andy1800 wrote:o ic
sblm ini pabriknya dikuasai gede ya sm Ford? sampai brp % ? sampai kpn?
trus skrg dikuasai nya sama siapa? maksudnya saham penguasaan ford itu trus dibelinya sama siapa?
Lumayan seru ceritanya ini... Sayang kalau ane cuma fokus ke Ford-Mazda. Ceritanya singkatnya ini egosentris si Ford.
Perkembangan FORD Motor Company:
1. Ford perusahaan yang sangat ambisius.. Visi dan Misi perusahaannya adalah selalu menjadi yang nomor satu dan terbesar di dunia.
2. Tahun dari tahun 30-an berhasil menjadi produsen otomotif terbesar,
3. Berlanjut 3 dekade berikutnya dengan bertulang tunggung pada Mustang (pony car), dan dibantu Muscle car yang lain.
4. Untuk jadi nomer 1, banyak perusahaan mobil yang menurut Ford potensial untuk berkembang pesat segera menjadi target untuk di akuisisi atau di babat sekalian sama Ford.
5. Banyak korbannya antara lain: Dari Amerika ada Lincoln, Mercury, Edsel. Dari Inggris ada Jaguar dan Aston Martin.
Kisah "cinta" Ford-Mazda:
1. Tahun 70-an krisis minyak dunia.
2. Ford perusahaan mobil yang kena dampak paling besar kerugiannya.
3. Agar bisa bertahan hidup, survival instinct perusahaan ini untuk segera akuisisi perusahaan mobil yang bisa bertahan dari krisis minyak dunia dan memiliki kemampuan produksi mesin yang efisien sebagai langkah strategis produksi dan marketing Ford.
4. Saat itu ada 2 perusahaan yang sangat memikat hati sekaligus bikin ketar-ketir Ford, dua-duanya dari Jepang yaitu : TOYOTA dan MAZDA.
5. Toyota saat itu terkenal sebagai produsen mobil yang paling reliabel di dunia, sedangkan Mazda saat itu terkenal sebagai produsen mesin paling irit di dunia.
6. Ford merasakan 2 pabrikan ini pada saat itu memiliki potensi untuk jadi nomer 1 di dunia, terutama Toyota, Ford sangat takut pada Toyota.
7. Ford berniat mengakuisisi Toyota tapi ditolak langsung niatan itu oleh pemilik Toyota dengan alasan Toyota adalah bisnis keluarga.
8. Ford berhasil mengakuisisi Mazda yang saat itu memang membutuhkan sokongan dana untuk ekspansi R&D.
Mazda jadi anak tiri:
1. Awal bercinta, 7% saham Mazda di kuasai Ford dengan kerjasama teknologi dan pegawai dari Mazda untuk Ford.
2. 5 tahun kerjasama, Ford jatuh cinta sama potensi Mazda dan segera nge-cut potensi itu untuk dikuasai seluruhnya sama Ford sehingga tahun 80-an sahamnya 27% dikuasai Ford dan dengan kontrak platform Mazda sepenuhnya bebas digunakan Ford.
3. Mesin, chassis, transmisi Ford sebagian besar dikembangkan dan dituning oleh Mazda, sehingga banyak yang sharing seperti B-series Mazda jadi basis pickup Ford, Mazda Familia jadi basisnya Escort (salah satu mobil Ford paling legendaris - WRC)
4. Tahun 96 Ford menguasai 33,3% saham Mazda dan tahun 2002 sampai hampir 40%.
5. Setelah masa 2000-an ini, Mazda total dikuasai Ford dan di dikte semua langkahnya oleh Ford. Ketika membuat mobil yang platform sharing, Ford versi mobil yang full-feature sedangkan Mazda versi yang kopong nya (padahal basisnya sama).
6. 1 dekade ini Mazda bagaikan hilang di telan bumi.
Mazda mandiri:
1. Diluar dugaan, merk Mazda malah makin sukses secara finansial selama dipegang Ford, secara saham harganya juga cenderung naik
2. 2008 krisis dunia, Ford menjual saham Mazda hingga tersisa 3%, dan tebak siapa yang menguasai Mazda sekarang? Mazda sendiri. Dengan langkah taktis cukup membeli 7% saham setelah perhitungan Ford menjual 10% saham awalnya, dan pembatalan kontrak controlling perusahaan, sehingga mulai 2008 Mazda menjadi perusahaan mandiri lagi, menentukan arahnya kemana, bebas membuat produk seperti spesifikasi yang diinginkan tanpa didikte oleh Ford.
3. Ford sisa 3% saham hanya berupa technology sharing saja.
So, kalau kita lihat, Mazda mulai bangkit di Indonesia kapan? tahun 2008. Ditandai dengan masuknya CX7, Mazda6, dan CX9..
Sekarang, Skyactiv juga merupakan ekslusif Mazda yang gak mau diserahkan ke Ford. Ford tadinya berupaya sharing Platform lagi antara CX5 dengan Ford Kuga/Escape yang baru, tetapi ditolak mentah-mentah oleh Mazda.
Menarik kan?... Hehehe.. Merk yang sangat potensial sekali.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...