Review New Hyundai Santa Fe 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Salvanost »

buat cewe yg mau mobil gede enakan mazda cx5 apa hyundai santa fe ya?

kalau kemudahan part, perbaikan jika ada masalah, beres, dan respon marketing gimana?
bagusan hyundai apa mazda?
kayanya masuk sini sama2 dimahalin harganya :mky_01:

sama tanya, buat hadapin banjir, enakan santa fe apa mazda cx5?
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
Location: Pati - Jateng

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by papico »

Setelah keracunan membaca review Santa Se, kemarin sempet main ke dealer Hyundai kebetulan ada yang warna putih.

Ada beberapa point yang agak kurang pas menurut saya :
1. Posisi head rest (sandaran kepala) baris pertama terlalu tegak (atau terlalu kedepan) jadi leher rasanya tegang. Apakah bisa dikasi bantal leher untuk mengurangi efek "tegang"?
2. Posisi pedal gas yang kurang pas buat saya dan terlalu tegak. Kurang pas maksudnya posisi tuas (engselnya) disebelah bawah, jadi waktu menginjak gas rasanya sepatu bergesekan dengan pedal gas (alur gerak pedal gas gak sesuai dengan gerakan tungkai kaki).

Apakah itu hanya perasaan saya saja? CMIIW.

Setelah tanya dengan salah seorang salesman (saya bbm dg salesman Hyundai Jakarta), Head Unit bisa diganti dengan double din estimasi biaya sekitar 5jt-an. :mky_02:

Yang mau saya tanyakan kepada rekan rekan di forum ini :
1. Ban merk apakah (selain Kumho) yang menyediakan ukuran 235/55/19? Saya cari info di Bridgestone, Michelin, Toyo tidak ada.
2. Apakah di Jakarta pengguna Hyundai cukup banyak? Sparepart terjamin sesuai dg janji ( 2 x 24 jam atau GRATIS )
3. Bagi yang sudah menggunakan Santa Fe, ada keluhan tidak? Misalnya ada suara aneh, AC kurang dingin/tidak merata, mallfunction, dll

Oiya, perkenalkan saya dari Pati-Jawa tengah, jadi dealer Hyundai terdekat ada di Semarang (sekitar 75km). Dan menurut info dari penjualnya, selama November 2012 - Februari 2013 santa Fe "sudah" laku 5 unit :big_smoking:

Jadi keputusan saya untuk meminang Hyundai (apalagi santa Fe yg OTR Jateng 479jt) begitu berat. Sebelumnya saya menggunakan Innova diesel (2010- des 2012) yg dijual karena abis dipasang Dastek + IC bawaanya ngebut terus, dikomplain keluarga akhirnya dijual :ungg:

*maaf kalau berantakan, soalnya ini pertama kali saya posting di SM.
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
Location: Pati - Jateng

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by papico »

Oiya, dari hasil tanya di toko ban Bridgestone, untuk ukuran ban yang paling mendekati hanya Potenza 235/50 R19 dan DUELER HP 680 ukuran 245/50 R19 101H.

Semuanya profil lebih tipis (mungkin yang Dueler HP karena aspek rasio dari 245 dia agak tebal)
Hedeeeh, belum beli mobilnya udah pusing cari ban pengganti hahahahaha.......

Soalnya, saya harus debat adu argumentasi dengan bokap. Dia ngotot nunggu Innova next gen (sapatau keluar VNT, apalagi matic 5 speed) soalnya secara after sales service Toyota lebih dekat dengan rumah.

Dan, saya ngotot pengen coba merk lain, kebetulan kok kena ratjoen Santa Fe new model.
(baca : kepingin naik kasta) :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

papico wrote:Setelah keracunan membaca review Santa Se, kemarin sempet main ke dealer Hyundai kebetulan ada yang warna putih.

Ada beberapa point yang agak kurang pas menurut saya :
1. Posisi head rest (sandaran kepala) baris pertama terlalu tegak (atau terlalu kedepan) jadi leher rasanya tegang. Apakah bisa dikasi bantal leher untuk mengurangi efek "tegang"?
2. Posisi pedal gas yang kurang pas buat saya dan terlalu tegak. Kurang pas maksudnya posisi tuas (engselnya) disebelah bawah, jadi waktu menginjak gas rasanya sepatu bergesekan dengan pedal gas (alur gerak pedal gas gak sesuai dengan gerakan tungkai kaki).

3. Sebelumnya saya menggunakan Innova diesel (2010- des 2012) yg dijual karena abis dipasang Dastek + IC bawaanya ngebut terus, dikomplain keluarga akhirnya dijual :ungg:
1. Nah, saya juga merasakan hal yg sama, headrest bangku depan agak sedikit nekuk ke depan, en gak bisa disetel kemiringannya, jadi agak kurang nyaman.

2. Kalo ini soal kebiasaan aja, sebab mobil2 Eropa juga kebanyakan engsel pedal gas-nya di lantai. Hyundai banyak membenchmark European car secara supplier2-nya juga banyak European vendor spt BOSCH, Mahle, dll.

3. Nah ini baru dengar nih om, biasanya kalo dah di upgrade justru jadi dipiara lebih lama. Power besar ya bukan utk kebut2-an.

Btw utk pemakaian Santa Fe di Pati :
DEX jerigen mudah didapat gak ?
Racun solar macam Redline 85+ mudah didapat gak ? atau anda sering ke semarang dan mampir ke ACE Hardware gak ?
Oli mesin Full Synthetic 5W40 / 5W30 yg MB 229.5 mudah didapat gak ?

kalau 3 point di atas jawabannya "NO" maka saya pribadi enggak rekomen utk pakai Santa Fe, en lebih rekomen Diesel CRD yg lebih konvensional macam Ipah D4 D / PJS

All New Ipah D4 D diperkirakan keluar di 2015, sebab next Hi Lux konon keluar di 2014 (mungkin yah)
* Bukan ajakan Beli *
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
Location: Pati - Jateng

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by papico »

Turboman wrote:
papico wrote:Setelah keracunan membaca review Santa Se, kemarin sempet main ke dealer Hyundai kebetulan ada yang warna putih.

Ada beberapa point yang agak kurang pas menurut saya :
1. Posisi head rest (sandaran kepala) baris pertama terlalu tegak (atau terlalu kedepan) jadi leher rasanya tegang. Apakah bisa dikasi bantal leher untuk mengurangi efek "tegang"?
2. Posisi pedal gas yang kurang pas buat saya dan terlalu tegak. Kurang pas maksudnya posisi tuas (engselnya) disebelah bawah, jadi waktu menginjak gas rasanya sepatu bergesekan dengan pedal gas (alur gerak pedal gas gak sesuai dengan gerakan tungkai kaki).

3. Sebelumnya saya menggunakan Innova diesel (2010- des 2012) yg dijual karena abis dipasang Dastek + IC bawaanya ngebut terus, dikomplain keluarga akhirnya dijual :ungg:
1. Nah, saya juga merasakan hal yg sama, headrest bangku depan agak sedikit nekuk ke depan, en gak bisa disetel kemiringannya, jadi agak kurang nyaman.

2. Kalo ini soal kebiasaan aja, sebab mobil2 Eropa juga kebanyakan engsel pedal gas-nya di lantai. Hyundai banyak membenchmark European car secara supplier2-nya juga banyak European vendor spt BOSCH, Mahle, dll.

3. Nah ini baru dengar nih om, biasanya kalo dah di upgrade justru jadi dipiara lebih lama. Power besar ya bukan utk kebut2-an.

Btw utk pemakaian Santa Fe di Pati :
DEX jerigen mudah didapat gak ?
Racun solar macam Redline 85+ mudah didapat gak ? atau anda sering ke semarang dan mampir ke ACE Hardware gak ?
Oli mesin Full Synthetic 5W40 / 5W30 yg MB 229.5 mudah didapat gak ?

kalau 3 point di atas jawabannya "NO" maka saya pribadi enggak rekomen utk pakai Santa Fe, en lebih rekomen Diesel CRD yg lebih konvensional macam Ipah D4 D / PJS

All New Ipah D4 D diperkirakan keluar di 2015, sebab next Hi Lux konon keluar di 2014 (mungkin yah)
1. Betul sekali, gak bisa disetel. Malah kepikiran kalau jadi beli, itu headrest mau ditekuk sendiri (dipaksa gitu hahahaha) atau ditambah bantal leher.
2. Saya blum pernah pakai mobil Eropa, makanya canggung. Mungkin butuh penyesuaian saja,
3. Innovaku dulu manual (M/T), abis pasang dastek koplingnya gak kuat jadi diganti yang semi kompetisi (sebagian metal) jadi di gear 1 dan masuk gear 2 body mobil gemeter (pokoknya gak nyaman) trus sering kebawa emosi jadinya bawaannya ngebut terus, makanya sebelum jatuh korban lebih baik dijual saja (bukan salah mobilnya, tapi salah drivernya :frm_bang_head: )

Nah, di pati boro boro Pertamina Dex, Pertamax Plus saja blum ada hahahahaha ( baca : ndesoooo ) :big_weee:
Kalau racun solar sih gak masalah, saya seminggu sekali ke semarang...... Jadi bisa beli di semarang atau sekalian isi Pertamina Dex sekalian.
Cuman dr info seller Hyundai, katanya Santa Fe diisi Solar biasa gapapa, cuman konsekuensi ganti filter solar lebih cepat dan penurunan daya mobil (nah, yang gak jelas setelah diisi solar biasa terus menerus, diatas 10.000 or 20.000km mabuk gak tu mobil) :wkkk:

Kalau masalah oli, mustinya waktu ganti oli di dealernya bisa ganti oli sesuai rekomendasi pabrik. Atau kalau enggak pas ke Semarang bisa beli oli yang dimaksud.

Perkara Innova Next Gen, rasanya susah ditebak. Biarin dulu dah, biar gak OOT.

Hmm.... keputusan yang benar benar susah
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

Oo ya pantas.......kalo mau enak modif Ipah D4 D ya ambil yg Matic

Btw jalanan Pati dan sekitarnya mulus atau enggak ? Kalo mulus ya Santi ga masalah

Trus make sure juga adakah bengkel yg menyediakan Purging dgn tabung bertekanan ? Sebab Santi ini sistem electric fuel pump, BBM bukan dihisap pompa injeksi, jadi saat purging perlu tabung bertekanan yg sistem pompa tangan atau kompressor, kalo di Jkt udah banyak yg bisa.

ya semua sales pasti mengatakan mobilnya bisa isi BBM subsidi, tapi kalo ngeliat spec CRD nya yg 1800 Bar gitu sih idealnya di oplos solar Lux dengan rasio agak besar 50:50 misalnya + kasih racun sedikit.

Tapi tetep yah kalo bagi saya sih andai sy tinggal di Pati sy akan tetap lebih Diesel yg masih agak konvensional spt D4 D / D4 D VNT / Di-D nya PJS / Ford TDCi yg Everest

Just IMO ajah

*Salam Nasi Gandul*
* Bukan ajakan Beli *
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
Location: Pati - Jateng

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by papico »

Iya, dulu salah beli, Ipah manual, makanya kacau. (Soalnya waktu beli ada isu Ipah matic melorot di tanjakan)
Jalanan Pati yg arah ke pantura sih mulus, cuman jalur ke daerah kecamatan yg beberapa rusak. Tapi ya jarang banget ke arah situ, jadi ya gak masalah.

Whaduh. Purging, sering dengar, tapi gak mudeng itu apaan. Kalo bengkel di pati dapat dipastikan gak ada yg bisa menangani diesel commonrail hahahaha, adanya setting diesel konvensional.
Mungkin perawatan prefer balik ke Dealer Hyundai Semarang aja gak masalah, bokap pakai PJ Dakar juga balik ke Dealer Misubishi di Semarang.

Gitu ya, berarti tetep prefer Solar + Dex. Ya bisa jadi pertimbangan.

Kalo ketersediaan spare part Hundai saat ini udah aman yah?
*sementara masih berharap adanya pencerahan dan angin segar buat meminang Santa Fe :frm_tumbright:

Kalo ke Pati, sekarang kuliernya ga cuman Nasi Gandul hahaha. Ada Sego Pincuk, Sate Hiu, Ayam Kaplok dll.
Ada threat kuliner gak ya di SM? Sapatau bisa nambah wawasan kuliner ketika mau berkunjung/lewat ke suatu tempat. Hehehehe
*maaf OOT lagi :mky_01:
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
Location: Pati - Jateng

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by papico »

Oiya, untuk ban pengganti bawaannya, ada masukan ga?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by imsus2c »

papico wrote:Oiya, untuk ban pengganti bawaannya, ada masukan ga?
Coba kontak member ini: anwan98

Kebetulan jual ban dan buka lapak di: Obral Ban Impor merk Continental, orsinil ban mobil Eropa

Berhubung lapak tersebut otomatis dihapus setelah periode waktu tanpa sundulan, ini ada quote-nya
anwan98 wrote:Promo tahun 2013, ban impor merk Continental (Ban nomor 1 di Dunia), berbagai ukuran dan tipe, khusus untuk berbagai mobil Eropa, Amerika & Asia. Ready Stock (stok sangat terbatas). Garansi pabrik 10thn. Harga lebih murah dari toko lainnya (dijamin se-Indonesia)
----
235/55R19 105V ContiCrossContact UHP
----
022-4203443(Senin-Sabtu, 8pagi-5sore)
PD. Lautan Ban, Jl. Astana Anyar No.81, Bandung

022-7315505, 7316841(Buka setiap hari termasuk Minggu & hari libur tertentu)
PD. Lautan Perkasa Ban, Jl. Buah Batu No.227, Bandung

031-5018623, 5016675(Senin-Sabtu, 8pagi-5sore)
UD. Lautan Ban, Jl. Kertajaya No.162, Surabaya
Terima Kasih.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
Location: Pati - Jateng

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by papico »

Okey, terima kasih buat link info ban.
Saya tetap memantau threat yang satu ini hehehehe
Buat tambahan info sebelum memutuskan membeli atau tidak.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

Kalo di luar ada Bridgestone HP sport 235/55 R19

Nah kalo di sini mesti di cek dulu

Kalo buat ketahanan antara Bdgestone vs Continental ane pribadi lebih prefer Bridgestone, konon bbrp type ban Continental saat dipake di Indonesia kembangnya mengalami pecah2 seiring berjalannya waktu spt yg terjadi di Michellin XM1, walau memang ban dengan kompon lembut biasanya empuk dan silent. CMIIW

*Nggak bermaksud mendiskreditkan merek tertentu*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by imsus2c »

Turboman wrote:Kalo di luar ada Bridgestone HP sport 235/55 R19

Nah kalo di sini mesti di cek dulu

Kalo buat ketahanan antara Bdgestone vs Continental ane pribadi lebih prefer Bridgestone, konon bbrp type ban Continental saat dipake di Indonesia kembangnya mengalami pecah2 seiring berjalannya waktu spt yg terjadi di Michellin XM1, walau memang ban dengan kompon lembut biasanya empuk dan silent. CMIIW

*Nggak bermaksud mendiskreditkan merek tertentu*
*nambah oot dikit mengenai ban
Mungkin di beberapa seri memang gitu pak

Saya pakai conti di 3 mobil berbeda, 2 ban jenisnya sama (passenger, seri comfort contact-1) dan 1 jenis ban suv aspal (seri cross contact lx)
Ketiganya menginjak 30.000km, yang ban SUV terlihat masih awet dan minim wear, guratan halus di tapak ban juga belum terlihat terkikis
Yang tipe passenger, tapak-nya sudah kelihatan kemakan banyak
Tapi ketiganya belum ada tanda2 pecah-pecah, side wall juga masih aman sentosa meski sering hajar lubang

Utk yg SUV, pengalaman sebelumnya pakai BS-689, performa keawetannya sepertinya beda/kalah banyak dibanding yg cross contact lx
Yg BS dulu pakai rim 15, yg conti pakai rim 17

Tapi ya mungkin ngga fair sih, ban BS yg tipe harga 1jutaan (yg rim 17 sekitar 1.4jutaan) vs Conti harga 1.9jutaan (pricelist saat beli ban waktu itu) :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Resale Value

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Resale Value »

masalah sparepart hyundai ? coba aja tanya cipaganti yang sudah punya armada h1 untuk shuttle bandung jakarta sejak berapa tahun lalu.


coba aja tanya perusahaan taxi white horse yang mulai beli armada hyundai sonata model baru untuk premium taxinya sejak tahun 2009, dan belum lama muncul kabar mereka ngak kapok ama hyundai, malah ambil keputusan beli lagi armada hyundai excell 3 untuk expansi armada taxi mereka.


saya sih pakai logika aja yah, namanya itu taxi, paling kejam, mobilnya jalan terus tiap hari. 3 tahun jadi taxi setara ama kita pakai mobil 5 tahun atau lebih pasti.


mereka udah pakai armada sonata 3 tahun lebih, eh malah nambah lagi armada baru hyundai excell 3. kira kira sparepart untuk taxi mereka susah ngak yah ?


http://otomotif.kompas.com/read/2013/02 ... si.Reguler


pula santa fe itu global model, bukan model cuman untuk 1 negara doang. santa fe baru di jual di banyak pasar besar seperti amrik, eropa, china dll. dan penjualan santa fe besar di negara lain (contoh generasi sebelumnya).


ngak mungkin produksi sparepartnya dikit dan susah nanti. tinggal masalah apakah hmi gitu bego sampai import sparepart dari korea aja ngak ngerti ? jelas stok sparepart santa fe di produksi di korea udah pasti banyak.


apalagi santa fe bukan seperti fortuner yang usianya sudah 8 tahun, santa fe di dunia dimana mana juga baru lahir. bukan model sudah facelift baru masuk Indonesia. Jadi minimal untuk 7-8 tahun kedepan udah pasti produksi sparepart santa fe itu regular di korea selatan dan pabrik hyundai di eropa, amerika dll.


dan habis 8 tahun pun muncul santa fe baru lagi, itu kan santa fe sekarang sudah terjual jutaan unit di manca negara, mungkin ngak sparepartnya susah di cari ? tinggal masalah import doang. apalagi jika hmi ikut jejak h1 dan ckd santa fe nanti di sini.


kecuali yakin hmi ngak ngerti gimana cara import suku cadang. tapi pengalaman white horse menurut saya indikasinya OK tuh.


saran saya, jika bisa jangkau dex, udah pakai dex aja terus, atau shell diesel, jadi ngak perlu beli additif lagi yang juga keluar duit. dan jika susah cari dex, ya solar plus redline 85+ dan ganti oli tiap 5000 km urusan selesai.


pengalaman mobil lain yang pakai common rail diesel solar murah + ganti oli tiap 5000 km juga ok ok aja kan selama ini ?


yang penting olinya bagus, bukan palsu, rutin ganti, servis ke hyundai bengkel resmi, semoga bisa seperti pengalaman white horse dengan armada sonatanya, baik baik saja sampai belanja lagi.


papico wrote:Iya, dulu salah beli, Ipah manual, makanya kacau. (Soalnya waktu beli ada isu Ipah matic melorot di tanjakan)
Jalanan Pati yg arah ke pantura sih mulus, cuman jalur ke daerah kecamatan yg beberapa rusak. Tapi ya jarang banget ke arah situ, jadi ya gak masalah.

Whaduh. Purging, sering dengar, tapi gak mudeng itu apaan. Kalo bengkel di pati dapat dipastikan gak ada yg bisa menangani diesel commonrail hahahaha, adanya setting diesel konvensional.
Mungkin perawatan prefer balik ke Dealer Hyundai Semarang aja gak masalah, bokap pakai PJ Dakar juga balik ke Dealer Misubishi di Semarang.

Gitu ya, berarti tetep prefer Solar + Dex. Ya bisa jadi pertimbangan.

Kalo ketersediaan spare part Hundai saat ini udah aman yah?
*sementara masih berharap adanya pencerahan dan angin segar buat meminang Santa Fe :frm_tumbright:

Kalo ke Pati, sekarang kuliernya ga cuman Nasi Gandul hahaha. Ada Sego Pincuk, Sate Hiu, Ayam Kaplok dll.
Ada threat kuliner gak ya di SM? Sapatau bisa nambah wawasan kuliner ketika mau berkunjung/lewat ke suatu tempat. Hehehehe
*maaf OOT lagi :mky_01:
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
Location: Pati - Jateng

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by papico »

Sip. Penjelasan yg cukup "deep" ..... Memang mobil Korea sekarang sepertinya sudah gak bisa dipandang sebelah mata. Kalau memang kualitasnya gak bagus, mustinya Eropa and Amrik gak mau terima. Cuman sayang Santa Fe yg masuk di Indo fiturnya banyak dikurangi :ungg:

Sepertinya nanti ambil di dealer Jakarta saja, dengan pertimbangan :
1. Harga OTR lebih murah dibanding Jateng :mky_02:
2. Kepastian Buy Back Guarantee (nulisnya bener gitu yah?)
3. HU bisa diganti dengan double din estimasi 5jt-an dan tidak menggugurkan garansi.
4. Mobil saya ambil sendiri jadi bisa sekalian jalan jalan ke Jkt dan test drive pulangnya sepanjang 600km :mky_08:

90% jadi ambil, sisanya 5% ACC leasing dan 5% lagi ACC bokap :2gunfire:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by imsus2c »

papico wrote:Sip. Penjelasan yg cukup "deep" ..... Memang mobil Korea sekarang sepertinya sudah gak bisa dipandang sebelah mata. Kalau memang kualitasnya gak bagus, mustinya Eropa and Amrik gak mau terima. Cuman sayang Santa Fe yg masuk di Indo fiturnya banyak dikurangi :ungg:

Sepertinya nanti ambil di dealer Jakarta saja, dengan pertimbangan :
1. Harga OTR lebih murah dibanding Jateng :mky_02:
2. Kepastian Buy Back Guarantee (nulisnya bener gitu yah?)
3. HU bisa diganti dengan double din estimasi 5jt-an dan tidak menggugurkan garansi.
4. Mobil saya ambil sendiri jadi bisa sekalian jalan jalan ke Jkt dan test drive pulangnya sepanjang 600km :mky_08:

90% jadi ambil, sisanya 5% ACC leasing dan 5% lagi ACC bokap :2gunfire:
Kalau jadi ambil, nanti silakan daftar dan gabung di komunitasnya di facebook, beberapa sudah ada yg pakai generasi 3 ini, meski dominasinya memang masih yg pemilik generasi 1 :mky_01:
Nanti bisa sharing dan tanya tanya disana :frm_tumbright:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

Resale Value wrote:masalah sparepart hyundai ? coba aja tanya cipaganti yang sudah punya armada h1 untuk shuttle bandung jakarta sejak berapa tahun lalu.

coba aja tanya perusahaan taxi white horse yang mulai beli armada hyundai sonata model baru untuk premium taxinya sejak tahun 2009, dan belum lama muncul kabar mereka ngak kapok ama hyundai, malah ambil keputusan beli lagi armada hyundai excell 3 untuk expansi armada taxi mereka.

saya sih pakai logika aja yah, namanya itu taxi, paling kejam, mobilnya jalan terus tiap hari. 3 tahun jadi taxi setara ama kita pakai mobil 5 tahun atau lebih pasti.
Ini sudah di survey dgn seksama ke user user ybs atau hanya kira2 dari luar aja ?
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27646
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by DOHC »

ohh tentu sudah disurvey donkk om turbo...

survey dgn cara nya doi... uda bsa dtebak koq cara survey nya..

" menurut saya ", "saya yakin" atau "jika saya petinggi hyundai indo"....

survey versi mimpi kali yee...


:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

om Klep : :wkkk:

@papico :
Sebaiknya survey dulu di BeRes Hyundai di Pati / Semarang, serta toko2 spare parts Hyundai di Pati / Semarang

Pastikan parts fast moving selalu tersedia, terutama filter solar-nya
* Bukan ajakan Beli *
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
Location: Pati - Jateng

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by papico »

Turboman wrote:om Klep : :wkkk:

@papico :
Sebaiknya survey dulu di BeRes Hyundai di Pati / Semarang, serta toko2 spare parts Hyundai di Pati / Semarang

Pastikan parts fast moving selalu tersedia, terutama filter solar-nya
Hehehe, kata kata yg digaris bawah..... sepertinya harus sedikit "waspada".
Kalau sparepart Hyundai di Pati, saya yakin akan usah banget carinya, ya saya hanya berharap pada Dealer Hyundai di Semarang - Solo Jogja.
Kebetulan besok akan liburan ke Jogja, sekalian mampir ke Hyundai Jogja. Soalnya sungkan bolak balik ke Hyundai Semarang....

Sapatau di Jogja ada unit Test Drive nya.

*tetap mencari informasi sebanyak mungkin, biar gak kecewa dikemudian hari. :ungg:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by evolution21 »

Sama sekalian cek stok fuel pump n injectornya um
Ini sih agak jarang, tp kalo pas lg sial kena solar sangat buruk bisa kena ke 2 part ini jg
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
Location: Pati - Jateng

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by papico »

evolution21 wrote:Sama sekalian cek stok fuel pump n injectornya um
Ini sih agak jarang, tp kalo pas lg sial kena solar sangat buruk bisa kena ke 2 part ini jg
Sepertinya yang ini mahal harganya :big_slap:

Mungkin racikan buat Innova D4D ku dulu bisa diterapkan di Santa Fe CRDi : 1 tangki solar biasa + 1 liter Premium / Pertamax :big_peace:
Tenaganya lebih nendang hahahaha (abis dipasang dastek, dikasi racikan seperti diatas tambah nyussss tarikannya)

Jebol gak ya mesin Santa Fe? hahahaha
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

papico wrote: Mungkin racikan buat Innova D4D ku dulu bisa diterapkan di Santa Fe CRDi : 1 tangki solar biasa + 1 liter Premium / Pertamax :big_peace:
Tenaganya lebih nendang hahahaha (abis dipasang dastek, dikasi racikan seperti diatas tambah nyussss tarikannya)

Jebol gak ya mesin Santa Fe? hahahaha
wah jangan pernah campur bensin ke solar, walau mmg spec gravity turun, pengabutan lebih mudah, tapi daya lumas & CN solar jadi turun + resiko bikin kerak di ujung nozzle

lebih baik campur DEX + racun solar yg berkualitas

Soal Injector CRD :
Skg Injector dah bisa di servis, ganti jeroan dalemnya aja, di BOSCH Diesel centre - Tamansari 66
* Bukan ajakan Beli *
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
Location: Pati - Jateng

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by papico »

Ya selama 45rb km pake D4D dg "solar oplosan" sih fine fine saja.... Memang secara pelumasan bisa jadi berkurang (setau saya solar itu bahan bakar sekaligus pelumasan juga)..... Kalau penimbunan kerak aku malah baru tau ini.
Trims atas masukannya. Kalo jadi meminang Santa Fe dg spek mesin seperti itu, gak bisa diperlakukan seperti D4D.
Yah, drpd resiko jebol, mendingan "main ama" saja.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

papico wrote:Ya selama 45rb km pake D4D dg "solar oplosan" sih fine fine saja.... Memang secara pelumasan bisa jadi berkurang (setau saya solar itu bahan bakar sekaligus pelumasan juga)..... Kalau penimbunan kerak aku malah baru tau ini.
Trims atas masukannya. Kalo jadi meminang Santa Fe dg spek mesin seperti itu, gak bisa diperlakukan seperti D4D.
Yah, drpd resiko jebol, mendingan "main ama" saja.
ya daya lumas solar akan berkurang dengan adanya campuran bensin di dalamnya

Mau di Diesel apapun, di Panther kek, tetep idealnya jangan pernah campur bensin ke solar.
* Bukan ajakan Beli *
Resale Value

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Resale Value »

tapi susah juga dengar dari orang yang dalam pikirannya selalu, atpm lain [cencored] semua, ngak ngerti cara import dan sediakan suku cadang, cuman toyota doang yang ngerti.


dan cuman toyota yang punya gudang untuk stok sparepart, atpm lain semua miskin ngak punya duit untuk punya gudang untuk siapkan sparepart.



DOHC wrote:ohh tentu sudah disurvey donkk om turbo...

survey dgn cara nya doi... uda bsa dtebak koq cara survey nya..

" menurut saya ", "saya yakin" atau "jika saya petinggi hyundai indo"....

survey versi mimpi kali yee...


:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: