2012 Honda CR-V - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Salimans
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Thu Jan 31, 2013 14:03

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Salimans »

AD74YA wrote:Wkwkwk kagak ada hubungannya feedback setir sama mobil balap...

Oh well.. ya gitulah dari saya..
Serius bro mobil balap nga butuh feedback setir dan ban :mky_05:
Menurut saya sih semua teknologi baru adalah nilai plus bukan nilai minus bro :mky_03:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

Ya tapi gak ada hubungannya sama yang kita bahas.. emangnya feedback nggak lazim ada di mobil harian? Wkwkwk..

Then again, semua tergantung preferensi masing2.. dan saya sebagai orang yang sangat senang menyetir dan coba mobil sana sini mulai dari kepala 100 sampai diatas 1M lebih mengapresiasi ciri2 mobil tertentu yang bagi saya enak untuk di setir . Susah bagi saya untuk menyatakan pendapat karena sangat berdasar pengalaman dan feeling..

Bagi saya settingan setir ringan dan tidak akurat justru pada suatu saat akan berbahaya.. kenapa? Karena driver cenderung terbiasa mendapatkan support dari mobil, semua kesalahan di koreksi mobil terlebih dahulu sebelum sampai ke driver.. sehingga "mematikan" insting driver.. ketika datang saatnya diperlukan reflek tertentu untuk keselamatan, yang terbiasa nyetir tanpa diberikan support akan lebih menguasai medan dibandingkan orang yang terbiasa diberikan support nyetir..

Facts loh.. pengalaman pribadi beberapa kali nyaris hilang nyawa
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by claude_wallace »

saya sependapat dgn bro adjaya sih..
buat saya, fun to drive itu penting juga, membuat saya nyaman menyetir mobil ini..
User avatar
Salimans
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Thu Jan 31, 2013 14:03

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Salimans »

Bagi saya selama pakai crv dengan EPS, fun aja saya mengendarai cenderung lebih nyaman tangan tidak lelah yg sesuai priority saya mengendarain mobil adalah kenyamanan
Dengan ada EPS atau tanpa bagi saya nga masalah, saya juga masih ada civic 2006, ok ok aja sih saya mengendarainya tapi sesudah saya hampir 1 bulan mengunakan crv dgn EPS ini...civic cenderung terasa lebih berat dan agak lelah aja
Berdasarkan pengalaman ini menurut saya EPS ada nilai plus dan bukan nilai minus yang di maksudkan bro AD74YA :mky_01:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

Baiklah oom salimans..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Salimans
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Thu Jan 31, 2013 14:03

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Salimans »

AD74YA wrote:Baiklah oom salimans..
Sori ya bro apabila saya nga sependapat...pendapat saya hanya berdasarkan 1 bulan mengendarai dengan EPS...tapi menurut saya sih teknology ini adalah positif aja yg bagi saya yg priority kenyamanan dan keamanan :frm_salut:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

Salimans wrote:
AD74YA wrote:Baiklah oom salimans..
Sori ya bro apabila saya nga sependapat...pendapat saya hanya berdasarkan 1 bulan mengendarai dengan EPS...tapi menurut saya sih teknology ini adalah positif aja yg bagi saya yg priority kenyamanan dan keamanan :frm_salut:
No.. no no... No problem at all oom Salimans..

Hal kayak gini memang agak susah untuk di diskusikan karena sangat tergantung preferensi mengemudi masing-masing orang.. Makanya satu-satunya tempat saya bisa menuangkan semuanya hanya di review.. Saya ga bisa maksain pengertian hal ini di dalam diskusi..

Kalau bagi saya pribadi, beberapa fitur bantuan seperti EPS dan TC (yang mana tergolong tersier) justru sedikit menakutkan.. Dalam artian saya merasa tidak sepenuhnya menguasai mobil.. Dan saya pengalaman, di keadaan darurat, behave mobil akan sangat berbeda, menjadi unpredictable, kadang malah driver yang kesulitan mengoreksi..

Therefore, saya menganggap hal ini justru kurang aman.. Saya lebih percaya skill mengemudi saya yang bisa tetap menjaga saya hidup, oleh karena itu saya prefer mobil yang penting sistem keamanan primer dan sekunder yang penuh di mobil (rem cakram, chassis bagus, seatbelt pretensioner, ABS, EBD, BA, dan full Airbags - gak cuman 2 doang), tapi mobil berkomunikasi dengan baik dengan saya dan saya bisa merasa menguasai mobil sepenuhnya..

Contoh kasus kalau mobil "kepinteran" malah berbahaya ada di klip ini:
http://www.youtube.com/watch?v=ahsIOVx93zs
Mulai dari menit 4:40 dimana mobil tiba-tiba "mengoreksi" "kesalahan" driver sendiri.. Itulah contoh behave yang tidak terduga. Saya pernah mengalami hal semacam ini, dan bukan di trek balap melainkan lagi cruising biasa (pemakaian sehari-hari)..

Anyway, "super" EPS pada dasarnya memang semakin memberi kemudahan maneuverability terutama untuk wanita.. JAdi lebih ke kenyamanan daripada keamanan -> kalau menurut saya.. Jadi, IMHO ya..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by claude_wallace »

ehmm.. apakah semua EPS bakal mengurangi feel berkendara, ataukah ada EPS yg bagus yg feel nya bisa sama seperti hidraulic?
User avatar
Salimans
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Thu Jan 31, 2013 14:03

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Salimans »

Waduh bro...nga bisa dong membandingkan supercar dengan suv
Apa kah bro yakin di ferrari tidak mengunakan aids? Kalu saya cenderung melihat drivernya cenderung membawa mp4 12c behave seperti ferrari dan mp4 12c cenderung tidak mau ngedrift...coba di aduh buat fast time...saya yakin mp4 12c tidak kalah banget....super car nih bro :big_smoking:

Ok back to eps...sepertinya saya hanya bilang teknology eps hanya membuat driver lebih nyaman saja dan tangan tidak begitu lelah saja :big_weee:

Saya juga masih merasakan feedback dari aspal ke ban juga bro :big_peace: ...yg saya liat perbedaan antara eps dan tidak sepertinya cuman ringan aja sih nyetirnya :mky_03:
BourneBourne
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Fri Jan 04, 2013 8:02

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by BourneBourne »

bro-bro sekalian, mau tanya konsumsi crv gen 4 ini yg normal 1 liter bisa berapa km ya?

Crv gua 2.4 dan isi shell super, di gw 1 liter 7 - 8 km, apakah ini normal atau boros?

Mau tanya bro-bro punya crv gen 4 ini gimana perbandingannya 1 liter bisa berapa km?
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

claude_wallace wrote:ehmm.. apakah semua EPS bakal mengurangi feel berkendara, ataukah ada EPS yg bagus yg feel nya bisa sama seperti hidraulic?
Secara general ya memang mengurangi.. Tapi dengan teknologi semoga semakin kedepan semakin baik..

Contoh terbaik yang saya ikuti beritanya adalah development EPS nya Porsche
Salimans wrote:Waduh bro...nga bisa dong membandingkan supercar dengan suv
Apa kah bro yakin di ferrari tidak mengunakan aids? Kalu saya cenderung melihat drivernya cenderung membawa mp4 12c behave seperti ferrari dan mp4 12c cenderung tidak mau ngedrift...coba di aduh buat fast time...saya yakin mp4 12c tidak kalah banget....super car nih bro :big_smoking:

Ok back to eps...sepertinya saya hanya bilang teknology eps hanya membuat driver lebih nyaman saja dan tangan tidak begitu lelah saja :big_weee:

Saya juga masih merasakan feedback dari aspal ke ban juga bro :big_peace: ...yg saya liat perbedaan antara eps dan tidak sepertinya cuman ringan aja sih nyetirnya :mky_03:
Wow oom.. Gak liat pernyataan saya diatas?

Saya bilang :
AD74YA wrote: " Saya pernah mengalami hal semacam ini, dan bukan di trek balap melainkan lagi cruising biasa (pemakaian sehari-hari).."
Mau tau? Saya mengalaminya di CRV gen 3 dengan VSA ON.

Bukan Supercar kan? Tapi SUV..

Eniwei... Yang dibahas kan mengenai feel berkendara.. Bukan akselerasi atau top speed.. Keduanya nggak nyambung.. Mobil kenceng, safe, grip tinggi, belum tentu lebih menyenangkan dikendarai daripada mobil yang lebih pelan, oversteer, dan minim teknologi.... Jadi saya gak akan memperpanjang diskusi di bagian ini ya oom.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Salimans
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Thu Jan 31, 2013 14:03

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Salimans »

BourneBourne wrote:bro-bro sekalian, mau tanya konsumsi crv gen 4 ini yg normal 1 liter bisa berapa km ya?

Crv gua 2.4 dan isi shell super, di gw 1 liter 7 - 8 km, apakah ini normal atau boros?

Mau tanya bro-bro punya crv gen 4 ini gimana perbandingannya 1 liter bisa berapa km?
Tampilan di mid saya 9.2km/L bro di kota dgn kondisi tanpa macet :mky_08:
BourneBourne
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Fri Jan 04, 2013 8:02

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by BourneBourne »

Salimans wrote:
BourneBourne wrote:bro-bro sekalian, mau tanya konsumsi crv gen 4 ini yg normal 1 liter bisa berapa km ya?

Crv gua 2.4 dan isi shell super, di gw 1 liter 7 - 8 km, apakah ini normal atau boros?

Mau tanya bro-bro punya crv gen 4 ini gimana perbandingannya 1 liter bisa berapa km?
Tampilan di mid saya 9.2km/L bro di kota dgn kondisi tanpa macet :mky_08:
imid biasanya ga begitu akurat kan bro?

Kalau bro-bro yg lain gimana perbandingannya antara 1 liter bisa berapa km bisa info?
val
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Feb 20, 2013 5:20

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by val »

Salimans wrote:
AD74YA wrote:Baiklah oom salimans..
Sori ya bro apabila saya nga sependapat...pendapat saya hanya berdasarkan 1 bulan mengendarai dengan EPS...tapi menurut saya sih teknology ini adalah positif aja yg bagi saya yg priority kenyamanan dan keamanan :frm_salut:
Setuju bro Salimans. Adanya EPS menambah kenyamanan berkendara. Udh 3 bulan pake new CRV, nyaman banget.
Mecloude
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Sat Sep 08, 2012 4:19
Location: Khuntien

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Mecloude »

BourneBourne wrote:bro-bro sekalian, mau tanya konsumsi crv gen 4 ini yg normal 1 liter bisa berapa km ya?

Crv gua 2.4 dan isi shell super, di gw 1 liter 7 - 8 km, apakah ini normal atau boros?

Mau tanya bro-bro punya crv gen 4 ini gimana perbandingannya 1 liter bisa berapa km?
Napa 2.4 ama 2.0 sama tak iya ya??
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by DOHC »

lg bahas EPS Vs hidrolik yahh master2 diatas ?? hidrolik ga melulu berat atau enak lohh... silahkan cobain nyetir panther (dari generasi C223, 4JA1 ampe yg kapsul) sama smua feeling nya.... hidrolik, super enteng, super limbung... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by soraksorai »

Report konsumsi BBM CRV 2.4 Gen4,
BBM diisi Total 92
rute tol jkt-bdg-jkt, kondisi mode D (normal), beberapa kali dapet antara 15-15,5 km/l
rute dalam kota tersendat-sendat, mode D, berkisar 7-7,5 km/l

untuk rute tol, sangat hemat, malah lebih irit ketimbang Avanza kantor saya (14 km/l)
untuk rute dalkot, normalnya saya dapet segitu juga dengan mobil merk lain.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

EPS juga gak melulu ringan dan gak enak... Wong Porsche baru pakai EPS tetep bisa terasa "analog"..

Kita lebih ngomongin ke masalah feel nya oom DOHC.. cuman melebar kemana-mana.. wkwkwk
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by DOHC »

hooo ini bahas feel dan alat bantu yg namanya PS itu yahh..


alat bantu ternyata bsa macem2 yahh.. :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by soraksorai »

DOHC wrote:lg bahas EPS Vs hidrolik yahh master2 diatas ?? hidrolik ga melulu berat atau enak lohh... silahkan cobain nyetir panther (dari generasi C223, 4JA1 ampe yg kapsul) sama smua feeling nya.... hidrolik, super enteng, super limbung... :upss: :upss:
EPS pasti lebih unggul lah, mesin tidak terbebani, tangan juga tak terbebani, lagipula EPS-nya CRV Gen4, sudah bagus, ringan saat mau parkir, tapi terasa lebih berat saat kecepatan tinggi. Apa istilahnya ya?

EPS juga cost efektif dan cost efisien dari sisi produsen, so hari gini masih nyari hidrolik? Ane sih buat mobil harian jelas pilih yg EPS lah.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

sippppp .. :frm_tumbright: :mrgreen:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

Cuman sekedar ngingetin, in case nggak ada yang merhatiin, saya dari kemarin cuman bahas mengenai feel steering yang di tawarkan CRV gen 4 dibanding rival nya bagaimana..

Malah melebar ke supercar, terus top speed, sekarang malah bahas EPS vs Hidrolik...

Inget loh.. Semua rival CRV juga menggunakan EPS. Gak ada yang hidrolik..

Ya pokoknya sippppp lahhh... Wkwkwk
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Hansen »

Selow... :upss:
Image
Haryanto_S
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Nov 10, 2012 13:13

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Haryanto_S »

Menurut saya semua perdebatan diatas itu adalah pendapat pribadi. Sama seperti ada yg suka CRV dan ada yg lebih suka CX-5 ataupun mobil2 lainnya spt x-trail, pajero sport, fortuner, atau outlander. Semua pabrik pembuat mobil sdh tahu kok teknologi apa yang terbaik bagi mobil mrk masing2. Apalagi mobil2 diatas adalah salah satu andalan perusahaan masing2 merk. Jadi semuanya tergantung selera aja. Kalau EPS ya pasti bagus donk untuk CRV. Kalau ada yg merasa kurang suka ya itu kembali masalah selera aja.
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by diveblues »

AD74YA wrote:Cuman sekedar ngingetin, in case nggak ada yang merhatiin, saya dari kemarin cuman bahas mengenai feel steering yang di tawarkan CRV gen 4 dibanding rival nya bagaimana..

Malah melebar ke supercar, terus top speed, sekarang malah bahas EPS vs Hidrolik...

Inget loh.. Semua rival CRV juga menggunakan EPS. Gak ada yang hidrolik..

Ya pokoknya sippppp lahhh... Wkwkwk
subaru xv yg masuk sini masih hidrolik om