Shell V-Power

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
godhimself
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Mon Jun 03, 2013 10:01

Re: Shell V-Power

Post by godhimself »

waduh.. review v-powernya bikin pingin nyobain nih..
klo gw sih setia pake super ajah..
sekalinya pernah pake super extra mesin panas banget..
makanya sejak itu kagak pernah pake oktan diatas super lagi..
tiap ditawarin v-power nolak terus.. :mky_01:
Gak gaul klo gak ngikut..
2010 Toyota Fortuner 2.7 G A/T
2012 Nissan Grand Livina SV M/T
2018 Toyota Rush S TRD Sportivo A/T
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Shell V-Power

Post by kompresorz »

tar mau cobain ah buat e36...
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Shell V-Power

Post by ricz »

Accordnya juga om, biar bisa 200 :ngacir:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Shell V-Power

Post by Jambangan »

godhimself wrote:waduh.. review v-powernya bikin pingin nyobain nih..
klo gw sih setia pake super ajah..
sekalinya pernah pake super extra mesin panas banget..
makanya sejak itu kagak pernah pake oktan diatas super lagi..
tiap ditawarin v-power nolak terus.. :mky_01:
Om, maksudnya mesin panas itu gmn sih??
Apa dari indikator temperaturnya atau ngerasain hawa panas dari kap mesin??
Soalnya temen2 ane jg bilang gitu kalo pake BBM terlalu tinggi oktannya mesin jadi panas. Ane sih ga percaya soalnya ane ampe sekarang sering pake oktan 95 oke2 aja nih mobil ane padahal kompresi cuma 1:9,5. Dulu mobil lama ane sih selalu pake oktan 95 soalnya kalo pake oktan dibawah itu ngelitik parah. Kompresi 1:10,0
Emang ada hubungannya ya antara panas mesin ama oktan yg dipake??
Sorry banyak nanya penasaran soalnya :mky_01:
User avatar
OakTree25
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
Location: Leica HQ

Re: Shell V-Power

Post by OakTree25 »

ini shell v-power buat bakar koran bekas manteb kali ya..

apinya gede cetar membahana..

oktannya tinggi..

:ngacir:
Image
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Shell V-Power

Post by kompresorz »

ricz wrote:Accordnya juga om, biar bisa 200 :ngacir:

hahaha...ngeri....

acord kasih premium jg uda syukur...
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Shell V-Power

Post by JESKONENG »

Jambangan wrote:
godhimself wrote:waduh.. review v-powernya bikin pingin nyobain nih..
klo gw sih setia pake super ajah..
sekalinya pernah pake super extra mesin panas banget..
makanya sejak itu kagak pernah pake oktan diatas super lagi..
tiap ditawarin v-power nolak terus.. :mky_01:
Om, maksudnya mesin panas itu gmn sih??
Apa dari indikator temperaturnya atau ngerasain hawa panas dari kap mesin??
Soalnya temen2 ane jg bilang gitu kalo pake BBM terlalu tinggi oktannya mesin jadi panas. Ane sih ga percaya soalnya ane ampe sekarang sering pake oktan 95 oke2 aja nih mobil ane padahal kompresi cuma 1:9,5. Dulu mobil lama ane sih selalu pake oktan 95 soalnya kalo pake oktan dibawah itu ngelitik parah. Kompresi 1:10,0
Emang ada hubungannya ya antara panas mesin ama oktan yg dipake??
Sorry banyak nanya penasaran soalnya :mky_01:
Apakah Anda tahu BBM oktan berapa yg paling bagus utk kendaraan Anda ?

dari dialog dng beberapa konsumen minyak urut :
T : Apakah pake Pertamax atau Pertaplus pasti bagus utk mesin kendaraan kita ?
J : Tidak selalu. Jika rasio kompresi mesin kita di bawah 9 : 1 cukup pake Premium. Jika pake Pertamax atau Pertaplus, memang mesin enggak akan rusak, cuma performa (akselerasi) jadi lemot, dan pembakaran kurang sempurna karna ada bbm yg tidak terbakar, rawan kerak, dan berat di kantong.
T : Jika rasio kompresi mesin misalnya di atas 10 : 1 lalu dikasih Premium, apa akibatnya ?
J : Nah, itu yg bahaya bagi mesin. Performa menjadi lemot, terjadi gejala mesin ngelitik (knocking) akibat pembakaran yg terjadi sebelum waktunya, dan merugikan dayatahan komponen internal mesin dalam jangka panjang. Memang faktanya sangat banyak pengguna kendaraan dng kompresi di atas 10 : 1 (Jazz, Yaris, Swift, BMW 323i, March, Serena, Avanza/Xenia, dll) tapi mengisi tanki-nya dengan Premium. Mungkin mereka tidak menyadari akibatnya, atau sudah tau tapi berprinsip "yg penting mobil enggak mogok karena kehabisan bensin"
T : gimana patokan pemilihan oktan bensin yg benar ?
J : ini patokannya (berlaku internasional) :
- utk kompresi 8 s/d 8.8 : 1 = pake Premium 88 (atau Premium88 + Norival Silver, menjadi oktan 90)
- utk kompresi 9 s/d 9.8 : 1 = pake Pertamax 92 (atau Premium + Norival Gold)
- utk kompresi 10 s/d 10.8 : 1 = pake Pertaplus 95 (atau Premiium + Norival Platinum)
- utk kompresi di atas 11 : 1 = pake bbm oktan 97 (atau Premium + Norival Titanium)
T : Bagaimana caranya kita mengetaui angka kompresi mesin kendaraan kita ?
J : Ada di buku panduan pemilik kendaraan (owner's manual), dan jika buku itu sudah hilang, sebutkan saja merk/type dan taun keluaran kendaraannya di sini, nanti saya akan carikan datanya
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Shell V-Power

Post by JESKONENG »

JESKONENG wrote:
Jambangan wrote:
godhimself wrote:waduh.. review v-powernya bikin pingin nyobain nih..
klo gw sih setia pake super ajah..
sekalinya pernah pake super extra mesin panas banget..
makanya sejak itu kagak pernah pake oktan diatas super lagi..
tiap ditawarin v-power nolak terus.. :mky_01:
Om, maksudnya mesin panas itu gmn sih??
Apa dari indikator temperaturnya atau ngerasain hawa panas dari kap mesin??
Soalnya temen2 ane jg bilang gitu kalo pake BBM terlalu tinggi oktannya mesin jadi panas. Ane sih ga percaya soalnya ane ampe sekarang sering pake oktan 95 oke2 aja nih mobil ane padahal kompresi cuma 1:9,5. Dulu mobil lama ane sih selalu pake oktan 95 soalnya kalo pake oktan dibawah itu ngelitik parah. Kompresi 1:10,0
Emang ada hubungannya ya antara panas mesin ama oktan yg dipake??
Sorry banyak nanya penasaran soalnya :mky_01:
Apakah Anda tahu BBM oktan berapa yg paling bagus utk kendaraan Anda ?

dari dialog dng beberapa konsumen minyak urut :
T : Apakah pake Pertamax atau Pertaplus pasti bagus utk mesin kendaraan kita ?
J : Tidak selalu. Jika rasio kompresi mesin kita di bawah 9 : 1 cukup pake Premium. Jika pake Pertamax atau Pertaplus, memang mesin enggak akan rusak, cuma performa (akselerasi) jadi lemot, dan pembakaran kurang sempurna karna ada bbm yg tidak terbakar, rawan kerak, dan berat di kantong.
T : Jika rasio kompresi mesin misalnya di atas 10 : 1 lalu dikasih Premium, apa akibatnya ?
J : Nah, itu yg bahaya bagi mesin. Performa menjadi lemot, terjadi gejala mesin ngelitik (knocking) akibat pembakaran yg terjadi sebelum waktunya, dan merugikan dayatahan komponen internal mesin dalam jangka panjang. Memang faktanya sangat banyak pengguna kendaraan dng kompresi di atas 10 : 1 (Jazz, Yaris, Swift, BMW 323i, March, Serena, Avanza/Xenia, dll) tapi mengisi tanki-nya dengan Premium. Mungkin mereka tidak menyadari akibatnya, atau sudah tau tapi berprinsip "yg penting mobil enggak mogok karena kehabisan bensin"
T : gimana patokan pemilihan oktan bensin yg benar ?
J : ini patokannya (berlaku internasional) :
- utk kompresi 8 s/d 8.8 : 1 = pake Premium 88 (atau Premium88 + Norival Silver, menjadi oktan 90)
- utk kompresi 9 s/d 9.8 : 1 = pake Pertamax 92 (atau Premium + Norival Gold)
- utk kompresi 10 s/d 10.8 : 1 = pake Pertaplus 95 (atau Premiium + Norival Platinum)
- utk kompresi di atas 11 : 1 = pake bbm oktan 97 (atau Premium + Norival Titanium)
T : Bagaimana caranya kita mengetaui angka kompresi mesin kendaraan kita ?
J : Ada di buku panduan pemilik kendaraan (owner's manual), dan jika buku itu sudah hilang, sebutkan saja merk/type dan taun keluaran kendaraannya di sini, nanti saya akan carikan datanya
Agar jelas ya om, korelasi antara angka rasio kompresi dengan oktan bbm itu berlaku internasiyonal. Sedangkan kalimat di dalam kurung yg dimulai dng "atau .... dst.. " itu adalah dari produsen minyak urut
Last edited by JESKONENG on Thu Jul 11, 2013 14:13, edited 1 time in total.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
Bhanaspati
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 999
Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58

Re: Shell V-Power

Post by Bhanaspati »

OakTree25 wrote:ini shell v-power buat bakar koran bekas manteb kali ya..

apinya gede cetar membahana..

oktannya tinggi..

:ngacir:
buat bahan baku bom molotov om
keren nih kalo pas demo
wwhuuuzzz...... blaaarrr..... api membumbung tinggi
:big_slap: :big_slap:
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Shell V-Power

Post by Jambangan »

@om JESKONENG
Ini mobil ane swift mesin m15a kompresi 1:9,5 diisi pertamax kemaren ngelitik om makanya sekarang ane cekokin oktan 95
Mungkin keseringan kena macet & mobil ane ini ga pernah ane bawa ngebut makanya jadi gampang ngelitik kali ya. Maksimum cuma lari 100 kpj pake gigi 5
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Shell V-Power

Post by ricz »

Memang harus dibawa olahraga... Kalo gak kotoran di mesinnya ngumpul...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Shell V-Power

Post by JESKONENG »

Jambangan wrote:@om JESKONENG
Ini mobil ane swift mesin m15a kompresi 1:9,5 diisi pertamax kemaren ngelitik om makanya sekarang ane cekokin oktan 95
Mungkin keseringan kena macet & mobil ane ini ga pernah ane bawa ngebut makanya jadi gampang ngelitik kali ya. Maksimum cuma lari 100 kpj pake gigi 5
Saran solusinya :

- lalukan carbon cleaning (di beberapa bengkel gede dan toko ban ada mesin carbon cleaning), atau
- jika mesin sudah jalan lebih dari 50.000 km apalagi 100.000 km, lakukan servis besar yaitu bebersih kerak di ruangbakar (skir klep)
- sering2lah (misalnya seminggu sekali) lakukan italian tune up (ITU)

kita boleh menduga, sumber knocking adalah karna sudah tebalnya timbunan kerak karbon di ruang bakar, sehingga saat terjadi pembakaran, kerak2 yg membara itu yg memicu ledakan terlalu awal...

(bbm oktan 95 ataupun minyak urut tidak akan bisa menolong sama sekali selama keraknya blom dibersihkan)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Shell V-Power

Post by juanaxel »

godhimself wrote:waduh.. review v-powernya bikin pingin nyobain nih..
klo gw sih setia pake super ajah..
sekalinya pernah pake super extra mesin panas banget..
makanya sejak itu kagak pernah pake oktan diatas super lagi..
tiap ditawarin v-power nolak terus.. :mky_01:
Sama kayak ane nih, di coba dulu V-powernya bro.... Jamin bakal ketagihan deh. Tarikan maknyoss dan lebih irit pula. Ane biasa pake shell super, awalnya ditawari v-power nolak terus. Setelah baca di forum ini terus nyoba dan ketagihan.
Last edited by juanaxel on Thu Jul 11, 2013 14:22, edited 1 time in total.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Shell V-Power

Post by Jambangan »

ricz wrote:Memang harus dibawa olahraga... Kalo gak kotoran di mesinnya ngumpul...
Iya nih bro ricz emang sekali2 harus nyobain ITU
Tapi ga tega nih denger suara mesinnya wkwkwk..
Oh iya ini mobil ane jadi gampang ngelitik ane perhatiin setelah dipake temen ane jalan kecepatan rendah pake gigi 4. Ada hubungannya ga ya??
Aduh geblek bgt tuh org ga bisa nyetir manual sok2 minjem mobil org :e-doh:




@om JESKONENG
mobil ane baru 12rb KM nih om. Apa gapapa tuh dicarbon clean??
Dulu di mobil lama sih dah pernah nyobain carbon clean di odo 57rb KM tapi ga brp lama muncul lagi ngelitiknya :shrug:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Shell V-Power

Post by JESKONENG »

Jambangan wrote:
ricz wrote:Memang harus dibawa olahraga... Kalo gak kotoran di mesinnya ngumpul...
Iya nih bro ricz emang sekali2 harus nyobain ITU
Tapi ga tega nih denger suara mesinnya wkwkwk..
Oh iya ini mobil ane jadi gampang ngelitik ane perhatiin setelah dipake temen ane jalan kecepatan rendah pake gigi 4. Ada hubungannya ga ya??
Aduh geblek bgt tuh org ga bisa nyetir manual sok2 minjem mobil org :e-doh:




@om JESKONENG
mobil ane baru 12rb KM nih om. Apa gapapa tuh dicarbon clean??
Dulu di mobil lama sih dah pernah nyobain carbon clean di odo 57rb KM tapi ga brp lama muncul lagi ngelitiknya :shrug:
semakin dikasih oktan semakin tinggi (ketinggian oktan) maka akibatnya mesin semakin cenderung berkerak, karena proses pembakaran tidak tuntas, lha wong bbm yg mestinya terbakar dan menimbulkan ledakan di ruang bakar pada kompresi di atas 10 (oktan 95) kok dipaksa terbakar/meledak pada kompresi 9.5 saja, ya akibatnya malah makin banyak kerak terbentuk di ruang bakar akibat bbm yg enggak tuntas terbakar ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Shell V-Power

Post by JESKONENG »

JESKONENG wrote:
@om JESKONENG
mobil ane baru 12rb KM nih om. Apa gapapa tuh dicarbon clean??
Dulu di mobil lama sih dah pernah nyobain carbon clean di odo 57rb KM tapi ga brp lama muncul lagi ngelitiknya :shrug:

eh, soal carbon cleaning ya, enggak ada efek negatifnya, baik diaplikasikan pada mesin yg baru jalan 12.000 km maupun yg sudah lebih banyak mengumpulkan kilometer pada odometernya....
Last edited by JESKONENG on Thu Jul 11, 2013 14:39, edited 1 time in total.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Shell V-Power

Post by ricz »

Jadi cocoknya dikasih Pertamax / Premium + minyak urut gold ya om?

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Shell V-Power

Post by JESKONENG »

ricz wrote:Jadi cocoknya dikasih Pertamax / Premium + minyak urut gold ya om?
ya bener, utk mesin dng kompresi antara 9 s/d 9.8 : 1
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Shell V-Power

Post by imsus2c »

JESKONENG wrote:
Jambangan wrote:
ricz wrote:Memang harus dibawa olahraga... Kalo gak kotoran di mesinnya ngumpul...
Iya nih bro ricz emang sekali2 harus nyobain ITU
Tapi ga tega nih denger suara mesinnya wkwkwk..
Oh iya ini mobil ane jadi gampang ngelitik ane perhatiin setelah dipake temen ane jalan kecepatan rendah pake gigi 4. Ada hubungannya ga ya??
Aduh geblek bgt tuh org ga bisa nyetir manual sok2 minjem mobil org :e-doh:




@om JESKONENG
mobil ane baru 12rb KM nih om. Apa gapapa tuh dicarbon clean??
Dulu di mobil lama sih dah pernah nyobain carbon clean di odo 57rb KM tapi ga brp lama muncul lagi ngelitiknya :shrug:
semakin dikasih oktan semakin tinggi (ketinggian oktan) maka akibatnya mesin semakin cenderung berkerak, karena proses pembakaran tidak tuntas, lha wong bbm yg mestinya terbakar dan menimbulkan ledakan di ruang bakar pada kompresi di atas 10 (oktan 95) kok dipaksa terbakar/meledak pada kompresi 9.5 saja, ya akibatnya malah makin banyak kerak terbentuk di ruang bakar akibat bbm yg enggak tuntas terbakar ....
Wah, saya malah baru tahu kalau ketinggian oktan dari yg diminta, malah bisa bikin kerak :e-think:
Untuk mesin bensin, bbm terbakar karena mekanisme pantikan api busi (tentunya setelah dikompresi), bukan karena murni kompresi itu sendiri seperti mesin diesel.
Kalau terbakar sendiri karena tingginya kompresi, berarti bensin-nya memang tdk memenuhi minimum oktan.
Kalau oktannya cocok atau lebih tinggi dari yang diminta, mestinya tetap terbakar oleh busi.

Kalau masih ada kerak karbon (karena bensin tdk terbakar habis), yang mesti diperiksa AFR-nya, siapa tau terlalu rich.
Penyebab lain, sering stop & go, terlalu banyak low rpm, atau mesin tidak pernah/sedikit sekali mencapai temperatur kerja.
Busi dengan heat range yang salah juga cenderung bikin endapan karbon.
Diluar itu, tentu lainnya masih banyak penyebab endapan karbon

Kalau ada gejala ngelitik di rpm rendah/kecepatan rendah di gigi tinggi, itu namanya Engine Bucking
Coba di googling saja, apa itu Engine Bucking
Sederhananya, torsi mesin belum mencukupi untuk menggerakkan beban tapi sudah dipaksakan
Maka, gunakan rpm dan gigi sesuai kecepatannya...
Coba diingat-ingat, saat gigi 4 dan ngelitik, posisi rpm ada di berapa? Kecepatan di berapa?

Cmiiw yah...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Shell V-Power

Post by JESKONENG »

salah satu mitos sesat yg masih dipercayai oleh sebagian pengguna kendaraan bermotor adalah : semakin tinggi oktan bbm yg digunakan, maka akan semakin bagus utk mesin ....
(yg bener sih pake bbm dng oktan ketinggian enggak akan bikin mesin rusak, cuma cenderung terjadi penumpukan kerak aja, dan TIDAK menambah performa mesin)

sebaliknya, lebih banyak pengguna kendaraan bermotor yg berprinsip : walau mesin sy berkompresi di atas 10 : 1, wong dikasih premiyum 88 enggak bikin mogok kok... ya ngafain pake oktan 95 .... nah, ini yg berakibat lebih buruk, yaitu mesin ngelitik karna terjadi pembakaran bbm dalam ruang bakar dng timing lebih cepat daripada seharusnya (bbm yg seharusnya meledak pada kompresi 10.4 sudah meledak duluan sebelum kompresi mencapai kondisi maksimalnya), dan dalam jangka panjang bisa bikin piston bolong ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Shell V-Power

Post by JESKONENG »

jadi, back to topic : Shell V Power (oktan 95) hanya cocok utk mesin dng rasio kompresi antara 10 s/d 10.8 : 1
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Shell V-Power

Post by madcat015 »

Absen di trit bergizi... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Shell V-Power

Post by JESKONENG »

beberapa cuplikan dari hasil googling :

T : Why should I follow my owner’s manual and choose mid or high-octane fuel? Isn’t gas just gas?

J : To get the best performance out of your vehicle, you should use the octane recommended in your owner’s manual. Most vehicles do not benefit from a higher octane level than what is recommended but using a lower octane than recommended can cause engine knocking or pinging in some cars.

( https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q ... L1C7QChJRw )
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Shell V-Power

Post by JESKONENG »

cuplikan lagi :

For most cars the answer is NO. Higher octane fuels burn slower so unless you can increase your initial advance you will not see any difference. Also when a vehicle is tuned to use lower octane fuel a higher octane will create carbon deposits and over time will cause engine ware, overheating, and poorer fuel economy. Todays igitions are computer controled many are distributorless so we shade tree mechanics can't mess with them. Many of todays vehicles recommend 91 octane but can use 89 or 87 if you don't hot rod them or over load them, more than two people.

( https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q ... 5608,d.bmk )
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Shell V-Power

Post by JESKONENG »

dan masih banyak lagi artikel yg menyebutkan "efek negatif" penggunaan bbm dng oktan lebih tinggi dari yg disarankan atau di luar range kompresi mesin

tinggal ketik aja di mbah gugel dng keywords "negative effect of using higher octane fuel than recommended"
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999