Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by AD74YA »

Jerome wrote:
AD74YA wrote:Kalau bandingin E300 di bongkar vs Camry/Accord di bongkar sih kayak bandingin ruang pengetesan audio vs rumah seng.. Kasian.. Kasian E300 nya..
imho..antara merc/bwm/audi vs toyota/honda/nissan kyknya beda kelas, mgkn merc/bmw/audi hrs di compare ama lexus/acura/infinity

quoted dr Wikipedia :
BMW is part of the "German Big 3" luxury automakers, along with Audi and Mercedes-Benz, which are the three best selling luxury automakers in the world.
jd falsafah nya udh beda, yg 1 luxury, yg lain "just another" automotive cars :big_peace:

tp gw setuju, slh 1 yg membedakan antara Euro cars vs jepangan adlh detail nya,
spt contoh kasus Polo vs Jazz td (mungkin ini di kelas yg sama), sekilas diluaran sm2 rapi, bagus, tp pas bagian daleman br ketauan beda (kualitas) nya

contoh dibalik doortrim itu, honda pikir gak ngaruh tampilannya mo kyk apa, toh itu di dalam & hanya keliatan pas dibuka, dan jarang2 jg bagian itu dibuka, tp mgkn VW gk sesimpel itu mikir nya..
ato kualitas material, sekilas sm2 bagus, tp pas di pegang br ketauan kualitas nya, halus, kuat, gak murahan, bahan kelas 1, dll

tp apa semua Euro & JP cars gitu ?

tp ujungnya2 hrga jd beda jg sih.. :mky_08:
Eropa juga beda-beda kalau bikin mobil sebenernya... dari awal tret ini yang di tuliskan dan di komenin cenderung ke mobil Jerman ....

Jerman = bikin mobil cenderung ke perkembangan teknologi penunjang kenyamanan, build quality tinggi, dan safety.

Inggris = bikin mobil cenderung ke desain, balance dan kemewahan. Inggris juga memiliki kecenderungan bikin mobil yang simpel, nggak dipenuhi sama alat elektronik, tapi investasi nya diganti ke detail kemewahan.

Italia = bikin mobil cenderung ke mesin dan design. Mobil "rakyat" Italia cenderung berukuran compact, tapi lucu dan imut2.. model2 saat ini lagi naik daun bikin desain mobil2 retro. tapi kekurangannya kurang memperhatikan build quality, research yang dilakukan cenderung tidak lama dan tidak thorough, sehingga biasanya banyak bug.

Prancis = bikin mobil cenderung mengutamakan kenyamanan ride dan teknologi, tapi juga terfokus untuk bikin mobil dengan harga terjangkau, jadi tentunya banyak mompromi jika dibandingkan dengan Jerman.

CMIIW.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by maskopat »

dan jepang?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by JESKONENG »

kebetulan saya pernah punya Jazz Vtec 2005 sejak baru, dijual th 2008, dan sekarang pake Pug 306 th 1999, dan inilah kesan saya, dengan kenyataan perbedaan taun keluaran yg terpaut 6 tahun :
- ride comfort : menang Pug kemana2 .. main bbm/sms di Pug mata enggak perlu melotot karna saking bagusnya suspensi Pug, di Jazz, bb/hape nya goyang2
- handling : menang Pug sedikit, steering sama2 tajam, tapi road feel lebih terasa di Pug
- kualitas kabel/koneksi kelistrikan : jelas menang bikinan Jepang. Bikinan Prancis lebih ringkih rawan getas karna cuaca

soal performa enggak bisa dibandingkan karena enggak seimbang dari segi teknologi dan kapasitas mesin
(Pug bisa mencapai 195-an kpj, Jazz cuma 178-182 kpj tapi akselerasi menang Jazz)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by AD74YA »

maskopat wrote:dan jepang?
Jepang ya sesuai budayanya oom kopat... Diawali dengan ekonomi yang susah, dan taraf hidup belum tinggi sejarahnya, Bagi mereka mobil adalah alat (tool)... Artinya? Yang di develop adalah mobil sebagai alat: reliabel, banyak muatannya, irit.

Mau seindah apapun mobilnya di develop, mau Toyota, mau Honda, mau Mitsu, Subaru, Mazda, semua patokannya itu. Ever wonder kenapa mobil sport Jepang yang pakai mesin V8, V10 bisa dihitung jari? Yang banyak malah inline 4 Turbo? Ever wonder kenapa jarang banget ada mobil coupe atau 2 seater sport dari Jepang?

Ya.. Begitulah...

Untungnya semenjak tahun 90-an, pada mulai merambah world domination, jadi mau gak mau taste Eropa dan Amerika mulai dileburkan ke arsitektur teknis mobil.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by evolution21 »

eropa.. audio standartnya aja dah bagus ya..
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by Izark »

kan Mazda6 ada dikasi bose bos... :ngacir:
mau nulis apa ya...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by AD74YA »

Izark wrote:kan Mazda6 ada dikasi bose bos... :ngacir:
Mazda6 salah satu gerakan awal "world car" pabrikan Mazda... Satu basis sama Ford Mondeo, nyang mana Ford Mondeo itu di desain di Fomoco UK dan di produksi awal di Fomoco Belgia (CMIIW).. Jadi aselinya memang mobil Eropa jatuhnya.. Much like Fiesta, and Focus. Alhamdulillah, karena dimiliki oleh Ford sebelumnya, Mazda jadi ketularan, karena di develop barengan Mondeo.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by maxx »

Bgmnpun, kalo soal nyaman, perlu diakui std produksi mobil eropa lbh baik.
Contoh mobil japs seharga fiesta semua roofnya diketok bunyi kaleng, fiesta padet roofnya sdh lengkap dg peredam bawaan pabrik. D.trim dibuka jg kelihatan kualitasnya
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by asudarsono »

Bung Stig saya kira merangkum kenapa mobil Jepang masih dilirik dengan sebelah mata. Yaitu awalnya mau bikin yang baik pada jaman susah. Jadilah walau sehebat apa mobilnya, tetap aja gen miskinnya masih nempel.

Contohnya Landcruiser, walau gimana tekstur kain atau faux woodnya akan mengingatkan kita pada jaman kita miskin, ke mana2 naik angkot kijang. Coba aja bandingkan kain jok yang dipakai di Avanza sama Camry lama, kalau diraba sama. Head unitnya juga secara visual mirip2, sampai stir juga mirip.

Bahkan waktu jaman reformasi, kabinet mengganti mobil dinas ke Crown "biar lebih merakyat". Padahal Crown ama Volvo mana yang lebih mahal masih bisa diperdebatkan.

Mungkin ini didasarkan filosofi hidup orang Jepang yang mengutamakan kesederhanaan?
Ready to Race
Ardiwira
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed Jan 09, 2013 8:51

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by Ardiwira »

Saya rasa stereotyping terhadap mobil eropa/jepang juga berdasarkan dengan populasi mobil yg beredar disekitar kita. Observe..

1. Coba sebutin merk-merk mobil eropa. tulis 3 merk pertama yg langsung terbayang..
2. Coba sebutin merk-merk mobil jepang. tulis 3 merk pertama yg langsung terbayang..

kalo saya test sama diri saya sendiri jawabnya seperti ini
1. mercy, bmw, volvo
2. toyota, suzuki, daihatsu.

Nah bisa di liat dari jawaban itu terlihat sekali perbedaan strata brand(segmen pasar) yg diincar oleh merk2 tsb. 3 brand eropa yg tersebut yg lebih mengutamakan safety, comfort, durability. Sedangkan dari 3 merk jepang diatas, mereka (walaupun tidak smua range produk) masih memiliki produk yg lebih mengutamakan harga, nah dgn begitu produk2 tsb cenderung tidak memprioritaskan safety, comfort, dll...

Karena mobil eropa yg paling sering sy liat/numpang/setir/ adalah mobil luxury sedangkan mobil jepang yg paling sering sy liat/numpang/setir/bobo2an adalah mobil yg didesign agar harga murah dan perawatan murah jadi beberapa fitur/kenyamanan pun dikorbankan,

maka saya sendiri men-stereotype mobil eropa= lebih nyaman, mobil jepang= lebih murah tp kurang nyaman.

tapi misalkan jawabannya
1. alfa romeo, fiat, lancia
2. Lexus, infinity, accura

sy yakin pendapat sy sendiri pasti berbeda dgn yg diatas.


Ada rekan yg lagi cari big luxury sedan waktu itu ada 3 pilihan (S class, 7 series, A8) namun, setelah diskusi dan test drive sclass dan 7s (A8 ga ada ready buat TD) rekan sy langsung jatuh hati dengan design dari si 7series ini, tapi sebelum yakin SPK sy sarankan coba cari pembanding sekali lagi nah langsung deh cobain lexus LS460, sy berdua cukup kaget dengan perbedaan dari kedua mobil tsb, dimana LS460 lebih nyaman, design interior modern yet luxury, build quality superb, sound insulation, even sound system lebih bagus. "seri 7 yg tadinya sudah terbayang2 jadi terasa hambar...." itu kata temen sy...
Resale Value

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by Resale Value »

untuk kasus di Indonesia, banyak orang rasa mobil eropa lebih rewel banding mobil jepang. tapi sebenernya ngak fair untuk mobil eropa. kenapa ?


perhatiin aja, mayoritas mobil eropa yang di jual di Indonesia fiturnya banyak sekali, highly computerized. tentu saja mobil makin banyak gizmo gituan, chance untuk ada masalah lebih tinggi.


lihat kasus boeing, airbus a380 yang dulu pernah ada berapa masalah. apakah airbus / boeing bodoh ? tentu tidak. karena pesawat mereka canggih, rumit, banyak fitur, tentu lebih rentan masalah. sebaliknya pesawat macam cessna, piper pesawat sederhana untuk training pilot jarang ada masalah. karena sangat sederhana.


sebaliknya, mayoritas mobil jepang di indonesia seperti avanza, innova kan kosong. ngak ada apa apanya. cuman body, roda, ban, mesin, kursi, kaca doang. kalau udah sesimple dan kosong gini, ya chance untuk ada masalah tentu saja lebih kecil.


coba jika nanti merek eropa juga mulai jual hal serupa, namun selama ini semua merek eropa sikapnya konsisten. mereka ngak mau dan ngak pernah jual mobil kosong.


buktinya lihat kasus mobil jepang seperti toyota, lexus versi yang banyak fitur, banyak computerizationnya, banyak gizmonya, terbukti lebih rewel banding merek eropa. recallnya lihat sendiri banyak sekali masalah, skala besar, untuk aneka masalah macam macam, dari airbag, power window, engine, transmission, computer problems dll.


sebaliknya, merek macam bmw, mercy, audi, vw yang penjualannya gede sekali seluruh dunia, jarang sekali recall gila gilaan gitu.


dan yang penting saya sih observasi kasus belakangan, jika patokannya sejarah masing masing merek 10-20 tahun lalu ya apa gunanya ? direksi perusahaan 10-20 tahun lalu mayoritas udah mati atau pensiun, dan generasi barunya kan bisa beda ama sebelumnya. lebih pintar atau bodoh.


jadi harus lihat kasus belakangan deh. siapa yang paling banyak masalah di seluruh dunia ?


sepede anak kecil juga pasti lebih reliable banding avanza. zero computerization. zero fitur. cuman rangka, roda, ban, kursi, rantai doang. what can go wrong ?
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by Belphegor »

Resale Value wrote:
buktinya lihat kasus mobil jepang seperti toyota, lexus versi yang banyak fitur, banyak computerizationnya, banyak gizmonya, terbukti lebih rewel banding merek eropa. recallnya lihat sendiri banyak sekali masalah, skala besar, untuk aneka masalah macam macam, dari airbag, power window, engine, transmission, computer problems dll.


sebaliknya, merek macam bmw, mercy, audi, vw yang penjualannya gede sekali seluruh dunia, jarang sekali recall gila gilaan gitu.
Saya amat tidak setuju dengan pernyataan om RV kalau lexus terbukti lebih rewel daripada merk eropa.
Lexus vehicles have outperformed other manufacturers in successive years. J.D. Power and Associates has named Lexus the most reliable brand in the U.S. over fourteen times since 1995, according to its Vehicle Dependability Survey of over 53,000 vehicle owners and the first three years of ownership.
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Lexus
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by madcat015 »

Belphegor wrote:
Resale Value wrote:
buktinya lihat kasus mobil jepang seperti toyota, lexus versi yang banyak fitur, banyak computerizationnya, banyak gizmonya, terbukti lebih rewel banding merek eropa. recallnya lihat sendiri banyak sekali masalah, skala besar, untuk aneka masalah macam macam, dari airbag, power window, engine, transmission, computer problems dll.


sebaliknya, merek macam bmw, mercy, audi, vw yang penjualannya gede sekali seluruh dunia, jarang sekali recall gila gilaan gitu.
Saya amat tidak setuju dengan pernyataan om RV kalau lexus terbukti lebih rewel daripada merk eropa.
Lexus vehicles have outperformed other manufacturers in successive years. J.D. Power and Associates has named Lexus the most reliable brand in the U.S. over fourteen times since 1995, according to its Vehicle Dependability Survey of over 53,000 vehicle owners and the first three years of ownership.
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Lexus
Betul om... :frm_salut:

Malah mobil Inggris yang dapat kehormatan jadi mobil paling ga reliabel (Range Rover)...
Obey the mahakitteh. :big_cat:
Resale Value

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by Resale Value »

Baru gue bilang, itu jd power statementnya belum tentu bisa di pegang. kecuali mereka benar sudah pelajari servis record jutaan mobil tiap tahun di seluruh dunia, atau cuman amrik aja boleh. namun ini bukan yang mereka lakukan.


mereka cuman " katanya " based on interview doang. dan hasilnya apakah di modif atau ngak siapa yang tau ? seperti standard and poor. mereka udah tau produk financial banyak lembaga keuangan amrik penuh dengan masalah, namun tetap aja kasih rating triple A. mau ngomong apa ?


yea, kalau bicara 10 - 20 tahun lalu, bilang lexus bagus, saya masih bisa terima, karena fakta memang jaman dulu jumlah recall skala mega toyota / lexus jarang sekali terjadi.


tapi buktinya 2-3 tahun lalu aja ngak cuman toyota yang banyak recall, lexus juga sama banyak recall juga, untuk kasus macam macam, berapa untuk masalah serius.


ingat, direksi toyota / lexus 20 tahun lalu ama hari ini udah beda. team teknisnya juga pasti banyak di isi orang baru.


buktinya jaman dulu jarang recall, kenapa belakangan banyak kasus ?


u percaya jd gituan terserah, kalau saya sih lihat kasus belakangan. dan sekali lagi, u pakai contoh 10-20 tahun punya urusan belum tentu bisa mewakili mereka hari ini.


contoh lagi, 10-20 tahun lalu sony / sharp adalah raja elektronik. hari ini ? lihat mereka 2 berdarah darah rugi terus, udah di nyalip ama samsung lg.


perusahaan sama ama orang, 10-20 tahun lalu, si jagoan raja, tapi hari ini banyak masalah. dan sebaliknya. apalagi perusahaan isinya bukan orang yang sama, tapi paska 10-20 tahun udah pasti banyak orang lama di ganti, karena orang lamanya bukan bego, tapi udah tua / pensiun, atau udah mati.


tinggal lihat belakangan siapa yang banyak masalah, kerjaannya recall melulu.


Belphegor wrote:
Resale Value wrote:
buktinya lihat kasus mobil jepang seperti toyota, lexus versi yang banyak fitur, banyak computerizationnya, banyak gizmonya, terbukti lebih rewel banding merek eropa. recallnya lihat sendiri banyak sekali masalah, skala besar, untuk aneka masalah macam macam, dari airbag, power window, engine, transmission, computer problems dll.


sebaliknya, merek macam bmw, mercy, audi, vw yang penjualannya gede sekali seluruh dunia, jarang sekali recall gila gilaan gitu.
Saya amat tidak setuju dengan pernyataan om RV kalau lexus terbukti lebih rewel daripada merk eropa.
Lexus vehicles have outperformed other manufacturers in successive years. J.D. Power and Associates has named Lexus the most reliable brand in the U.S. over fourteen times since 1995, according to its Vehicle Dependability Survey of over 53,000 vehicle owners and the first three years of ownership.
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Lexus
M90
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 06, 2013 8:59

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by M90 »

Baca yg bener Bro RV, ... :off_lazy:
" Lexus the most reliable brand in the U.S. over fourteen times since 1995"

Jadi Lexus bukan hanya bagus sejak 20 thn yg lalu ya, sejak 1995 sudah lebih dari 14 kali terpilih sebagai "The most reliable brand in the U.S".

Ya dari pada comment ente yg udah ketauan sejak dulu Anti Toyota, ane lebih percaya hasil riset JD Power yg menjadi rujukan pabrikan otomotif dunia... :mky_07:

Ane pernah naik mobil klien yg pake Lexus LX 570 dari Samarinda ke Balikpapan.
Krn mo ngejar jadwal pesawat ke Jakarta, Sang Supir ngebut.
Ane salut sama kenyamanan dan kestabilan Lexus LX 570, mantaaf, selap selip diantara truk, ngelibas tikungan diatas 100 kpj..... :mky_02:

Ytk masalah Recall, jgn selalu dipersepsikan sbg mobil rewel.
Recall bisa berdampak positif krn merupakan wujud tanggung jawab produsen kepada konsumen. Drpd jika produsen mobil pura2 tidak tau kalo ada cacat atau bug di mobilnya....... :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by DOHC »

M90 wrote: Recall bisa berdampak positif krn merupakan wujud tanggung jawab produsen kepada konsumen. Drpd jika produsen mobil pura2 tidak tau kalo ada cacat atau bug di mobilnya....... :big_peace:
ga perlu disebut dsini kann kira2 produsen mana yg ketauan jelas2 ada bug dan cacat di mobil nya berjibun tp ampe ari ini diem2 aja... dari meteran korslet, corong bensin karatan, setir bunyi, transmisi bunyi... tp pura2 bego... trus nyebar sales nya sana sini buat berperang ngejelekin merek lain... :upss: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by Hansen »

DOHC wrote:
M90 wrote: Recall bisa berdampak positif krn merupakan wujud tanggung jawab produsen kepada konsumen. Drpd jika produsen mobil pura2 tidak tau kalo ada cacat atau bug di mobilnya....... :big_peace:
ga perlu disebut dsini kann kira2 produsen mana yg ketauan jelas2 ada bug dan cacat di mobil nya berjibun tp ampe ari ini diem2 aja... dari meteran korslet, corong bensin karatan, setir bunyi, transmisi bunyi... tp pura2 bego... trus nyebar sales nya sana sini buat berperang ngejelekin merek lain... :upss: :big_weee: :big_weee:
salesnya bahkan sampe pindah ke merk lain chiong... :wkkk: :mky_07: :wkkk:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by DOHC »

kutengok mulai propaganda merek baru lagi siong ... :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by c_adhi_k »

DOHC wrote:
M90 wrote: Recall bisa berdampak positif krn merupakan wujud tanggung jawab produsen kepada konsumen. Drpd jika produsen mobil pura2 tidak tau kalo ada cacat atau bug di mobilnya....... :big_peace:
ga perlu disebut dsini kann kira2 produsen mana yg ketauan jelas2 ada bug dan cacat di mobil nya berjibun tp ampe ari ini diem2 aja... dari meteran korslet, corong bensin karatan, setir bunyi, transmisi bunyi... tp pura2 bego... trus nyebar sales nya sana sini buat berperang ngejelekin merek lain... :upss: :big_weee: :big_weee:
Pasti bukan batu makam yang dimaksud :upss:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by DOHC »

yagapapa...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by RVR »

AD74YA wrote:Si mbah pakai bikin beginian segala....

Build quality ya... Mengenai standar fit finish korporasi saya harus cari datanya dulu... Tapi yang gampang, kalau dari tingkat finesse yang ditawarkan ane bisa kasih contohnya..

Idealnya, kita harus pakai kelas yang sama ya.... Bisa dibilang ANJ sama Polo sekelas lah ya,.... Kita liat dari sound insulation aja sebagai contoh:

ANJ:
santa2.JPG
Cuman ditempel pake plastik dikasih sealant... Ditengah plastik ada busa tipiiissssss banget yang mana kalau plastiknya kebuka, gak ada lagi busa peredam suara di rangka pintu new Jazz ini.... Doortrim? Full hard plastic.

Polo:
santa6.JPG
nggak ada lubang panel besar seperti di new Jazz... Lubang panel ditutup dengan box tempat elektronik, dan speaker. dan disekeliling box & speaker tersebut ada seal karet lagi dan sekrup, sehingga paten (tidak rattling). Doortrim sebagian memiliki dari softpad (yang bisa meredam suara), ean juga dibalik doortrim terutama dideket klip-klip doortrim nya (pinggiran) terdapat busa tebal yang juga bisa meredam suara dan menghindari rattling dari klip pintu.

Engine hood?

Polo:
santa4.JPG
Freed:
santa3.JPG

Sebagian contoh kecil dari yang kelihatan.,... :mrgreen:
Kok si mbah???
kadal_lan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Mar 03, 2013 14:33
Location: kudus - semarang

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by kadal_lan »

Izin nyimak oom,
Mumpung komeng.nya kelas tinggi seharga bawang....
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by g4ndalf »

Belphegor wrote:
Resale Value wrote:
buktinya lihat kasus mobil jepang seperti toyota, lexus versi yang banyak fitur, banyak computerizationnya, banyak gizmonya, terbukti lebih rewel banding merek eropa. recallnya lihat sendiri banyak sekali masalah, skala besar, untuk aneka masalah macam macam, dari airbag, power window, engine, transmission, computer problems dll.


sebaliknya, merek macam bmw, mercy, audi, vw yang penjualannya gede sekali seluruh dunia, jarang sekali recall gila gilaan gitu.
Saya amat tidak setuju dengan pernyataan om RV kalau lexus terbukti lebih rewel daripada merk eropa.
Lexus vehicles have outperformed other manufacturers in successive years. J.D. Power and Associates has named Lexus the most reliable brand in the U.S. over fourteen times since 1995, according to its Vehicle Dependability Survey of over 53,000 vehicle owners and the first three years of ownership.
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Lexus
Percuma deh bro kalo ngomong sama rv, mau eropa mau jepang menurutnya kalah semua sama korea.... wkwkwk =D

Back to topic, kalau bicara soal reliability, maintenance masih menang jepang. Mobil eropa cenderung lebih kompleks jadi perawatan hrs benar2 top kalau mau awet. Kalau jepang relatif lebih gampang. Contohnya, kalau mobil jepang ecu nya rewel, tinggal diganti beres. Mobil eropa blom tentu beres, ecu bisa aja baru, tapi warning light ttp nyala. Pun begitu dgn mesin, kalau sudah mulai rewel cpt sekali merembet ke mana2, telat ganti timing belt bisa berakhir turun mesin.

Eropa menang di driving experience, mobil2 eropa yg pernah saya coba, bimer, mercy, peugeot, terasa lebih mantap drpd rival2 jepang semacem honda toyota.
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by Belphegor »

@ Resale Value: Penjelasan yang sungguh2 tidak masuk akal om RV, silahkan share dimari bukti bahwa Lexus tidak reliable, bukan cuma omong kosong belaka :mrgreen:
Resale Value

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by Resale Value »

recall banyak banget, skala besar, di hangap positive yah ? kalau gitu nanti ada maskapai penerbangan yang sering jatuh pesawatnya, namun tiap kali jatuh toh mereka kasih kompensasi yang OK buat keluarga korbannya. Jadi maskapai ini jadi makin ngetop yah karena bertanggung jawab ?


ini kasus belum lama terjadi, berita jan 2013. skalanya besar lagi, lebih dari 1 juta mobil, padahal tahun 2010 aja udah recall 10 juta lebih :


http://www.usatoday.com/story/money/car ... s/1876449/
Last edited by Resale Value on Fri Mar 22, 2013 2:55, edited 1 time in total.