Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by nugroho bagor »

nugroho bagor wrote:Weh rame juga nih,ntar motor ane gw ITU juga ahhh
:big_weee: ................... :ngacir:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by nugroho bagor »

VanzMatic wrote:
Turboman wrote:
Unta_item wrote:Sebenarnya sih italian Tune Up ngak diperlukan, karena Tipekal mobil terbentuk dari penguna, seorang penguna mobil yang biasa jalan pelan dan bolot, lalu disuruh italian Tune Up itu malah akan membahayakan karena mengendarai diluar batas kebiasaan sehari hari,
Engga juga sih asal di guide dengan benar

ITU gak mesti ngebut, kalau misal kita ke Bandung saat nanjak di Cipularang dengan downshift dan RPM masuk 70 - 80% Redline dan dilakukan bbrp X setiap nemuin tanjakan itu juga udah termasuk ITU.
Gear lever dari D pindah ke 3 saat rpm turun jadi 3000. Tahan di rpm 5000. Mantap...!!
:big_smoking:
Senengnya yang punya TOL,gak susah2 nyari jalan sepi
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by htannis »

mobil didongkrak aja buat ita tune-up, aman tuh injek pol, gak perlu repot2 nyari tol pula
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by nugroho bagor »

htannis wrote:mobil didongkrak aja buat ita tune-up, aman tuh injek pol, gak perlu repot2 nyari tol pula
Walah kenapa baru ngomong,ntar brayy gw tlp mobil dongkrak dulu ya
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by imsus2c »

nugroho bagor wrote:
htannis wrote:mobil didongkrak aja buat ita tune-up, aman tuh injek pol, gak perlu repot2 nyari tol pula
Walah kenapa baru ngomong,ntar brayy gw tlp mobil dongkrak dulu ya
Dihalaman sebelumnya, ada yg kasih pendapat:
M-90 wrote:
imsus2c wrote:
andy1800 wrote:klo stationer, bukan italian lg dong meneer.... mungkin spanyolan, atau manaaa gitu :off_good:
Spanyol = Sparoh Nyolong...? :mky_01:

ke topic lagi:
pernah baca dimana gitu loh (masih disini juga, kalau ngga salah yg nulis meneer tunas kelapa)..., antara stasioner dan jalan (narik beban), logikanya load/beban-nya kan beda? resiko kerusakan/metal fatigue otomatis lebih di yg narik beban
kerugiannya, ya mungkin pendinginan dan asupan hawa segar ngga sebaik kalo jalan, tapi kan bisa diatasi dikasih kipas (kayak yg lagi dyno test itu, cuma posisi gigi tetep netral)
hal lainnya, berhubung mobil ngga gerak, resiko kecelakaan juga bisa dikurangi..
nah, silakan dikomentari/dikoreksi asumsi ini :D
Bro Imsus2c,
Melakukan ITU pd saat mesin stasioner punya resiko terjadinya "Valve Float" dimana pd saat mesin stasioner digeber pd rpm tinggi, kondisi mesin "tanpa beban" sehingga pegas terkadang klep tidak mampu menahan pergerakan katup sesuai spesifikasinya. Akibatnya klep dapat "mengambang" dan menghantam piston pd saat piston berada di TMA. Resikonya batang klep dapat bengkok dan piston jadi rusak.

Untuk meminimalisir "valve float" dapat menggunakan pegas klep yg lebih keras atau menambah ring pegas klep.

Jadi yg paling aman melakukan ITU ya di jalan tol.
Jaga jarak aman dengan kenderaan di depan dan utamakan safety untuk diri sendiri dan pengendara lain :big_peace:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by imsus2c »

Yang bener & aman, mestinya Italian Tuning bareng sekalian dyno-test kali ya? :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by nugroho bagor »

Ada trit yang sama :upss:........... :ngacir: