nugroho bagor wrote:Weh rame juga nih,ntar motor ane gw ITU juga ahhh


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
nugroho bagor wrote:Weh rame juga nih,ntar motor ane gw ITU juga ahhh
Senengnya yang punya TOL,gak susah2 nyari jalan sepiVanzMatic wrote:Gear lever dari D pindah ke 3 saat rpm turun jadi 3000. Tahan di rpm 5000. Mantap...!!Turboman wrote:Engga juga sih asal di guide dengan benarUnta_item wrote:Sebenarnya sih italian Tune Up ngak diperlukan, karena Tipekal mobil terbentuk dari penguna, seorang penguna mobil yang biasa jalan pelan dan bolot, lalu disuruh italian Tune Up itu malah akan membahayakan karena mengendarai diluar batas kebiasaan sehari hari,
ITU gak mesti ngebut, kalau misal kita ke Bandung saat nanjak di Cipularang dengan downshift dan RPM masuk 70 - 80% Redline dan dilakukan bbrp X setiap nemuin tanjakan itu juga udah termasuk ITU.
Walah kenapa baru ngomong,ntar brayy gw tlp mobil dongkrak dulu yahtannis wrote:mobil didongkrak aja buat ita tune-up, aman tuh injek pol, gak perlu repot2 nyari tol pula
Dihalaman sebelumnya, ada yg kasih pendapat:nugroho bagor wrote:Walah kenapa baru ngomong,ntar brayy gw tlp mobil dongkrak dulu yahtannis wrote:mobil didongkrak aja buat ita tune-up, aman tuh injek pol, gak perlu repot2 nyari tol pula
M-90 wrote:Bro Imsus2c,imsus2c wrote:Spanyol = Sparoh Nyolong...?andy1800 wrote:klo stationer, bukan italian lg dong meneer.... mungkin spanyolan, atau manaaa gitu![]()
ke topic lagi:
pernah baca dimana gitu loh (masih disini juga, kalau ngga salah yg nulis meneer tunas kelapa)..., antara stasioner dan jalan (narik beban), logikanya load/beban-nya kan beda? resiko kerusakan/metal fatigue otomatis lebih di yg narik beban
kerugiannya, ya mungkin pendinginan dan asupan hawa segar ngga sebaik kalo jalan, tapi kan bisa diatasi dikasih kipas (kayak yg lagi dyno test itu, cuma posisi gigi tetep netral)
hal lainnya, berhubung mobil ngga gerak, resiko kecelakaan juga bisa dikurangi..
nah, silakan dikomentari/dikoreksi asumsi ini
Melakukan ITU pd saat mesin stasioner punya resiko terjadinya "Valve Float" dimana pd saat mesin stasioner digeber pd rpm tinggi, kondisi mesin "tanpa beban" sehingga pegas terkadang klep tidak mampu menahan pergerakan katup sesuai spesifikasinya. Akibatnya klep dapat "mengambang" dan menghantam piston pd saat piston berada di TMA. Resikonya batang klep dapat bengkok dan piston jadi rusak.
Untuk meminimalisir "valve float" dapat menggunakan pegas klep yg lebih keras atau menambah ring pegas klep.
Jadi yg paling aman melakukan ITU ya di jalan tol.
Jaga jarak aman dengan kenderaan di depan dan utamakan safety untuk diri sendiri dan pengendara lain