[NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by DigitALL »

Resale Value wrote:Waduh, habis baca artikel ini, jelas beda fiturnya lumayan yah ?


Kalau gitu, saya himbau para pemilik CX-5 2.0, tukar tambah, upgrade aja ke yang 2.5. Pakai 5 tahun. On average jatuhnya uang nombok cuman sekitar 800,000an setahun ! Murah untuk bisa menikmati selain much more power, juga banyak fitur sangat bagus seperti LDWS, HBC, ADF, i-Stop, dll (gile crv, apalagi fortuner, jadi kesannya botak ngak ada apa apanya yah fiturnya ?)


Plus build quality CBU ya tau sendiri lebih OK banding CKD. Yet ni SUV CBU kok harganya dekat ama SUV CKD macam crv / fortuner ? Fair deal banget !


Saya prediksi penjualan CX-5 2.5 ini akan meledak, jauh lebih laku banding yang 2.0 nanti.


Jika pakai 7 tahun, uang nomboknya per bulan makin turun, jadi cuman +- 50 juta / 84 = 595,000 per bulan !


Buset, jaman sekarang sekali isi full tank pertamax aja udah hampir 500,000 kan ?



Go for it man ! the MAZDA CX-5 2.5. Mumpung resale value 2.0 masih sangat bagus !


DigitALL wrote:Ane copy paste dari detik mengenai CX5 2.5L

Mesin

Mesin Mazda CX-5 2.5 Liter ini mengusung teknologi Skyactiv-G 2.5 dimana tipe mesinnya in-line, 4 silinder DOHC, 16 valve, combustion chamber volume 2.488 cc, electronicall controlled direct injection.

Dengan mesin itu maksimal tenaganya 138 kW/187 PS pada 5.700 rpm dan torsi maksimal 250 Nm/ 25.5 kgm pada torsi 3.250 rpm.

Mesin Skyactiv-G 2.5 liter ini dikawinkan dengan teknologi Skyactiv-Drive dimana transmisi otomatis 6 percepatan terbaru, full range direct drive, low NHV (noise, vibration & harshness), penyelaan dan akselerasi yang halus dan pergantian gigi yang halus dan cepat seperti DCT (Dual Clutch Transmission).

Teknologi baru yang ada di CX-5 2.5 liter

Selain pengadopsian penuh dari Skyactiv Technology yang mencakup Skyactiv-G 2.5 L, Skyactiv-Drive, Skyactiv-Body dan Skyactiv-Chassis, CX-5 2.5 liter juga dilengkapi teknologi terdepan mazda, i-Stop (Idle-stop system). Teknologi ini dapat secara otomatis menyalakan dan mematikan mesin ketika kendaraan sedang tidak bergerak agar dapat memaksikalkan efisiensi bahan bakar.

Ada juga teknologi i-Activsense dimana teknologi keamanan ini tercanggih dari Mazda yang dikembangkan untuk membantu pengemudi mengidentifikasi bahaya dan menghindari tabrakan.

Teknologi ini terdiri dari High Beam Control System (HBC), Lane Departure Warning System (LDWS) dan Adaptive Front Light System (AFS).

Interior warna jok nya spt New Mazda6

Image
Menurut ane kalo pemilik CX5 2.0L jual skrng jg resale value udh kurang bagus. Ane kurang setuju dgn bro RV yg katanya jual skrng msh sangat bgs :mky_01:

Pertama, kalo jual ke pedagang mobkas mereka udh tau skrng lagi ada diskon besar (cuci gudang) utk 2.0L dan mereka tau jg yg 2.5L sudah keluar dgn hrg mirip2. Yg ada mereka akan tawar dgn hrg lebih rendah pastinya.

Kedua, kalo jual ke pemakai langsung mereka umumnya udh tau ada diskon besar dan wait n see utk meminang yg mana nih... (sambil bingung) Yg ane liat peminat CX5 ini rata2 pada ngerti mobil jd mereka tidak asal beli tanpa cari tau informasi lebih dulu. Walopun ada yg udh terlanjur beli 2.0L dan dibuat down oleh MMI. Krn pasar wait n see, feeling ane kalo mau jual 2.0L skrng sptnya tidak bisa cepet laku, kecuali buka dgn hrg miring. :ungg:

Jd yg udh terlanjur beli 2.0L menurut ane sih lebih baik dipuas2in aja. Kecuali budget ga masalah boleh ikutin kata bro RV, jual skrng langsung pesen yg 2.5L :upss:
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by g4ndalf »

Resale Value wrote:Namun guys, para pemilik Mzda CX-5 2.0, jika benar suka ama yang 2.5, dan rencana pakai agak lama, ngak salah juga tukar tambah. Benar, keluar duit lagi, namun yang saya pikir adalah :


Toh jika pertahankan yang 2.0, tetap berikutnya akan kena depresiasi juga. Depresiasi tetap berjalan. Dan yang 2.5 depresiasinya ngak bakal beda jauh ama yang 2.0. Karena harga barunya juga ngak beda jauh. Lain cerita jika yang 2.5 harganya 500 juta lebih gitu.


Cuman dari segi cash flow, ya memang nombok sekitar 40-50 juta estimasi saya. Untuk recover depresiasi tahun pertama. Namun jika rencana pakai say 5 tahun, artinya ya on average cuman nombok 50 juta / (60 bulan) = 800,000an sebulan.


Not so bad kan ? Tiap bulan isi BBM aja udah berapa duit ? Yang penting jika ganti ke 2.5, make sure pakainya agak lama, jangan pakai 1-2 tahun terus jual. Agak sayang.


Dan karena pajak di atas 2.5 udah naik banyak, saya yakin ngak bakal lagi muncul CX-5 yang lebih powerful yet harga mirip ama yang 2.0 & 2.5. Yang 2.5 ini udah pasti top of the line. No more.


Jika saya jadi pemilik CX-5 2.0 dan benar benar suka, dan ingin nikmati mesin 2.5nya yang lebih powerful lagi, plus fitur extra, saya akan ganti. Mumpung resale value 2.0 masih sangat bagus. Meskipun pertahankan yang 2.0 juga ngak ada minusnya yang signifikan. Cuman powernya aja yang lebih kecil dan minus fitur lain yang ngak signifikan pula.


Tinggal nimbang, pertahankan 2.0 atau tukar 2.5, toh berikutnya depresiasinya pasti tetap kena 22nya, dan ngak bakal beda jauh. Tinggal masalah keluar fresh money 40-50 jutaan untuk bisa nikmati semua keunggulan versi 2.5 untuk berapa tahun ke depan.


Average nombok 800,000an sebulan for next 5 years. Fair deal ? Tinggal nimbang sendiri.
Logika dodol....

Harga 2.5 yg sama dgn 2.0, lebih bertenaga fitur lebih banyak, ada auto lock nya lagi. Ya jelas resale 2.0 hancur. Beli taon 12 jual skrg taon 13, paling2 laku di 350-370 mentok.

Resale 2.5 bagus?.. tergantung diskon nya mazda. Honda aja gak bisa bertahan, waktu crv gen4 launching, gen3 diskon puluhan jt, harga second rontok. Lah ini kita bicara mazda lho... kenapa cx5 2.0 touring ditiadakan? Krn mrk tau konyol kalau harganya sama dgn 2.5

Anyway... ini sekedar masukan buat mazda, rx8 yg jelas satu2nya rotary production car, halo car mazda... itu aja mereka undercut price, susah mau dianggep premium. Bagi yg mencari fun to drive on a budget, its the car to buy, for everyone else - maybe not so.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by DigitALL »

joehart wrote:
Good_boy86 wrote:
joehart wrote:penasaran juga dengan tipe touring dan grand touring kayak bro evolution, kalo liat price list surabaya gap'nya 19 jt, masak cuman beda velg 19", LDWS, ama HBC.

apa tipe touring dah termasuk leather seats, bose audio, dan sunroof? kalo iya mah, ambil touring yg pasti. :big_smoking:
Sama om, saya juga masih bingung beda touring dan grand touring. Sodara akhirnya saya suruh pending sampai brosur lengkap. Kalo beda 19 jt tapi beda sedikit, mending ambil touring,
Sama2 lokasi surabaya om..
@goodboy: kalo beda 3 items tersebut, ambil touring yg pasti. soalnya LDWS ama HBC ga kepake disini menurut saya.
lagi mau spk cx5 2.5L juga ya bro?
LDWS si sensornya bakal pusing baca garis di jalan soalnya ga ada standarnya spt di negara maju. Bentar ada garisnya, bentar ilang garisnya. Kayanya tuh sistem kalo diaktifkan bakal bikin pusing driver, bunyi dan kedip2 melulu :wkkk: Ujung2nya ga bakal diaktifin jg.

HBC ini yg otomatis turunin sorotan lampu biar ga bikin pengendara lain silau. Menurut ane lumayan kepake buat sebagian orang tp buat sebagian orang yg suka bales2an nyorotin lampu gara2 kena silau dari arah lawan emang kurang kepake :upss:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by DOHC »

wkwkwkwkwk.... baru ane mau komen... ehh uda ad yg jawab mirip kaya ane...

logika dodol....

ahhh senangnya dsini masi banyak yg logika nya masi encer... mau cuap2 panjang2 jg, kalo ngawur yah ngawur.. :off_bored: :off_bored:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by ricz »

Ya... tapi intinya :

Diskon = harga bekas hancur

End of case.

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by boilers »

dubz wrote:Mungkin juga dulu memang perlu ambil profit tinggi buat nutupin ongkos R&D, ongkos embel2 bawa kesini (spare part, training teknisi)....lama2 bisa diturunin. Atau mau naikin volume penjualan...karena penjualan CX-5 2.0 di Indonesia yah adem ayem aja.

Intinya ya ngapain liat mobil yg dateng setelah mobil kita...nyari makan hati aja itu mah. Selalu akan datang yg lebih bagus, lebih ini itu. Strategi ATPM juga bisa berubah - ngapain kecewa sama mereka? Wong dia jualan fair2 aja...nggak nipu. Tidak ada aturan profit margin harus sekian persen. Mereka diskon gede Mazda2 bisa aja buat naikin volume penjualan...kan bengkelnya dapet berkah buat service kalo populasi banyak.
Setuju bro dubz, namanya ATPM mau survive yah bisa saja berubah2 strategi. :frm_tumbleft:

Seperti yg saya bilang, MMI kan pertama launching CX-5, CRV baru belum launching, jadi mereka mungkin juga testing pasar. Dan pada saat launching, mesin 2.5L juga belum tersedia di seluruh dunia. Nah bisa saja penjualan CX-5 2.0L kan adem2, mau tidak mau yah harus merubah strategi, kalau tidak yah bakalan kalah jualan dan rugi. Kalau jualannya kaga banyak, dealernya kalo disuruh buka outlet terus mana mau, invest uang banyak tapi return terlalu lama karena volume yang tidak banyak. Ane pernah mendengar komplain seorang pemilik dealer yang bilang kalau mereka ditarget buka outlet terus, tapi volume jualan tidak begitu banyak. Jatuh2nya margin terkikis terus.

IMHO, strategi ini mungkin tidak hanya berlaku pada Mazda. Contoh2 lain: Honda pun menurunkan harga Odyssey dan menambah fitur pada saat facelift karena penjualan yg tidak begitu baik, cmiiw. Toyota dan ADM juga baru menambahkan airbag di Avanza dan Xenia setelah kompetitornya menawarkan safety fitur yg lebih baik dengan harga yg beda dikit. Dan semua ATPM pun sekarang menawarkan diskon yg jor-jor-an karena kompetisi yang memang makin sengit.

Intinya sih, it's all business and how to survive in a very competitive market. Jadi imho enjoy saja kalau sudah beli mobil hehehe, my two cents.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by evolution21 »

Contohnya lg
Honda munculin freed double blower plus yg tipe dapet pintu elektrik dikiri.. harga sama, sekarang malah diskonnya guede lebih murah dr yg lama
ertiga muncul double blower
Avanza dah upgrade plus dapet diskon pula nyaris 2digit.

DAh banyak yg kegini, hampir semua merk pernah melakukan. Bisnis haurs lancar strategi macam2
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by evolution21 »

Intinya sih kalo mau beli mobil rajin baca berita n sm aja... :D
Cek aja page lama, dah banyak dibahas tentang cx5 2.5 ini bakal masuk indo
thomas256
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Nov 15, 2012 13:13

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by thomas256 »

evolution21 wrote:Intinya sih kalo mau beli mobil rajin baca berita n sm aja... :D
Cek aja page lama, dah banyak dibahas tentang cx5 2.5 ini bakal masuk indo
Yup bener banget....hihihi, tapi seru sih memang CX5...legenda fenomenal yang bikin selalu debat bukan hanya soal mobilnya..tapi positioning pasar...fitur....harga....resale value..dsb

Minimal CX5 buat saya adalah menambah wawasan soal otomotif, kawan dan resale value... :e-dance:

Belum pernah saya beli sebuah mobil...dari awal peluncuruan ampe setahun kemudian masih dibicarakan... :mrgreen:
Seru benernya sih kalo menurut saya....

Fun to Drive and Fun for Life...,so guys knapa kita musti berdebat soal resale value ? wong dari awal saya beli sudah tahu bakal siap2 hancur kok resale value awalnya....,masa sekarang mendadak jadi nangis2 krn resale value ?

Pembeli CX5 era awal terutama seingat saya adalah "pasukan berani rugi"
Saya sendiri juga bilang kok...ga perduli resale value...tapi "menikmati hidup" yg penting.... :mrgreen:

note :....autolockkkkk mau donggggg.... :mky_01:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by ricz »

Menurut gw, kalo gk mau rugi ya beli mbl bekas...

Kadang gw ngakak sendiri wkt ortu mau beli CRV krn resalenya bagus, gw pikir dlm hati "mana ada mbl 400 jutaan yg resalenya bagus, kalo mau bagus resalenya ya beli mbl 200 jutaan"

Tapi ya gapapa lah, ini mbl jg ortu yg pake...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by g4ndalf »

Ini bukan masalah resale, bukan masalah duit yg saya sorot. Itu kan domain nya si rv ....hehehe =)

Masalahnya ada di kepuasan konsumen. Suatu brand bisa jadi kuat kalau punya konsumen yg loyal... konsumen yg gak puas gak akan jadi loyal, itu intinya.

Ibarat cewek, kalau mazda itu cewek cakep... kok ngejar2 cowok? Imagenya jadi jelek donk. Sy yakin dgn banderol 450jt+ cx5 2.5 akan tetap laku. Sebaliknya dibanderol setara crv juga ga akan bisa menang salesnya dibanding honda. Pendek kata margin makin tipis, sementara konsumen yg telanjur beli 2.0 kecewa. Imho it's a big blunder...
thomas256
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Nov 15, 2012 13:13

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by thomas256 »

g4ndalf wrote:Ini bukan masalah resale, bukan masalah duit yg saya sorot. Itu kan domain nya si rv ....hehehe =)

Masalahnya ada di kepuasan konsumen. Suatu brand bisa jadi kuat kalau punya konsumen yg loyal... konsumen yg gak puas gak akan jadi loyal, itu intinya.

Ibarat cewek, kalau mazda itu cewek cakep... kok ngejar2 cowok? Imagenya jadi jelek donk. Sy yakin dgn banderol 450jt+ cx5 2.5 akan tetap laku. Sebaliknya dibanderol setara crv juga ga akan bisa menang salesnya dibanding honda. Pendek kata margin makin tipis, sementara konsumen yg telanjur beli 2.0 kecewa. Imho it's a big blunder...
Betul bro..kekecewaan pasti ada, tapi yahh bgm lagi
MMI perlu lebih cerdas lagi dalam menyikapi harga kalau menurut saya...,yang salah adalah dari awal mereka menaruh harga di 2.0 grand turing

Akhirnya imbas nya sekarang ini

Minimal MMI harusnya bermain canntik dengan memberikan kompensasi misalnya minimal fitur autolock buat user 2.0 GT dengan free....maka cust satisfaction mungkin berubah pemahaman dan lebih menerima...

MMI nampak ga percaya diri lawan CRV yang akan facelift banyak nanti....mereka main harga akhirnya
FYI...temen saya ambil kemarin dapet diskon utk CRV prestige kalu ga salah ingat 24 jt + vkool....luarbiasa gede diskonnya tuh
User avatar
Twibi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Jun 24, 2013 4:11
Location: Jakarta Utara

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by Twibi »

Intinya mobil bukan alat investasi ya, kcuali buka rental yg isinya avanza, apv ya
Keluarga menunggu di rumah
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by g4ndalf »

thomas256 wrote:
g4ndalf wrote:Ini bukan masalah resale, bukan masalah duit yg saya sorot. Itu kan domain nya si rv ....hehehe =)

Masalahnya ada di kepuasan konsumen. Suatu brand bisa jai kuat kalau punya konsumen yg loyal... konsumen yg gak puas gak akan jadi loyal, itu intinya.

Ibarat cewek, kalau mazda itu cewek cakep... kok ngejar2 cowok? Imagenya jadi jelek donk. Sy yakin dgn banderol 450jt+ cx5 2.5 akan tetap laku. Sebaliknya dibanderol setara crv juga ga akan bisa menang salesnya dibanding honda. Pendek kata margin makin tipis, sementara konsumen yg telanjur beli 2.0 kecewa. Imho it's a big blunder...
Betul bro..kekecewaan pasti ada, tapi yahh bgm lagi
MMI perlu lebih cerdas lagi dalam menyikapi harga kalau menurut saya...,yang salah adalah dari awal mereka menaruh harga di 2.0 grand turing

Akhirnya imbas nya sekarang ini

Minimal MMI harusnya bermain canntik dengan memberikan kompensasi misalnya minimal fitur autolock buat user 2.0 GT dengan free....maka cust satisfaction mungkin berubah pemahaman dan lebih menerima...

MMI nampak ga percaya diri lawan CRV yang akan facelift banyak nanti....mereka main harga akhirnya
FYI...temen saya ambil kemarin dapet diskon utk CRV prestige kalu ga salah ingat 24 jt + vkool....luarbiasa gede diskonnya tuh
Nahhh itu maksud saya, brand mazda ini bisa jadi premium, terbukti cx5 2.0 seharga crv 2.4 aja laku kok. Kalau nekad main di harga nggak bakal menang cbu japan vs ckd karawang, pajaknya berat. Terbukti skrg crv 2.4 diskon gede. Akhirnya zero sum game... dan konsumen yg telanjur deal dikorbankan.

Tapi mslh pricing keknya mmi juga dikontrol dr jepang sono... jadinya kagak bisa apa2.

-----------------------
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by dubz »

Masalahnya merek mazda bukan merek premium...ya gak bisa main kesana. Volume harus naik buat menopang jaringan dealer yg makin banyak. Dealer kan harus cari makan dr servis juga.
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by g4ndalf »

dubz wrote:Masalahnya merek mazda bukan merek premium...ya gak bisa main kesana. Volume harus naik buat menopang jaringan dealer yg makin banyak. Dealer kan harus cari makan dr servis juga.
Ya kita lihat saja apa cx5 2.5 bisa menang volumenya dgn pricing yg murah.... prediksi saya tetap akan dilibas crv, udah kalah duluan di ckd vs cbu.

Hipotesa saja, kalau cx5 2.5 pricing di 450jt, kemungkinan crv 2.4 tdk akan di diskon, toh sudah lebih murah. Margin mereka lebih tinggi kan. Dengan perang harga, margin honda turun tapi ini akan mencekik mazda.

Ibaratnya bertarung dengan buaya di dalam air, berat kalo gitu. Ajak buayanya ke darat dulu, baru ada kans menang.
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by dubz »

Dilibas crv itu udah pasti.tapi sukses buat MMI kan bukan harus ngalahin crv. Yg penting penjualan naik...roda perkembangan mazda di indonesia berjalan, dealer makin banyak buka semua kebagian kue servis
bodapa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
Location: Jakarta, Indonesia

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by bodapa »

Broer semua, menarik membaca pembahasan dan keluhan terkait dengan si CX-5 2.5 ini.

Kalau saya tangkep, juga berdasarkan mbaca facebook page-nya MMI, komplainnya pemilik touring 2.0 adalah harganya si touring 2.5 yang lebih murah. Saya sempat rancu, lebih murah dari touring yang mana? Setahu saya price list-nya touring 2.0 kan ada 2, versi velg 17 sama 19 dimana yang 17 harganya 409, sementara versi 19 harganya 419 (harga jakarta).

Kalau bicara retail price, tidak termasuk diskon dan lain2, bukannya si touring 2.5 lebih mahal yah dibanding touring 2.0 velg 17? Untuk yang baru ini, yang pake velg 19 kan GT dengan harga 431? Bukannya komparasi-nya kaya gini:

Touring 2.0 velg 17 --> Touring 2.5 velg 17
Touring 2.0 Velg 19 --> GT 2.5 velg 19

Ya nggak? Kalau ada yang punya brosur CX-5 yang lama dan CX-5 yang baru, tolong di-compare selain mesin bedanya apa.

Jadi bicara retail price:

409 jt --> 412 jt
419 jt --> 431 jt

Kalau dari sudut pandang ini, logikanya resale value-nya Touring 2.0 no problem dong? Mohon koreksinya kalau saya salah...kecuali kalau konsumen CX-5 komparasi-nya seperti ini (dan ini yang saya tangkap):

Touring 2.0 velg 17 --> Touring 2.5 velg 17 (so far no problem, atau sedikit problem karena harga cuma selisih 3 jt tapi dapet ekstra 500cc dan i-stop)
Touring 2.0 velg 19 --> Touring 2.5 velg 17 juga (ini yang bikin pemilik touring 19 sakit hati, ya bukan?)

Sekali lagi mohon koreksinya kalau salah.

Oh ya, 1 lagi...bagaimana dengan pemilik CX-5 lama yang beli mobilnya pas launching dulu tahun 2012? Kalau nggak salah harga barunya waktu launching dulu 410 kan? Kalau dari sudut pandang mereka, baik touring 17, 19 maupun touring 2.5 17 dan GT 19 harganya udah diatasnya.

Touring 19 2012 (410) --> Touring 17 2013 (409) : Turun 1 juta tapi turun juga ukuran velg-nya
Touring 19 2012 (410) --> Touring 19 2013 (419) : Naik 9 juta
Touring 19 2012 (410) --> Touring 2.5 17 2013 (412) : Naik 2 juta, naik mesin 500cc tapi turun ukuran velg-nya
Touring 19 2012 (410) --> GT 2.5 19 2013 (431) : Naik 21 juta, naik mesin 500cc dan velg tetap sama

Kalau resale value itu patokannya sama retail price terakhir, bukan retail price waktu beli dulu, mustinya pemilik CX-5 yang beli pas launching 2012 yang lalu santai aja, ya nggak? Karena harga retail price terakhirnya naik, jadi logikanya resale value-nya juga naik (atau bertahan).

Mohon koreksi-nya lagi ya Om...
Last edited by bodapa on Sat Jun 29, 2013 11:08, edited 1 time in total.
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by g4ndalf »

Kalau mau penjualan doank, ya bikin aja saingan avanza, fokus aja ke vx1

Point nya mazda positioning di premium brand. Cx5 2.0 itu paling mahal di kelasnya, masih ada xtrail, vitara, terbukti laku. Kenapa undercut price?

Harusnya melihat ke kawasaki, itu merk yg udah mau mati, selamat karena ninja250. Bahkan dgn posisi diserang market leader honda dgn cbr250 nya masih saja bertahan.

Utk produk baru, mereka masukkan yg betul2 fresh. Ninja 650/ er, lalu versys mereka masukkan yg udah all new model. Konsumen puas.

Mazda sebaliknya, launching cx5 gt dgn harga termahal, kemudian diskon, dan akhirnya 2.5 kluar dgn harga yg sama. Konsumen yg telanjur beli jelas kecewa. Jangankan mobil, anda beli tv harga 5 jt, besoknya anda tau didiskon 10%, eh besoknya kluar lagi yg lebih gede, fitur lebih baik, harganya 5,1 jt. Anda puas? Kalau saya sih tidak.

Anyway, percuma debat nanti kita lihat saja market share mazda cx5, apakah naik atau gitu2 aja.
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by g4ndalf »

bodapa wrote: Ya nggak? Kalau ada yang punya brosur CX-5 yang lama dan CX-5 yang baru, tolong di-compare selain mesin bedanya apa.

Jadi bicara retail price:

409 jt --> 412 jt
419 jt --> 431 jt

Kalau dari sudut pandang ini, logikanya resale value-nya Touring 2.0 no problem dong? Mohon koreksinya kalau saya salah...kecuali kalau konsumen CX-5 komparasi-nya seperti ini (dan ini yang saya tangkap):

Touring 2.0 velg 17 --> Touring 2.5 velg 17 (so far no problem, atau sedikit problem karena harga cuma selisih 3 jt tapi dapet ekstra 500cc dan i-stop)
Touring 2.0 velg 19 --> Touring 2.5 velg 17 juga (ini yang bikin pemilik touring 19 sakit hati, ya bukan?)

Sekali lagi mohon koreksinya kalau salah.
Bedanya antara diasepin sama ngasepin crv2.4 ...hehehe

Resale jelas drop, karena sama2 pertamax plus, yg mau ngirit pada ambil ipah diesel. Dont forget torsi juga beda, mesin gak boyo..
Yoona
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sat Apr 13, 2013 0:52

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by Yoona »

thomas256 wrote:
evolution21 wrote:Intinya sih kalo mau beli mobil rajin baca berita n sm aja... :D
Cek aja page lama, dah banyak dibahas tentang cx5 2.5 ini bakal masuk indo
Yup bener banget....hihihi, tapi seru sih memang CX5...legenda fenomenal yang bikin selalu debat bukan hanya soal mobilnya..tapi positioning pasar...fitur....harga....resale value..dsb

Minimal CX5 buat saya adalah menambah wawasan soal otomotif, kawan dan resale value... :e-dance:

Belum pernah saya beli sebuah mobil...dari awal peluncuruan ampe setahun kemudian masih dibicarakan... :mrgreen:
Seru benernya sih kalo menurut saya....

Fun to Drive and Fun for Life...,so guys knapa kita musti berdebat soal resale value ? wong dari awal saya beli sudah tahu bakal siap2 hancur kok resale value awalnya....,masa sekarang mendadak jadi nangis2 krn resale value ?

Pembeli CX5 era awal terutama seingat saya adalah "pasukan berani rugi"
Saya sendiri juga bilang kok...ga perduli resale value...tapi "menikmati hidup" yg penting.... :mrgreen:

note :....autolockkkkk mau donggggg.... :mky_01:
Kmrn gw dpt telp dr CS mazda bro... Ada Acara makan2.. Sambil mrk survey kepuasan konsumen.. Yg dating di kasi angpao 400rb hahaha owner 2.0 di kasi balsem nih buat hiburan... Oh ya Acara nya d hotel akmani
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by ricz »

dubz wrote:Dilibas crv itu udah pasti.tapi sukses buat MMI kan bukan harus ngalahin crv. Yg penting penjualan naik...roda perkembangan mazda di indonesia berjalan, dealer makin banyak buka semua kebagian kue servis
Mazda di sini kan lg mau bikin image yg bagus dimata konsumen...

So far pake M2 puas seh, komplain headlamp berembun jg langsung diganti...

Saran buat MMI : nyetok slow moving, krn smua Mazda yg beredar CBU...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
unlimited90
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Mon Mar 12, 2012 3:08

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by unlimited90 »

Wah ini jadi seperti pas apple ngelaunch Iphone 4S setelah Iphone 4. Ada yang ribut2 pastinya, tapi kebanyakan sih upgrade atau tetep enjoy iphone 4 lamanya. Apple tetap jualan, user malah makin banyak dari yang dulu.

Jadi kalo menurut gw sih ga usa dipusingin dhe, asal mobil yang kita beli itu pilihan kita, tidak dipaksa oleh si A or si B utk membeli. Kalo hari ini pun Cx5 yg baru dinaikin harganya jauh, pasti tetap ada yang complain, mahal lah, overprice, etc kaya jonpis. Contoh liad aja Avanza Xenia dulu brp skrg brp hrg naik terus yang beli dan yg complain pasti nambah. Life still goes on, and we enjoy the most out of it.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by madcat015 »

Ane juga butuh autolock buat kapal induk ane.... :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ace_81
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Wed Nov 07, 2012 0:42

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by ace_81 »

evolution21 wrote:Intinya sih kalo mau beli mobil rajin baca berita n sm aja... :D
Cek aja page lama, dah banyak dibahas tentang cx5 2.5 ini bakal masuk indo
Setuju banget! :D