y_anjasrana wrote:klu berubah dimaki2 fanboi jeep, tp klu ga berubah ga laku produknya.
sedangkan para fanboi umumnya udah punya, jd ga bakal beli jg. wajar aja jeep milih berubah.... biarin dah dimaki2, yg penting jeepnya ga sampe tutup....

Nope.
Justru survei internal membuktikan, mayoritas pembeli Jeep® unit baru adalah yg UDAH pernah punya Jeep® sbelumnya, om.
Yg menarik bagi para analis saat ini, mengingat cukup ramainya debat sekarang mengenai tampang eksterior plus layout mesin si Cherokee KL yg 'kontroversial' ini, adalah:
Apakah pembeli Jeep® unit baru yg newcomer (pertama kali punya Jeep®), yg tertarik beli Jeep® Cherokee ini krn bentuk manisnya, AKAN BERIMBANG dgn resiko kehilangan (calon) pembeli dr kutub lainnya yaitu yg berasal dr internal alias yg udah pernah punya Jeep® dan memutuskan ngga beli Cherokee justru krn tampang manisnya ini? Inilah resiko dilematis yg dihadapi Jeep® Cherokee KL ini. Dapet pembeli baru, keilangan pembeli lama.
Di sini poin menariknya. Jd bukan sekedar extinct ato tidak. Justru Jeep® selama ini idup dr customer loyalnya.
Dan bukan HANYA model yg kontroversial, tp mesin yg layoutnya berubah ini jadi gong kejutan tambahan.
Yah gini inilah hasil kawin ama FIAT.
Yah gini inilah kalo benchmarknya RAV4 dan CRV.
Mending kl stylingnya keren skalian kek CRV. Lha ini? TERLEPAS dr ini Jeep® ato bukan, tetep aja pd setuju tampangnya jelek kan?
TOH, yg jg disesalin customer lama, kl mo saingan ama RAV4 ato CRV sbg benchmarking Cherokee KL, knapa nggak didelegasiin aja ke Patriot? Naikin kelasnya, bagusin, suruh berkelahi ama RAV4 CRV. Sesama transverse FWD/AWD.
Si Cherokee biar aja bersama Grand Cherokee tetep buat yg traditional fanboy. Ini poin lanjutannya.
FYI, taun 80an Ford Detroit pernah berencana ngubah Mustang yg ikonik itu jd FWD, batal karena ditentang abis2an fanboynya.
Kita tunggu aja soal si Cherokee KL ini.