klo gw sih setia pake super ajah..
sekalinya pernah pake super extra mesin panas banget..
makanya sejak itu kagak pernah pake oktan diatas super lagi..
tiap ditawarin v-power nolak terus..

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Om, maksudnya mesin panas itu gmn sih??godhimself wrote:waduh.. review v-powernya bikin pingin nyobain nih..
klo gw sih setia pake super ajah..
sekalinya pernah pake super extra mesin panas banget..
makanya sejak itu kagak pernah pake oktan diatas super lagi..
tiap ditawarin v-power nolak terus..
ricz wrote:Accordnya juga om, biar bisa 200
Apakah Anda tahu BBM oktan berapa yg paling bagus utk kendaraan Anda ?Jambangan wrote:Om, maksudnya mesin panas itu gmn sih??godhimself wrote:waduh.. review v-powernya bikin pingin nyobain nih..
klo gw sih setia pake super ajah..
sekalinya pernah pake super extra mesin panas banget..
makanya sejak itu kagak pernah pake oktan diatas super lagi..
tiap ditawarin v-power nolak terus..
Apa dari indikator temperaturnya atau ngerasain hawa panas dari kap mesin??
Soalnya temen2 ane jg bilang gitu kalo pake BBM terlalu tinggi oktannya mesin jadi panas. Ane sih ga percaya soalnya ane ampe sekarang sering pake oktan 95 oke2 aja nih mobil ane padahal kompresi cuma 1:9,5. Dulu mobil lama ane sih selalu pake oktan 95 soalnya kalo pake oktan dibawah itu ngelitik parah. Kompresi 1:10,0
Emang ada hubungannya ya antara panas mesin ama oktan yg dipake??
Sorry banyak nanya penasaran soalnya
Agar jelas ya om, korelasi antara angka rasio kompresi dengan oktan bbm itu berlaku internasiyonal. Sedangkan kalimat di dalam kurung yg dimulai dng "atau .... dst.. " itu adalah dari produsen minyak urutJESKONENG wrote:Apakah Anda tahu BBM oktan berapa yg paling bagus utk kendaraan Anda ?Jambangan wrote:Om, maksudnya mesin panas itu gmn sih??godhimself wrote:waduh.. review v-powernya bikin pingin nyobain nih..
klo gw sih setia pake super ajah..
sekalinya pernah pake super extra mesin panas banget..
makanya sejak itu kagak pernah pake oktan diatas super lagi..
tiap ditawarin v-power nolak terus..
Apa dari indikator temperaturnya atau ngerasain hawa panas dari kap mesin??
Soalnya temen2 ane jg bilang gitu kalo pake BBM terlalu tinggi oktannya mesin jadi panas. Ane sih ga percaya soalnya ane ampe sekarang sering pake oktan 95 oke2 aja nih mobil ane padahal kompresi cuma 1:9,5. Dulu mobil lama ane sih selalu pake oktan 95 soalnya kalo pake oktan dibawah itu ngelitik parah. Kompresi 1:10,0
Emang ada hubungannya ya antara panas mesin ama oktan yg dipake??
Sorry banyak nanya penasaran soalnya
dari dialog dng beberapa konsumen minyak urut :
T : Apakah pake Pertamax atau Pertaplus pasti bagus utk mesin kendaraan kita ?
J : Tidak selalu. Jika rasio kompresi mesin kita di bawah 9 : 1 cukup pake Premium. Jika pake Pertamax atau Pertaplus, memang mesin enggak akan rusak, cuma performa (akselerasi) jadi lemot, dan pembakaran kurang sempurna karna ada bbm yg tidak terbakar, rawan kerak, dan berat di kantong.
T : Jika rasio kompresi mesin misalnya di atas 10 : 1 lalu dikasih Premium, apa akibatnya ?
J : Nah, itu yg bahaya bagi mesin. Performa menjadi lemot, terjadi gejala mesin ngelitik (knocking) akibat pembakaran yg terjadi sebelum waktunya, dan merugikan dayatahan komponen internal mesin dalam jangka panjang. Memang faktanya sangat banyak pengguna kendaraan dng kompresi di atas 10 : 1 (Jazz, Yaris, Swift, BMW 323i, March, Serena, Avanza/Xenia, dll) tapi mengisi tanki-nya dengan Premium. Mungkin mereka tidak menyadari akibatnya, atau sudah tau tapi berprinsip "yg penting mobil enggak mogok karena kehabisan bensin"
T : gimana patokan pemilihan oktan bensin yg benar ?
J : ini patokannya (berlaku internasional) :
- utk kompresi 8 s/d 8.8 : 1 = pake Premium 88 (atau Premium88 + Norival Silver, menjadi oktan 90)
- utk kompresi 9 s/d 9.8 : 1 = pake Pertamax 92 (atau Premium + Norival Gold)
- utk kompresi 10 s/d 10.8 : 1 = pake Pertaplus 95 (atau Premiium + Norival Platinum)
- utk kompresi di atas 11 : 1 = pake bbm oktan 97 (atau Premium + Norival Titanium)
T : Bagaimana caranya kita mengetaui angka kompresi mesin kendaraan kita ?
J : Ada di buku panduan pemilik kendaraan (owner's manual), dan jika buku itu sudah hilang, sebutkan saja merk/type dan taun keluaran kendaraannya di sini, nanti saya akan carikan datanya
buat bahan baku bom molotov omOakTree25 wrote:ini shell v-power buat bakar koran bekas manteb kali ya..
apinya gede cetar membahana..
oktannya tinggi..
Saran solusinya :Jambangan wrote:@om JESKONENG
Ini mobil ane swift mesin m15a kompresi 1:9,5 diisi pertamax kemaren ngelitik om makanya sekarang ane cekokin oktan 95
Mungkin keseringan kena macet & mobil ane ini ga pernah ane bawa ngebut makanya jadi gampang ngelitik kali ya. Maksimum cuma lari 100 kpj pake gigi 5
Sama kayak ane nih, di coba dulu V-powernya bro.... Jamin bakal ketagihan deh. Tarikan maknyoss dan lebih irit pula. Ane biasa pake shell super, awalnya ditawari v-power nolak terus. Setelah baca di forum ini terus nyoba dan ketagihan.godhimself wrote:waduh.. review v-powernya bikin pingin nyobain nih..
klo gw sih setia pake super ajah..
sekalinya pernah pake super extra mesin panas banget..
makanya sejak itu kagak pernah pake oktan diatas super lagi..
tiap ditawarin v-power nolak terus..
Iya nih bro ricz emang sekali2 harus nyobain ITUricz wrote:Memang harus dibawa olahraga... Kalo gak kotoran di mesinnya ngumpul...
semakin dikasih oktan semakin tinggi (ketinggian oktan) maka akibatnya mesin semakin cenderung berkerak, karena proses pembakaran tidak tuntas, lha wong bbm yg mestinya terbakar dan menimbulkan ledakan di ruang bakar pada kompresi di atas 10 (oktan 95) kok dipaksa terbakar/meledak pada kompresi 9.5 saja, ya akibatnya malah makin banyak kerak terbentuk di ruang bakar akibat bbm yg enggak tuntas terbakar ....Jambangan wrote:Iya nih bro ricz emang sekali2 harus nyobain ITUricz wrote:Memang harus dibawa olahraga... Kalo gak kotoran di mesinnya ngumpul...
Tapi ga tega nih denger suara mesinnya wkwkwk..
Oh iya ini mobil ane jadi gampang ngelitik ane perhatiin setelah dipake temen ane jalan kecepatan rendah pake gigi 4. Ada hubungannya ga ya??
Aduh geblek bgt tuh org ga bisa nyetir manual sok2 minjem mobil org![]()
@om JESKONENG
mobil ane baru 12rb KM nih om. Apa gapapa tuh dicarbon clean??
Dulu di mobil lama sih dah pernah nyobain carbon clean di odo 57rb KM tapi ga brp lama muncul lagi ngelitiknya
JESKONENG wrote:
@om JESKONENG
mobil ane baru 12rb KM nih om. Apa gapapa tuh dicarbon clean??
Dulu di mobil lama sih dah pernah nyobain carbon clean di odo 57rb KM tapi ga brp lama muncul lagi ngelitiknya
ya bener, utk mesin dng kompresi antara 9 s/d 9.8 : 1ricz wrote:Jadi cocoknya dikasih Pertamax / Premium + minyak urut gold ya om?
Wah, saya malah baru tahu kalau ketinggian oktan dari yg diminta, malah bisa bikin kerakJESKONENG wrote:semakin dikasih oktan semakin tinggi (ketinggian oktan) maka akibatnya mesin semakin cenderung berkerak, karena proses pembakaran tidak tuntas, lha wong bbm yg mestinya terbakar dan menimbulkan ledakan di ruang bakar pada kompresi di atas 10 (oktan 95) kok dipaksa terbakar/meledak pada kompresi 9.5 saja, ya akibatnya malah makin banyak kerak terbentuk di ruang bakar akibat bbm yg enggak tuntas terbakar ....Jambangan wrote:Iya nih bro ricz emang sekali2 harus nyobain ITUricz wrote:Memang harus dibawa olahraga... Kalo gak kotoran di mesinnya ngumpul...
Tapi ga tega nih denger suara mesinnya wkwkwk..
Oh iya ini mobil ane jadi gampang ngelitik ane perhatiin setelah dipake temen ane jalan kecepatan rendah pake gigi 4. Ada hubungannya ga ya??
Aduh geblek bgt tuh org ga bisa nyetir manual sok2 minjem mobil org![]()
@om JESKONENG
mobil ane baru 12rb KM nih om. Apa gapapa tuh dicarbon clean??
Dulu di mobil lama sih dah pernah nyobain carbon clean di odo 57rb KM tapi ga brp lama muncul lagi ngelitiknya