Bau2an gosong, asap knalpot, uap mesin masuk kabin ? Turbulence di kolong mobil....
Salam hangat om2 semuanya. Saya termasuk peminat Santi walau dah ada sportage gen III tipe Option AT 2012 di garasi. Lagi pengen ngeracunin diri ngejajal mesin diesel modern, sebelumnya tunggangan ane 10 tahun yll pake Panther hi-Grade 1997 (direct injection).
Alesan simple aja, bengkel Hyundai sepelemparan sendal dari rumah, kalo chevy ataw ford rada2 melambung lewat tol dalkot / Jorr.
Dari page 12 kalo gak salah, ada beberapa keluhan bau asep / gosong masuk kabin ya, di baca ampe tuntas sampe page 25 belum ada yang bisa kasih pencerahan. Moga berguna ya sharing nubie (kalo salah di koreksi ya, jangan di parkir

)
Pernah diskusi dengan temen2 sportage, bagi yang hidungnya sensi (saya juga cukup sensi) emang tiap speed tinggi di sportage-pun ada bau kayak bensin / knalpot / uap mesin masuk. Kirain bau parfum kalengan yang di kolong jok depan nyengat tapi rasanya bukan dari situ sumbernya.
Salah satu temen pemakai sportage gen III berkesempatan diskusi sama kepala montir Korea yang kebetulan sedang melakukan riset user testimony sportage di Indonesia. Hasil dari diskusi tersebut adalah di dalam kabin ada lubang hawa (a.k.a jendela exhaust) yang terletak di buritan samping kiri dan kanan (kalo sportage di bagasi) serta di depan firewall. Itu merupakan "kewajiban" car maker utk membuat air circulation kabin mencegah orang kelenger atau bahkan bisa mampus karena menghirup karbon-monoksida berlebihan.
Sama kok spt di inova saya dulu, kalo macet bau knalpot masuk terutama terasa baunya di jok baris ke tiga. Yang di inova saya selotip biar gak terlalu besar lubang hawanya dan ujung kenalpot di kasih extended muffler. Soalnya anak2 suka mual, kalo anak dah komplen gini bapak harus segera bertindak bukan?!... Tapi tetep ritual buka jendela sesekali saya lakukan.
Saat kecepatan tinggi, di kolong mobil2 yang 'high ground' dan berpostur kaki tinggi, terjadi turbulence angin dan "memperangkap" asap knalpot dan bau2an lainnya. Karena sifat angin yang seperti benda gas yaitu mengisi semua ruangan, efek turbulence tersebut juga mendorong angin yang terperangkap utk masuk ke lubang2 hawa tadi. Makanya masuk akal jika ada bau2an gosong / uap knalpot dari belakang dan dari depan.
Solusinya diserahkan pada temen saya yang mengeluhkan hal tersebut, apakah mau dibiarkan atau dikurangi celahnya. Si kepala montir Korea tidak menganjurkan di sumbat total. Lalu nubie yang masuk kategori penikmat mobil ( = bukan jago mesin) nyeletuk ke temen nubie : Gimana kalo moncong knalpot ditambahin extended muffler biar agak nongol ke luar bemper belakang. Sapatau turbulence belakang solved. Yang depan ditutup rapet aja atau di isolasi biar celahnya dikit aja terbuka.
OOT dulu sedikit: CO ini baunya kadang gak tajem namun secara tidak disadari bikin ngantuk, ortu ane dulu selalu sempetin buka kaca pintu sesekali utk mensirkulasi angin dan udara kabin saat berkendara cukup lama (dalkot maupun lurkot). Orang yang secara gak sadar berjam2 terlena dalam udara AC kabin mobil tiba2 mengantuk dasyat harus waspada, jangan2 kagak bangun lagi selamanya karena ada uap CO nyelonong bersama hawa freon AC.
Saya dulu mengalami hal yang sama dengan honda newcity vtec facelift 2007. Bau knalpot / uap mesin parah banget masuk dari firewall depan. Dengan ongkos 125ribu perak, saya sumbat semua celah terbuka dari firewall di tukang AC mobil. Solved.
Buat pemilik Santi terbaru, coba dulu pasang extended muffler, kalo masih bau ya selotip aja secukupnya. Karena dah ada sunroof, sesekali "buang angin" kabin ya om dari atapnya, demi anak2 tersayang...
Moga bener share ini, maap kalo bahasanya awam.
*Bukan fanatik merek, hanya penikmat mobil2 yang di beli halal*