azutan wrote:mohon saran dari para sesepuh Serayamotor nihh
ane newbie mohon maaf sebelumnya kalo ada kesalahan kata"
gini om pengen minta perbandingan antara os vs innova
tentang kenyamanan dipakenya n mesin"
nah ane rada tertarik sama os ini
tapi sepemantauan ane di forum" kok os banyak keluhan yah
mengenai mesin yang kurang bandel sama bau gosong
mohon bantuan saran dari para sesepuh mengenai innova dan os ini
mana yang lebi worth it buat di beli
thanks
Dipertimbangkan dulu kebiasaan harian dalam menggunakan mobilnya untuk apa aja dan rute2nya gimana aja. Kalo hanya sebagai mobil kedua ya ambil yang model paling fresh yaitu OS. Kalo sebagai mobil utama nah aktifitasnya utk apa nih? jika mondar mandir tanpa banyak penumpang maupun barang2, lagi2 ambil OS aja. Jika rutenya hanya dalam kota kenapa pilihan hanya dibatasi pada 2 merek tsb?
Saya pribadi dulu punya Honda nyuciti vtec 2007 nyaris sama sekali gak pernah terpakai ke luar kota sampai terjual di tahun ke 4. Sekedar wara wiri bersama anak2 aja. Inova V AT 2005 yang sangat terpakai baik utk keperluan aktifitas family time (jalan ramai2, belanja bulanan, sepedaan, antar jemput sekolah, dll) maupun rekreasi ke luar Jakarta (hingga lintas pulau). Terjual tahun 2009 di odometer 130ribu lebih.
Tipikal pak Azutan model orang yang "apik" pada kondisi standar atau tukang "ngulik" mobil juga perlu dipertimbangkan.
Kalo "apik" tipikalnya puas dengan kondisi apa adanya dari pabrikan, kalo "ngulik" biasanya banyak wishlist mulai dari Dastek, pelek, audio dll.
Udah baca user testimony pemilik OS kan shg secara overall bisa menilai apa aja yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan pak Azutan. Baca juga user testimony pemilik innova biar akur dan fair.
Sekilas testimony innova V AT 2005 VVT-i saya yang tipikal "apik":
1. Akomodasi kabin: Karena trim termewah innova di jamannya, kabin terasa eksklusif mewah, terlebih jaman2 tahun 2000an lagi trend DVD player 5.1, saya langsung ganti audio full DTS 5.1 Kenwood. Makyuss kayak nonton bioskop. Bawa apapun serasa semuanya masuk di innova, meski punya roofbox belum sekalipun dipake ke innova. Kalo ke luar kota bangku baris ke 3 saya copot biar semua barang masuk dengan rapi.
2. Performa mesin: saya gak masalah dengan FC karena dapet allowance transportasi dari kantor, jadi tetep konsisten ngisi Pertamax / Shell Super. bahkan tahun 2006-2007 waktu Pertamax seharga > 10ribuan tetep ngisinya Ron 92. Puas kok dengan mesin 2000cc VVT-i. Tutup mata sama mobil lain dg teknologi lain. Pernah turing dengan sodara yang pake Serena Highway star, dengan kapasitas beban yang lebih banyak dan berat di innova keiritannya lebih baik ketimbang Serena tsb. Kesimpulan pribadi saya mesin vvt-i di innova sudah ideal karena menopang bodi ladder frame berpenggerak roda belakang masih lebih irit ketimbang Serena yang berpenggerak roda depan dan monokok frame.
3. Modifikasi: sedikit tertelan racun di milis IC (innova community, gini2 ane termasuk member pionir sejak awal tahun 2005 dan mendiskusikan logo IC hehe). Knalpot diganti dengan buatan SAKI (Sumber Adi Knalpot Indonesia), yang diameter pipanya lebih kecil. Review-nya karena diameter knalpot bawaan innova kebesaran shg tenaga rada boyo di rpm rendah tapi top speed dasyat sekali sampai pernah nyentuh 180kmph padahal AT.
Dengan kenalpot SAKI, mesin lebih responsif di rpm bawah, ini yang dibutuhkan utk tipikal trafik Jakarta !!! top speed gak bisa nyentuh 160kmph lagi, tapi is not a big deal for me.
Saya juga pasang broquet biar bensinnya lebih irit, dan terbukti banget. Sebelumnya kalo macet2 di MID bisa tertulis sampai 4km/liter, semenjak pasang broquet average di macet2an tol jakarta dapet 6-7km/L. Secara overall dengan kombinasi knalpot SAKi dan Broquet di rute2 Jakarta bisa 8-9km/L (real fact!!!).
4. Defect: alhamdullilah unit innova saya termasuk batch produksi yang gak kena re-call apapun. Ini mobil fantastis saya yang sejak beli hingga terjual gak pernah cengeng dan mengganggu, bahkan menjadi andalan keluarga (sering dipinjam utk ke luar kota).
Inova saya berpindah tangan ke teman kantor karena dia telah membuktikan FC-nya sesuai dengan klaim saya.
Kalo boleh saran ke pak Azutan:
Model innova mengalami minor facelift sebanyak 3x, rasanya sudah mendekati saatnya utk melakukan major change. Mendingan merubah pilihan ke model lain atau kalo tetep ngotot pengen inova G AT, ambillah yang seken pak. Biar gak sayang kehilangan depresiasi.
Salam
