Pelan Pelan wrote:Salam saudara2 sebangsa dan setanah air,
ijinkan saya -fresh newbie- meminta saran dari bapak2 sekalian, boleh yah ? .. (#boleh lah).
Setelah sekian lama menumpak'i mobil gede2 sekarang mau mencoba merasakan menumpak'i mobil kecil,
konon katanya persentase mobil kecil kena dampak macet ibukota lebih kecil pula (#culundotcom)
selain konon lagi katanya perawatan mobil kecil lebih murah,
konsekuensi maboknya kan kalau pejabat2 semakin gila ber-korupsi maka rakyatnya harus hidup lebih hemat (he2)
Minta saran yah dari beberapa pilihan di bawah ini, terutama bagi bapak2 yg sudah berpengalaman,
plus minus bengkelnya, performanya, penjualan spare part-nya, etc ;
1. Mitsubishi Mirage.
2. Daihatsu Sirion.
3. Toyota Etios.
4. Suzuki Splash.
5. KIA Picanto.
6. boleh ditambah sarannya, yg penting masuk budget saya 140jt-an.
Memang saya simak sudah banyak diskusi2 serupa dari thread yg lama2,
tapi mohon maap-lah kalau saya minta sedikit review-nya lagi,
barangkali saja di tahun 2013 ini sdh banyak perubahan.
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan tararéngkyu.

Om, ini menurut gue dan ini sangat subyektif, jadi belum tentu sama dengan pendapat yg lainnya.
1. Mitsubishi Mirage, pernah TD, menurut gue ini yg interiornya paling bagus, kelihatan mewah. Karena CVT ini yg paling alus. Kalau soal power, nggak ada yg istimewa karena ini mobil 3 silinder 1200cc. Diskon lumayan, tapi nggak terlalu gede (waktu itu dikasih diskon 17 juta). Untuk varian termahalnya sudah ada airbag (1 di sopir) dan ABS. Kompresi 10,5:1 (kalau aturannya sih kompresi segini harusnya pakai pertamax 95, tapi nggak tau juga apakah masih OK kalau dipakein premium?). Keliatannya nih mobil kecil banget, tapi did alamnya lumayan lega kok, nggak tau apa perasaan aja atau gimana hehehee. Keiritan, nggak tau deh, soalnya TD doang. After sales service, nggak comment, karena nggak punya mitsubishi. Kalau soal Mirage, Om Anjas ahlinya.
2. Daihatsu Sirion, pernah TD, ini sebenernya yg gue demen, dulu mau beli buat bini cuman sayangnya nggak ada airbag dan remnya masih belum ABS jadi terpaksa dilewatin aja. Kabinnya lega. Powernya bagus, lebih bagus dari Mirage dan Picanto,. Mesinnya masuk ke 1300 cc (diskonnya 16 juta waktu itu ya). Kompresi 10:1 (CMIIW) harusnya pake Pertamax 92, tapi mesinnya ini kan sama dengan Xenia ya, dan setau gue Xenia juga diisi premium oktan 88 sih lancar-lancar aja (nggak tau lama-lama ngelitik atau enggak). After sales service Daihatsu bagus karena juga bagian dari Astra Group (Astra Daihatsu). Dulu gue punya Terios, dan selalu puas kalau ke beresnya.
3. Toyota Etios, nggak comment karena belum pernah TD. Cuman masih belum ada maticnya dan nggak ada diskon. Tapi yg jelas after sales service tentunya bagus karena jaringan ATPM Toyota ada dimana-mana dan selama gue pake toyota, selalu memuaskan.
4. KIA Picanto, iseng TD aja tapi nggak niat beli, soalnya beresnya nggak ada yg deket rumah, males repotnya. Powernya ( mesin 1250 cc kalau gak salah, 4 silinder) walaupun diatas kertas lebih tinggi dari Mirage tapi masih dibawah Sirion, jadi nggak ada yg istimewa juga. Karena nggak niat beli jadi nggak banyak merhatiin. Apalagi waktu itu diskonnya cuma 4 juta. After sales service, nggak tau deh, nggak pernah punya KIA.
5. Suzuki Splash, nggak sempet TD, karena waktu itu belum ada maticnya. Tapi kalau menurut penerawangan sekilas, yg gue suka dari mobil ini adalah kelihatannya GC paling tinggi diantara kompetitornya, ini berguna buat nerjang genangan air. Barusan kemarin ngobrol sama sales suzuki, untuk yang matic masih belum ada diskon.
6. Nissan March, sempet TD tapi nggak sreg, jadi nggak merhatiin. Apalagi abis berita rame-rame gugat menggugat, jadi males heheheheh
Pelan Pelan wrote:andy1800 wrote:Brio klo ingin honda. Diatas kertas, PWR lbh baik. Cm ya krn mmg cc nya bukan kelas 1200, brartti ada konsekuesnsinya: less irit drpd miras.
Brio kan harganya 160an masbro, kantong saya ga kuat .. haha
udah gitu Honda mah pelit diskon, setali tiga uang sama Suzuki yah ;P
7. Honda Brio.
Agak panjang dikit ya, karena kebetulan gue punya yg type E A/T, walopun jarang banget pake, karena emang mobilnya bini gue. Kalau dari pricelist Brio emang paling tinggi, tapi dengan diskon sampe 30an juta, harga akhirnya justru lebih murah daripada yg lainnya. Performance mobil ini paling bagus diantara citycar yg sekelas, powernya paling gede dibanding dengan lainnya, mesin karena 1300 cc (malah lebih), 4 silinder. Mobil ini akselerasinya bagus banget, kenceng banget, tapi gue nggak pernah geber diatas 120 kpj, soalnya ngeri juga mobilnya kecil dibawa kenceng, berasanya kok anginnya kenceng hehehehe.
Fitur safetynya paling komplit, 2 airbag, EBD dan ABS plus teknologi G-COn+ACE (lupa itu singkatan dari apa) yang konon kabarnya berguna untuk menyerap benturan serta melindungi kabin penumpang kalau terjadi benturan atau tabrakan. Kalau interior, waduuuhhhhh.... ala kadarnya banget, kalah kalau dibandingkan Mirage. Brio ini walaupun rasio kompresinya tinggi 10,5:1, tapi di manual booknya dicantumkan recommended minimum RON 88 (bensin premium pertamina), jadi pasti aman pake premium, lha wong pabriknya udah rekomendasiin kok. Maksud gue, diisi premium bukan karena karena suka-suka yg make, tapi emang pabriknya memang memperbolehkan. Kalau keiritan, sama aja kali ya, atau bahkan lebih boros dikit, karena gue pakai dalam kota belum pernah nembus diatas 1:12. Jadi walaupun ada yg bilang pernah pake dengan konsumsi BBM 1:15 atau 1:17, tapi kalau gue sendiri terus terang belum pernah nembus diatas 1:12, ya nggak ngaruh significant juga buat dompet, lha wong bensinnya juga premium kok hehehehe.
Bentuknya kalau diperhatiin... mirip seterika

tapi ya nggak apa-apa, yg lainnya juga ada yg mirip kutu ada yg mirip cetakan agar-agar, ada yg diliat dari depan kayak orang manyun
After sales service, bagus, bengkel Honda juga banyak.
Silahkan dipilih-pilih dan dipertimbangkan semuanya......