Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
watefak wrote:Kalau crv yang gen sebelum ini masih bisa diminumi premium.kalau crv gen ini masih bisa pake premium ngga ya? Soalnya pertimbangan beli cx5 atau crv ini dari bahan bakarnya.mohon saran sm senior
newbie coba jawab
kompresi gen 4 ini dah diatas 10 semua baik 2k / 2.4k cc jd sebaiknya pertamax
watefak wrote:Kalau crv yang gen sebelum ini masih bisa diminumi premium.kalau crv gen ini masih bisa pake premium ngga ya? Soalnya pertimbangan beli cx5 atau crv ini dari bahan bakarnya.mohon saran sm senior
newbie coba jawab
kompresi gen 4 ini dah diatas 10 semua baik 2k / 2.4k cc jd sebaiknya pertamax
Betul, tergantung spek kompresi mesin. Kalau bicara kompresi cx5 vs crv di atas kertas kompresi cx5 lebih tinggi, jd kalau mau pake premium lebih baik crv.
Cmiiw utk mobil2 modern sdh dilengkapi knock sensor jadi walau diisi premium juga ndak apa2, dimainkan di afr aja, semakin sedikit oksigen atau mungkin semakin banyak fuel nya semakin sulit terbakar.
watefak wrote:Kalau crv yang gen sebelum ini masih bisa diminumi premium.kalau crv gen ini masih bisa pake premium ngga ya? Soalnya pertimbangan beli cx5 atau crv ini dari bahan bakarnya.mohon saran sm senior
newbie coba jawab
kompresi gen 4 ini dah diatas 10 semua baik 2k / 2.4k cc jd sebaiknya pertamax
g4ndalf wrote:Betul, tergantung spek kompresi mesin. Kalau bicara kompresi cx5 vs crv di atas kertas kompresi cx5 lebih tinggi, jd kalau mau pake premium lebih baik crv.
Cmiiw utk mobil2 modern sdh dilengkapi knock sensor jadi walau diisi premium juga ndak apa2, dimainkan di afr aja, semakin sedikit oksigen atau mungkin semakin banyak fuel nya semakin sulit terbakar.
Kompresi CX5 itu tinggi bgt, bisa dibilang paling tinggi dikelasnya. Kompresinya 1:13 di Indo, kalau di luar 1:14. Diliat dari kompresinya sih mau ga mau harus Pertamax Plus. Ane pernah iseng nanyain ke manajer pemasaran Mazda waktu pameran soal kompresi mesin dan bensinnya, menurut dia kalau sampai ada kerusakan karena diisi premium diluar tanggung jawab Mazda dan menghanguskan garansi.
Kompresi di atas 11 bisa pake Premium, tapi dicampuri Norival Titanium (sudah ada pengguna Cx5 di Medan yg membuktikan, pake Premium + Nori Tita, mesin enggak ngelitik, enggak lemot)
Norival Fuel Enhancer Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
g4ndalf wrote:Betul, tergantung spek kompresi mesin. Kalau bicara kompresi cx5 vs crv di atas kertas kompresi cx5 lebih tinggi, jd kalau mau pake premium lebih baik crv.
Cmiiw utk mobil2 modern sdh dilengkapi knock sensor jadi walau diisi premium juga ndak apa2, dimainkan di afr aja, semakin sedikit oksigen atau mungkin semakin banyak fuel nya semakin sulit terbakar.
Kompresi CX5 itu tinggi bgt, bisa dibilang paling tinggi dikelasnya. Kompresinya 1:13 di Indo, kalau di luar 1:14. Diliat dari kompresinya sih mau ga mau harus Pertamax Plus. Ane pernah iseng nanyain ke manajer pemasaran Mazda waktu pameran soal kompresi mesin dan bensinnya, menurut dia kalau sampai ada kerusakan karena diisi premium diluar tanggung jawab Mazda dan menghanguskan garansi.
Untuk CR-V 2.4 gen 4 kompresinya 1:10.
Itu persyaratannya cuman berlaku di CX5 ato semua model?
Kemaren busi M2 rusak gegara diisi premium jelek, waktu klaim busi gue kasi uang kopi supaya SA blg ke MMI kalo businya rusak krn diisi pertamax yg krg bagus....
Wkt itu ane tanya yg CX5, tp ane rasa berlaku jg utk model lainnya krn menurut ane pihak Mazda sendiri ga mau menanggung kerusakan akibat diisi premium jd diawal mereka sudah bilang kalau kerusakan krn premium diluar tanggung jwb mereka dan garansi hangus.
Mungkin kalau tanya sama sales yg amatir bakal dijwb bisa, boleh, aman2 aja. Tp yg ane tanya itu manajer pemasarannya, jelas dia ga mau asal ngomong krn takut suatu hari diminta pertanggunjawabnnya kalau asal ngomong.
Kemaren busi M2 rusak gegara diisi premium jelek, waktu klaim busi gue kasi uang kopi supaya SA blg ke MMI kalo businya rusak krn diisi pertamax yg krg bagus....
Idenya boljug tuh bro. Ya mudah2an sih bisa diklaim dgn cara bro biar ga kena biaya gede atau mungkin gratis.
Mazda2 yg kompresinya 1:10 aja rusak businya gegara premium jelek... Bagaimana dgn CX5 yg kompresinya super tinggi 1:13 itu?
Soal SPBU langganan, ane pribadi jg punya langganan di bdg dan selalu isinya disana terus. So far so good dan mobil fine2 aja diisi premium Tp memang kompresinya 1:9,... sekian. Masih aman lah yahhh
Iya bener rekan yg pake cx5 dgn norival itu tinggalnya di kota pinang sumut, jarak 350 km an dr medan, jadi lantaran ngk ada/sulit pertamax makanya mau ngk mau dioplos ama dia, kalo ada ya maunya tentu pertamax aja langsung.
g4ndalf wrote:Kalo pake solar murah biosolar sebaiknya sering2 ganti filter solar. Setau saya biosolar itu juga biodegradeable (bisa rusak, krn dicampur dgn bhn organik maka bagian yg organik tsb bisa terurai scr organik pula) - kalo dr baca2 forum/site lain kualitas biosolar akan menurun seiring dengan waktu. Patokannya sekitar 1-2 bln stlh produksi akan mulai menurun kualitasnya. Disclaimer: ini dr hasil baca2 forum/website, sy sendiri blom pernah buktikan.
Yg kedua, pake solar = murah itu lebih karena subsidi bbm, jadi bukan murni keunggulan teknologi diesel. Sedangkan utk sisi teknologi sendiri, mesin common rail diesel termasuk mesin yg cukup rumit, apalagi ditambah turbo. Pendek kata mesin bekerja sangat keras karena tekanan/pressure yg dihasilkan sistem ini luar biasa tinggi. Utk mesin2 baru tentu tdk masalah, tapi bagaimana dengan pemakaian stlh 5 thn atau 10 thn misalnya?
Lagipula, cmiiw - pada akhirnya 'kekuatan' sebuah mesin diukur oleh daya/usaha (power) yang dihasilkan, bukan momen puntir. Rumus perhitungan power sendiri = momen puntir (torsi) x engine speed (rpm), jadi torsi yg besar kalau dihasilkan di rpm yg rendah hasilnya adalah power yg tidak terlalu besar. Cmiiw lagi, utk akselerasi, misal dlm lomba drag race, yg dilihat adalah daya (brp kw / hp / ps) suatu kendaraan vs beratnya, bukan torsi vs berat. Begitu pula dlm industri genset yg notabene didominasi mesin diesel, ukuran kekuatan sebuah genset adalah daya / power yg dihasilkan, misal genset dengan kapasitas 300kw vs 500kw, bukan torsinya. (PS: maaf kalau ada kerancuan antara daya vs usaha, yg jelas sy ingat istilah jawa nya itu power, kalau istilah indonesia entah daya atau usaha sy agak lupa).
Yg terakhir, kata pemerintah kalau anda pakai solar subsidi (biosolar) itu artinya anda orang miskin
Sekali lagi ini kata pemerintah lho... bukan kata saya... kalau saya pribadi ya cuek aja, selama gak ada larangan berarti boleh
kalau menurut gue malah yang kalau orang miskin bukan beli solar bro, soalnya 'mustinya' mobil diesel memang lebih mahal dari mobil bensin (like to like), dan biasanya truk2 yang pake diesel juga kan yang bayar orang kaya (yg punya truk perusahaan2 kaya).
kalau naik motor yg isi premium pasti orang kurang mampu (atau mau ngirit atau terlalu hobby) .
dan orang miskin mah mikirin makan aja udah susah. hehehe
btw mesinnya pajero sport itu root nya L300 (4d56) tapi udah 'disempurnakan'. tahu lah bro L300 di indonesia udah kemana aja.
Misi agan2 semua
Saya Newbie nih
Masi belajar tentang mobil2
Selasa tnggl 16 nanti kebetulan sales honda menjanjikan supaya mobil saya dateng
Saya beli CR-V Gen 4 2.4L Prestige
Kira2, pengecekan apa saja yang biasa na dilakukan agan2 ? Spot2 mana yg hrs d perhatikan ?
Mohon pencerahan nya
Makasihhh
1. Kilometer, pastikan dibawah 100 KM
2. Cat, kalo ada kesalahan cat spt keriting ato apa, coba diklaim
3. Goresan di atap, pintu bahkan velg (krn bisa saja terjadi kecelakaan saat diturunkan dari gudang)
4. Interior, liat jok, trim, panel plastik, kalo ad cacat bisa diklaim / ganti unit
ane beli warna white orchid pearl bro
hehe
sama ama yg d review bro AD7AYA
cuma kurang ngerti pas d blg bantingan jatuh k setir, trus akibat na handling jadi 0
watefak wrote:Kalau crv yang gen sebelum ini masih bisa diminumi premium.kalau crv gen ini masih bisa pake premium ngga ya? Soalnya pertimbangan beli cx5 atau crv ini dari bahan bakarnya.mohon saran sm senior
newbie coba jawab
kompresi gen 4 ini dah diatas 10 semua baik 2k / 2.4k cc jd sebaiknya pertamax
Betul, tergantung spek kompresi mesin. Kalau bicara kompresi cx5 vs crv di atas kertas kompresi cx5 lebih tinggi, jd kalau mau pake premium lebih baik crv.
Cmiiw utk mobil2 modern sdh dilengkapi knock sensor jadi walau diisi premium juga ndak apa2, dimainkan di afr aja, semakin sedikit oksigen atau mungkin semakin banyak fuel nya semakin sulit terbakar.
that's why... premium lbh banyak ninggalin deposit kerak di ruang piston.
sayang mobil bagus2 gtu diisi premium
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri