Penjaga tolnya cewek cakep pasti ! Ya kesetrum wajar kok. Sama sama suka kali...
Saran saya, pakai full DEX aja untuk jaga kesehatan mesin Santi untuk jangka panjang. Pernah dengar ada kasus Santi minum Shell diesel, keracunan sampai mogok. Akhirnyak ketahuan mutu shell dieselnya contaminated. Kaget juga quality control Shell kok bisa gitu.
Buktinya Mercedes ML 250 CDI aja di brosurnya di tegaskan, saat ini di seluruh Indonesia, CUMAN DEX doang yang boleh di pakai di SUV diesel Mercy itu. Bahkan Shell diesel aja ngak di cantum sebagai recommended. Mau di bilang ini karena special marketing deal antara Mercy dan Pertamina terserah, tapi sejak dengar kasus Santi mogok karena minum shell diesel, saya yakin Mercy udah selidiki dan mereka rasa DEX paling bagus saat ini.
Toh Santi udah irit, saya rasa campur biosolar gituan toh hematnya ngak bilang gede banget. IMO risikonya kurang sebanding dengan cost savingsnya. Ingat ni mobil 400 juta lebih. Nanti karena kadang campur BBM kurang bagus, ada apa apa, terus teman / saudaranya nyindir lagi " Tu kan belinya Hyundai sih... " kurang fair untuk pabriknya.
Mesin Santi outputnya one of the best di antara mesin diesel common rail saat ini, cuman beda sekitar 10% banding output diesel Mercy ML 250 CDI. Menurut saya, mesin gini jelas perlu 100% DEX. Campur biosolar sekali kali jika keluar kota agak jauh ngak dapat DEX maybe OK, tapi menurut saya jangan rutin deh.
Just my opinion.
darkie307 wrote:kalo boleh menambahkan, new santi ane udah di 15000km dgn memakai bbm 150ribu dex/shell + 150ribu biosolar, sekitar 1:3. ane rasa blm ada perubahan dari awal beli, irit (1:10/11), senyap, minim getar, asep cumi2 keluar kl di gas pol aja ( inpo adek ane yg kebetulan convoy brg kemaren) dan tetep ga brubah bisa mentog full speed 190km/jam dengan mudah. Suspensi udah berubah ga keras seperti waktu awal beli makin empuk.. (bener kata om turbo) dan pantatnya skrg kl belok kenceng udah makin kebawa melintir hehehehe.
masih sangat cinta dengan mobil ini... belum ada keluhan yang berarti, kecuali steer yang agak buang kekiri (udah ke nawilis 2 kali tetep masih ada gejalanya) dan masih suka nyetrum kalo bayar tol ( kayanya sebulan sekali ada aja deh kejadian penjaga tol dan anenya kesetrum)
sekian review dari ane mohon pencerahan dari suhu2....