farhan shidiq wrote:Thx kakak2 penjelasannya
Omong2 kalau kalau AWDnya ini bisa oprut gak?
-HRV
-CRV gen 1
-Captiva
-XV (sama gak kyk forester?)
-X5 (BMW loh, kalau diterjemahin ke romawi jadinya XV juga yah

)
-Q7
-OS, di iklannya kana ada tuh dia lewatin medan offroad
semua mbl ya bisa oprut...... tergantung definisi ente oprut tuh apa............
weleh gtw om......... blm pernah punya n make.......
gw cuma bisa ngeanalisa garis besar aja dri kertas n liat orng atw liat utube semua orng jg bisa kan hehe
HRV n CRV gw g tw om.......

software awd nya kya gmn blom tw n klw ada tombol partimenya ya bearti bagus... klw engga yaaa

sengaknya pasti lebih baik dari FWD.
dgn RWD......... ntar dulu gimana jalurnya.
masalahnya bukan di AWD atw bukan tp di FISSnya yg low travel.
liat d yutub user2 yg oprut pke crv kya kurang asik awdnya dlm ngebagi daya...
captiva....... pure automatic juga... g ada partime.... g ada kepastian kapan dia ngebagi dayanya at least kebantu control traksi dan esp hehehe

observasi utube..... nope sometimes failed to distribute power........
well tetep sangat kepake dri pada 4x2 sih pastinya

emang mw kmn pke mbl FISS?
XV itu impreza gen 4 hactback yg pke ban lebih besar... dan yg namanya subaru sistem awdnya hampir sama aja mw bwat SUV atw sedan.... sedan impreza jg ada yg pke lowgear.... hehehe

d subaru sistem awdnya juga pure automatic g ada partime atw pilihan apapun kec di STI impreza atw forester STI ada bias control ini bisa di manualin mw torque lebih banyak ke gardan depan atau lebih banyak ke belakang... wkwkwk untuk gegeberan cucok tu....

soal centerdiffnya sih salah satu yg pling baik dalem ngebagi dayanya ke depan dan blkng sesuai kebutuhan.... tinggal urusan kontrol traksi aja ngebagi kanan dan kirinya, kompensasi minim travel.
masalahnya subaru pastinya bukan bwat oprut berat... kaki2 fiss, desain bodynya krng extreme contour friendly karna approach angle rambreak over dan departure angle kurang baik....
but well mw kmn sih pke fiss... hehe

bwat light oprut ke kebon n turing, dalkot dan escaped from urgent event sih sangat cukup..
asal g disengaja *nyari2* gtu ala orng demam lumpur.... haha
X5 idem ma yg di atas2 bmw memang g ngedesain untuk oprut berat......
Q7,touareg,rangerover,grandcherokee WK2 cayenne, klw g salah lebih kearah oproder mewah n canggih........lowgear center n rear difflock, terrainresponse dgn bnyk mode n selektor ada semua......
semuanya FISS jd terbatas travel suspensinya, some too heavy, other got bad approach angle...
for offroad? well its too complicated, too pricey to fix, too many electronics and fancy luxurious things

well yah ini ya terserah aja, klw masih masih bru g akan masalah.. masalah bawa ke beres, baret bawa ke asuransi wkwkwkw
OS gtw tah...... basisnya dri lancer, mestinya bagos juga... sebatas fissnya aja...
ngebedain kemampuan suv bukan dari awd 4wd 4x4bla blanya jg bukan dri monokok or ladder frame
tp liat dri suspensinya dan desain rancang bangun bodynya.
