
Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
Permisi.... Saya nyari kulkas merk ATOYOT nih 

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
Hahahahaha... bener..... gak ada yg bacaNightster Guy wrote:Yah.. Tepat waktu.. Jam 9 up bombardir dimulai..
Sooooooooo predictable.
----------
Oke seriusan.. Om RV mohon font cukup standar aja yaaa..
Ngga usah gede, font gede hanya bersifat temporer dan punctuation aja pd suatu subyek kalimat, nggak usah repetisi berlebihan.
krn jujur aja om, maaf neh, toh nggak ada yg baca..
Tengkyu duluan neeee ...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 578
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
Saya setuju sama om Primatech. Dari pemahaman sy sebagai newbie, apa salahnya si om RV yaPrimatech wrote:Kalo boleh objektif dan terbuka sebenernya sih upaya om RV bagus kan, poinny bukan toyota paling jelek dll, tapi cuma meruntuhkan anggapan bahwa toyota bukan yg paling the best. Y cukup diketahui saja. Sebenernya newbie juga bingung kenapa ada sikap sampai antipati begini ya. Kalau memang faktanya seperti itu y sudah gpp kan.
Mungkin kalo ada yg seniat om rv ya monggo silahkan di ungkapkan fakta2 mengenai brand2 lain. Tapi y itu pemahaman newbie sih


Lumayan malah, udah ada yg ngumpulin data2nya kyk gini..regardless itu kejadiannya mgkn saja kecil kemungkinan terjadi (statistik based) - kan gak ada salahnya juga buat bahan referensi kehati hatian kita: tutup oli gak kenceng, barang gak ada dicuekin, astraworld dicuekin, mekanik gak ngurusin..dll..


saya lebih setuju juga kalau utk merk lain nya pun dibikin kayak treat ini..


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Mon May 25, 2009 5:51
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
Biar ga tenggelam saya tambahin dikit...hehehe...bukan utk manasin yah karena mnrt saya setiap brand jg ga perfect. Tp cuma utk info aja.
Minor issue aja sih tp cukup menunjukkan kalo service beres toyota juga msh byk kekurangannya.
1. taon kmrn service yaris di beres plaza toyota G. Garden, ganti olie transmisi manual. Saya iseng aja nanya, "pak, brp volume olie transmisinya?" dijawab "3 liter pak". Wah, padahal jelas2 saya baca di buku manualnya ga lebih harusnya dari 2 liter dan sblmnya juga sdh pernah saya ganti dan memang 2 liter. Wkt saya blg seperti itu, mekanik ttp berkeras kalau kapasitasnya adalah 3 liter. Berhubung olie transmisi yg saya bawa memang lebih (karena baru beli dari toko olie dan utk stok) jadi saya biarkan aja dia isi tp saya tungguin. Dan benar saja, setelah botol ke 2 dituang dan baru saja botol ke 3 dibuka tutupnya mendadak dari lubang isi oli di girboks meler keluar. Melihat itu mekaniknya cuma senyum2 dan blg "iya pak bener cuma 2 liter...."
2. Maret kemarin service 1000km d4d di tunas pecenongan. wkt ditanya keluhan, saya blg air radiator dr sejak diterima mobilnya sudah di level low. Bisa minta ditambah? karena saya di rumah blm beli stok air radiator toyota dan dijawab akan di cek dan ditambah. Kebetulan dr ruang tunggu di lt 3 bisa keliatan ke ruang servis. Setelah bbrp saat di cek ini itu dan akhirnya mobil dicek emisinya. Dan pada saat proses cek emisi, seorang mekanik ngeloyor ke toilet karyawan dan mengambil air dari ember di toilet tersebut trs diisikan ke tabung reservoir radiator. Waktu saya confirm ke SA, dibilangnya ah...gpp pak cuma dikit aja kan. Ga pengaruh. Saya jawab "kan saya da bilang kalo saya ga bisa nambah ndiri karena blm punya stok air radiator toyota, kalo cuma pake air keran sih mending saya tambah aja di rumah nanti. Toiletnya aja jauh lebih bersih di rumah saya. Selain itu kan di buku manual sdh dibilang harus pake coolant toyota, buat apa saya ke bengkel kalo akhirnya cuma pake air di ember"
SA cuma senyum2 aja dan blg ok2 nanti coba ditanya ke mekaniknya ya...
Sekian sharingnya..
Minor issue aja sih tp cukup menunjukkan kalo service beres toyota juga msh byk kekurangannya.
1. taon kmrn service yaris di beres plaza toyota G. Garden, ganti olie transmisi manual. Saya iseng aja nanya, "pak, brp volume olie transmisinya?" dijawab "3 liter pak". Wah, padahal jelas2 saya baca di buku manualnya ga lebih harusnya dari 2 liter dan sblmnya juga sdh pernah saya ganti dan memang 2 liter. Wkt saya blg seperti itu, mekanik ttp berkeras kalau kapasitasnya adalah 3 liter. Berhubung olie transmisi yg saya bawa memang lebih (karena baru beli dari toko olie dan utk stok) jadi saya biarkan aja dia isi tp saya tungguin. Dan benar saja, setelah botol ke 2 dituang dan baru saja botol ke 3 dibuka tutupnya mendadak dari lubang isi oli di girboks meler keluar. Melihat itu mekaniknya cuma senyum2 dan blg "iya pak bener cuma 2 liter...."

2. Maret kemarin service 1000km d4d di tunas pecenongan. wkt ditanya keluhan, saya blg air radiator dr sejak diterima mobilnya sudah di level low. Bisa minta ditambah? karena saya di rumah blm beli stok air radiator toyota dan dijawab akan di cek dan ditambah. Kebetulan dr ruang tunggu di lt 3 bisa keliatan ke ruang servis. Setelah bbrp saat di cek ini itu dan akhirnya mobil dicek emisinya. Dan pada saat proses cek emisi, seorang mekanik ngeloyor ke toilet karyawan dan mengambil air dari ember di toilet tersebut trs diisikan ke tabung reservoir radiator. Waktu saya confirm ke SA, dibilangnya ah...gpp pak cuma dikit aja kan. Ga pengaruh. Saya jawab "kan saya da bilang kalo saya ga bisa nambah ndiri karena blm punya stok air radiator toyota, kalo cuma pake air keran sih mending saya tambah aja di rumah nanti. Toiletnya aja jauh lebih bersih di rumah saya. Selain itu kan di buku manual sdh dibilang harus pake coolant toyota, buat apa saya ke bengkel kalo akhirnya cuma pake air di ember"

SA cuma senyum2 aja dan blg ok2 nanti coba ditanya ke mekaniknya ya...
Sekian sharingnya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
Nih lho baca postingannya Om ngencoxPrimatech wrote:Kalo boleh objektif dan terbuka sebenernya sih upaya om RV bagus kan, poinny bukan toyota paling jelek dll, tapi cuma meruntuhkan anggapan bahwa toyota bukan yg paling the best. Y cukup diketahui saja. Sebenernya newbie juga bingung kenapa ada sikap sampai antipati begini ya. Kalau memang faktanya seperti itu y sudah gpp kan.
Mungkin kalo ada yg seniat om rv ya monggo silahkan di ungkapkan fakta2 mengenai brand2 lain. Tapi y itu pemahaman newbie sih
ngencox wrote:dengan metode yg mirip digunakan oleh om RV, saya juga coba
berdasarkan suara pembaca di kompas hasilnya:
Toyota: 256 komplain
Nissan: 289 komplain
lalu diadu dengan data penjualan total: 10 merek terlaris di Maret:
http://oto.detik.com/read/2013/04/10/21 ... k-terlaris
1. Toyota: 32.726
2. Daihatsu: 15.788
3. Mitsubishi: 12.690
4. Honda: 11.497
5. Suzuki: 8.399
6. Nissan: 4.648
7. Hino: 2.669
8. Isuzu: 2.619
9. KIA: 1.095
10. Mazda: 966
kalo diprosentasikan hasil search tahun 2013 vs penjualan ditemukan:
Toyota: yg ga puas 3 orang, yg puas 32.723 orang = 99.990%
Nissan : yg ga puas 3 orang, yg puas 4.645 orang = 99.935 %
sama-sama 3 orang kecewa
tapi ada
32.723 orang puas Vs 4.645 orang puas...
secara umum mana yg lebih memuuaskan bagi pembeli ?????? bedarsar data adalah, Toyota....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
Iya, kok baru kepikir ya... jangan-jangan beneran anak-anakraging_bull wrote:Om RV, saya newbie disini.. melihat postingan2 Om RV terutama di thread ini saya melihat tingkah Om RV ini seperti anak2 yang jagoan/idolanya kalah dalam sebuah pertarungan terus ngamuk-ngamuk sana-sini....
Om, sah-sah aja kok mengidolakan salah satu merk atau brand, tapi juga harus siap jugalah menerima kekurangan dari brand yg diidolakan termasuk kalau brand lain lebih laris... saya yakin apa yang disampaikan oleh2 Om2 lainnya disini itu bukan merupakan black campaign seperti apa yg om rv tuduhkan diawal thread ini, mereka menyampaikannya berdasarkan apa yg mereka alami....
oh iya, krn saya masih baru disini, salam kenal utk member2 SM semuaa..
salam
*bukan sales mobil merk apapun*

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
Gue juga pengunjung setia kokmadcat015 wrote:Tenang aja bro. Itu trit ga bakal tenggelam![]()

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
Wah sama tuh, dashboard fortuner saya juga bagian tengah renggang, gak nyatu sama dashboard utama, ane claim, diganti, tambah parah, cape deee, malah dikasi liat sama kepalanya mobil baru di gudang dan di showroom, sama aja, katanya emang gitu. Wah cape deeeee, moulding cacat, hasil gak presisi gitu kok dibanggain abis gitu dijual umum, parah banget tuh toyota P***NER 
*bukan sales mobil tertentu
*bukan fanboi merk tertentu
*bukan black campaign merk tertentu
*hanya customer yg gak enak liat dashboard renggang selama 1 tahun 9 bulan

*bukan sales mobil tertentu
*bukan fanboi merk tertentu
*bukan black campaign merk tertentu
*hanya customer yg gak enak liat dashboard renggang selama 1 tahun 9 bulan
Last edited by htannis on Fri Apr 19, 2013 7:22, edited 1 time in total.
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
Ane juga pengunjung setia trit entePenikmat_Kopi wrote:Gue juga pengunjung setia kokmadcat015 wrote:Tenang aja bro. Itu trit ga bakal tenggelam![]()

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
Penikmat_Kopi wrote:Nih lho baca postingannya Om ngencoxPrimatech wrote:Kalo boleh objektif dan terbuka sebenernya sih upaya om RV bagus kan, poinny bukan toyota paling jelek dll, tapi cuma meruntuhkan anggapan bahwa toyota bukan yg paling the best. Y cukup diketahui saja. Sebenernya newbie juga bingung kenapa ada sikap sampai antipati begini ya. Kalau memang faktanya seperti itu y sudah gpp kan.
Mungkin kalo ada yg seniat om rv ya monggo silahkan di ungkapkan fakta2 mengenai brand2 lain. Tapi y itu pemahaman newbie sih
ngencox wrote:dengan metode yg mirip digunakan oleh om RV, saya juga coba
berdasarkan suara pembaca di kompas hasilnya:
Toyota: 256 komplain
Nissan: 289 komplain
lalu diadu dengan data penjualan total: 10 merek terlaris di Maret:
http://oto.detik.com/read/2013/04/10/21 ... k-terlaris
1. Toyota: 32.726
2. Daihatsu: 15.788
3. Mitsubishi: 12.690
4. Honda: 11.497
5. Suzuki: 8.399
6. Nissan: 4.648
7. Hino: 2.669
8. Isuzu: 2.619
9. KIA: 1.095
10. Mazda: 966
kalo diprosentasikan hasil search tahun 2013 vs penjualan ditemukan:
Toyota: yg ga puas 3 orang, yg puas 32.723 orang = 99.990%
Nissan : yg ga puas 3 orang, yg puas 4.645 orang = 99.935 %
sama-sama 3 orang kecewa
tapi ada
32.723 orang puas Vs 4.645 orang puas...
secara umum mana yg lebih memuuaskan bagi pembeli ?????? bedarsar data adalah, Toyota....
Hoo gtu ya omm..
tapi bentar2, kalo boleh nanya nii..
1. hasil search engine yang menujukkan 256 result & 289 result itu apakah merepresentasikan jumlah orang ? dalam artian 1 hasil result itu satu orang yg berbeda dengan yg lain?
2. Penggunaan tingkat kepuasan berdasarkan data penjualan itu y g comparable IMHO, harusnya yg dipakai mungkin rasio, jadi jumlah tidakpuas/jumlah puas, baru kedua ratio ini yg dapat diperbandingkan. Bandingkan 30000 orang puas dengan 5000 orang puas itu tidak mencerminkan apa2. Contoh kasus, membandingkan saya bisa produksi 1000 apel dibanding om penikmat kopi yg bisa produksi 10000 apel, jelas tidak mengatakan apa2 kalau melihat dari sisi, efisiensi produksi apel mana yg lebih manis. Tapi kalau setelah disurvey ternyata dari 1000 apel ternyata saya bisa menghasilkan 800 apel yg manis, sedangkan dari 10000 apel, om penikmat kopi hanya bisa hasilkan 5000 apel yg manis, sisanya terbuang karena asam. Maka secara efisiensi, berarti saya lebih efisien dibanding om. Analoginya kira2 seprti ini om.
Jadi kalu bandingkan angka lawan angka kaya yg om contohkan, rasa2nya kok ngga menggambarkan apa2. Dari newbie sih mikirnya gtu

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 738
- Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
- Location: Leica HQ
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
no harsh words please om..nanti memicu saling PA antar member kayak yang sudah2..htannis wrote:Wah sama tuh, dashboard fortuner saya juga bagian tengah renggang, gak nyatu sama dashboard utama, ane claim, diganti, tambah parah, cape deee, malah dikasi liat sama kepalanya mobil baru di gudang dan di showroom, sama aja, katanya emang gitu. Wah cape deeeee, moulding cacat, hasil gak presisi gitu kok dibanggain abis gitu dijual umum, parah banget tuh toyota P***NER
*bukan sales mobil tertentu
*bukan fanboi merk tertentu
*bukan black campaign merk tertentu
*hanya customer yg gak enak liat dashboard renggang selama 1 tahun 9 bulan
tolong diedit om..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
lah bagaimana sih, kan sama2 3 gak puas, tapi toyota punya 30,000 lebih pelangan puas so that's mean, toyota lebih efesien dong?
*ane juga gk gitu suka product atoyot kok*






*ane juga gk gitu suka product atoyot kok*



Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
btw btw busway si calmod OOTree udah nge post bagaikan momod berwibawa neh
vote OOTree for momod




vote OOTree for momod





Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 738
- Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
- Location: Leica HQ
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
ane bukan calmod om..MonSTER_GTR wrote:btw btw busway si calmod OOTree udah nge post bagaikan momod berwibawa neh![]()
![]()
![]()
vote OOTree for momod![]()
![]()
![]()
![]()
hanya sekedar mengingatkan aja biar suasana tetap kondusif

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
absen siang dulu... 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
\=D/ sip™\=D/ sip(y)™\=D/ sip(y)™
Mulai ada perang tanding opini yg esensial dan bernas.. Lanjoooott ..

Mulai ada perang tanding opini yg esensial dan bernas.. Lanjoooott ..

Das Beste oder nichts.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
Persentaseny beda tipis yahMonSTER_GTR wrote:lah bagaimana sih, kan sama2 3 gak puas, tapi toyota punya 30,000 lebih pelangan puas so that's mean, toyota lebih efesien dong?![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
*ane juga gk gitu suka product atoyot kok*![]()
![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 738
- Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
- Location: Leica HQ
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
htannis wrote:Wah sama tuh, dashboard fortuner saya juga bagian tengah renggang, gak nyatu sama dashboard utama, ane claim, diganti, tambah parah, cape deee, malah dikasi liat sama kepalanya mobil baru di gudang dan di showroom, sama aja, katanya emang gitu. Wah cape deeeee, moulding cacat, hasil gak presisi gitu kok dibanggain abis gitu dijual umum, parah banget tuh toyota P***NER
*bukan sales mobil tertentu
*bukan fanboi merk tertentu
*bukan black campaign merk tertentu
*hanya customer yg gak enak liat dashboard renggang selama 1 tahun 9 bulan

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 738
- Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
- Location: Leica HQ
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
ikutan dong!Nightster Guy wrote:\=D/ sip™\=D/ sip(y)™\=D/ sip(y)™
Mulai ada perang tanding opini yg esensial dan bernas.. Lanjoooott ..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
iya juga ya,mungkin asumsi kali ya om, tapi begini kalo pribadi menurut nubie andaikata keluhan terhadap atoyot itu banyak
atau servis banyak gak memuaskan, knp msh banyak org beli atoyot. karena jujur secara model, built quality, fit and finish, dan harga udah gak begitu menarik lagi (IMO). tapi tetep aj penjualan no.1 nah kalo menurut nubie berarti image aftersales service toyota masih bagus di ingatan orang2, yang memacu mereka tetap membeli produk atoyot ini. ini pribadi ya om
*padahal ane fenboy mazda loks, kenapa belaiin atoyot ya? wakakakak*

atau servis banyak gak memuaskan, knp msh banyak org beli atoyot. karena jujur secara model, built quality, fit and finish, dan harga udah gak begitu menarik lagi (IMO). tapi tetep aj penjualan no.1 nah kalo menurut nubie berarti image aftersales service toyota masih bagus di ingatan orang2, yang memacu mereka tetap membeli produk atoyot ini. ini pribadi ya om



*padahal ane fenboy mazda loks, kenapa belaiin atoyot ya? wakakakak*





Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
Iseng2 googling juga ni
kalo ketik
Keluhan Toyota 2013, hasilnya ada 971,000 result
keluhan nissan 2013 hasilnya ada 808,000 result
Bisa dicontohkan gimana dapat 3
?
kalo ketik
Keluhan Toyota 2013, hasilnya ada 971,000 result
keluhan nissan 2013 hasilnya ada 808,000 result
Bisa dicontohkan gimana dapat 3

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
ohh tapi tunggu dulu berapa perbadingan dengan jualan nya?
monggo di gugling dulu trus kita cari rame2 persentase nya
lets be friend aj ya,




monggo di gugling dulu trus kita cari rame2 persentase nya
lets be friend aj ya,



Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 738
- Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
- Location: Leica HQ
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
keluhan nissan 2013 808.000?Primatech wrote:Iseng2 googling juga ni
kalo ketik
Keluhan Toyota 2013, hasilnya ada 971,000 result
keluhan nissan 2013 hasilnya ada 808,000 result
Bisa dicontohkan gimana dapat 3?
kok ane cuma dapet 505.000?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?
@primrartech nah loh itu kan mobil2 baru, tentu aj minim keluhan ya kan? gimana gugling penjualan nya udah ketemu belon, calculator ready neh
Here Come's The Best Car - Coming soon