI. Pandjaitan aja udah kleklekleklek gituh..

Ya sebaiknya setaun sekali lah kalau tetep ngeyel pakai ron88 murni.

cmiiw..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
Well, actually untuk semua mobil, om. Berhubung ini trit habanjah, en ini gerobak kesayangan ane, ya sekalian aja ane share disini, begitu, master..ANSdream wrote: Oooww..
Jadi ini yang bikin si avanza makin lama makin lembek..
Sekali2 harus diisi sama pertamax yach
Tapi mikir2 juga kantongnya

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
PM sent, bos..audiomobilbsd wrote:harganya berapa gan,ane tertarik.kebetulan mobilane avanza

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
soal performa yg melembek...
terlalu banyak faktor sehh yg menentukan... kualitas premium atau bbm yg lagi caur... uda lama ga di tune up... oli2 nya yg uda kadaluarsa alias musti diganti... injector mampet.. sampe kopling yg uda tipis atau stelan nya ngaco..
coba aja dari yg simpel2 dulu... oli ganti yg agak bagusan... kelas 5-30 macam motul, kendall masi dibawa 100 rebu koq beli di toko oli non branded... toh apansa cuman 3 liter kurang... murah lharrr... filter oli jg ganti aja, pake merek aspira cuman 20an rebu... tiap 3 bulan skali ganti jg gpp.. busi jg jgn lupa dicek berkala gap nya.. trus carbjet sendiri sblom ganti oli... mustinya sehh dgn ritual2 diatas... performa si kaleng ga melempem.. gampang banget koq ngerawat si K3-VE ini... ritual sederhana jg uda ckup bkin ini mobil ngacir... ga usa takut cek enjin nyala2 sgala..

terlalu banyak faktor sehh yg menentukan... kualitas premium atau bbm yg lagi caur... uda lama ga di tune up... oli2 nya yg uda kadaluarsa alias musti diganti... injector mampet.. sampe kopling yg uda tipis atau stelan nya ngaco..
coba aja dari yg simpel2 dulu... oli ganti yg agak bagusan... kelas 5-30 macam motul, kendall masi dibawa 100 rebu koq beli di toko oli non branded... toh apansa cuman 3 liter kurang... murah lharrr... filter oli jg ganti aja, pake merek aspira cuman 20an rebu... tiap 3 bulan skali ganti jg gpp.. busi jg jgn lupa dicek berkala gap nya.. trus carbjet sendiri sblom ganti oli... mustinya sehh dgn ritual2 diatas... performa si kaleng ga melempem.. gampang banget koq ngerawat si K3-VE ini... ritual sederhana jg uda ckup bkin ini mobil ngacir... ga usa takut cek enjin nyala2 sgala..




numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
Yap, nda ada itu ceritanya engine check lamp nyala kalau seperti itu.DOHC wrote:soal performa yg melembek...
terlalu banyak faktor sehh yg menentukan... kualitas premium atau bbm yg lagi caur... uda lama ga di tune up... oli2 nya yg uda kadaluarsa alias musti diganti... injector mampet.. sampe kopling yg uda tipis atau stelan nya ngaco..
coba aja dari yg simpel2 dulu... oli ganti yg agak bagusan... kelas 5-30 macam motul, kendall masi dibawa 100 rebu koq beli di toko oli non branded... toh apansa cuman 3 liter kurang... murah lharrr... filter oli jg ganti aja, pake merek aspira cuman 20an rebu... tiap 3 bulan skali ganti jg gpp.. busi jg jgn lupa dicek berkala gap nya.. trus carbjet sendiri sblom ganti oli... mustinya sehh dgn ritual2 diatas... performa si kaleng ga melempem.. gampang banget koq ngerawat si K3-VE ini... ritual sederhana jg uda ckup bkin ini mobil ngacir... ga usa takut cek enjin nyala2 sgala..![]()
![]()
![]()
Oli papanjah, cukup 2,1 liter.
3 liter kalau sama ganti filter oli.
Kalau langkah tsb diatas belum mempan, coba inget2 sudah brp taun pakai premium? Coz ane pernah carb clean, 1 bulan doang ga nglitik. abis itu, nglitik lagi deh. Minta setting timing biar ga nglitik sih, lumayan sembuh, tapi lumayan gregetan juga, tarikan jadi loyo...
*disclaimer pribadi

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
om vm biasa carb clean nya d beres atoyot yahh ??? kalo iya, mereka pake obat apa ?? dulu ane perna nyobain merek yg sama di pake di beres atoyot pluit... merek dragon atau apa lah itu ga jlas... emang hasil nya agak2 ga enak... ga lama pasti ngeglitik lg... masi mending soft77 cuman agak mahal... atau DCS jg lmayan tuh... dulu ane make ini dcs lmayan ampuh bkin si enjin batu makam mingkem klek klek klek beberpaa rebu km..
btw kalo abis tune up gt .. coba cabut aki om...



btw kalo abis tune up gt .. coba cabut aki om...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
Berarti K3DE lebih robust kalo dicekokin premium, alm. K3DE gen.1 2004 gue gak berubah koq performanya, padahal gk pernah masuk BeRes & sembarangan dirawatnya...VanzMatic wrote:Yap, setel rem tangan.shirleys wrote:-cut-
sekarang baru sadar, parkir tanjakan di hand break koq masih nge luncur ya ?? rem juga bunyi ngek ngek padahal baru ganti, jd terpaksa di tahan pakai gigi satu.
sama sekarang masukin gigi nya koq bunyi grek kyk masukin gigi tp kompling ga di injek.
makin lama ini mobil kyk ga ada tenaga nya, awal2 enak.
( selalu service ke beres, ga pernah telat, di isi cuman premium tanpa addiktif dll )
mohon bantuan para suhu
anti karat bagus yg magnet atau yg semprot ? soalnya dari beli sampai skrg blm di ksh anti karat ulang.
makasih ya atas bantuan nya
Kalau cuman diisi premium, ya wajar aja om kalo lama lama tenaganya ngempos...
Coba mulai step berikut: Bersihin / Kuras tangki bensin. Ganti fuel filter. Carbon clean mesin Anda. Coba cek busi.
Soale, mesin avanza ini kompresi tinggi. 11:1. Dikasi premium, memang ajaib masih bisa jalan. Masalahnya, mau sampai berapa lama? Terbukti, dengan premium murni, pasti turun performa.
Idealnya, mobil kita ini diisi bensin RON minimal 95, bos.
Supaya kantong nda tekor, boleh diisi premium, asal pakai aditif, supaya mesin engga menderitaseperti ini. Aditif sebaiknya pakai yang herbal / nonkimia. Silakan hubungi saya di avatar saya dibawah ini..
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
k3-de ama ve beda bro...
yg de mahh endut2an itu jalan nya... apalagi kalo jalan pelan.. nyiksa kaki banget kalo macet..
yg de mahh endut2an itu jalan nya... apalagi kalo jalan pelan.. nyiksa kaki banget kalo macet..
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
Kopling DE keras...
Trus putaran mesin harus 2000an baru jalan tuh mbl...
Trus putaran mesin harus 2000an baru jalan tuh mbl...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
yg ve jg kerass koq... tipikal kopling mekanik sehh dari kawat baja.. musti sering2 di lumasin biar enteng..
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
Tapi K3 yg baru enak koq koplingnya, yg DE baru (2006) udh agak enak drpd DE lama (2004)....
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
endut2an ya emg gitu semuanya, yg jelas buat akselerasi and angkut beban masi lebih baik DE drpd VE, buktinya granmak PU yg 1.3 masi yg versi DE bkan yg versi VE, bgitu pula angkot granmak pake yg mesin DE kan??




-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
DOHC wrote:om vm biasa carb clean nya d beres atoyot yahh ??? kalo iya, mereka pake obat apa ?? dulu ane perna nyobain merek yg sama di pake di beres atoyot pluit... merek dragon atau apa lah itu ga jlas... emang hasil nya agak2 ga enak... ga lama pasti ngeglitik lg... masi mending soft77 cuman agak mahal... atau DCS jg lmayan tuh... dulu ane make ini dcs lmayan ampuh bkin si enjin batu makam mingkem klek klek klek beberpaa rebu km..![]()
![]()
![]()
btw kalo abis tune up gt .. coba cabut aki om...
pernah pakai dcs lumayan tuh. ane pernah tune up di shopndrive, asap putihnya banyak bgt. kmrn2 pakai merk megacool (klu ga salah), keluar asap putih jg, tp ga sebanyak dcs. tp utg aja ga banyak. soalnya ane lupa balik posisi mobil. jd asapnya masuk rumah....

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
soal banyak atau kaga nya asap kayanya tergantung jumlah semprotan ke katup intake nya om...
ane biasa kalo nge carbjet, nyemprot nya ke intake kebanyakan bakalan ngebul da susah di starter... sdgkan kalo nyemprot lobang busi nya ampe banjir carbjet aja asep nya tipis dan ga terlalu susah di starter..
ane biasa kalo nge carbjet, nyemprot nya ke intake kebanyakan bakalan ngebul da susah di starter... sdgkan kalo nyemprot lobang busi nya ampe banjir carbjet aja asep nya tipis dan ga terlalu susah di starter..
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
Smua dah pake VE kang....ak4ng wrote:endut2an ya emg gitu semuanya, yg jelas buat akselerasi and angkut beban masi lebih baik DE drpd VE, buktinya granmak PU yg 1.3 masi yg versi DE bkan yg versi VE, bgitu pula angkot granmak pake yg mesin DE kan??![]()
![]()
Yang DE kagak lolos uji emisi itu....
Kalo gak VE bijimane GrenMek temen gue bisa ada tulisan VVTinya kangggg????
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
di kebon ane miara sebiji bang grenmek 1.3L, kl yg 1.3L kaga vvti cuma DOHC DLI doang, kl yg vvti tu yg 1.5L 3SZVE sama persis kek ruster and apanja 1.5L.. bedanya sama apanja tuwir ane di final gear ratio lebih gede, rasio antar gigi kl ga salah sama, cmiiwricz wrote:Smua dah pake VE kang....ak4ng wrote:endut2an ya emg gitu semuanya, yg jelas buat akselerasi and angkut beban masi lebih baik DE drpd VE, buktinya granmak PU yg 1.3 masi yg versi DE bkan yg versi VE, bgitu pula angkot granmak pake yg mesin DE kan??![]()
![]()
Yang DE kagak lolos uji emisi itu....
Kalo gak VE bijimane GrenMek temen gue bisa ada tulisan VVTinya kangggg????
cek disini aja bro http://www.daihatsu.co.id/products/spec ... ran-max-pu
*bukan sales pikap


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Tue Jun 25, 2013 20:00
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
Turboman wrote:1. Setel rem belakang (hand brake), tapi hati2 jangan kelewat rapatshirleys wrote: 1. sekarang baru sadar, parkir tanjakan di hand break koq masih nge luncur ya ?? rem juga bunyi ngek ngek padahal baru ganti, jd terpaksa di tahan pakai gigi satu.
2. sama sekarang masukin gigi nya koq bunyi grek kyk masukin gigi tp kompling ga di injek.
3. makin lama ini mobil kyk ga ada tenaga nya, awal2 enak.
4. anti karat bagus yg magnet atau yg semprot ? soalnya dari beli sampai skrg blm di ksh anti karat ulang.
makasih ya atas bantuan nya
2. Oli transmisi pakai apa ? kapan terakhir ganti ? Minyak kopling sudah pernah ganti / belom ? sudah brp tahun ?
3. Sudah jalan brp ribu Km ?
4. Kalo gak tinggal di pinggir laut sebetulnya gak perlu anti karat tambahan, dari pabriknya khan udah jalanin proses "cathode dip"
bingung oom, kl dari nota mto mogul, shell helic 5w40, moly engine flush . nah itu apa semua ??
terakhir 2011 tapi ini uda baru ganti dengan menu yang sama dengan yang atas ( mto mogul, shell helic 5w40, moly engine flush ), kata org shop n drive nya untung ga kena mesin
tinggal stel rem blakang besok ke bengkel beres nya . maksud jgn kelewat rapat itu bgmn ya ? apa bengkel ada set normal nya ?
sekarang udah jalan 95rb ,om . baru ganti shock beker depan belakang .
rumah sih dekat sama laut, barusan lihat belum ada tanda2 karatan . cuman ngeri aja tiba2 bolong , soal nya pengalaman aku dari mobil sebelum nya bolong bawah nya.
oh ya om, abis ganti semua koq masih ada bunyik klontang klontang klontang pas jalan lurus .
terus itu termometer seharusnya di bawah tengah atau pas tengah ya, soalnya sekarang di atas tengah dikit . itu kenapa ?
maaf ngerepotin , bingung juga pdhl service di beres tp ga komen apa2 . untung ada master2 oto di sm yang bantuin, tengkiu ya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Tue Jun 25, 2013 20:00
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
aduh, cek busi itu gimana ? ada dimana ? wkwkwkwkwkwk bingung om . buta segalanya , cuman tau nyetir, isi bensin , ganti oli pun karena itu perintah koko terakhir ( 2011 )VanzMatic wrote:Yap, setel rem tangan.shirleys wrote:-cut-
sekarang baru sadar, parkir tanjakan di hand break koq masih nge luncur ya ?? rem juga bunyi ngek ngek padahal baru ganti, jd terpaksa di tahan pakai gigi satu.
sama sekarang masukin gigi nya koq bunyi grek kyk masukin gigi tp kompling ga di injek.
makin lama ini mobil kyk ga ada tenaga nya, awal2 enak.
( selalu service ke beres, ga pernah telat, di isi cuman premium tanpa addiktif dll )
mohon bantuan para suhu
anti karat bagus yg magnet atau yg semprot ? soalnya dari beli sampai skrg blm di ksh anti karat ulang.
makasih ya atas bantuan nya
Kalau cuman diisi premium, ya wajar aja om kalo lama lama tenaganya ngempos...
Coba mulai step berikut: Bersihin / Kuras tangki bensin. Ganti fuel filter. Carbon clean mesin Anda. Coba cek busi.
Soale, mesin avanza ini kompresi tinggi. 11:1. Dikasi premium, memang ajaib masih bisa jalan. Masalahnya, mau sampai berapa lama? Terbukti, dengan premium murni, pasti turun performa.
Idealnya, mobil kita ini diisi bensin RON minimal 95, bos.
Supaya kantong nda tekor, boleh diisi premium, asal pakai aditif, supaya mesin engga menderitaseperti ini. Aditif sebaiknya pakai yang herbal / nonkimia. Silakan hubungi saya di avatar saya dibawah ini..
bukan turun lagi om, di gas ngoooooong cuman ga jalan2 rasanya . tapi abis ganti oli etc mendingan sih .
besok baru mau di bawa ke beres, kuras bensin dll . thanks ya masukan nya .
aku pm ya om thanks atas bantuan nya, maaf repotin
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Tue Jun 25, 2013 20:00
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
DOHC wrote:soal performa yg melembek...
terlalu banyak faktor sehh yg menentukan... kualitas premium atau bbm yg lagi caur... uda lama ga di tune up... oli2 nya yg uda kadaluarsa alias musti diganti... injector mampet.. sampe kopling yg uda tipis atau stelan nya ngaco..
coba aja dari yg simpel2 dulu... oli ganti yg agak bagusan... kelas 5-30 macam motul, kendall masi dibawa 100 rebu koq beli di toko oli non branded... toh apansa cuman 3 liter kurang... murah lharrr... filter oli jg ganti aja, pake merek aspira cuman 20an rebu... tiap 3 bulan skali ganti jg gpp.. busi jg jgn lupa dicek berkala gap nya.. trus carbjet sendiri sblom ganti oli... mustinya sehh dgn ritual2 diatas... performa si kaleng ga melempem.. gampang banget koq ngerawat si K3-VE ini... ritual sederhana jg uda ckup bkin ini mobil ngacir... ga usa takut cek enjin nyala2 sgala..![]()
![]()
![]()
om dohc, bisa step by step ga rincian nya , nanti aku buat catatan . maaf oom bingung baca tips oom di atas, makasi banget en maaf repotin
carb jet itu berbentuk seperti apa ? bisa beli dimana ya om ?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
kalo di avanza ane... utk ritual tune up biasanya ane kerjain hal2 ini :
- panasin mesin, ampe temperatur naik ke stengah, matikan mesin
- buka filter udara (bersihkan bila kotor) lalu kliatan dehh distributor ( warna hitam ada 4 buah)
- kendorkan baut2 distributor tsb, lalu cabut distributor tsb
- gunakan kunci busi (no 16), lalu buka busi satu persatu
- semprotkan obat engine conditioner ke masing2 lobang busi ampe penuh foam trus muncrat2 keluar, (merek ada gzox, dcs, dragon, dll, cuman ane lebi prefer dcs)
- cari lobang throttle body, karena avanza masi pake kawat, jadi katup throttle body masi bisa di gerakan dgn tangan
- putar tuh throttle body hingga kebuka, lalu semprotkan sisa obat engine conditioner tsb ke dalam lobang tsb
- diamkan 15 menit
- lalu coba starter mesin beberapa kali (JANGAN DITAHAN LEBI DARI 3 DETIK) akan ada muncratan2 obat tsb kluar dari lobang busi... bersihkan aja
- pasang busi (kalo ane sehh biasa tiap 10 rebu km ganti, murah koq)
- pasang kembali filter udara dll
- nyalakan mesin.. .tahap ini mesin pasti susah nyala.. tapi dipaksa aja (putar tahan 3 detik, masi ga nyala, lepaskan dulu... lalu coba lagi)... nahh stelah mesin nyala terbatuk2 injek gas dikit... (jangan digas2 kenceng2)
- stelah asap knalpot tidak warna putih lg, matikan mesin
- ganti oli mesin dan filter... utk oli, bisa di curhatkan ke mods turboman, oli apa yg cocok utk mesin flat tappet nya si avanza
kalo mesin uda ngoooonggg tapi jalan nya tetep lelet... coba diliat uda jalan brapa rebu km tuh... siapa tau kopling nya uda tipis...
- panasin mesin, ampe temperatur naik ke stengah, matikan mesin
- buka filter udara (bersihkan bila kotor) lalu kliatan dehh distributor ( warna hitam ada 4 buah)
- kendorkan baut2 distributor tsb, lalu cabut distributor tsb
- gunakan kunci busi (no 16), lalu buka busi satu persatu
- semprotkan obat engine conditioner ke masing2 lobang busi ampe penuh foam trus muncrat2 keluar, (merek ada gzox, dcs, dragon, dll, cuman ane lebi prefer dcs)
- cari lobang throttle body, karena avanza masi pake kawat, jadi katup throttle body masi bisa di gerakan dgn tangan
- putar tuh throttle body hingga kebuka, lalu semprotkan sisa obat engine conditioner tsb ke dalam lobang tsb
- diamkan 15 menit
- lalu coba starter mesin beberapa kali (JANGAN DITAHAN LEBI DARI 3 DETIK) akan ada muncratan2 obat tsb kluar dari lobang busi... bersihkan aja
- pasang busi (kalo ane sehh biasa tiap 10 rebu km ganti, murah koq)
- pasang kembali filter udara dll
- nyalakan mesin.. .tahap ini mesin pasti susah nyala.. tapi dipaksa aja (putar tahan 3 detik, masi ga nyala, lepaskan dulu... lalu coba lagi)... nahh stelah mesin nyala terbatuk2 injek gas dikit... (jangan digas2 kenceng2)
- stelah asap knalpot tidak warna putih lg, matikan mesin
- ganti oli mesin dan filter... utk oli, bisa di curhatkan ke mods turboman, oli apa yg cocok utk mesin flat tappet nya si avanza
kalo mesin uda ngoooonggg tapi jalan nya tetep lelet... coba diliat uda jalan brapa rebu km tuh... siapa tau kopling nya uda tipis...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
utk busi... avanza pake merek Denso XU22PR9... sbiji harga nya 20 rebu kalo beli di atrium... filter oli yg merek aspira jg cuman 20an rebu di atrium...
utk oli mesin, avanza cocok nya pake oli yg 5W-30... ditulis koq di buku manual nya.... isi 2.7 liter aja kalo ganti filter oli nya... jgn lebih jangan kurang.... biasa bengkel maen hajar 3 liter... malah ada yg sotoy 3.5 liter kalo ganti filter... dijamin jadi lelet tuh tarikan nya...
utk oli mesin, avanza cocok nya pake oli yg 5W-30... ditulis koq di buku manual nya.... isi 2.7 liter aja kalo ganti filter oli nya... jgn lebih jangan kurang.... biasa bengkel maen hajar 3 liter... malah ada yg sotoy 3.5 liter kalo ganti filter... dijamin jadi lelet tuh tarikan nya...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
Ponten seratuss ....!!
Ya, jawaban dikumpulkan di tenda kakak pembina putra ya, karena kakak pembina putra sedang tidak ditempat....





Ya, jawaban dikumpulkan di tenda kakak pembina putra ya, karena kakak pembina putra sedang tidak ditempat....





" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
shirleys wrote:DOHC wrote:soal performa yg melembek...
terlalu banyak faktor sehh yg menentukan... kualitas premium atau bbm yg lagi caur... uda lama ga di tune up... oli2 nya yg uda kadaluarsa alias musti diganti... injector mampet.. sampe kopling yg uda tipis atau stelan nya ngaco..
coba aja dari yg simpel2 dulu... oli ganti yg agak bagusan... kelas 5-30 macam motul, kendall masi dibawa 100 rebu koq beli di toko oli non branded... toh apansa cuman 3 liter kurang... murah lharrr... filter oli jg ganti aja, pake merek aspira cuman 20an rebu... tiap 3 bulan skali ganti jg gpp.. busi jg jgn lupa dicek berkala gap nya.. trus carbjet sendiri sblom ganti oli... mustinya sehh dgn ritual2 diatas... performa si kaleng ga melempem.. gampang banget koq ngerawat si K3-VE ini... ritual sederhana jg uda ckup bkin ini mobil ngacir... ga usa takut cek enjin nyala2 sgala..![]()
![]()
![]()
om dohc, bisa step by step ga rincian nya , nanti aku buat catatan . maaf oom bingung baca tips oom di atas, makasi banget en maaf repotin
carb jet itu berbentuk seperti apa ? bisa beli dimana ya om ?




Di Ace ada, bahkan di carrefour, Hypermart, Giant, dll juga ada
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Tue Jun 25, 2013 20:00
Re: AVANZA USERS!!!!!! KESINI!!!! - PART 02
DOHC wrote:utk busi... avanza pake merek Denso XU22PR9... sbiji harga nya 20 rebu kalo beli di atrium... filter oli yg merek aspira jg cuman 20an rebu di atrium...
utk oli mesin, avanza cocok nya pake oli yg 5W-30... ditulis koq di buku manual nya.... isi 2.7 liter aja kalo ganti filter oli nya... jgn lebih jangan kurang.... biasa bengkel maen hajar 3 liter... malah ada yg sotoy 3.5 liter kalo ganti filter... dijamin jadi lelet tuh tarikan nya...
bentar om, sabar ya om ( baru pertama kali ngurus mobil sendiri jadi beneran bingung + buta total ) .
kalau di liat di nota hari ini : ada mto motul 4 botol , helix ultra 5w40 4 botol ( yg ini ada sisa separuh nya )
oli ini bukan ya om ? kl kelewat banyak jd bagaimana ? belum aku coba tarik .
busi ini memang harus di stok di rumah ?kira kira butuh brp ya om ?