Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

peesong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Tue Jan 08, 2013 0:30

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by peesong »

soraksorai wrote:hehe ane jadi keisengan pengen tahu jargon2 SUV diatas, terus terang baru nge-google tadi siang... OOT sekali yak?

BTW, indahnya kompetisi, konsumennya lah yang akan diuntungkan... hari gini pilihan SUV banyak banget, dengan teknologi yg beragam pula, kalau produsen gak cepet2 belajar sama kompetitor, bakal tenggelam ditelan jaman.

semoga pemain raksasa yg market sharenya gede di Indonesia, tidak cepat berpuas diri, dan mulai melihat ancaman2 dari Mazda, VW, KIA, Hyundai yg terus-menerus mengincar tahta pemain lama.

jadi bro peesong udah ambil keputusan belon? apa malah bingung sama men-temen disini?
jangan lupa bro, pilih mobil yg sreg di hati anda, sreg di hati org2 deket anda (pacar,istri,ortu,mertua) gak usah diikuti pendapat ane dan men-temen disini yg subjektif banget.

Kalo misalnya sudah pilih Tiguan, ya syukurilah, carilah nilai2 positifnya yg bakal bikin anda makin sayang sama Tiguan
Kalo misalnya sudah pilih CX-5, ya syukurilah, carilah nilai2 positifnya yg bakal bikin anda makin sayang sama CX-5

Gitu aja kok repot....
Pilihan sih sdh mulai terbayang ttp blm diputuskan.... beli santai koq, tdk buru2 koq.
Ulasan para suhu suhu diatas banyak memberikan masukan / informasi baru yg lgs tdk lgs berguna buat pengambilan keputusan akhir.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by AD74YA »

Milih mobil perkara yang susah sebenernya.. Apalagi kalau pilihannya banyak..

Tapi kalau parameter utama udah terpenuhi semua, saatnya lihat hal2 superficial yang disuka dan gak disuka..

Kadang2 hal gak penting.. Macem temen awak, milih e class dibanding 5 series karena "bau kulitnya lebih harum"....

Gak ada reviewer professional yang pernah bahas itu kayaknya... Wkwkwkwk
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by maskopat »

AD74YA wrote:
maskopat wrote: ane sih gak melihat high tech pada mazda CX 5. mobil ini "sekedar" menggabungkan bobot ringan dan kompresi tinggi dengan direct injection...

emang bobot ringannya yang menggunakan plat body dan chassis yang modern. tapi sebagai teknologi dan konsep, tidak ada sesuatu yang "high tech"... kalo bicara pembuatan dan bahan platnya mungkin high tech..
Teorinya mudah master, tapi di aplikasinya susah... Disitu high tech nya...

Mungkin kasat mata terlihat : Ini mobil konvensional dengan sejuta jargon saja, tapi kenyataannya tidak begitu..

Kalau kita ngomong proses, mobil konvensional sekarang udah bisa dibilang sempurna dalam proses pembuatannya.. Oleh karena itu pabrikan yang udah mentok dalam naikin performa tapi tetep harus bikin progress kebanyakan ambil langkah mudah.. apa itu? Aplikasi supercharger atau turbocharger atau keduanya di 1 mobil. Sedangkan disini kita bisa lihat betapa besarnya testis Mazda; mereka nggak cut-off ke langkah mudah, tapi mereka mau menyempurnakan yang sudah dianggap sempurna oleh pabrikan lain:
1. Membuat chassis yang lebih kaku tapi lebih ringan
2. Membuat mesin N/A dengan efisiensi lebih tinggi dari standar pasar yang sudah tinggi
3. Membuat transmisi single clutch memiliki kecepatan perpindahan mendekati double clutch.

Kalau di analogikan dalam dunia fitness, yang lain pakai steroid buat memperbesar bicep nya, Mazda tetep ngangkat barbel agar bicep nya punya bicep lagi (macem Popeye :big_weee: ). On top of that, Mazda melakukan semuanya dibawah ancaman finansial, yang jika mereka gagal, Mazda gone for good. -> emang gede testis mereka... "Keluguan" ini yang saya salut....

Pertanyaannya, kenapa mereka ga ambil langkah mudah? Beli platform double charger VW atau injeksi Mercedes? Kenapa mereka gak pakai DSG? Ya karena mereka punya prinsip yang tadi di posting oleh oom Primatech: Jinba Ittai -> horse and driver in one symphony. Mesin charger akan menghilangkan sensasi pembangkitan tenaga gradual yang dimiliki oleh mesin N/A, suaranya pun jadi berbeda.. Yes, charger lebih dramatis, but no, pengalaman berkendara tidak lebih baik. Karena driver tidak akan dapat merespon tiap detik perpindahan performa mesin karena akselerasinya tidak gradual.. Akan terbentuk puncak dulu secara extreme lalu semakin menurun, sedangkan mesin N/A, akan rata naik dari bawah ke atas.

Lalu, kenapa tetep pakai single clutch? Karena dengan DSG driver tidak akan terlalu merasakan perpindahan gigi, sehingga akan menimbulkan rasa sintetik di berkendara. Dengan single clutch, setiap perpindahan gigi akan terasa, dan driver bisa dengan mudah menghafal momennya dan kurva torsi mesin disaat yang sama, sehingga bisa full control mobilnya. Ever wonder kenapa LFA, Pagani Huyra, dan Lamborghini Aventador tetep pakai single clutch? Alasannya sama..

Sedangkan penggunaan chassis yang lebih kaku tentunya berefek di handling, oom kopat pasti sudah tau... Mobil makin mudah di kontrol, driver makin bisa memprediksi mobilnya dan antisipasi tiap getaran. Dan ini juga susah loh oom kopat, bikin chasis yang udah kaku, jadi makin kaku... Kasarnya bisa dibilang, secara tulang, CX lebih mahal dari rivalnya yang lain.. Hal ini juga meningkatkan keamanan.

Mazda never invented cars to race on the drag strip.. They invented cars to be driven to the drag strip, through the twisty roads, and make a smile on your face.

CMIIW.
thanks untuk pencerahannya.

tentang ringannya chassis cx 5, apa bedanya dengan teknologi baja ringan pada rangka atap rumah? itu sekedar meningkatkan kekuatan material yang digunakan sehingga dapat memiliki kekakuan yang sama dengan menggunakan bobot yang ringan.

sepertinya single clutch akan menjadi pilihan untuk masa depan setelah orang menemukan teknologi untuk mempercepat shifting. karena single clutch akan memiliki bobot yang jauh lebih ringan daripada double clutch. sekarang tinggal mempertimbangkan ringan dengan response shifting aja.

bayangan ane sih, lebih gampang bikin mesin GDI high compression daripada mesin TSI... kenapa? karena gak gampang mensinkronisasikan dual charger yang berbeda karakter ke dalam satu mesin dan menghasilkan torsi yang rata.
mesin GDI sangat gampang untuk dibuat high compression walau dengan RON yang rendah... karena mesin GDI memungkinkan bahan bakar disuntikkan pada saat combustion...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by maskopat »

AD74YA wrote:Milih mobil perkara yang susah sebenernya.. Apalagi kalau pilihannya banyak..

Tapi kalau parameter utama udah terpenuhi semua, saatnya lihat hal2 superficial yang disuka dan gak disuka..

Kadang2 hal gak penting.. Macem temen awak, milih e class dibanding 5 series karena "bau kulitnya lebih harum"....

Gak ada reviewer professional yang pernah bahas itu kayaknya... Wkwkwkwk
susah kalo emang "seru".... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
val
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Feb 20, 2013 5:20

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by val »

soraksorai wrote:
Bueuk_32 wrote: apakah di jalan, mazda membuat "turn head" yg lebih daripada honda? :e-think:
apakah sudah ada penelitian yg menunjukan antara honda vs mazda, manakah yg membuat "turn head"?
:big_peace:
yg jelas sih semboyan
CRV Gen3: "Stands Out From The Crowd" (kalo gak salah inget ya)
CRV Gen4: "Everybody's Watching"
CX-5: "Rethink Possibilities"
Tiguan: "Be King of Urban Jungle"

Nah positioning masing2 merk jelas kan?
Kalo CRV selalu ingin tampil menonjol dan dilihat orang.
Kalo CX-5 sedang mikirin kemungkinan2
Kalo Tiguan ingin jadi penguasa kota
semuanya cuma jargon marketing. cuma jargonnya Tiguan atau CRV lebih mengena ke konsumen, kalo jargonnya CX-5, konsumen suruh mikir... hihihihiiii... :ngacir:
Keingat sewaktu ke showroom Mazda buat test drive CX-5, marketingnya menonjolkan skyactive, dan BOSE. Saya org awam nga ngerti istilah begitu, sampe mikir apa itu ya? Benar juga ya slogan CX-5 bro.
val
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Feb 20, 2013 5:20

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by val »

AD74YA wrote:Milih mobil perkara yang susah sebenernya.. Apalagi kalau pilihannya banyak..
Tapi kalau parameter utama udah terpenuhi semua, saatnya lihat hal2 superficial yang disuka dan gak disuka..
Kadang2 hal gak penting.. Macem temen awak, milih e class dibanding 5 series karena "bau kulitnya lebih harum"....
Gak ada reviewer professional yang pernah bahas itu kayaknya... Wkwkwkwk
Mengenai bau saya setuju bro. Ada temen nga jadi ambil CRV. Alasannya nga demen ama bau CRV, akhirnya ambil OS. :wkkk:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by AD74YA »

maskopat wrote:
thanks untuk pencerahannya.

tentang ringannya chassis cx 5, apa bedanya dengan teknologi baja ringan pada rangka atap rumah? itu sekedar meningkatkan kekuatan material yang digunakan sehingga dapat memiliki kekakuan yang sama dengan menggunakan bobot yang ringan.

sepertinya single clutch akan menjadi pilihan untuk masa depan setelah orang menemukan teknologi untuk mempercepat shifting. karena single clutch akan memiliki bobot yang jauh lebih ringan daripada double clutch. sekarang tinggal mempertimbangkan ringan dengan response shifting aja.

bayangan ane sih, lebih gampang bikin mesin GDI high compression daripada mesin TSI... kenapa? karena gak gampang mensinkronisasikan dual charger yang berbeda karakter ke dalam satu mesin dan menghasilkan torsi yang rata.
mesin GDI sangat gampang untuk dibuat high compression walau dengan RON yang rendah... karena mesin GDI memungkinkan bahan bakar disuntikkan pada saat combustion...
Ntahlah master kopat kalau dibanding teknologi konstruksi tapi awak pikir sama saja... Toh pakai high tensile steel.. Yang susah, kalau lihat dari tutorialnya, bikin in-house stamping and testing facilities baru buat menuhin standarnya.. Secara teknologi sebenernya gak susah, karena telah tersedia..

Yup.. ane punya forecast kedepannya teknologi CVT betul2 akan hilang tergantikan single clutch dengan 8 atau lebih gigi.. Plus, smart shift sudah ditemukan ZF, yang artinya bisa skip gigi, dan saya rasa untuk manuver, akan lebih mengena kedepannya daripada DSG konvensional. Dan betul, single clutch kira2 100 kg lebih ringan dibanding double clutch, plus menggunakan ruang lebih sedikit, plus bisa di mount lebih rendah.

Nah untuk dual compression, secara teknologi lebih ribet memang, tapi ada kekurangannya master, yaitu untuk dikembangkan lebih lanjut jadi mentok. Dan membutuhkan banyak variabel tinggi agar bisa bekerja optimal; contoh: ada standar polusi udara, ada standar kelembapan udara, dan ada standar kualitas BBM yang tinggi. Sedangkan untuk mesin N/A dikembangkan akan menjadi lebih tricky pada akhirnya.. Karena mereka harus bisa terus develop sampe batas maksimalnya.. Seperti yang oom kopat bilang, parameter diubah pun, dia masih tetep kerja optimal. Contohnya kayak permainan spark timing/ignition system per silinder masih betul2 bisa di eksplor.. Aston Vanquish punya mesin NA yang sama dengan V12 Vantage, tapi punya 60 PS lebih di horsepowernya... Kok bisa?...

Nanti bakal lucu kalau mesin 2000cc bisa punya output yang sama dengan 2500cc... Dengan konsumsi yang lebih irit.. Sejarah sudah membuktikan hal itu, dan itulah kenapa ane bilang ngembangin mesin N/A lebih tricky ketimbang pakai charger-chargeran.. Dan pakai charger itu sama aja kayak pakai steroid..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by AD74YA »

val wrote: Keingat sewaktu ke showroom Mazda buat test drive CX-5, marketingnya menonjolkan skyactive, dan BOSE. Saya org awam nga ngerti istilah begitu, sampe mikir apa itu ya? Benar juga ya slogan CX-5 bro.
Jadi pelajaran oom...

Mayoritas sales just bulls*it-ing us...

Jadi konsumen harus pinter.. Ane yakin, dengan hanya baca selembar di SM ini, pengetahuan kita bakal lebih luas ketimbang sales...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by Penikmat_Kopi »

kecuali kalo salesnya ikut baca sm juga ya :mky_02:
User avatar
Primatech
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by Primatech »

Bueuk_32 wrote:2 pernyataan ttg 2 brand ini sebenernya mengandung benang merah, yakni tentang "gengsi" yg diperoleh pemakainya.
M90 wrote: Walopun CRV pasaran, masyarakat secara umum lebih menganggap CRV "lebih berkelas" dari SUV lainnya yg sekelas. Honda gethoo loh.... :big_smoking:
Primatech wrote:turn heads banget..karena itu yg gw rasakan ketika gw pake mazda 2, 6 lama yg polisi, dan dulu lantis, dbanding ane pake jazz, accord, dan dulu genio
tentu maksud "turn heads" disini karena rasa "wow" kan? karena ekslusifitas, bukan cibiran?

pertanyaannya, apakah langka nya sebuah produk itu membuat "turn heads banget"?
karena dari beberapa postingan member sini, justru mengatakan "kelebihan" mazda adalah humble, orang lain tidak sadar bahwa mobil ini adalah mobil yg "wah". masyarakat awam bahkan tidak sedikit yg mengira mazda6 itu sekelas civic :frm_bang_head:

apakah di jalan, mazda membuat "turn head" yg lebih daripada honda? :e-think:
apakah sudah ada penelitian yg menunjukan antara honda vs mazda, manakah yg membuat "turn head"?
karena kalau belum, saya pinjam kalimat om primatech ya:
Primatech wrote:itu butuh penelitian yg panjang..dan sampai saat itu tibaa...
ya statement ini g bisa dipercaya...
:big_peace:
Sebenarnya kalo bro baca lagi udah kejawab kali bro :mky_03:
saya copas lagi yaa..

"tapi ane sih sneng banget punya mobil yg bagus, dan turn heads banget..karena itu yg gw rasakan ketika gw pake mazda 2, 6 lama yg polisi, dan dulu lantis, dbanding ane pake jazz, accord, dan dulu genio..."

bisa dong bedakan dengan pernyataan om yg satunya :mky_01: ? disini saya bilang sepengalaman saya di mobil yg saya pakai, produk honda kalah turnhead dibanding mazda, liat kan saya tidak genealisir produk honda sperti itu, tapi saya sampaikan apa yg saya rasakan ketika pakai mobil honda.

turnheads, dalam hal secara desain bagus dan jarang di jalan, bahkan pas nongkrong ditempat cuci mobil, ngbrol2 sama polisi highway patrol nanya2 tentang mazda trus dia cerita dia pernah nyoba 6 yg katanya enak banget handlingnya, dan mesinnya mumpuni banget. dan seringjuga pas lagi maen2 k bengkel atau toko aksesori juga nanya2 dan bilang desainnya menarik ya.
well tapi balik lagi itu pengalaman saya yaa :big_weee:

kalau humble memang iya, memang g pernah nyadar knapa desain mazda g suka blink2 dibanding merk lain? :mky_03:
Last edited by Primatech on Fri Apr 05, 2013 2:51, edited 2 times in total.
User avatar
Primatech
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by Primatech »

AD74YA wrote:
maskopat wrote: ane sih gak melihat high tech pada mazda CX 5. mobil ini "sekedar" menggabungkan bobot ringan dan kompresi tinggi dengan direct injection...

emang bobot ringannya yang menggunakan plat body dan chassis yang modern. tapi sebagai teknologi dan konsep, tidak ada sesuatu yang "high tech"... kalo bicara pembuatan dan bahan platnya mungkin high tech..
Teorinya mudah master, tapi di aplikasinya susah... Disitu high tech nya...

Mungkin kasat mata terlihat : Ini mobil konvensional dengan sejuta jargon saja, tapi kenyataannya tidak begitu..

Kalau kita ngomong proses, mobil konvensional sekarang udah bisa dibilang sempurna dalam proses pembuatannya.. Oleh karena itu pabrikan yang udah mentok dalam naikin performa tapi tetep harus bikin progress kebanyakan ambil langkah mudah.. apa itu? Aplikasi supercharger atau turbocharger atau keduanya di 1 mobil. Sedangkan disini kita bisa lihat betapa besarnya testis Mazda; mereka nggak cut-off ke langkah mudah, tapi mereka mau menyempurnakan yang sudah dianggap sempurna oleh pabrikan lain:
1. Membuat chassis yang lebih kaku tapi lebih ringan
2. Membuat mesin N/A dengan efisiensi lebih tinggi dari standar pasar yang sudah tinggi
3. Membuat transmisi single clutch memiliki kecepatan perpindahan mendekati double clutch.

Kalau di analogikan dalam dunia fitness, yang lain pakai steroid buat memperbesar bicep nya, Mazda tetep ngangkat barbel agar bicep nya punya bicep lagi (macem Popeye :big_weee: ). On top of that, Mazda melakukan semuanya dibawah ancaman finansial, yang jika mereka gagal, Mazda gone for good. -> emang gede testis mereka... "Keluguan" ini yang saya salut....

Pertanyaannya, kenapa mereka ga ambil langkah mudah? Beli platform double charger VW atau injeksi Mercedes? Kenapa mereka gak pakai DSG? Ya karena mereka punya prinsip yang tadi di posting oleh oom Primatech: Jinba Ittai -> horse and driver in one symphony. Mesin charger akan menghilangkan sensasi pembangkitan tenaga gradual yang dimiliki oleh mesin N/A, suaranya pun jadi berbeda.. Yes, charger lebih dramatis, but no, pengalaman berkendara tidak lebih baik. Karena driver tidak akan dapat merespon tiap detik perpindahan performa mesin karena akselerasinya tidak gradual.. Akan terbentuk puncak dulu secara extreme lalu semakin menurun, sedangkan mesin N/A, akan rata naik dari bawah ke atas.

Lalu, kenapa tetep pakai single clutch? Karena dengan DSG driver tidak akan terlalu merasakan perpindahan gigi, sehingga akan menimbulkan rasa sintetik di berkendara. Dengan single clutch, setiap perpindahan gigi akan terasa, dan driver bisa dengan mudah menghafal momennya dan kurva torsi mesin disaat yang sama, sehingga bisa full control mobilnya. Ever wonder kenapa LFA, Pagani Huyra, dan Lamborghini Aventador tetep pakai single clutch? Alasannya sama..

Sedangkan penggunaan chassis yang lebih kaku tentunya berefek di handling, oom kopat pasti sudah tau... Mobil makin mudah di kontrol, driver makin bisa memprediksi mobilnya dan antisipasi tiap getaran. Dan ini juga susah loh oom kopat, bikin chasis yang udah kaku, jadi makin kaku... Kasarnya bisa dibilang, secara tulang, CX lebih mahal dari rivalnya yang lain.. Hal ini juga meningkatkan keamanan.

Mazda never invented cars to race on the drag strip.. They invented cars to be driven to the drag strip, through the twisty roads, and make a smile on your face.

CMIIW.
Mantaap, master favorit ane nih :mky_02:
analisanya dalam, pemaparan yg logis dan jelas, penilaian yg objektif dan open terhadap hal2 baru..
salute :e-clap:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by maskopat »

AD74YA wrote: Ntahlah master kopat kalau dibanding teknologi konstruksi tapi awak pikir sama saja... Toh pakai high tensile steel.. Yang susah, kalau lihat dari tutorialnya, bikin in-house stamping and testing facilities baru buat menuhin standarnya.. Secara teknologi sebenernya gak susah, karena telah tersedia..

Yup.. ane punya forecast kedepannya teknologi CVT betul2 akan hilang tergantikan single clutch dengan 8 atau lebih gigi.. Plus, smart shift sudah ditemukan ZF, yang artinya bisa skip gigi, dan saya rasa untuk manuver, akan lebih mengena kedepannya daripada DSG konvensional. Dan betul, single clutch kira2 100 kg lebih ringan dibanding double clutch, plus menggunakan ruang lebih sedikit, plus bisa di mount lebih rendah.

Nah untuk dual compression, secara teknologi lebih ribet memang, tapi ada kekurangannya master, yaitu untuk dikembangkan lebih lanjut jadi mentok. Dan membutuhkan banyak variabel tinggi agar bisa bekerja optimal; contoh: ada standar polusi udara, ada standar kelembapan udara, dan ada standar kualitas BBM yang tinggi. Sedangkan untuk mesin N/A dikembangkan akan menjadi lebih tricky pada akhirnya.. Karena mereka harus bisa terus develop sampe batas maksimalnya.. Seperti yang oom kopat bilang, parameter diubah pun, dia masih tetep kerja optimal. Contohnya kayak permainan spark timing/ignition system per silinder masih betul2 bisa di eksplor.. Aston Vanquish punya mesin NA yang sama dengan V12 Vantage, tapi punya 60 PS lebih di horsepowernya... Kok bisa?...

Nanti bakal lucu kalau mesin 2000cc bisa punya output yang sama dengan 2500cc... Dengan konsumsi yang lebih irit.. Sejarah sudah membuktikan hal itu, dan itulah kenapa ane bilang ngembangin mesin N/A lebih tricky ketimbang pakai charger-chargeran.. Dan pakai charger itu sama aja kayak pakai steroid..
kalo hal baru emang mungkin susah. tapi setahu ane sekarang sudah banyak kendaraan yang menggunakan material yang kuat dan ringan dengan harga "terjangkau" umum.

bagaimanapun single clutch yang dipake di aventador merupakan pengembangkan dari teknologi dual clutch kan? ini emang cara manusia belajar. bukan berarti nanti single clutch di aventador adalah yang terbaik. beberapa tahu ke depan akan ditemukan gearbox yang lebih baik daripada aventador ini. kalo dari sisi kecepatan shifting aventador masih yang tercepat setelah F1. imaly. baksy...

ane gak lihat bahwa mesin dengan "steroid" dan "non-steroid" berbeda dalam hal keterbatasan pengembangan. semuanya masih bisa dikembangkan lebih jauh tapi dengan teknis masing2. yang jelas, dalam 30 tahun terakhir ini, rasio peak torque dengan volume silinder berkisar 80-115 Nm/1000cc untuk mesin bensin N/A... baik di avanza ataupun F1... mau ente naikin kompresi sampe 1:15 pun gak akan lebih dari 120 Nm.... impaygly... mau naikin power? tinggal naikin RPM... gunakan material yang ringan, low friction... fyi, peak torque F1 itu gak lebih dari 120Nm per 1000cc...

karena keterbatasan pada N/A ini lah makanya sekrang lagi trend pake "steroid"... dg steroid engineer bisa bikin mesin yang kompak, ringan dengan kemampuan setara dengan mesin N/A yang berukuran dan berbobot 2x darinya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Primatech
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by Primatech »

maskopat wrote:
AD74YA wrote: Ntahlah master kopat kalau dibanding teknologi konstruksi tapi awak pikir sama saja... Toh pakai high tensile steel.. Yang susah, kalau lihat dari tutorialnya, bikin in-house stamping and testing facilities baru buat menuhin standarnya.. Secara teknologi sebenernya gak susah, karena telah tersedia..

Yup.. ane punya forecast kedepannya teknologi CVT betul2 akan hilang tergantikan single clutch dengan 8 atau lebih gigi.. Plus, smart shift sudah ditemukan ZF, yang artinya bisa skip gigi, dan saya rasa untuk manuver, akan lebih mengena kedepannya daripada DSG konvensional. Dan betul, single clutch kira2 100 kg lebih ringan dibanding double clutch, plus menggunakan ruang lebih sedikit, plus bisa di mount lebih rendah.

Nah untuk dual compression, secara teknologi lebih ribet memang, tapi ada kekurangannya master, yaitu untuk dikembangkan lebih lanjut jadi mentok. Dan membutuhkan banyak variabel tinggi agar bisa bekerja optimal; contoh: ada standar polusi udara, ada standar kelembapan udara, dan ada standar kualitas BBM yang tinggi. Sedangkan untuk mesin N/A dikembangkan akan menjadi lebih tricky pada akhirnya.. Karena mereka harus bisa terus develop sampe batas maksimalnya.. Seperti yang oom kopat bilang, parameter diubah pun, dia masih tetep kerja optimal. Contohnya kayak permainan spark timing/ignition system per silinder masih betul2 bisa di eksplor.. Aston Vanquish punya mesin NA yang sama dengan V12 Vantage, tapi punya 60 PS lebih di horsepowernya... Kok bisa?...

Nanti bakal lucu kalau mesin 2000cc bisa punya output yang sama dengan 2500cc... Dengan konsumsi yang lebih irit.. Sejarah sudah membuktikan hal itu, dan itulah kenapa ane bilang ngembangin mesin N/A lebih tricky ketimbang pakai charger-chargeran.. Dan pakai charger itu sama aja kayak pakai steroid..
kalo hal baru emang mungkin susah. tapi setahu ane sekarang sudah banyak kendaraan yang menggunakan material yang kuat dan ringan dengan harga "terjangkau" umum.

bagaimanapun single clutch yang dipake di aventador merupakan pengembangkan dari teknologi dual clutch kan? ini emang cara manusia belajar. bukan berarti nanti single clutch di aventador adalah yang terbaik. beberapa tahu ke depan akan ditemukan gearbox yang lebih baik daripada aventador ini. kalo dari sisi kecepatan shifting aventador masih yang tercepat setelah F1. imaly. baksy...

ane gak lihat bahwa mesin dengan "steroid" dan "non-steroid" berbeda dalam hal keterbatasan pengembangan. semuanya masih bisa dikembangkan lebih jauh tapi dengan teknis masing2. yang jelas, dalam 30 tahun terakhir ini, rasio peak torque dengan volume silinder berkisar 80-115 Nm/1000cc untuk mesin bensin N/A... baik di avanza ataupun F1... mau ente naikin kompresi sampe 1:15 pun gak akan lebih dari 120 Nm.... impaygly... mau naikin power? tinggal naikin RPM... gunakan material yang ringan, low friction... fyi, peak torque F1 itu gak lebih dari 120Nm per 1000cc...

karena keterbatasan pada N/A ini lah makanya sekrang lagi trend pake "steroid"... dg steroid engineer bisa bikin mesin yang kompak, ringan dengan kemampuan setara dengan mesin N/A yang berukuran dan berbobot 2x darinya...

Setuju sih om, namanya teknologi pasti akan slalu berkembang, g usah n/a sama turbo, sama2 n/a aj, dengan cc yg sama, mobil2 skarang bisa develop dengan power dan efisiensi yg lebih baik dari mobil2 lama. Jadi ungkapan teknologi terbaik itu belum tepat kalau tidak disandingkan dengan kata2 saat ini. Mungkin pertanyaan yg bisa diajukan itu adalah kenapa mobil a pake mesin x dan mesin b pake mesin y?

Sebagai contoh even pabrikan2 supercar juga g sepakat untuk semua pakai turbo, ada yg pakai n/a, twin, quad, dkk..karena dari awal dibuat desainnya juga peruntukannya udah beda, atau pemilihannya juga mungkin memperhitungkan segala faktor macam biaya, berat dll yg menjadikan suatu mobil paket yg paling pas.

dan dalam kasus mazda, Jinba Ittai
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by AD74YA »

Ah oom kopat kalau mancing diskusi kok pinter banget.... jadi wajib di counter nih.....
maskopat wrote: kalo hal baru emang mungkin susah. tapi setahu ane sekarang sudah banyak kendaraan yang menggunakan material yang kuat dan ringan dengan harga "terjangkau" umum.
Kalau material yang di maksud as in steel, maka saat ini New Mazda6 yang paling tinggi.
Kalau yang edar di Indonesia, peringkatnya AFAIK sebagai berikut:
1. Mazda CX-5 (1800 MPa - megapascal) ; UHTS (Ultra-High Tensile Steel grade)
2. Volvo XC60 (1500 MPa) ; UHTS
3. VW Golf (1200 MPa) ; High Tensile Steel grade
4. Ford Focus (1200 MPa)

Future reference ada sebagai berikut:
1. Honda Accord 2014 (1500 MPa)
2. VW Golf (1500 MPa)

Mazda jadi leading dalam grade steel saat ini oom kopat, AFAIK, ini berkat investasi dan kerjasamanya membangun infrastruktur khusus dengan Sumitomo Metal Japan, yang arguably, bisa dibilang sebagai perusahaan stamping yang memiliki teknologi paling tinggi di dunia saat ini (Sumitomo Metal).

CMIIW
maskopat wrote:bagaimanapun single clutch yang dipake di aventador merupakan pengembangkan dari teknologi dual clutch kan? ini emang cara manusia belajar. bukan berarti nanti single clutch di aventador adalah yang terbaik. beberapa tahu ke depan akan ditemukan gearbox yang lebih baik daripada aventador ini. kalo dari sisi kecepatan shifting aventador masih yang tercepat setelah F1. imaly. baksy...
Bukan.. Single-clutch Aventador pengembangan dari single clutch Murcielago Super-veloce.
CMIIW.
maskopat wrote: gak lihat bahwa mesin dengan "steroid" dan "non-steroid" berbeda dalam hal keterbatasan pengembangan. semuanya masih bisa dikembangkan lebih jauh tapi dengan teknis masing2. yang jelas, dalam 30 tahun terakhir ini, rasio peak torque dengan volume silinder berkisar 80-115 Nm/1000cc untuk mesin bensin N/A... baik di avanza ataupun F1... mau ente naikin kompresi sampe 1:15 pun gak akan lebih dari 120 Nm.... impaygly... mau naikin power? tinggal naikin RPM... gunakan material yang ringan, low friction... fyi, peak torque F1 itu gak lebih dari 120Nm per 1000cc...

karena keterbatasan pada N/A ini lah makanya sekrang lagi trend pake "steroid"... dg steroid engineer bisa bikin mesin yang kompak, ringan dengan kemampuan setara dengan mesin N/A yang berukuran dan berbobot 2x darinya...
Agreed....

Jadi teringat sejarah turbo tahun 80-an... Di prakarsai oleh Lancia (CMIIW), akhirnya aplikasi Turbo jadi ngetren dipergunakan hampir di semua mobil produksi sampai F1.

Kalau kita recall juga, di era 90-an turbo mati lagi karena perkembangan teknologi N/A. Masalahnya adalah aplikasi turbo pada saat itu meningkatkan tekanan intake udara ke combustion chamber samapai pada titik maksimal dimana mesinnya mengalami tekanan dan tinggi sehingga rentan crack/meledak. Lalu pada mulai aplikasi intercooler... Terus semakin dipaksa lagi... dan akhirnya masalah sama... Banyak mesin yang overheat/rusak karena penggunaan turbo yang berlebihan.

Lalu pakai cara lain lagi; memasukkan fuel yang lebih banyak dari yang dibutuhkan ke ruang pembakaran untuk membantu mendinginkan mesin dari dalam.. Hasilnya? Mesin jadi boros.. Dan ketika harga BBM melonjak naik, turbo pupus, terganti N/A yang lebih efisien pakai BBM dan performanya makin meningkat.

Turbo modern, pada prinsipnya sama saja dengan turbo jaman dulu.. Hanya saja kompresi nya makin tinggi, injeksi lansung ke combustion chamber nggak melalui intake manifold lagi, dan pengaturan timing hingga sempurna pembakarannya.. Tapi ada kekurangan terbesar dari mesin charger modern; mereka sangat rentan terhadap variabel..

Sebagai contoh, compression ratio nya harus dijaga sebisa mungkin agar tidak berubah, karena setiap perubahan kompresi (lupa berapa amount pastinya, antara 0,0-1,0) efisiensi loss meningkat 5%, injection pressure nya berubah, knock sensor nya ngubah spark timing tiap silinder, efek rantai berikutnya mungkin oom kopat lebih tau.

Jadi sistem ini delicate banget (dalam bahasa orang indonesia; gampang rusak), dan, aplikasi tiap forced induction system di mobil modern, hanya berlaku untuk masing-masing spesifikasi mesin, dalam artian, jika mesinnya mengalami perubahan/modifikasi, efektifitas dari specific FI system bisa langsung berkurang hingga 10%, yang dalam bahasa Audi artinya harus diganti, karena efeknya bisa merusak internal mesin, mungkin oom kopat lebih paham.

Inilah kenapa mesin yang delicate ini pada akhirnya mulai dihentikan peredarannya.. TSI punah di 2012, karena developmentnya sudah tidak dilanjutkan lagi. Ecoboost belum apa2 sudah di recall, dan udah keluar klaim gak cocok untuk kondisi tropis..

Jadi, feeling ane , sejarah bakal berulang lagi.. dan engineer akan ketemu gimana caranya bikin mesin N/A lebih efektif lagi... And then it will start all over again..

CMIIW banget yaa..

Diluar itu, bicara performa, tentunya NA nggak akan pernah lebih tinggi performanya dibanding Forced Induction. Agreed on that.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Primatech
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by Primatech »

AD74YA wrote:Kalau material yang di maksud as in steel, maka saat ini New Mazda6 yang paling tinggi.
Kalau yang edar di Indonesia, peringkatnya AFAIK sebagai berikut:
1. Mazda CX-5 (1800 MPa - megapascal) ; UHTS (Ultra-High Tensile Steel grade)
2. Volvo XC60 (1500 MPa) ; UHTS
3. VW Golf (1200 MPa) ; High Tensile Steel grade
4. Ford Focus (1200 MPa)

Future reference ada sebagai berikut:
1. Honda Accord 2014 (1500 MPa)
2. VW Golf (1500 MPa)
And that's why like pak adjaya said, cuma orang2 yg ngerti mobil yg tau bagusnya mazda.. :big_peace:

no blink2, no trivial fuzz, straight forward dengan keluguannya, keunikan dan enthusiasticnya dalam buat suatu mobil, and that's why slogannya Zoom zoom..suatu pabrikan mobil kecil yg dengan prinsipnya menyenangkan driver dengan pengalaman berkendara yang luar biasa :e-clap:

Jadi TS pilihan mulai terang benderang kan?
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by AD74YA »

Primatech wrote:
And that's why like pak adjaya said, cuma orang2 yg ngerti mobil yg tau bagusnya mazda.. :big_peace:

no blink2, no trivial fuzz, straight forward dengan keluguannya, keunikan dan enthusiasticnya dalam buat suatu mobil, and that's why slogannya Zoom zoom..suatu pabrikan mobil kecil yg dengan prinsipnya menyenangkan driver dengan pengalaman berkendara yang luar biasa :e-clap:

Jadi TS pilihan mulai terang benderang kan?
Saya bukan die hard fans Mazda.

Saya hanya pengamat saja. Dan berhubung saya memperlakukan mobil dengan berinteraksi layaknya dia makhluk hidup (car as a friend, not tools), hal paling penting dari mobil yang saya cari adalah karakter.

Oleh karena itu setiap review saya, pasti saya bahas mengenai karakteristik, dan perbandingan dengan generasi sebelumnya.

Saya suka dan memilih Mazda, karena bagi saya ini satu dari sedikit pabrikan yang berani untuk tidak berubah dari prinsip awal perusahaan ini dibangun. Secara bisnis, Mazda sangat bodoh, itulah kenapa berulang kali bangkrut, gak gede-gede. Tapi ya itu... Mereka tetep patokan dengan sejarahnya. Saat Golf mk1 (rabbit) mengambil alih dunia dengan demam hot hatchback dan membunuh pasar convertible, what the hell, Mazda bikin MX-5..

Saat yang lain mulai pakai turbo dan segala macem di mobilnya, what the hell, Mazda ngembangin wankel (rotary) engine.

Dan itu terus tercermin sampai sekarang.. Dan karakter seperti ini value yang hampir punah di pabrikan modern.. Honda mulai fokus ke akomodasi dari ngembangin mesin.. Mitsu mulai beralih ke Eco dengan CVT dan electric vehicle yang sama sekali gak cocok buat ngebut.. Subaru ngembangin mobil murah, padahal sebelumnya selalu up market. Even pabrikan besar seperti Lamborghini yang setelah diambil Audi mobilnya jadi jinak. Ferrari yang lebih fokus dengan jual celana dalam dan sepeda. Mini yang ukurannya udah gak mini lagi dengan line up seperti Countryman. And so on..

Karakter ini jadi barang mahal sekarang.. Selain Mazda palingan Alfa Romeo, Range Rover, dan Rolls Royce IMO masih sama kayak dulu.. Meskipun dipegang Fiat, design Alfa tetep juara, dan tetep sering rusak.. Range Rover meningkatkan dignity daripada marketingnya.. Dan Rolls handling nya tetep sampah.

IMHO, CMIIW.

NB: gak sabar banget nungguin duet Mazda-Alfa Romeo dengan New Alfa Spider yang bakal keluar tahun depan (semoga):

Image
Last edited by AD74YA on Fri Apr 05, 2013 7:05, edited 1 time in total.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by maskopat »

wuih mantap neh material cx-5...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by AD74YA »

maskopat wrote:wuih mantap neh material cx-5...
Makanya saya bilang, skyactiv itu sebenernya bukan omong kosong belaka... Ngikutin sejarah Mazda mengeluarkan diri dari Ford, setengah mati ngembangin platform baru, dan menolak mentah2 sharing platform dengan merk lain padahal Mazda bisa dapet duit gede.. Kalau ngomongin testis... Udah jarang cerita dongeng kayak gini.. :mky_07:

Sayangnya namanya itu loh... jadi marketing gimmick yang terdengar bodoh dan seperti omong kosong... :big_slap:

harusnya stick to Zoom zoom aja..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
FortunerMan

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by FortunerMan »

Ane tes Tiguan di sekitar komplek rumah baru...mantaps. Rasa Jermannya super kental, dalemnya lega bener ( terutama headroom)...gak kerasa di mobil kecil. Bagasinya aja yg rada sempit, tapi oke lah kalo yg belanjanya gak banyak2.

CX-5 juga bagus bagus aja, bagasinya menang gede.

Kalo ane sih pilih Tiguan...lebih abadi kayanya tampangnya. Bagusnya beli baru soalnya ngeri mesinnya kalo dapet yg tidak terawat...simpen 10 tahun juga masih bagus modelnya.
User avatar
Primatech
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by Primatech »

AD74YA wrote:
maskopat wrote:wuih mantap neh material cx-5...
Makanya saya bilang, skyactiv itu sebenernya bukan omong kosong belaka... Ngikutin sejarah Mazda mengeluarkan diri dari Ford, setengah mati ngembangin platform baru, dan menolak mentah2 sharing platform dengan merk lain padahal Mazda bisa dapet duit gede.. Kalau ngomongin testis... Udah jarang cerita dongeng kayak gini.. :mky_07:

Sayangnya namanya itu loh... jadi marketing gimmick yang terdengar bodoh dan seperti omong kosong... :big_slap:

harusnya stick to Zoom zoom aja..
hiks jadi terharu bacanya :e-pray:

mazda memang bukan pabrikan yg terbaik. tapi entah kenapa tiap ngrencanain formasi di garasi, selalu pengen ada satu mazda di dalamnya..karena begtu nyetir mobil lain, ada kerinduan untuk sekedar muter2 di tol dengan mobil ini.. :ungg:

untuk skyactiv serba salah juga sih, g dimarketingkan orang g tau (skrg aj g tau),dimarketingkan juga dipikirnya cuma jargon.. :big_slap:
FortunerMan

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by FortunerMan »

M90 wrote:To Bro RV, keliatannnya di semua trit di SM, kalo ada kesempatan, pasti menjelekkan Toyota. Ok itu hak ente, selama pendapatnya objektif pasti memberikan masukan postif bagi member SM. Tapi mengingat track record anda (sebagai Sithlord, Toyotaman, Hawa2, dll) sebagai Toyota Hater maka pendapat ente cenderung Subjektif. :big_weee:
:wkkk: :wkkk: :big_slap:
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by MonSTER_GTR »

loh loh bro fortunerman balik? :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01:

welcome back :cupss: :cupss: :cupss: :cupss: :cupss:
Here Come's The Best Car - Coming soon
M90
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 06, 2013 8:59

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by M90 »

Welcome Bro FM

Munculnya Bro RV berhasil memancing Bro FM turun dari pertapaannya.
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by lava85 »

Wow Welcome back OM FM :frm_salut:

Tambah seru deh SM :mky_02:
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47

Re: Ask: Pilih mana ya antara VW Tiguan vs Mazda CX 5

Post by Bueuk_32 »

Primatech wrote: Sebenarnya kalo bro baca lagi udah kejawab kali bro :mky_03:
saya copas lagi yaa..

"tapi ane sih sneng banget punya mobil yg bagus, dan turn heads banget..karena itu yg gw rasakan ketika gw pake mazda 2, 6 lama yg polisi, dan dulu lantis, dbanding ane pake jazz, accord, dan dulu genio..."

bisa dong bedakan dengan pernyataan om yg satunya :mky_01: ? disini saya bilang sepengalaman saya di mobil yg saya pakai, produk honda kalah turnhead dibanding mazda, liat kan saya tidak genealisir produk honda sperti itu, tapi saya sampaikan apa yg saya rasakan ketika pakai mobil honda.

turnheads, dalam hal secara desain bagus dan jarang di jalan, bahkan pas nongkrong ditempat cuci mobil, ngbrol2 sama polisi highway patrol nanya2 tentang mazda trus dia cerita dia pernah nyoba 6 yg katanya enak banget handlingnya, dan mesinnya mumpuni banget. dan seringjuga pas lagi maen2 k bengkel atau toko aksesori juga nanya2 dan bilang desainnya menarik ya.
well tapi balik lagi itu pengalaman saya yaa :big_weee:

kalau humble memang iya, memang g pernah nyadar knapa desain mazda g suka blink2 dibanding merk lain? :mky_03:
Justru itu, emang anda ga nyadar desain mazda itu ga blink2? kalo niatnya pengen bikin kepala orang lain muter, bukannya lebih baik ngambil yg desainnya blink2 ya? :e-think: Mazda sih lebih ke yg ingin menikmati berkendara tapi gak terlalu suka “tampil” kayanya. Tapi kecuali mazda6 baru kali ya? Merahnya seksehhh… meskipun tampangnya mirip mcqueen di film cars wkwkwkwk tapi ya ini sih perasaan ane doang, boleh dong ane juga pake perasaan?
Kasian aja gitu dg standar ganda anda, ketika anda meminta orang lain menggunakan data hasil penelitian yg panjang agar statementnya bisa dipercaya, anda sendiri lebih mengandalkan perasaan sendiri untuk justifikasi mazda lebih turnhead dari honda.
Bukannya inkonsistensi ttg standar seperti itu ya yg di trit lain anda kena skakmat nya bro risol soal fortuner? :big_peace:
Tidak mengeneralisir? Harusnya anda mengatakan kalimat “sepengalaman saya di mobil yg saya pakai, genio kalah turnhead dibanding lantis” bukan kalimat “sepengalaman saya di mobil yg saya pakai, produk honda kalah turnhead dibanding mazda”. :big_weee:
Tempo hari ane lagi jalan bareng temen cewek ane, ada cx5 lewat, meskipun ane kurang sreg dg bokongnya, tapi ane sih suka dg front fascia cx5. Ane goda tuh cewe, “cakep ya? Jadi pengen punya”, eh doi cuek2 aja. Giliran di parkiran, disamping GL yg ane pake ada crv, ane yg balik digoda, doi bilang “kapan ya bisa beli”. Wew dasar cewek malah lebih suka crv. Jadi perasaan ane sih (eh boleh kan pake perasaan ya?) crv (honda) lebih turnhead dari cx5 (mazda). Tapi toh bukan persoalan kan? Memang mazda bukan untuk blink2.

Hehe, tapi peace ah bro, ane ga mau debat kusir, ane bukan mau nyari musuh disini, ane cuma mau belajar otomotif. Ane minta maaf kalo postingan ane menyinggung. Ane juga sebenernya berharap penjualan cx5 di indo bisa melesat mengganggu eksistensi crv. Bukan apa2, dominasi crv sebenernya ga sehat untuk iklim kompetisi antar pabrikan. Dan yang kasian kan sebenernya user crv, harus puas dg sunatan massal ala jonfis. Jadi fans crv mungkin harus ikut mendoakan rival crv dari pabrikan lain penjualannya melesat. wkwkwkwk

Yu ah lanjut, jadi TS nya milih apa nih? Tiguan aja bro, kayanya di SM belum ada yg punya tuh, jadi ga ada reviewnya. Hehehe *saran-gak-obyektif*
"The Power of ren-Dreams"
Image