istimewa memang ngak jika bicara dunia otomotif, cuman di Indonesia, sangat istimewa. berapa mobil sih di sini yang harga 420 juta dapat fitur ginian yang ngak murah ?
concern yang cukup masuk akal. kalau gitu mending gini aja :
belum tentu motor starternya cepat jebol. tergantung design vw (atau suppliernya) sepintar / bagus / kuat apa. jika bagus, bisa aja tahan lama meskipun kerja terus.
contoh, tu pompa air di rumah, kan kerja terus. start-stop terus berapa kali tiap hari saat orang ambil air. buktinya bisa bertahan lama bertahun tahun tuh. malah biasanya yang habis dulu adalah casingnya udah karatan. motornya masih jalan terus habis bertahun tahun start-stop terus.
Namun, jika masih takut cepat jebol, saya rasa ambil jalan tengah aja. jika macetnya masih jalan tiap 2 minute gitu, ya fiturnya di matikan saja.
Namun saat macet parah seperti jam 6-7 sore di tol dalam kota, atau seperti di puncak saat long weekend, sangat kepakai tuh fitur ini, karena kan bisa macet 5-10 minute mobilnya ngak bergerak sama sekali.
bisa hemat banyak BBM tuh. Juga karena mesinnya ngak kerja / tidur, ya kondisi oli, mesinnya juga jadi di perlambat " agingnya " juga kan ? ada efek positivenya juga. beda ama jika mesinya tetap idle terus lama saat macet, itu oli dan mesin otomatis juga makin " tua " lama lama kan ?
enaknya ni mobil adalah kita di kasih kesempatan untuk ambil control, kapan mau pakai fitur ini, kapan ngak mau karena mau perpanjang usia motor starternya.
so the choice is ours ! yang penting harga 420 juta di kasih fitur ini, ya menurut saya sangat luar biasa. jangan nolak. terima saja.
WK1 wrote:Numpang OOT dikit...
Sebenernya ga ada yg istimewa utk start stop sistem....
Motor ane PCX150 ada fasilitas start stop juga tuh. Lampu merah cukup stop selama 3 detik, mesin akan mati sendiri, dgn lampu utama dan indikator lainnya tetap hidup. Mau hidup? Cukup putar gas sebesar 1derajat, motor akan hidup sendiri. Bisa juga di non aktifkan start stop sistemnya dgn menekan switch di setang sebelah tuas gas.....jadi kalo teknologinya udah diterapkan di motor duluan, yah ga istimewa dong.....dan ga perlu mobil mahal utk menerapkan hal kecil kaya gini.
Malah jujur, start stop sistem lebih sering ane non fungsikan....coba deh bawa ke daan mogot jam 9 pagi. Jalan 5m berhenti 3dtk mesin mati, 5 detik kemudian mesti jalan, mesin hidup. Jalan 10 m pula, mati lagi.....ga kebayang motor starternya kaya gimana itu nasibnya....... Dr pd motor starter rusak, aki soak, mending jgn difungsiin start stop sistemnya. Boros bensin? Gpp drpd ganti motor starter. Apalagi motor starter Tiguan, hadeh.....nyalain aja deh terus mesinnya.
Justru yg jadi poin penting dr Tiguan adalah mesinnya. Kalo ga salah sih, mesin vw ini byk mendapatkan penghargaan. Mesin Ajib, 1400, gabungan supercharge dan turbo....ngiler ngebayanginnya...
Hatcback: golf 1400cc, wet clutch, twin charge
SUV: tiguan 1400cc, wet clutch, twin charge
MPV: Touran 1400cc, dry clutch, twin charge
Begitu jg dgn engine start di dashboard.....hehehe motor bebek jadul aja ada tuh tombolnya di setang........
