Serba Serbi Ban
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Kalau suara dengung ban mau hilang nggak ada hubungannya dengan isi angin biasa atau nitrogen, satu2nya cara ya harus ganti ban karena penyebabnya ada di kembangan dan kompon ban itu sendiri.
Ban empuk dan less noise yang recommended ada di tret http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... itude+tour
Ban empuk dan less noise yang recommended ada di tret http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... itude+tour
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Gw pakenya 80% Nitrogen, gratis.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Thu Dec 13, 2012 7:27
- Location: Warehouse
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
nitrogen tu cepet habis gak sih?
ane kalo pake nitrogen cepet banget tekanan bannya turun
kalo angin biasa jd awet banget.. ndak kurang2
ane kalo pake nitrogen cepet banget tekanan bannya turun
kalo angin biasa jd awet banget.. ndak kurang2
Bonera: "Cassano? He said that above Inter there's only the sky, maybe at Parma he'll find the satellites." LOL !!!
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
di ane justru kebalikannya bos
pake nitrogen justru karena tekanannya tahan lama, bisa tahan setengah tahun lebih
pake nitrogen justru karena tekanannya tahan lama, bisa tahan setengah tahun lebih

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
POS VETT wrote:Gw pakenya 80% Nitrogen, gratis.
cuma beda 20% tp harganya beda jauh.... bener2 overprice.......

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Hansen wrote:di ane justru kebalikannya bos
pake nitrogen justru karena tekanannya tahan lama, bisa tahan setengah tahun lebih



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
Pertamaxxx ane amanken sendiri..... 

kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
MITOS-MITOS SEPUTAR BAN MOBIL
Ban baru harus ditempatkan di depan ketimbang di belakang
Tidak benar.
Atas dasar asumsi roda depan berfungsi sebagai pengatur arah kendaraan dan beberapa kendaraan digunakan sebagai penggerak, membuat roda depan perlu mendapat ban terbaik.
Tak heran bila banyak mekanik menyarankan untuk menempatkan ban baru di poros depan, ketimbang di belakang.
Traksi optimal di bagian depan lantaran menggunakan ban baru membuat mobil cenderung mudah mengalaami gejala oversteer atau sering disebut ngepot.
Hal ini disebabkan ban belakang memiliki daya cengkeram yang lebih buruk ketimbang roda depan.
Nah, bila kondisinya dibalik, tentu Anda akan berpikir bahwa gejala understeer akan mudah terjadi.
Namun gejala ini akan sulit terjadi lantaran pengemudi dapat langsung mendeteksi sejak awal.
Dan antisipasi gejala understeer lebih mudah dilakukan ketimbang oversteer.
Atas dasar itulah, kedua ban baru perlu ditaruh di bagian belakang ketimbang roda depan.
Tekanan angin ban perlu dikurangi saat hujan
Berasumsi akan memperoleh daya cengkeram optimal,
tak sedikit orang berpikir untuk mengurangi tekanan angin ban dari kondisi ideal saat hujan.
Padahal, tindakan ini justru membuat telapak ban menjadi tidak menapak sempurna ke permukaan jalan.
Dengan bagian tengah yang melengkung akibat berkurangnya tekanan akan membuat ban kesulitan untuk membuang air ke samping.
Akibatnya gejala aquaplaning pun menjadi mudah terjadi ketika mobil menerjang genangan air.
Apalagi hujan membuat suhu ban menjadi dingin, kondisi ini membuat tekanan angin bisa turun hingga 1 psi.
Idealnya, tentu tekanan angin ban perlu dijaga agar tetap berada dalam batas rekomendasi pabrik.
Dengan begitu daya cengkeramnya akan tetap optimal di beragam kondisi cuaca dan jalan.
*) yang ini justru ane langgar, pasalnya ban bawaan pabrik rada jelek, berisik, keras kurang empuk (tek. 35 Psi)
ane ganti pake nitrogen, ane kurangin jadi 33 Psi, manthafff..... senyap dan empuk
Ban bisa meledak tiba-tiba setiap saat
Tidak benar.
Apalagi dalam kondisi normal.
Dengan teknologi tanpa ban dalam alias tubeless, ban tidak bisa meledak. Jika sampai meledak, berarti ada kerusakan terlebih dahulu.
Misalnya ban telah memiliki tambalan sehingga kawat baja di dalam ban menjadi rusak atau kerikil yang menyelinap di antara pattern ban dalam jangka waktu yang lama.
Kemampuan ban saat hujan tergantung model alurnya
Tidak sepenuhnya benar.
Saat ban menggelinding, memang alur air yang akan berpengaruh pada efektivitas ban membuang air ke samping.
Tapi di saat pengereman mendadak sampai ban mengunci, alur tidak memiliki pengaruh.
Di sini justru kompon ban yang ambil peranan.
Maka dari itu, sebaik apapun alurnya, bila komponnya keras ban dapat membahayakan di jalan licin.
Makin keras tekanan ban makin mudah pecah
Salah.
Konstruksi ban dibuat sedemikian rupa sehingga tahan hingga tekanan 40 psi.
Justru sebaliknya, tekanan terlalu rendah yang dapat membuat ban menjadi lebih rentan pecah,
karena keadaan itu membuat kerja dinding ban semakin fleksibel dan memungkinkan kawat pada sidewall putus & menyebabkan ban pecah.
Makin lebar alur airnya, berarti cengkeraman ban makin baik
Tidak benar.
Semakin lebar alur airnya berarti semakin sedikit karet yang menempel ke jalan.
Ini akan sangat merugikan di saat kondisi jalan kering.
Dan sebagian besar waktu kita berjalan dengan mobil adalah saat kering.
Makin mahal ban makin bagus performanya
Di banyak kasus, ya.
Ban mahal di ukuran dan kelas yang sama, bukannya tanpa alasan.
Ini adalah kompensasi dari riset mahal yang dilakukan oleh produsennya.
Berdasarkan tes ban yang dilakukan beberapa lembaga independen di Amerika,
ban berharga mahal cenderung memberi cengkeraman baik, memiliki kebisingan lebih rendah, daya tahan lebih lama, serta hambatan gelinding lebih rendah.
Makin tipis ban makin mudah rusak
Belum tentu.
Bila dalam pemakaian normal di jalan halus, ban profil tipis justru bisa lebih panjang umur pakainya.
Ini karena cengkeraman yang tinggi sehingga tapak ban jarang bergeser terhadap aspal.
Tapi memang, bila sering menghantam jalan rusak, profil ban tipis akan mempercepat rusaknya ban, atau bahkan pelek.
Spooring mempengaruhi keausan ban
Ya. Bahkan ini adalah salah satu faktor terberat yang mempengaruhi keausan ban.
Spooring yang tidak benar akan membuat ban habis secara cepat dan tidak merata.
Untuk itu sangat dianjurkan Anda melakukan spooring setiap 10.000 km
atau ketika ada gejala lain yang dirasakan seperti setir membuang ke satu arah dan ban berdecit ketika membelok patah.
sekedar info dari hasil copas di mbah google.
sekiranya ada para sesepuh yg mau menambahkan, sunggomo.... ehh... sumonggo
dipersilahken
Ban baru harus ditempatkan di depan ketimbang di belakang
Tidak benar.
Atas dasar asumsi roda depan berfungsi sebagai pengatur arah kendaraan dan beberapa kendaraan digunakan sebagai penggerak, membuat roda depan perlu mendapat ban terbaik.
Tak heran bila banyak mekanik menyarankan untuk menempatkan ban baru di poros depan, ketimbang di belakang.
Traksi optimal di bagian depan lantaran menggunakan ban baru membuat mobil cenderung mudah mengalaami gejala oversteer atau sering disebut ngepot.
Hal ini disebabkan ban belakang memiliki daya cengkeram yang lebih buruk ketimbang roda depan.
Nah, bila kondisinya dibalik, tentu Anda akan berpikir bahwa gejala understeer akan mudah terjadi.
Namun gejala ini akan sulit terjadi lantaran pengemudi dapat langsung mendeteksi sejak awal.
Dan antisipasi gejala understeer lebih mudah dilakukan ketimbang oversteer.
Atas dasar itulah, kedua ban baru perlu ditaruh di bagian belakang ketimbang roda depan.
Tekanan angin ban perlu dikurangi saat hujan
Berasumsi akan memperoleh daya cengkeram optimal,
tak sedikit orang berpikir untuk mengurangi tekanan angin ban dari kondisi ideal saat hujan.
Padahal, tindakan ini justru membuat telapak ban menjadi tidak menapak sempurna ke permukaan jalan.
Dengan bagian tengah yang melengkung akibat berkurangnya tekanan akan membuat ban kesulitan untuk membuang air ke samping.
Akibatnya gejala aquaplaning pun menjadi mudah terjadi ketika mobil menerjang genangan air.
Apalagi hujan membuat suhu ban menjadi dingin, kondisi ini membuat tekanan angin bisa turun hingga 1 psi.
Idealnya, tentu tekanan angin ban perlu dijaga agar tetap berada dalam batas rekomendasi pabrik.
Dengan begitu daya cengkeramnya akan tetap optimal di beragam kondisi cuaca dan jalan.
*) yang ini justru ane langgar, pasalnya ban bawaan pabrik rada jelek, berisik, keras kurang empuk (tek. 35 Psi)
ane ganti pake nitrogen, ane kurangin jadi 33 Psi, manthafff..... senyap dan empuk
Ban bisa meledak tiba-tiba setiap saat
Tidak benar.
Apalagi dalam kondisi normal.
Dengan teknologi tanpa ban dalam alias tubeless, ban tidak bisa meledak. Jika sampai meledak, berarti ada kerusakan terlebih dahulu.
Misalnya ban telah memiliki tambalan sehingga kawat baja di dalam ban menjadi rusak atau kerikil yang menyelinap di antara pattern ban dalam jangka waktu yang lama.
Kemampuan ban saat hujan tergantung model alurnya
Tidak sepenuhnya benar.
Saat ban menggelinding, memang alur air yang akan berpengaruh pada efektivitas ban membuang air ke samping.
Tapi di saat pengereman mendadak sampai ban mengunci, alur tidak memiliki pengaruh.
Di sini justru kompon ban yang ambil peranan.
Maka dari itu, sebaik apapun alurnya, bila komponnya keras ban dapat membahayakan di jalan licin.
Makin keras tekanan ban makin mudah pecah
Salah.
Konstruksi ban dibuat sedemikian rupa sehingga tahan hingga tekanan 40 psi.
Justru sebaliknya, tekanan terlalu rendah yang dapat membuat ban menjadi lebih rentan pecah,
karena keadaan itu membuat kerja dinding ban semakin fleksibel dan memungkinkan kawat pada sidewall putus & menyebabkan ban pecah.
Makin lebar alur airnya, berarti cengkeraman ban makin baik
Tidak benar.
Semakin lebar alur airnya berarti semakin sedikit karet yang menempel ke jalan.
Ini akan sangat merugikan di saat kondisi jalan kering.
Dan sebagian besar waktu kita berjalan dengan mobil adalah saat kering.
Makin mahal ban makin bagus performanya
Di banyak kasus, ya.
Ban mahal di ukuran dan kelas yang sama, bukannya tanpa alasan.
Ini adalah kompensasi dari riset mahal yang dilakukan oleh produsennya.
Berdasarkan tes ban yang dilakukan beberapa lembaga independen di Amerika,
ban berharga mahal cenderung memberi cengkeraman baik, memiliki kebisingan lebih rendah, daya tahan lebih lama, serta hambatan gelinding lebih rendah.
Makin tipis ban makin mudah rusak
Belum tentu.
Bila dalam pemakaian normal di jalan halus, ban profil tipis justru bisa lebih panjang umur pakainya.
Ini karena cengkeraman yang tinggi sehingga tapak ban jarang bergeser terhadap aspal.
Tapi memang, bila sering menghantam jalan rusak, profil ban tipis akan mempercepat rusaknya ban, atau bahkan pelek.
Spooring mempengaruhi keausan ban
Ya. Bahkan ini adalah salah satu faktor terberat yang mempengaruhi keausan ban.
Spooring yang tidak benar akan membuat ban habis secara cepat dan tidak merata.
Untuk itu sangat dianjurkan Anda melakukan spooring setiap 10.000 km
atau ketika ada gejala lain yang dirasakan seperti setir membuang ke satu arah dan ban berdecit ketika membelok patah.
sekedar info dari hasil copas di mbah google.
sekiranya ada para sesepuh yg mau menambahkan, sunggomo.... ehh... sumonggo
dipersilahken
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
waduh om kuyang penimbun pertamax ternyata,,, ane cuma kebagian ron 88 jadinya
btw, nice info om

btw, nice info om
"The Power of ren-Dreams"


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
wekekekekekkk.....
pertamax Plus nya kan belum ada yg ambil om

pertamax Plus nya kan belum ada yg ambil om

kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
kelimaaaxxx..... 

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 424
- Joined: Fri May 11, 2012 3:26
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
bekas tambalan bisa bikin ban mudah meletus yah...
gw dalam 6 bulan terakhir sudah 6x tambal ban... ganti ban juga akan sama nasibnya...
kira2 solusinya gimana yahh....
gw dalam 6 bulan terakhir sudah 6x tambal ban... ganti ban juga akan sama nasibnya...
kira2 solusinya gimana yahh....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
bujug, banyak ranjau paku om?pdm wrote:bekas tambalan bisa bikin ban mudah meletus yah...
gw dalam 6 bulan terakhir sudah 6x tambal ban... ganti ban juga akan sama nasibnya...
kira2 solusinya gimana yahh....
yang sering bocor ban depan atau belakang? kiri atau kanan?
ane sih ada ide.. tapiiii....

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
wakakakakakkk..... ane jadi curiga nih sama idenya mod kopat.maskopat wrote:bujug, banyak ranjau paku om?pdm wrote:bekas tambalan bisa bikin ban mudah meletus yah...
gw dalam 6 bulan terakhir sudah 6x tambal ban... ganti ban juga akan sama nasibnya...
kira2 solusinya gimana yahh....
yang sering bocor ban depan atau belakang? kiri atau kanan?
ane sih ada ide.. tapiiii....



jiaaabang bayi.... sampe 6x tambal dalam 1 ban itu om?
kalo ane sih mending TT sama ban second layak pakai yg masih belum ada tambalan
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Thu Dec 13, 2012 7:27
- Location: Warehouse
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
jgn2 ntar ada kaset rusak masuk dimari ngomongin resale value ban bekas 

Bonera: "Cassano? He said that above Inter there's only the sky, maybe at Parma he'll find the satellites." LOL !!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 738
- Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
- Location: Leica HQ
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
kalian gak tau?!?!
kalo ban bekas yang dulunya terpasang di mobil boyota itu resale valuenya turun 75%
......

kalo ban bekas yang dulunya terpasang di mobil boyota itu resale valuenya turun 75%
......

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
OakTree25 wrote:kalian gak tau?!?!
kalo ban bekas yang dulunya terpasang di mobil boyota itu resale valuenya turun 75%
......




resale value ban bekas sih ga bakalan lebih dari duaratus ribu.
pecah kepala dah kalo analisa resale value ban bekas




kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
Sudah pasti nilai jualnya MEROSOT ! Karena bannya dipakai di mobil toyota.
U NGAK percaya ?!
...........

U NGAK percaya ?!
...........




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 738
- Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
- Location: Leica HQ
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
Udah gue kasih nih buktinya . U masih NGAK percaya? Atau mata lo udah katarak NGAK bisa baca ?!
*anjrit nanti beneran nongol pula yg aslinya di sini*

*anjrit nanti beneran nongol pula yg aslinya di sini*




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 738
- Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
- Location: Leica HQ
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
yahhh itu sih tanggung jawab mod hansen lah kalo silumannya nongol disini..
ane NGAK tanggung jawab..
eh tapi..
U MASIH NGAK PERCAYAAA?!!
YAUDAH KALO U MASIH NGAK PERCAYA!!

ane NGAK tanggung jawab..
eh tapi..
U MASIH NGAK PERCAYAAA?!!
YAUDAH KALO U MASIH NGAK PERCAYA!!

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
ban bekas yg dipake di atoyot pasti meledak... lu ga percaya ?? dasar antek akio... bla bla bla... abis 10 page..







numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil




ane ga bertanggung jawab.
trit ini sepenuhnya ane serahken ke om momod Hansen
kabooorr.... ngibriiit....nyrunthuulll.....




masuk gigi satu, gas poooll..... krrraaaakkkk....!!!

kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil
Untung gue dah pake Hankook... 

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165