TURBOCHARGER / SUPERCHARGER for HONDA JAZZ VTEC & i-DSi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
TURBOCHARGER / SUPERCHARGER for HONDA JAZZ VTEC & i-DSi
Guys,
Gue denger2 sudah ada turbo kit (mungkin juga supercharger) available untuk honda jazz (VTEC dan atau i-DSi)... Mohon info kalo ada yang tau :
- Merk apa aja yang available, dan merk apa yang recommended ?
- Berapa harga incl. installation ?
- Dimana toko / bengkelnya ? di Sby sudah ada kah ?
- Hal-hal apa saja yang musti diperhatikan agar kondisi mesin dan performa Jazz Turbo tetap selalu prima ?
- Apakah turbo kit tersebut termasuk intercooler ?
- Berapa besar naiknya tenaga setelah dipasang turbo ? Top speed mencapai berapa kph ?
- Adakah rekan Jazzer yang sudah menggunakan turbo ? Please share info dan pengalamannya dooooong.........
Salam,
Frontier/Jeskoneng
Gue denger2 sudah ada turbo kit (mungkin juga supercharger) available untuk honda jazz (VTEC dan atau i-DSi)... Mohon info kalo ada yang tau :
- Merk apa aja yang available, dan merk apa yang recommended ?
- Berapa harga incl. installation ?
- Dimana toko / bengkelnya ? di Sby sudah ada kah ?
- Hal-hal apa saja yang musti diperhatikan agar kondisi mesin dan performa Jazz Turbo tetap selalu prima ?
- Apakah turbo kit tersebut termasuk intercooler ?
- Berapa besar naiknya tenaga setelah dipasang turbo ? Top speed mencapai berapa kph ?
- Adakah rekan Jazzer yang sudah menggunakan turbo ? Please share info dan pengalamannya dooooong.........
Salam,
Frontier/Jeskoneng
Ada info katanya turbo kit dedicated untuk Jazz merk JUN. Adakah yang tau ? Ada juga info, katanya CARMEN Turbo Specialist di Jakarta pernah masang turbo kit untuk Jazz VTEC, dan hasil dyno menunjukkan angka 182 HP..... Lalu kata mereka di milis Jazz Cyber Community, yang perlu diperhatikan mengenai turbo :
- musti lebih sering ganti oli mesin
- musti kurangi kompresi mesin
- musti pasang turbo timer
- boost turbo sedikit aja untuk harian, demi ketahanan mesin untuk jangka panjang
Adakah info lain yang spesifik ? tentang merk dan harga turbo kit, dimana adanya ?....
- musti lebih sering ganti oli mesin
- musti kurangi kompresi mesin
- musti pasang turbo timer
- boost turbo sedikit aja untuk harian, demi ketahanan mesin untuk jangka panjang
Adakah info lain yang spesifik ? tentang merk dan harga turbo kit, dimana adanya ?....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
wow....
Pas sore tadi ada Jazz yg pakai turbo intercooler di belakang saya di tol Jakarta - Tangerang, Jazz-nya itu yg ada stiker HANDY MOTOR yg pernah masuk di beberapa majalah itu lho... di Jazztuning juga ikut kalo ga salah....
Gile... bumper depannya sengaja dilepas gitu jadinya intercooler (ga jelas mereknya, kayanya sih GReddy, CMIIW) keliatan jelas dari spion saya....
Lumayan kencang juga nih mobil, kalo tadi jalan tol sepi sih, penasaran juga sama kecepatannya....
Pas sore tadi ada Jazz yg pakai turbo intercooler di belakang saya di tol Jakarta - Tangerang, Jazz-nya itu yg ada stiker HANDY MOTOR yg pernah masuk di beberapa majalah itu lho... di Jazztuning juga ikut kalo ga salah....
Gile... bumper depannya sengaja dilepas gitu jadinya intercooler (ga jelas mereknya, kayanya sih GReddy, CMIIW) keliatan jelas dari spion saya....
Lumayan kencang juga nih mobil, kalo tadi jalan tol sepi sih, penasaran juga sama kecepatannya....
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
boss Handlling,
masalahnya gue sudah telanjur mulai memodif jazz baru gue : copot CC, pasang header, Unichip.... tapi kok cuman tarikan aja yang terasa nambah... top speed kayaknya tetap segitu-gitunya aja, sekitar 180 kph.... Jadi gue mulai berpikir apalagi neh, untuk meningkatkan top-speed.... tapi gue juga diingetin oleh kawan2 di forum ini bahwa safey features Jazz telah dilucuti habis2an untuk pasar lokal kita, oleh karena itu gue juga buka topik tentang how to improve our car's stopping power (Brake Fluid Dot 4 vs Dot 3)... kan gak lucu kalo mobil kita larinya kenceng tapi susah brentinya... hehehehe..... Sedangkan di milis Jazz (ada 2 yang aku ikutin yaitu Jazz Fit Indonesia dan Jazz Cyber Community) gak banyak yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan performance mesin dan sistem rem......
masalahnya gue sudah telanjur mulai memodif jazz baru gue : copot CC, pasang header, Unichip.... tapi kok cuman tarikan aja yang terasa nambah... top speed kayaknya tetap segitu-gitunya aja, sekitar 180 kph.... Jadi gue mulai berpikir apalagi neh, untuk meningkatkan top-speed.... tapi gue juga diingetin oleh kawan2 di forum ini bahwa safey features Jazz telah dilucuti habis2an untuk pasar lokal kita, oleh karena itu gue juga buka topik tentang how to improve our car's stopping power (Brake Fluid Dot 4 vs Dot 3)... kan gak lucu kalo mobil kita larinya kenceng tapi susah brentinya... hehehehe..... Sedangkan di milis Jazz (ada 2 yang aku ikutin yaitu Jazz Fit Indonesia dan Jazz Cyber Community) gak banyak yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan performance mesin dan sistem rem......
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Frontier,
Untuk ningkatin TOP SPEED tentunya POWER mesti ditambah, walaupun ada KIT TURBOCHARGER, pikir-pikir dulu. Banyak yang mesti digenti komponen dalemnya. Kalau nggak bisa jebol tu komponen dalemnya.
Coba tambahkan dulu dalam tangki mobil 1 liter Toluene 100% dan 0.1 liter Dimetylketone 100%. Bung Frontier bisa melaju minimum 200 km/jam.
Selamat mencoba.
Untuk ningkatin TOP SPEED tentunya POWER mesti ditambah, walaupun ada KIT TURBOCHARGER, pikir-pikir dulu. Banyak yang mesti digenti komponen dalemnya. Kalau nggak bisa jebol tu komponen dalemnya.
Coba tambahkan dulu dalam tangki mobil 1 liter Toluene 100% dan 0.1 liter Dimetylketone 100%. Bung Frontier bisa melaju minimum 200 km/jam.
Selamat mencoba.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Beli Toluene di toko CAT, namanya THINNER tapi yang 100%.frontier wrote:Lalu setelah ditambah Toluen cs itu apakah tidak perlu re-setting timing pengapian dll ? Apakah penambahan toluen ini bisa diterapkan pada semua jenis mobil berbahan bakar bensin, lama ataupun baru ?
Untuk mobil-mobil baru, timing sudah di set dalam CHIP, maximum advanced dan Maximum Retard. Jadi CHIPS akan menyesuaikan dengan OCTANE BBM yang digunakan, ini dengan perantaraan KNOCK SENSOR.
Jadi setelah ditambahkan TOLUENE 100%, nggak perlu reset timing, biarkan ECU yang ngatur asalkan OCTANE BBM tidak dibawah nilai minimum untuk JAZZ.
Yang penting sekali adalah tambahan 200 cc ACETONE 100%. Acetone ini biasanya untuk ngluturin CAT KUKU (CUTEX). Acetone ini juga biasanya sebagai campuran Toluene untuk Thinner CAT.
Gue biasa beli di Carrefour, dah campuran sih, 60% Toluene, 20% Acetone dan 20% Metyl Acetate. Beli aja di Toko CAT.
Belum percaya kalau belum dicoba .......
Boss PenyuTurbo,
Apakah ada merk dagangnya kalo yang sudah berupa campuran yang tersedia di Carrefour ? kalo di toko cat, apakah bisa minta tokonya yang membuat campurannya ? Lalu apakah ada efek samping negatifnya terhadap komponen mesin dll ? for your info : ECU pada Jazz VTEC ku bisa di-rubah settingannya karena udah dipasangai Unichip Piggyback Computer yang tugasnya memang mengakali ECU bawaan mobil.
Apakah ada merk dagangnya kalo yang sudah berupa campuran yang tersedia di Carrefour ? kalo di toko cat, apakah bisa minta tokonya yang membuat campurannya ? Lalu apakah ada efek samping negatifnya terhadap komponen mesin dll ? for your info : ECU pada Jazz VTEC ku bisa di-rubah settingannya karena udah dipasangai Unichip Piggyback Computer yang tugasnya memang mengakali ECU bawaan mobil.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Merek dagangnya nggak ada. Lebih baik beli di toko CAT, dan minta yang 100%. Efek negatif sampingan pada komponen mesin ????, bukan negatif tapi malah positif. Ring Piston dan dinding silinder nggak cepat aus, umur mesin jadi panjang dan tentu saja power tetap tune punya.frontier wrote:Boss PenyuTurbo,
Apakah ada merk dagangnya kalo yang sudah berupa campuran yang tersedia di Carrefour ? kalo di toko cat, apakah bisa minta tokonya yang membuat campurannya ? Lalu apakah ada efek samping negatifnya terhadap komponen mesin dll ? for your info : ECU pada Jazz VTEC ku bisa di-rubah settingannya karena udah dipasangai Unichip Piggyback Computer yang tugasnya memang mengakali ECU bawaan mobil.
Walaupun settingnya ECU bisa diubah-ubah, tetap saja ada harga maximum dan minimumnya. Contohnya Maximum Advance Timing dan Minimum Retard Timing, tinggal ngeset signal dari Knock Sensor.
Ya Boss... nanti kubicarakan dengan Pak Singgih, boss bengkel GUT Surabaya... setelah di-reset Unichip-nya, aku mau minta print-out hasil dyno test Dastek...... lalu aku laporkan di forum ini... kalo perlu setelah ditambah toluene & acetone, minta di dyno test lagi supaya jelas nampak bedanya dibandingkan dengan tanpa toluene & acetone....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Jika Dyno Test-nya menggunakan Skala HP untuk power dan lb.ft untuk Torque, maka kedua Grafik harus berpotongan di RPM = 5252.frontier wrote:Ya Boss... nanti kubicarakan dengan Pak Singgih, boss bengkel GUT Surabaya... setelah di-reset Unichip-nya, aku mau minta print-out hasil dyno test Dastek...... lalu aku laporkan di forum ini... kalo perlu setelah ditambah toluene & acetone, minta di dyno test lagi supaya jelas nampak bedanya dibandingkan dengan tanpa toluene & acetone....
Formula : POWER = TORQUE x RPM/5252.
Pada saat RPM mencapai 5252, maka POWER = TORQUE.
Titik perpotongan grafik power & torque
apakah rumus patokan 5252 RPM sebagai titik perpotongan grafik power & torque itu hanya berlaku untuk Honda Jazz VTEC Matic atau berlaku untuk semua / any car ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: Titik perpotongan grafik power & torque
General formula for any car.frontier wrote:apakah rumus patokan 5252 RPM sebagai titik perpotongan grafik power & torque itu hanya berlaku untuk Honda Jazz VTEC Matic atau berlaku untuk semua / any car ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Woooaaa yang ini mesti ngelihat dulu hasil dyno testnya. Maximum Power ada di RPM berapa, kemudian Torque Maksimum ada di RPM berapa. Lalu GEAR RATIO-nya JAZZ. Baru kita bisa ngobrol gimana mau ngetest tarikannya.frontier wrote:jadi kalo kita mau test tarikan mbl kita, kalo ada shift light, diset di 5252 RPM ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Back to original Topic, dari milis Jazz-Fit-Club ada berita katanya sudah tersedia Supercharger Mugen untuk Jazz/Fit.... tenaga jadi 145 HP. Torsi bawah melimpah, tanpa turbo-lag, gesit untuk pemakaian dalam kota, maintenance tidak seribet Turbocharger... Mungkin ada yang bisa share info lebih rinci ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Wah ini Boss Frontier udah mulai banyak modifnya. Bisa-bisa mesin diubah ke 2 liter jadi punya tenaga 260 HP. Brake Disk ganti Bremo punya, depan 282 mm dan belakan 252 mm. Velg 17 inche dan ban 205/40/17.frontier wrote:Back to original Topic, dari milis Jazz-Fit-Club ada berita katanya sudah tersedia Supercharger Mugen untuk Jazz/Fit.... tenaga jadi 145 HP. Torsi bawah melimpah, tanpa turbo-lag, gesit untuk pemakaian dalam kota, maintenance tidak seribet Turbocharger... Mungkin ada yang bisa share info lebih rinci ?
Coba masuk ke :
http://www.mugen-power.com/street/04fitmt/index.html
Honda Tuning featured Mugen's latest project, the Fit Dynamite:
http://www.mugen-power.com/topics/d...0108/index.html
Nanti kan kepingin.
Setelah itu masuk ke : http://www.kingmotorsports.com/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Pak PenyuTurbo,
hehehe... pelan2 lah modifikasi atas Jazz V-TEC Matic ku... bertahap aja.. sekarang ini lagi nunggu mas Indar bengkel CMS Surabaya, katanya dia sudahpesen beberapa unit supercharger tapi belum tiba. Biar beberapa Jazz sebagai test car dulu.. kalo sudah sip baru aku ikutan pasang supercharger. Sementara itu, modif yang kecil2 dulu : mulai pasang unichip, header, copot Cat Conv, busi iridium, elemen filter udara JFC... sekarang lagi nyari velg ukuran 16 yang lebih ringan daripada velg standarnya...
hehehe... pelan2 lah modifikasi atas Jazz V-TEC Matic ku... bertahap aja.. sekarang ini lagi nunggu mas Indar bengkel CMS Surabaya, katanya dia sudahpesen beberapa unit supercharger tapi belum tiba. Biar beberapa Jazz sebagai test car dulu.. kalo sudah sip baru aku ikutan pasang supercharger. Sementara itu, modif yang kecil2 dulu : mulai pasang unichip, header, copot Cat Conv, busi iridium, elemen filter udara JFC... sekarang lagi nyari velg ukuran 16 yang lebih ringan daripada velg standarnya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
saya dukung deh modif jazznya, bung frontier.. hehe.. semoga bisa sampe 1500CC VTec nya bisa tembus 150 HP..
ATaw engine swap ama Integra Type R aja bung frontier? nendang deh... fastest Jazz in Indo..
EXteriornya diubah gak?Pake body kit fit dynamite aja... mantapppp
Mugen Fit dynamite emank keren banget tuhhh... temen ada yang import body kitnya.. gak taw dia masih ada stok apa nggak... dari carbon fibre gt deh.. ringan n kuat banget... bung frontier masi berminat maen exterior?
saya juga setuju ama bung Penyuturbo... ganti Brembo n pake RIms FOrged magnesium super lite 17 inches..
Kalo 16" mnurut ak masi kekecilan.... hehehe


Mugen Fit dynamite emank keren banget tuhhh... temen ada yang import body kitnya.. gak taw dia masih ada stok apa nggak... dari carbon fibre gt deh.. ringan n kuat banget... bung frontier masi berminat maen exterior?
saya juga setuju ama bung Penyuturbo... ganti Brembo n pake RIms FOrged magnesium super lite 17 inches..

modif jazz V-TEC
Bung Skullkid, trims atas simpatinya kpd Jazz-ku.. kayaknya untuk mencapai bobot yang ringan dan mengutamakan speed, lebih pas velg yang ukuran 16 aja.. apalagi kalo ketemu jalan kurang muyus... Soal rem ini juga mau aku konsultasikan kpd Boss Singgih di bengkel Gut motorsport Surabaya... mungkin kalipernya yang perlu diganti atau gimana.. Exterior standarnya sudah lumayan kok, mungkin kapan2 nyari body part (kap mesin atau pintu bagasi) yang berbahan carbon kevlar atau apa gitu yang ringan hehehe...