[Tanya] tentang sensor pengisian pom bensin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

[Tanya] tentang sensor pengisian pom bensin

Post by ahbeng »

alo smers, wa mo tanya (wa juga bingung judulnya yg cocok apa :roll: )

intinya adalah, wa mo nanya, tiap kalo kalo wa isi full tank di pom bensin pertamina Gading, pas dia uda auto stop, terus si abangnya masih ngisi secara manual, nah itu ada dampaknya ga kalo sebenarnya sensornya uda bilang stop tapi masih di penuh2in?

thanks :wink:
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: [Tanya] tentang sensor pengisian pom bensin

Post by PenyuTurbo »

ahbeng wrote:alo smers, wa mo tanya (wa juga bingung judulnya yg cocok apa :roll: )

intinya adalah, wa mo nanya, tiap kalo kalo wa isi full tank di pom bensin pertamina Gading, pas dia uda auto stop, terus si abangnya masih ngisi secara manual, nah itu ada dampaknya ga kalo sebenarnya sensornya uda bilang stop tapi masih di penuh2in?

thanks :wink:
Namanya bisnis ... maunya njual sebanyak-banyaknya .... dipaksain ... gitu ...

Jika spec mengatakan kapasitas BBM adalah 45 liter ... itu nggak sampai full banget, engineer sudah ngatur disesuaikan dengan standard "Dispensing Nozzle" SPBU ... pada saat ngisi kemudian secara otomatis berhenti ... itulah kapasitas tanki BBM.

Jika dipaksain penuh sampai ke mulut leher lubang pengisian BBM, maka ada sebagian BBM yang akan mengisi pipa ventilasi uap BBM. Pipa ventilasi ini akan dihubungkan ke CHARCOAL CANISTER yang diletakkan di dalam engine bay. Dari CHARCOAL CANISTER akan ada hose yang nyambung ke intake manifold. Venting Uap BBM ini bertujuan :

1. Supaya uap BBM tidak terus terbang keudara yang tentunya akan mencemari lingkungan, akan tetapi dibakar dalam ruang bakar terlebih dahulu sehingga keluar knalpot dalam bentuk CO2 dan H2O.

2. Sebagai Pressure Relief. Kita ketahui bahwa tekanan gas (uap BBM) akan meningkat dengan bertambahanya temperature (di siang bolong nggak ada awan). Tekanan yang besar ini mesti dikurangi melalui pipa venting tadi yang menuju CHARCOAL CANISTER.

Jika saluran ini tertutup/tersumbat karena berlebihan mengisi BBM dalam tanki (BBM masuk kedalam saluran uap BBM), maka jika terjadi kenaikan tekanan pada tanki BBM, tekanan ini nggak bisa dikurangi, maka akan bisa merusak seal-seal karet yang ada dalam tanki dan mengurangi kinerja FUEL PUMP... umur fuel pump akan berkurang.

TIPS :

1. Hindarkan mengisi BBM berlebihan sampai ke lubang pengisian BBM... bahasa jawa-nya mencep-mencep.

2. Hindarkan mengisi BBM menunggu sampai Warning light menyala. Cara ini akan memberatkan kerja Fuel Pump sehingga akan cepat rusak. Isi BBM lagi sebelum warning light menyala.

3. Jika tanki BBM terbuat dari bahan metal, dan jika mobil tidak digunakan tiap hari, maka usahakan BBM-nya penuh. Hal ini untuk mengurangi resiko karat bagian dalam tanki karena uap air. Jika ini terjadi, pada saat isi BBM penuh, karat-karat ini akan rontok dan mengendap atau bercampur dengan BBM yang mengakibatkan FUEL PUMP mampet atau rusak.
Image
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Re: [Tanya] tentang sensor pengisian pom bensin

Post by Mike »

PenyuTurbo wrote:.............

TIPS :

1. Hindarkan mengisi BBM berlebihan sampai ke lubang pengisian BBM... bahasa jawa-nya mencep-mencep.

2. Hindarkan mengisi BBM menunggu sampai Warning light menyala. Cara ini akan memberatkan kerja Fuel Pump sehingga akan cepat rusak. Isi BBM lagi sebelum warning light menyala.

3. Jika tanki BBM terbuat dari bahan metal, dan jika mobil tidak digunakan tiap hari, maka usahakan BBM-nya penuh. Hal ini untuk mengurangi resiko karat bagian dalam tanki karena uap air. Jika ini terjadi, pada saat isi BBM penuh, karat-karat ini akan rontok dan mengendap atau bercampur dengan BBM yang mengakibatkan FUEL PUMP mampet atau rusak.
Thanks for sharing the Tips....
Kebetulan gw kalo ngisi bensin biasanya kalo udah yellow light blinking...
hueheuue..

Utk no.2, Fuel Pump kerjanya tambah berat karena apa ya?
apa karena tekanan dari tangki lemah (karena tinggal dikit)
trus jadi harus menyedot lebih kuat?
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: [Tanya] tentang sensor pengisian pom bensin

Post by PenyuTurbo »

Mike wrote:Utk no.2, Fuel Pump kerjanya tambah berat karena apa ya?
apa karena tekanan dari tangki lemah (karena tinggal dikit)
trus jadi harus menyedot lebih kuat?
Karena BBM yang dipompa nggak penuh, bercampur dengan gas, uap air, yang ada dalam tanki (sewaktu kendaraan berjalan bergoncang-goncang). Kalau yang dipompa campuran BBM dan gas/udara/uap air, umurnya akan jadi pendek - Adanya proses CAVITATION. Fuel Pump akan efficient dan tahan lama kalau kalau yang dipompa semuanya cairan (liquid BBM).

Sama halnya dengan Water Pump (Engine Coolant), kalau ada udara yang terjebak dalam coolant, maka water pump nya akan cepat mintak diganti.
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Thanks atas infonya... Wah Anda expert sekali soal ini ya??
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
saptaaji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58

Post by saptaaji »

biasanya gw ngisi bensin ampe bibirnya cuma pas mau ngitung konsumsi bensin aja.

nozzlenya stop otomatis biar ga kebablasan ngisi bensinnya. soal ampe bibir seh kebijakan masing2 :P
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

sip,jangan2 pak penyu turbo juga pengusaha SPBU nih hehehehehe
User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

Post by ahbeng »

Thanks berat atas penjelasan detailnya pak Penyuturbo :) mulai skrg wa isi ampe otomatis mati uda stop deh... hehehe
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

ahbeng wrote:Thanks berat atas penjelasan detailnya pak Penyuturbo :) mulai skrg wa isi ampe otomatis mati uda stop deh... hehehe
Keuntungan lain yang didapat dari pengisian otomatis stop adalah bahwa di dalam menentukan konsumsi BBM lebih akurat. Isi ... Auto stop ... reset odometer trip .... hampir habis (jangan sampai menyala warning light) ... isi lagi dan auto stop ... tahulah berapa liter isi ... sebelum reset odo trip lihat berapa km dapatnya ... bagi dengan jumlah isi BBM ... dapatlah konsumsi BBM yang akurat untuk trip tersebut.
Image