Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by ricz »

Nightster Guy wrote:Mantebbb.. Postingan copastnya dicounter dengan elegan dan analitis berbasis logika teknis sederhana oleh om Anjas, mbah VM, dll ...

Include genk oot trio BOMbers yg tumben2an nggak (terlalu) jumpalitan oot dimarih ...

Monggo om RV, balik counter dulu post om Anjas dan VM, kira2 apa analisa anda utk 'membela' si owner yg teriak2 di media tsb?

Nggak usah berbelit teknis apalah yg berat2. Ringan santai ajalah tanpa emosi lebay dan bengak-bengok yg tdk perlu.

Kita discuss aja coba, apa opini/argumen om RV selaku 'pengacara konsumen Toyota yg tidak puas'.

Ditunggu.. :)
Yang ada si RV makin menjadi jadi postingannya... :frm_bang_head:
Nanti cuap2 mengenai batu makam, mulai dari resale value GT-R lebih baik dari avanza.. :big_slap:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Turboman »

Kira2 beliau orang manakah ?

Bule atau India ?
Sithlord wrote:Bung handling, blepotan juga ngak papa. Tinggal ambil tissue di lap beres !

Dan harus di latih, baru bisa maju inggrisnya. Ngak di latih nanti karatan lo !

Indo saya juga blepotan. Thats why saya coba pakai Indo. Cuman kadang mau ngomong banyak, sering ngak sadar keselip inggris.

CUT
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Primatech
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Primatech »

Two way monologue..

Yang satu mengungkap keburukan suatu brand, yang lain menjelek2an seseorang yang menjelekkan suatu brand.

Lambat laun sisi objektifitas akan memudar dan digantikan hinaan, dan/atau mencari celah apapun untuk sekedar memberikan hinaan.

In the end, semua sebetulnya sama, termasuk saya.

Pertanyaannya, bisakah menanggapi tanpa menghina? ataukah menghina harus dibalas dengan menghina? ataukah menghina memang sudah jadi budaya, atau adakah yang menghina merasa menjadi lebih tinggi posisinya dari yang dihina?

In the end ini sekedar monologue, tapi paling tidak semoga tidak ada hinaan didalamnya.
Resale Value

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Resale Value »

Karena daihatsu dan toyota sudah jadi satu group, berita kasus kasus mobil daihatsu juga di masukin. toh toyota avanza juga sebenernya adalah daihatsu avanza, namun pakai nama dan lambang toyota karena memang satu group. sama juga rush dan terios.


http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/37797


Daihatsu Grand Max KM2500 seperti sudah KM100000


RABU, 27 FEBRUARI 2013 | 07:47 WIB


Akhir tahun lalu saya datang ke dealer Astrido Kelender, langganan keluarga untuk membeli sebuah mobil box. Kemudian saya direkomendasikan ke Astrido Otista, disana saya dirujuk kepada Putri Dhanyar Johan. Karena cash back yang ditawarkan cukup besar, maka saya setuju untuk membeli mobil Daihatsu Grand Max. Setelah beberapa kali tertunda pengiriman dengan berbagai macam alasan akhirnya saya menerima unit mobil Daihatsu Grand Max.



Ketika mobil baru saya pakai 1 bulan, mobil langsung mogok di Ps Asemka, kilometer baru menunjukkan 2500 KM. setelah menunggu 3 jam akhirnya petugas Astrido datang untuk melakukan investigasi, tapi karena tidak bisa diselesaikan di tempat akhirnya mobil terpaksa diderek ke bengkel Astrido Otista. Setelah selang 2 malam saya baru dikabari oleh salah seorang mekanik, Irwansyah, bahwa kerusakan pada mobil saya adalah pada saringan bensin, mereka mensinyalir saya memasukkan bahan asing ke dalam tangki mobil.



Menurut saya ini sangat aneh, karena hingga sekarang saya masih belum menggunakan jasa driver dan mobil selalu diparkir di rumah saya jika sedang tidak beroperasi. Masih menurut mereka, bisa saja mobil kemasukan benda asing waktu di pom bensin atau waktu melewati banjir. Sekedar info, saya selalu mengisi bensin di pombensin pertamina yang memiliki sticker pasti pas, yang mengisi bensin selalu saya karena saya belum munggunakan jasa driver, dan jikapun bensinnya terkontaminasi apakah mungkin dgn 2500KM tapi kotornya saringan bensin sudah separah seperti 100000KM ke atas?



Jika karena melewati banjir, jalan di jakarta bagian mana yang bebas banjir? Saya tidak menerima peringatan supaya mobil ini tidak digunakan melalui banjir. Pertanyaannya adalah itu kesalahan saya atau defect dari mobil yang bersangkutan? Sekedar info, ini mobil ke-5 yang keluarga saya beli dari Astrido dan baru kali ini kejadian seperti ini. Sampai sejauh ini, Astra dan Astrido tidak mau bertanggung jawab terhadap produk mereka yang baru saya gunakan 2500KM. Jika memang Astido tidak mau bertanggung jawab, ini akan menjadi unit terkhir yang keluarga kami beli dari mereka.



Roland ebenezer
Jl cilungup indah no 27 rt 04/02 duren sawit jaktim
Jakarta
Resale Value

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Resale Value »

http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/36870


Pelayanan Astra Daihatsu Asia Afrika Bandung Tidak Profesional


SENIN, 31 DESEMBER 2012 | 00:12 WIB


Saya melakukan servis kendaraan di Daihatsu Asia Afrika Bandung pada 27-29 Desember 2012 lalu. Biaya jasa yang harus saya bayar adalah Rp 1.035.100,00 karena ada penggantian onderdil yang harus dilakukan. Membayar sebanyak itu dan dilakukan di bengkel resmi Daihatsu tentu dalam benak saya adalah saya mendapatkan pelayanan yang profesional atas kendaraan saya.



Ternyata saya mendapati beberapa bagian belum terpasang sempurna, semisal kabel speedometer yang belum dipasang sehingga indikator mesin menyala, lalu kabel kopling yang tidak ditaruh di klemnya, tutup kipas radiator yang diikat dengan tiewrap (sebelumnya dikencangkan dengan baut) serta bagian "talang air" di bagian atas kap mesin yang tidak dikancingkan dengan sempurna. Sebuah pekerjaan yang tidak berkualitas dilakukan oleh bengkel resmi dengan tarif yang "luar biasa".



Saya menuntut pihak Daihatsu Asia Afrika Bandung untuk memberikan penjelasan atas pekerjaan seenak perut semacam ini. Bila tidak ada itikad baik dari pihak Daihatsu Astra Asia Afrika Bandung maka saya akan memproses masalah ini dengan menggunakan UU Perlindungan Konsumen. Di hari itu, sabtu 29 Desember 2012 memang pengunjung cukup ramai dengan mayoritas adalah pembeli kendaraan baru.



Apakah pemilik kendaraan yang telah menjadi pelanggan dianggap sebagai konsumen kelas dua sehingga terabaikan seperti ini? Sesuaikan harga dengan kualitas. Itu permintaan saya sebagai konsumen.



Alexander Priyo Pratomo
Jalan Jingga Nagara 23
Kotabaru Parahyangan Padalarang
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Nightster Guy »

Keknya mod Turbo bener (lagi :mrgreen:)..

Kurang lebih ane setuju ama ente mod.. Uda mustahil berubah.. Kl ngeliat track record masa lalunya bertahun2 di lintas forum dan milis yah.

Yaaaa, lanjoooodddd copastnya..

Attention to detasemen BOMber.. Otorisasi peluncuran rudal oot udah ane teken barusan. Silakan eksekusi di lapangan ...

:big_smoking:

Mod berendem mod..
Das Beste oder nichts.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by asudarsono »

Kenapa rem Toyota harus sering dibrake clean? Apakah karena diskbrakenya tidak berventilasi?

Saya kok gak ngerti teorinya, dari sepeda sampai pesawat terbang, belum pernah denger kudu dibersihin?
Ready to Race
Resale Value

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Resale Value »

http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/37061


Pelayanan Astra Daihatsu Pondok Cabe Mengecewakan


SELASA, 15 JANUARI 2013 | 13:53 WIB



Saya pemilik, kebetulan 2 mobil dengan satu merek, Daihatsu Sirion (istri saya) dan Terios. Saya sendiri menggunakan Daihatsu sudah cukup lama, sekitar 8 tahun an (2 kali Taruna dan sekarang Terrios), jadi saya sudah cukup pengalaman dengan beberapa bengkel resminya (Astra Daihatsu Bintaro, Pdk Pinang & Auto Tara Depok).


Pada hari Sabtu kemarin (12 Jan 2012) saya mencoba (pertama kali) untuk service rutin 70.000 km Terios saya di Astra Daihatsu Pondok Cabe (setelah mendapat “rekomendasi” istri saya yang sehari sebelumnya men service Sirion nya (service rutin 1000km). Hari itu saya sampai di bengkel sekitar jam 7.30 (bengkel buka jam 8.00).


Sekitar 30 menit kemudian bengkel buka, dan “welcome service” nya sangat memuaskan (mekanik men cek-list mobil saya, OB menawarkan minuman, sesuai dengan SOP bengkel ADM). Saya mulai ‘ngobrol’ dengan salah satu SA yang ada (ada 2 SA), kalau tidak salah namanya Pak Agus(?), dan akhirnya saya memutuskan untuk service 70 ribu km + spooring (sebagaimana tertulis di “work order” yang saya tandatangani).


Setelah kira-kira 2 jam kemudian saya melihat mobil saya (sudah dalam keadaan bersih habis di cuci) di pindah dari tempat “pengerjaan” ketempat mobil yg sudah selesai di service. Saya ber asumsi mobil sudah selesai di kerjakan sesuai dengan WO, tapi saya yakin sekali (karna saya mengikuti ‘proses’nya dari mulai dikerjakan sampai di pindah ke tempat “selesai”, dari ruangan saya menunggu) kalau ada pekerjaan yang “missed”, belum di kerjakan, yaitu “spooring”.



Dan “aneh” nya si SA tidak mengecek ke mekanik nya apakah semua pekerjaan yang tertera di WO sudah dikerjakan, dan tidak menerangkan ke customer pekerjaan apa yang sudah di kerjakan. Saya memutuskan untuk menanyakan si SA (bukan pak Agus) untuk meng komplain kenapa “spooring” nya belum dikerjakan (sementara saya bayar untuk itu) tapi mobil sudah dianggap “selesai”.



Dengan tenang nya (tanpa merasa bersalah) si SA hanya mencari mekanik, dan menyuruh mengembalikan mobil saya ke bagian ‘spooring’ (bertambah lah waktu menunggu saya menjadi 3 jam).



Berarti kalau saya tidak proaktif menanyakan pekerjaan yang belum dikerjakan, maka saya dirugikan dengan membayar service yang tidak di lakukan. Bukan itu saja, setelah selesai semua (total saya sudah 3 jam menunggu) si SA tidak memperdulikan untuk mengisi BUKU SERVICE (sekali lagi saya harus komplain untuk itu!), yang seharusnya memang sudah merupakan SOP bengkel Daihatsu.



Masih ada lagi, sekarang saya menunggu untuk “di panggil” kasir, yang mana saya harus menunggu kira-kira 30 menit an hanya untuk membayar (karna sistemnya sedang rusak jadi tidak bisa on-line).



Jadi mereka memberi saya “bill” yg ditulis manual, dan perlu waktu 30 menit untuk itu? Kesimpulannya saya harus menunggu total 3 setengah jam hanya untuk service rutin 70.000 km. Mohon perhatiannya Daihatsu.



DWINANTO
Pori Depok Mas Blok M-18, Pancoran Mas
Depok
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by ricz »

Udah RV, drpd ente stres mikirin cara black campaign toyota trus mending ikut OOT ama kita2.. Seru loh...
Gk usah serius amat jadi org, nanti disangkain robot.. :big_slap:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by nugroho bagor »

Turboman wrote:Kira2 beliau orang manakah ?

Bule atau India ?
Sithlord wrote:Bung handling, blepotan juga ngak papa. Tinggal ambil tissue di lap beres !

Dan harus di latih, baru bisa maju inggrisnya. Ngak di latih nanti karatan lo !

Indo saya juga blepotan. Thats why saya coba pakai Indo. Cuman kadang mau ngomong banyak, sering ngak sadar keselip inggris.

CUT
Coba daripada salah penafsiran pakai Inggris aja, malah enak :big_smoking:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by ricz »

Lebih parah lagi.. :frm_bang_head:
Englishnya dia singlish... :big_slap:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by datsu »

tukang mengina koar2 ketika sohibnya dihina.. gak inget dulu suka menghina? Gak inget dulu dibilang, silahkan serang mobil, gak usah serang usernya?
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by ricz »

Jarang ngaca kali dia...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by nugroho bagor »

walah ........... :ngacir: Jalur Gaza tho
User avatar
Primatech
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Primatech »

datsu wrote:tukang mengina koar2 ketika sohibnya dihina.. gak inget dulu suka menghina? Gak inget dulu dibilang, silahkan serang mobil, gak usah serang usernya?
Lho kan makanya saya bilang termasuk saya, ngga baca bener2 ya om :big_peace: ..dan dengan ini termasuk anda dan bro ricz juga.

Jadi intinya kita semua sama ya om :mky_01:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by y_anjasrana »

harap jgn memperkeruh suasana. klu ga suka copas-nya on RV ya jgn dibaca. beda dgn fm dulu yg sering kasih copas dr web luar yg ga jelas. klu infonya dirasa salah atau ga pas ya silahkan dikoreksi tanpa menghujat. apalagi yg di-copas msh berhubungan dgn judul trit


pissss
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by ZombiEE »

Wuaaasssiiiikk tnan...tambah psostingan boleh kan oom njas?
User avatar
Primatech
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Primatech »

biar tambah seru om :ngacir:

btw ironman baru udah mau keluar ni weekend ini..

siap2 nonton :big_smoking:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Turboman »

y_anjasrana wrote:harap jgn memperkeruh suasana. klu ga suka copas-nya on RV ya jgn dibaca. beda dgn fm dulu yg sering kasih copas dr web luar yg ga jelas. klu infonya dirasa salah atau ga pas ya silahkan dikoreksi tanpa menghujat. apalagi yg di-copas msh berhubungan dgn judul trit

pissss
Sebetulnya kalau membicarakan masalah resale value banyak hal hal yg gak ter-record di internet, banyak info2 penting didapat scr verbal di lapangan krn situasi di lapangan sgt dinamis.

kalo sy pribadi sih justru menghargai orang yg punya analisa pribadi yg komprehensif walau dia gak nulis di blog / media online, itu lebih original

Just IMO ajah.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by ZombiEE »

Nambah lagi aaaahhh postingan..bruakakakaka
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by madcat015 »

ricz wrote:Lebih parah lagi.. :frm_bang_head:
Englishnya dia singlish... :big_slap:
Sing-Lish?

Image
Nightster Guy wrote:Keknya mod Turbo bener (lagi :mrgreen:)..

Kurang lebih ane setuju ama ente mod.. Uda mustahil berubah.. Kl ngeliat track record masa lalunya bertahun2 di lintas forum dan milis yah.

Yaaaa, lanjoooodddd copastnya..

Attention to detasemen BOMber.. Otorisasi peluncuran rudal oot udah ane teken barusan. Silakan eksekusi di lapangan ...

:big_smoking:

Mod berendem mod..
Lapan anam komandan...

Fox three launch!

Image

errrr... Kebanyakan ya komandan? :mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Turboman »

madcat015 wrote: Sing-Lish?

Image
Image

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by madcat015 »

Turboman wrote:
madcat015 wrote: Sing-Lish?

Image
Image

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Image

:drinking: :drinking: :drinking:

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :glodak:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Primatech
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Primatech »

Turboman wrote:
y_anjasrana wrote:harap jgn memperkeruh suasana. klu ga suka copas-nya on RV ya jgn dibaca. beda dgn fm dulu yg sering kasih copas dr web luar yg ga jelas. klu infonya dirasa salah atau ga pas ya silahkan dikoreksi tanpa menghujat. apalagi yg di-copas msh berhubungan dgn judul trit

pissss
Sebetulnya kalau membicarakan masalah resale value banyak hal hal yg gak ter-record di internet, banyak info2 penting didapat scr verbal di lapangan krn situasi di lapangan sgt dinamis.

kalo sy pribadi sih justru menghargai orang yg punya analisa pribadi yg komprehensif walau dia gak nulis di blog / media online, itu lebih original

Just IMO ajah.
Sebenarnya sulit om mungkin membanding kan secara tandem langsung, karena kondisi dari barang yang diperjualbelikan sendiri karena variabel yang diperbandingkan itu tidak terstandar, oke kita bandingkan tahun pembuatan sama 2010, mobil a dan b, tapi yang a dimiliki oleh non perokok, sedang b perokok.

Jika yang mau beli mobil adalah non perokok, mungkin fakta bahwa pemilik mobil sebelumya perokok yang menyebabkan ada bau2 atau noda2 aneh jadi masalah, tapi kalau perokok mungkin bukan masalah. Itu satu hal.

Dalam hal lain, menurut ane malah sebenernya yang membentuk harga jual itu ya para tengkulak atau pedagang pasar itu sendiri. Pedagang2 ini yang akan membentuk spekulasi/ persepsi harga pasar yang mereka tetapkan dari estimasi mereka atas demand suatu mobil dengan brand tertentu. Patokan demand dari mereka tentu dilihat dari angka penjualan.

Jadi logika sederhana pedagang itu, barang yang banyak di jalan, berarti banyak yang mau, dan oleh karena itu harga jual tinggi.
Dan ini berfungsi sebaliknya. Tapi jangan kaget kalau asumsi ini sewaktu2 dan sering terbukti pula akan salah. Kenapa?

Karena mungkin ada ada hal2 berikut?;
1. Supply yang tinggi dari mobil bekas tersebut, logis barang yang banyak dijalan, banyakjuga yang jual, akhirnya supply tinggi, dan persaingan dari para penjual tinggi, sehingga mendorong untuk kompetisi harga. Main di harga ini hal yang paling mudah dilakukan karena pembeli tidak mungkin cek satu2 ribuan mobil yang dijual, jadi mereka kan shortlisting dulu dari harga.
2. Adanya banyak pilihan mobil baru dalam rentang harga yang sama dengan mobil bekas. Logis, persaingan makin tinggi maka harga jual juga akan turun. Ini juga mungkin alasan adanya wacana LGCC, karena kalau mobil baru dijual murah, maka mobil2 bekas akan bisa didorong untuk dimusnahkan, walaupun hal itu sangat tidak mungkin terjadi di Indo.
3. Peningkatan brand2 image non pabrikan mainstream. Sempet ngobrol2 sama temen, gara2 pamor kia dan hyundai naik akhir2 ini, mobil2 lawas 2000 awal mereka seperti atoz, picanto cosmo dll juga makin diincar, alasannya? karena mulai ada peningkatan kepercayaan.
4. Kemampuan negosiasi antara penjual dan pembeli, ini salah satu yang sangat sulit untuk dipetakan.
5. Hobi
6. Trend mobil tertentu.
7. dll.

Jadi memang topik harga jual in memang agak sulit diukur terutama untuk mobil2 baru yang baru berkeliaran 1-3 tahun, dan seperti komoditas lain, harga jual pasti akan naik turun. Kalau ada yang bilang untuk mobil baru harga jual tinggi, pasti ini adalah spekulasi yang berdasarkan data historis atau estimasi berdasar angka penjualan. Factnya? who knows?

Contoh kasus ni, waktu ane jual lantis, pas banget trend BT90 lagi naik, lantis 96 saya sempet dinego tukar tambah dengan civic 96, dengan taun sama, pemilik civic waktu itu nego tukar dengan civicnya, dan dia tinggal nambah lagi 5 juta. sebagai info, saya tawarkan lantis saya 60 juta. dari sini ane mikir, kok pemilik civic mau tukar tambah ya? apakah dalam hal ini lantis lebih baik harga jualny dibanding civic?dalam statistik, hipotesa ini dinamakan failed to reject the hypothese bahwa resale value lantis lebih baik dari civic, karena sample yang sangat terbatas, dan juga ada subjective assessment dalam membeli mobil,

In the end menurut ane, tetep harga jual itu sulit sekali untuk dibuktikan..jadi ya kalau beli mobil, buat ane pribadi sih tidak pernah menempatkan harga jual dalam faktor pembelian, tapi y balik lagi itu saya, mungkin yang lain beda. peace
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Turboman »

Good point of view Primatech :frm_tumbright:

Konon warna juga pengaruh ke harga

Posisi tangan 1 atau tangan ke 2 walau tahun sama juga pengaruh

Kondisi mobil apa masih segar atau dah lapuk / babak belur juga pengaruh walau tahun sama

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *