Oli rembes ke Radiator
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Aug 14, 2012 1:59
Oli rembes ke Radiator
Mohon info air radiator masuk Oli
Rush 2008 saya belum lama overheting di tol sampai bengkok cylinder headnya & air bercampur ke oli.
sudah dilakukan perbaikan & ganti cylinder head & skrg mobil sudah normal, tapi timbul masalah air radiator selalu tedapat oli yg mengental, sedangkan oli dimesin normal tidak tercampur air lagi. menurut montir yang perbaiki oli tsb adalah sisa dr oli yg merembes saat overheat & masuk ke saluran air pd saat cylnder head bengkok dan akan hilang stlh beberapa saat di pakai. Apakah betul pendapat montir tsb, & apakah tidak berbahaya kendaraan tetap dipakai sementara oli msh rembes diradiator ? sudah di kuras berkali-kali oli masih msh tetap muncul di radiator .
MOhon info & solusi para master atas masalah ini.... terima kasih
Rush 2008 saya belum lama overheting di tol sampai bengkok cylinder headnya & air bercampur ke oli.
sudah dilakukan perbaikan & ganti cylinder head & skrg mobil sudah normal, tapi timbul masalah air radiator selalu tedapat oli yg mengental, sedangkan oli dimesin normal tidak tercampur air lagi. menurut montir yang perbaiki oli tsb adalah sisa dr oli yg merembes saat overheat & masuk ke saluran air pd saat cylnder head bengkok dan akan hilang stlh beberapa saat di pakai. Apakah betul pendapat montir tsb, & apakah tidak berbahaya kendaraan tetap dipakai sementara oli msh rembes diradiator ? sudah di kuras berkali-kali oli masih msh tetap muncul di radiator .
MOhon info & solusi para master atas masalah ini.... terima kasih
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Oli rembes ke Radiator
coba cek dipstick oli nya aja om..
kalo berwarna coklat susu atau kopi susu, mungkin paking nya ada yg rembes atau retak atau mungkin ada yg lupa diganti.. jd air radiator dan oli slg pindah2.. tp kalo oli nya masi bagus... coba aja dikuras dulu radiator nya.. 2 atau 3 kali... kalo memang sperti kata tuh montir yahh harus nya uda abis kekuras tuh sisa oli..
imaly dan cmiiw..
kalo berwarna coklat susu atau kopi susu, mungkin paking nya ada yg rembes atau retak atau mungkin ada yg lupa diganti.. jd air radiator dan oli slg pindah2.. tp kalo oli nya masi bagus... coba aja dikuras dulu radiator nya.. 2 atau 3 kali... kalo memang sperti kata tuh montir yahh harus nya uda abis kekuras tuh sisa oli..
imaly dan cmiiw..
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Oli rembes ke Radiator
Kebetulan ane kenyang ama masalah radiator plus cyl head melengkung, maklum dulu pake 3 macem. Daihatsu full 11 taun jaman kualitas mreka lg sampah2nya...zulkarnaen siregar wrote:Mohon info air radiator masuk Oli
Rush 2008 saya belum lama overheting di tol
sedangkan oli dimesin normal tidak tercampur air lagi.
menurut montir yang perbaiki oli tsb adalah sisa dr oli yg merembes saat overheat & masuk ke saluran air pd saat cylnder head bengkok dan akan hilang stlh beberapa saat di pakai. Apakah betul pendapat montir tsb, & apakah tidak berbahaya kendaraan tetap dipakai sementara oli msh rembes diradiator ? sudah di kuras berkali-kali oli masih msh tetap muncul di radiator .
1) Tepatnya kapan kejadiannya?
2) Kok tau kok yakin oli di mesin uda normal gak berair lg? Cek sendiri ato kata mekanik?
3) Pendapat montir tsb benar. Dgn catatan penting: Anda yakin banget pd poin 2.
4) Kurasnya cm sekedar buang airnya-isi lagi-buang lagi-dst ato pake radiator cleaner (flush)? Namanya oli kl uda melekat di metal (dinding dalam cooling system) mmg susah ilang kl hanya ngandalin sirkulasi air radiator walau air radiator itu panas.
Coba aja taruh migor dlm gelas. Buang. Lalu taruh air panas-kocok2-buang-ulangi lagi... Tetep aja berminyak terus airnya heehehehe ...
5) Airnya beroli seberapa parah? Sampe terasa berminyak atau cm sekedar warna pelangi?
Das Beste oder nichts.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Aug 14, 2012 1:59
Re: Oli rembes ke Radiator
Om Purgatorist MC....
1. Kejadian 2-3 hari setelah turun mesin 1/2 & ganti cylinderhead, klep, dll.
2. kata montir & liat sendiri di dipstick oli udah nggak ada campuran air& oli.
3. Olinya ada tabung plastik diradiator, mengggumpal kayak bubur warna coklat &
Di dipstick oli gak terlihat oli nyampur dgn air.
4 Udah berkali-kali radiator di kuras & di alirin air langsung pakai selang, tapi belum
coba pake radiator flush
5. Olinya lumayan terasa berminyak & seperti bubur
kalo dipakai terus aman nggak ya ?
thanks atas masukannya
1. Kejadian 2-3 hari setelah turun mesin 1/2 & ganti cylinderhead, klep, dll.
2. kata montir & liat sendiri di dipstick oli udah nggak ada campuran air& oli.
3. Olinya ada tabung plastik diradiator, mengggumpal kayak bubur warna coklat &
Di dipstick oli gak terlihat oli nyampur dgn air.
4 Udah berkali-kali radiator di kuras & di alirin air langsung pakai selang, tapi belum
coba pake radiator flush
5. Olinya lumayan terasa berminyak & seperti bubur
kalo dipakai terus aman nggak ya ?
thanks atas masukannya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Oli rembes ke Radiator
1) Ok.
2) Ok. Brarti oli udah pure warna coklat oli tanpa putih susu ya?
3) Tabung reservoirnya cabut dulu bro, isi Sunlight cream banyak2 kocok baik2 sampe olinya ilang.
*bukan sales Sunlight..
4) Ngalirin air pake selang di moncong radiator cm membilas radiator bro ngga membilas water jacket di blok mesin, tempat sisa oli masih nempel.
5) Bingung ane jawabanmu di poin ini bro..

2) Ok. Brarti oli udah pure warna coklat oli tanpa putih susu ya?
3) Tabung reservoirnya cabut dulu bro, isi Sunlight cream banyak2 kocok baik2 sampe olinya ilang.
*bukan sales Sunlight..

4) Ngalirin air pake selang di moncong radiator cm membilas radiator bro ngga membilas water jacket di blok mesin, tempat sisa oli masih nempel.
5) Bingung ane jawabanmu di poin ini bro..

Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Oli rembes ke Radiator
Nightster Guy wrote: Coba aja taruh migor dlm gelas. Buang. Lalu taruh air panas-kocok2-buang-ulangi lagi... Tetep aja berminyak terus airnya heehehehe ...
waduuhhh.... sayang bgt migornya koq dibuang sih.......


Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Aug 14, 2012 1:59
Re: Oli rembes ke Radiator
2. udah coklat oli bro.....apa perlu ganti oli skalian agar bisa memastikan olinya dah
gak berair lagi ?
3. Oke bro tar di coba pakai sunlight
4. minggu kemarin dah di alirin dari atas, selang balik dari mesin ke radiator (Sebelah atas) udah di buka& dialirin beberapa menit.
5. maksud ane oli campur airnya lumayan banyak di reservoir & radiator
gak berair lagi ?
3. Oke bro tar di coba pakai sunlight
4. minggu kemarin dah di alirin dari atas, selang balik dari mesin ke radiator (Sebelah atas) udah di buka& dialirin beberapa menit.
5. maksud ane oli campur airnya lumayan banyak di reservoir & radiator
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Oli rembes ke Radiator
Sori bro, itu oli merembes ke dalam radiator. Bongkar silinder head lagi. Kali pakingnya yg bocor atau ngencengin bautnya salah.
Ready to Race
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Aug 14, 2012 1:59
Re: Oli rembes ke Radiator
Bro asudarsono.... logikanya kalo paking bocor air masuk ke mesin, ini olinya cuma ada di radiator aja, bautnya udah dikencengin pake kunci moment sampe 60...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Oli rembes ke Radiator
Klo mau benar2 yakin selain cek via dipstick, ditap/drain lg aja olinya.
Klo mmg disitu gak ada air, artinya aman. Dan pendapat montir tsb masuk akal.
Klo oli msh baik, gak urgent jg ganti lg, masukin lg aja, dg disaring tentu saja.
Kayaknya tiap mesin tu ada baut water drain deh..jd klo baut itu dibuka, maka bisa digelontor lg dg masukin selang lsg ke mulut waterpump.
Sygnya terios tu ga ada pemanas kabin ya?
Klo ada, bs mjd lobang buat gelontor pk selang jg.
slh satu hal yg membuat pndpt mekanik tsb masuk akal jg adlh bhw minyak tu BJ nya lbh ringan drpd air, jd ketika brhenti berputar, maka dia akan berada diatas air, shg dia lah yg pertama kali terdorong ke reservoir ketika kondisi panas sesaat stlh mesin dimatikan.
Gitu gak?
Btw, mohon share, itu kejadian overheatnya gmana bro?
Penyebabnya apa? gejala awal sbnernya udah berasa gak? Berasanya gimana? Lalu tiba2 mogok di tol atau gimana? Pd saat jalan kencang atau krn hbs macet2?
Klo mmg disitu gak ada air, artinya aman. Dan pendapat montir tsb masuk akal.
Klo oli msh baik, gak urgent jg ganti lg, masukin lg aja, dg disaring tentu saja.
Kayaknya tiap mesin tu ada baut water drain deh..jd klo baut itu dibuka, maka bisa digelontor lg dg masukin selang lsg ke mulut waterpump.
Sygnya terios tu ga ada pemanas kabin ya?
Klo ada, bs mjd lobang buat gelontor pk selang jg.
slh satu hal yg membuat pndpt mekanik tsb masuk akal jg adlh bhw minyak tu BJ nya lbh ringan drpd air, jd ketika brhenti berputar, maka dia akan berada diatas air, shg dia lah yg pertama kali terdorong ke reservoir ketika kondisi panas sesaat stlh mesin dimatikan.
Gitu gak?
Btw, mohon share, itu kejadian overheatnya gmana bro?
Penyebabnya apa? gejala awal sbnernya udah berasa gak? Berasanya gimana? Lalu tiba2 mogok di tol atau gimana? Pd saat jalan kencang atau krn hbs macet2?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Oli rembes ke Radiator
nah ane suka gaya master satu iniy_anjasrana wrote:
waduuhhh.... sayang bgt migornya koq dibuang sih.......![]()

wah benar2 master (interogasi) dateng2 nyodorin delapan tanda tanyaandy1800 wrote:Klo mau benar2 yakin selain cek via dipstick, ditap/drain lg aja olinya.
Klo mmg disitu gak ada air, artinya aman. Dan pendapat montir tsb masuk akal.
Klo oli msh baik, gak urgent jg ganti lg, masukin lg aja, dg disaring tentu saja.
Kayaknya tiap mesin tu ada baut water drain deh..jd klo baut itu dibuka, maka bisa digelontor lg dg masukin selang lsg ke mulut waterpump.
Sygnya terios tu ga ada pemanas kabin ya?
Klo ada, bs mjd lobang buat gelontor pk selang jg.
slh satu hal yg membuat pndpt mekanik tsb masuk akal jg adlh bhw minyak tu BJ nya lbh ringan drpd air, jd ketika brhenti berputar, maka dia akan berada diatas air, shg dia lah yg pertama kali terdorong ke reservoir ketika kondisi panas sesaat stlh mesin dimatikan.
Gitu gak?
Btw, mohon share, itu kejadian overheatnya gmana bro?
Penyebabnya apa? gejala awal sbnernya udah berasa gak? Berasanya gimana? Lalu tiba2 mogok di tol atau gimana? Pd saat jalan kencang atau krn hbs macet2?
tapi sarannya baik juga
kalau bisa sih mobilnya jangan dipakai dulu, biar aman dan yakin bener

Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Oli rembes ke Radiator
Kalau kita buka tap air radiator, semua yg wujudnya cairan akan keluar ke bawah.
Sisa oli yg kalau pun masih terperangkap, akan menguap, karena titik uap oli 70C, sedangkan suhu kerja air pendingin 90C.
Kalau udah 3 kali ganti air radiator masih ketemu oli, berarti itu oli yg baru, tinggal cari masuknya dari mana. Apalagi udah kena radiator flush, jangankan oli, kerak yg keras aja keluar.
Sisa oli yg kalau pun masih terperangkap, akan menguap, karena titik uap oli 70C, sedangkan suhu kerja air pendingin 90C.
Kalau udah 3 kali ganti air radiator masih ketemu oli, berarti itu oli yg baru, tinggal cari masuknya dari mana. Apalagi udah kena radiator flush, jangankan oli, kerak yg keras aja keluar.
Ready to Race
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Aug 14, 2012 1:59
Re: Oli rembes ke Radiator
andy1800 wrote:Klo mau benar2 yakin selain cek via dipstick, ditap/drain lg aja olinya.
Klo mmg disitu gak ada air, artinya aman. Dan pendapat montir tsb masuk akal.
Klo oli msh baik, gak urgent jg ganti lg, masukin lg aja, dg disaring tentu saja.
Kayaknya tiap mesin tu ada baut water drain deh..jd klo baut itu dibuka, maka bisa digelontor lg dg masukin selang lsg ke mulut waterpump.
Sygnya terios tu ga ada pemanas kabin ya?
Klo ada, bs mjd lobang buat gelontor pk selang jg.
slh satu hal yg membuat pndpt mekanik tsb masuk akal jg adlh bhw minyak tu BJ nya lbh ringan drpd air, jd ketika brhenti berputar, maka dia akan berada diatas air, shg dia lah yg pertama kali terdorong ke reservoir ketika kondisi panas sesaat stlh mesin dimatikan.
Gitu gak?
Btw, mohon share, itu kejadian overheatnya gmana bro?
Penyebabnya apa? gejala awal sbnernya udah berasa gak? Berasanya gimana? Lalu tiba2 mogok di tol atau gimana? Pd saat jalan kencang atau krn hbs macet2?
Last edited by zulkarnaen siregar on Tue Jun 04, 2013 3:32, edited 1 time in total.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Aug 14, 2012 1:59
Re: Oli rembes ke Radiator
saat Overheat, kebetulan bukan saya yg bawa, katanya saat masuk tol udah terdengar bunyi yg nggak normal, tapi di hajar terus ama sopirnya & sptnya dia gak liat indikator temperatur, stlh kira2 6 km & saat masuk GT tol JOR, mesin langsung mati, yg bikin tambah parah, langsung diisi air pd saat mesin masih panas....
kalau dilihat dr kerusakannya, sptnya awal masalah terjadi kebocoran radiator, tapi nggak disadari kalo temp udah tinggi ama yg bawa mblnya.....
kalau dilihat dr kerusakannya, sptnya awal masalah terjadi kebocoran radiator, tapi nggak disadari kalo temp udah tinggi ama yg bawa mblnya.....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Oli rembes ke Radiator
Taun 2008.. Hmmmmm mestinya dengan proper care dan proper use, radiator blom kalah kl umur baru 5 taun. Semestinya yah..
Udalah uda terjadi.

Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Oli rembes ke Radiator
Sebentar....asudarsono wrote:Kalau kita buka tap air radiator, semua yg wujudnya cairan akan keluar ke bawah.
Sisa oli yg kalau pun masih terperangkap, akan menguap, karena titik uap oli 70C, sedangkan suhu kerja air pendingin 90C.
Kalau udah 3 kali ganti air radiator masih ketemu oli, berarti itu oli yg baru, tinggal cari masuknya dari mana. Apalagi udah kena radiator flush, jangankan oli, kerak yg keras aja keluar.
Yang dimaksud titik uap oli itu apa ya?
Apakah sama dengan Flash point?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Oli rembes ke Radiator
Suhu di mana oli menguap. Makanya di tutup radiator ada buih oli, itu hasil kondensasi olinya.
Harusnya seminggu jua sisa oli (kalau pun ada) akan hilang / habis.
Kalau olinya makin hari makin banyak, tinggal bertanya dari mana asal olinya?
Harusnya seminggu jua sisa oli (kalau pun ada) akan hilang / habis.
Kalau olinya makin hari makin banyak, tinggal bertanya dari mana asal olinya?
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Oli rembes ke Radiator
menguap tu maksudnya kemana sih?
bukannya air radiator tu gak pernah menguap ke udara bebas?
bukannya air radiator tu gak pernah menguap ke udara bebas?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Oli rembes ke Radiator
Maksud gue oli yg terperangkap dalam radiator.
kalau air radiator emang gak menguap.
kalau air radiator emang gak menguap.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Oli rembes ke Radiator
Ouw...gitu ya pak...asudarsono wrote:Suhu di mana oli menguap. Makanya di tutup radiator ada buih oli, itu hasil kondensasi olinya.
Harusnya seminggu jua sisa oli (kalau pun ada) akan hilang / habis.
Kalau olinya makin hari makin banyak, tinggal bertanya dari mana asal olinya?
Saya kira sama dengan flash point, secara kalau saya baca data teknis oli, flash point oli ini rata rata angkanya sudah ratusan (100 - 200++) centigrade
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 291
- Joined: Mon Nov 19, 2012 6:45
Re: Oli rembes ke Radiator
Dulu pernah kejadian , ada olie di radiator , terjadi setelah ganti oli , ternyata ganti filter oli , orangnya main ktok filter olie mungkin karna keras buka nya, akibatnya dibawah filter oli itu pecah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Oli rembes ke Radiator
ga ada updateannya nih?? 
untung dulu selama 5 taun pake terios ga pernah kejadian overheat
electric fan aja baru ane ganti di taun ke-5. itupun bukan karena rusak tapi ane takut aja tiba2 electric fan mati di jalan
radiator kadang2 ane tambahin air biasa doang. ga pernah bermasalah sampe taun ke-5
paling penyebab overheat nya kalo rushter ga jauh2 dari electric fan nih

untung dulu selama 5 taun pake terios ga pernah kejadian overheat
electric fan aja baru ane ganti di taun ke-5. itupun bukan karena rusak tapi ane takut aja tiba2 electric fan mati di jalan
radiator kadang2 ane tambahin air biasa doang. ga pernah bermasalah sampe taun ke-5
paling penyebab overheat nya kalo rushter ga jauh2 dari electric fan nih
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli rembes ke Radiator
mobil sampe overheat, bukti kuat bahwa pemilik/pengemudi tidak perduli dengan kondisi mobil. taunya cuma pakai, tapi nggak mau meluangkan beberapa menit buat periksa ruang mesin dan nggak mau perduli dengan indikator temperatur.
atau jangan-jangan nggak mengerti apa guna indikator temperatur?
atau jangan-jangan nggak mengerti apa guna indikator temperatur?

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli rembes ke Radiator
hehehe....nggak sedikit yg spt itu......termasuk yg punya mobil2 mahalmarmut wrote:mobil sampe overheat, bukti kuat bahwa pemilik/pengemudi tidak perduli dengan kondisi mobil. taunya cuma pakai, tapi nggak mau meluangkan beberapa menit buat periksa ruang mesin dan nggak mau perduli dengan indikator temperatur.
atau jangan-jangan nggak mengerti apa guna indikator temperatur?
Coba aja nih yah dr sekian banyak pemilik mobil, brp banyak yg pernah baca buku manual.....berapa banyak yg sampe mobil dijual kembali buku manual masih mulus tak tersentuh.......hehehehehehehehe

* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli rembes ke Radiator
@ Turboman, sisi baik dari keberadaan orang-orang seperti itu adalah, bengkel jadi ada pemasukan dan mekanik bisa tetep bekerja.