sorry baru bisa balas pak Torry... proyeknya pak ronny kayaknya udah kelar tuh, turbo nya pake Garrett 04, bisa dapat 176 HP, matic. seharusnya bisa lebih dari itu, tapi gak CVT friendly..... CVT nya honda jazz (katanya unit yang sama terpasang di oddyssey juga) sanggup menghandle sampai 180HP saja, diatas itu diperkirakan berumur pendek....frontier wrote:Oh.. maksudku, Pak Piter itu tau tentang Jazz Turbo proyeknya Ronny SS Performance.... mungkin bukan Jazz-nya Pak Piter, atau mungkin Pak Piter akan pasang turbo juga ?
TURBOCHARGER / SUPERCHARGER for HONDA JAZZ VTEC & i-DSi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Bung piterr ... bisa gak ya .. dapetin info lebih specific tentang garett 04 nya ... trim berapa ya ? ... yang 50 atau yang 60 ?. Tq before.piterr wrote: sorry baru bisa balas pak Torry... proyeknya pak ronny kayaknya udah kelar tuh, turbo nya pake Garrett 04, bisa dapat 176 HP, matic. seharusnya bisa lebih dari itu, tapi gak CVT friendly..... CVT nya honda jazz (katanya unit yang sama terpasang di oddyssey juga) sanggup menghandle sampai 180HP saja, diatas itu diperkirakan berumur pendek....

Mungkin paling aman diset aja Turbo Garret itu sampai dapet 165-an HP aja udah lebih dari cukup, mengingat bobot Jazz yang cuma 1050-1075 kg. Yang penting aman bagi CVT dan parts lain. Toh udah lebih besar ratio HP terhadap bobot mobil Jazz, dibandingkan misalnya Volvo Turbo Pak Penyu yang hampir 2 Ton beratnya dengan 160 HP. Turbo Garett O4 ya ? Menurut info Kang Ronny via sms, semuanya bolt-on, tidak perlu ada yang custom made (ngakal2i). Cuman blum tau berapa harga + biaya pasangnya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Jul 23, 2006 5:18
- Location: Jakarta..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Jul 23, 2006 5:18
- Location: Jakarta..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Jul 23, 2006 5:18
- Location: Jakarta..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Jul 23, 2006 5:18
- Location: Jakarta..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
- Location: Jakarta
TURBO JAZZ
yang pasti modifikasi ini tidak di rekomendasi untuk JAZZ MATIC, baik IDSI ataupun VTEC. Force Induction ini akan mengacaukan operasi CVT, bung penyuturbo, apakah ini ada hubungannya antara system vacuum pada CVT?
B20B DOHC VTEC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: TURBO JAZZ
Pada CVT bukannya vacuum yang bekerja tapi Hydraulic Oil Pressure, yang menggerakkan Pulley (Driving and Driven Pulley).FERIOB20B wrote:yang pasti modifikasi ini tidak di rekomendasi untuk JAZZ MATIC, baik IDSI ataupun VTEC. Force Induction ini akan mengacaukan operasi CVT, bung penyuturbo, apakah ini ada hubungannya antara system vacuum pada CVT?
Walaupun ada beberapa type CVT, Pulley Driven Belt, Roller Power dan Hydromechanical ... namun yang kebanyakan digunakan di kendaraan bermotor ber kapasitas mesin sampai pada 2000 adalah yang jenis Pulley Driven Belt. Untuk kendaraan berat make yang Hydromechanical ... sedang nissan yang berkapasitas lebih dari 2000 cc cenderung menggunakan Roller Power.
Yang jadi masalah adalah kekuatan BELT ini dan juga multi layer clutch system yang menhubungkan antara DRIVEN PULLEY dengan DRIVE SHAFT. Sekalipun ada safety factor ... namun jika berlebihan menambah power pada engine, maka yang nggak tahan adalah Drive Belt dan multi clutch system-nya.
Hydraulic Oil Pressure dikendalikan oleh banyak sensor ... seperti misalnya Engine Speed (RPM) sensor, Vehicle Speed Sensor, Throttle Position Sensor ... Brake ON-OFF Sensor ... dsb ... dsb, yang tiba gilirannya akan menggerakkan piston pada drive dan driven pulleys, melebar atau menyempit.
Modifikasi bisa-bisa aja sih, hanya nambah power ... sampai batas berapa ... itu pertanyaan yang susah dijawab ... karena nggak tahu karakteristik Steel Belt dan Multi Layer Clutch-nya. Pak Pitter pernah mengatakan kalau maksium power upgrade honda Jazz supaya CVT-nya nggak jebol sampai 170 HP.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: TURBO JAZZ
Pertanyaan ini ada logikanya juga. Bahwa pengendalian motor listrik untuk mengatur tekanan hidrolis pada pulley CVT, salah satu inputan nya adalah beban mesin (engine load).FERIOB20B wrote:Force Induction ini akan mengacaukan operasi CVT, bung penyuturbo, apakah ini ada hubungannya antara system vacuum pada CVT?
Engine load sendiri bisa diambil dari sensor posisi throttle atau VACUUM pada intake manifold. Perubahan posisi throttle akan mengakibatkan perubahan vacuum pada manifold (hubungan secara langsung). Yang jadi permasalahan, jika pengambilan parameter engine load adalah dari vacuum intake manifold, maka tidak akan akurat ... karena vacuum intake manifold ini dipengaruhi banyak faktor. Sedang jika diambil dari sensor posisi throttle tingkat akurasinya jauh lebih baik.
Untuk mesin yang sehat, pada saat idle ... vacuum berada pada minus 19-21 Inch HG dan pada WOT (Wide Open Throttle) vacuum akan menunjukkan 0 Inch HG. Akan tetapi jika terjadi kebocoran pada vacuum hoses, intake manifold gasket, exhaust manifold gasket, kerusakan head gasket, mampetnya catalytic converter, misfire ignition ... maka pembacaan vacuum tidak akurat lagi. Contohmya, jika ada kebocoran pada intake manifold gasket, maka pembacaan vacuum akan berada pada angka minus 5 Inch HG, walaupun idle atau WOT.
Apabila parameter inputan yang masuk ke ECU (kemudian dikirim ke motor listrik) adalah dengan menggunakan skala vacuum minus 21 s/d 0 Inch HG ... maka modifikasi dengan menggunakan Supercharger atau turbocharger ... skalanya akan nggak bisa meng-identifikasi vacuum, karena super/turbo charger akan memberikan positive pressure (kebalikan vacuum).
IMO, pengambilan inputan beban mesin masuk ke ECU akan diambil dari SENSOR POSISI THROTTLE ... dan yang ini nggak bergantung pada kondisi vacuum dalam intake manifold.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: TURBO JAZZ
Kalau engine Ferio udah diganti dengan B20B ... jadi power banget nih ... !!! Berapa top speednya bung FERIOB20B

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
- Location: Jakarta
b20b
gak main top speed bung penyu, close ratio untuk circuit Sentul, estimated BHP engine 310HP, di dyno dynamics sekitar 240 WHP. The car hasnt been tested yet, soon for the lap timing, baru jadi, masih running in period.
B20B DOHC VTEC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: b20b
Ini sih ngalahin 850T5 ... yang steady cruising pada 240 kph.FERIOB20B wrote:gak main top speed bung penyu, close ratio untuk circuit Sentul, estimated BHP engine 310HP, di dyno dynamics sekitar 240 WHP. The car hasnt been tested yet, soon for the lap timing, baru jadi, masih running in period.
Running in period termasuk Bedding-in Brake Pad ?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Siap-siap nyetok Toluene dan ganti Rubber Fuel Hose to TEFLON Fuel Hose.frontier wrote:ya pak, saya sih awam aja... tapi cenderung setuju bahwa forced induction is not recommended for Jazz Matic... makanya cari jalan lain aja : light weight pulleys, throttle body, I/H/E, pengapian, lalu masukan yang terbaru dari Mas Ferio = ganti packing head dengan punya Jazz iDSI..

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
- Location: Jakarta
Saya cenderung tidak setuju penggunaan lightweight pulley pada crank shaft pada mobil harian, karena pada lightweight pulley tidak terdapat balancer rubber, untuk mesin yang tidak dibalance (alias standard dari pabrik) akan terjadi terlalu banyak getaran.frontier wrote:ya pak, saya sih awam aja... tapi cenderung setuju bahwa forced induction is not recommended for Jazz Matic... makanya cari jalan lain aja : light weight pulleys, throttle body, I/H/E, pengapian, lalu masukan yang terbaru dari Mas Ferio = ganti packing head dengan punya Jazz iDSI..
Pernah ada kasus pada CELICA temanku yang mesinnya terjadi masalah karena pulley2 lightweight.
Bagaimana penyuturbo, tolong dijelaskan, saya ngetiknya lambat hehehe
B20B DOHC VTEC