Serba Serbi Busi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: please anlisa warna businya
itu busi abis dicopot trus jatuh ke tanah critanya om ??? koq ampe kotor banget gt....
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: please anlisa warna businya
hahaa...gak, sm sekali bukan krn jatuh ke tanah. itu murni baru dicopot dari lobang busi
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: please anlisa warna businya
anehh donk kalo gt... ampe berkarat gt, kotor banget lg... apa jangan2 karet seal di coil nya uda pada getas ??
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: please anlisa warna businya
Buset baru liat.. dr mobil apa Mas ??andy1800 wrote:kalau busi busi ini, masih ada kah yg berani menganalisanya ?
merk: NGK R
type: LFR 5 A
Keterlaluan dah kalau dari serena,.........

Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: please anlisa warna businya
hahahaa...tak ada yg mustahil bagi kita... jd, tak ada yg keterlaluan pula bagi kitaMitshuToyo wrote: Buset baru liat.. dr mobil apa Mas ??
Keterlaluan dah kalau dari serena,.........

ga aneh jg siih.DOHC wrote:anehh donk kalo gt... ampe berkarat gt, kotor banget lg... apa jangan2 karet seal di coil nya uda pada getas ??
sebenrnya scara visual sih karet seal di coil gak getas, cm tetep aja itu kan cm karet, bukan seal atau packing yg bener2 kedap. jd msh saja ada peluang air bisa masuk ke selongsong luar busi tsb, apalagi itu terjadinya kan sdikit demi sedikit selama bertaun2. sdikit menggenang disana.
krn ga semua genangan air karat nya ga bs ane serap dg kain serap/tissue, maka pas ngelepasnya jg sempet ada bbrp tetes yg jd lolos masuk ke atas piston. tp ya gpp jg siih.
nah, demikianlah.
jd itu gpp kok. itu kotor + lumpur dan bekarat kan cm di bagian atas dari pinggang businya. bagian seat nya ke atas. sdgkan yg masuk ke combustion chamber ga kenapa2.
dg kata lain, itu yg buruk rupa kan cm kosmetiknya aja.
jd ya tinggal bersihin aja, kebetulan krn ane punya motor, jd trus ane check dulu nyalanya di motor, nyala nya baik, stabil ...yaudah lalu pasang lagi, starter jrung-jrung, daann mesin running well spt biasanya.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: please anlisa warna businya
memang nya ntuh busi per brapa lama skali om di buka ??
ane di lipina per 20 rebuan km skali di buka jg ga ampe sgitu kotor nya... bahkan waktu ane ganti busi di km 70an rebu aja, atas nya masi bersih..
yah bukan karena masalah kosmetik aja sehh... cuman kan bagian atas situ jg buat megang ke konci busi pas mau dibuka... takut nya karena kotor trus karatan gt, yg ada malah patah pas mau di buka pake konci busi...
ane di lipina per 20 rebuan km skali di buka jg ga ampe sgitu kotor nya... bahkan waktu ane ganti busi di km 70an rebu aja, atas nya masi bersih..
yah bukan karena masalah kosmetik aja sehh... cuman kan bagian atas situ jg buat megang ke konci busi pas mau dibuka... takut nya karena kotor trus karatan gt, yg ada malah patah pas mau di buka pake konci busi...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: please anlisa warna businya
btw LFR5A itu kan sama ama busi T30 yahh...
kalo LFR6A uda busi ipah tuh... kayanya bisa saling subtitusi nehh...
sbiji brapa duit tuh om..
kalo LFR6A uda busi ipah tuh... kayanya bisa saling subtitusi nehh...



sbiji brapa duit tuh om..
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: please anlisa warna businya
nah, sepertinya memang begitu...andy1800 wrote:hahahaa...tak ada yg mustahil bagi kita... jd, tak ada yg keterlaluan pula bagi kitaMitshuToyo wrote: Buset baru liat.. dr mobil apa Mas ??
Keterlaluan dah kalau dari serena,.........![]()
ga aneh jg siih.DOHC wrote:anehh donk kalo gt... ampe berkarat gt, kotor banget lg... apa jangan2 karet seal di coil nya uda pada getas ??
sebenrnya scara visual sih karet seal di coil gak getas, cm tetep aja itu kan cm karet, bukan seal atau packing yg bener2 kedap. jd msh saja ada peluang air bisa masuk ke selongsong luar busi tsb, apalagi itu terjadinya kan sdikit demi sedikit selama bertaun2. sdikit menggenang disana.
krn ga semua genangan air karat nya ga bs ane serap dg kain serap/tissue, maka pas ngelepasnya jg sempet ada bbrp tetes yg jd lolos masuk ke atas piston. tp ya gpp jg siih.
nah, demikianlah.
jd itu gpp kok. itu kotor + lumpur dan bekarat kan cm di bagian atas dari pinggang businya. bagian seat nya ke atas. sdgkan yg masuk ke combustion chamber ga kenapa2.
dg kata lain, itu yg buruk rupa kan cm kosmetiknya aja.
jd ya tinggal bersihin aja, kebetulan krn ane punya motor, jd trus ane check dulu nyalanya di motor, nyala nya baik, stabil ...yaudah lalu pasang lagi, starter jrung-jrung, daann mesin running well spt biasanya.
kerak karat dari air/kelembapan
jgn2 kalau cuci mobil, sering disemprot mesinnya?

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: please anlisa warna businya
ini busi yg sudah terpasang pada Pug 306 ku sejak 6 bulan yg lalu :

warna merah bata menunjukkan pembakaran & air to fuel ratio yg ideal.. dan kemungkinan besar ada kontribusi dari Norival Gold yg sudah digunakan (dicampur dng Premium) sejak Desember 2011.
dua busi sebelah kiri ringnya kehitaman, menandakan ring piston mungkin sudah mulai lemah...
Rasio kompresi Pug 306 adalah 9,6 : 1 (mensyaratkan bbm oktan 92), namun terbukti bisa pake Premium (oktan 88) + aditif Norival Gold

warna merah bata menunjukkan pembakaran & air to fuel ratio yg ideal.. dan kemungkinan besar ada kontribusi dari Norival Gold yg sudah digunakan (dicampur dng Premium) sejak Desember 2011.
dua busi sebelah kiri ringnya kehitaman, menandakan ring piston mungkin sudah mulai lemah...
Rasio kompresi Pug 306 adalah 9,6 : 1 (mensyaratkan bbm oktan 92), namun terbukti bisa pake Premium (oktan 88) + aditif Norival Gold
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: please anlisa warna businya
coba pak busi fortunernya dicopot, mudah2an mirip..andy1800 wrote:kalau busi busi ini, masih ada kah yg berani menganalisanya ?
![]()
merk: NGK R
type: LFR 5 A

..........

Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: please anlisa warna businya
seal businya ga bocor/rembes oli ya ?andy1800 wrote:kalau busi busi ini, masih ada kah yg berani menganalisanya ?
![]()
merk: NGK R
type: LFR 5 A
regards,
singachu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: please anlisa warna businya
ikut minta bantu analisa :

kalo gambar ndak muncul, click sini

kalo gambar ndak muncul, click sini
Aerio 2003 M/T
Busi Autolite 985
Bahan Bakar Premium tanpa additive apa2
regards,
singachu
kalo gambar ndak muncul, click sini
kalo gambar ndak muncul, click sini
Aerio 2003 M/T
Busi Autolite 985
Bahan Bakar Premium tanpa additive apa2
regards,
singachu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: please anlisa warna businya
tret lama ane angkat lagi ahh...
kali ini busi ipah ane, baru dipake jalan sejauh 6000an km... bensin slalu premium, tanpa aditif macem2..
DENSO K20HR-U11
pada waktu km 4000an, busi dibuka dan berwarna lebi "merah" dari yg di foto karena ada serbuk2 atau endapan2 kering berwarna merah bata di electrode nya... lalu stelan CO ane rubah, jadi lebi ke "lean"... hasil nya ?? sperti yg foto diatas..
monggo di analisa ama busi expert...

kali ini busi ipah ane, baru dipake jalan sejauh 6000an km... bensin slalu premium, tanpa aditif macem2..
DENSO K20HR-U11
pada waktu km 4000an, busi dibuka dan berwarna lebi "merah" dari yg di foto karena ada serbuk2 atau endapan2 kering berwarna merah bata di electrode nya... lalu stelan CO ane rubah, jadi lebi ke "lean"... hasil nya ?? sperti yg foto diatas..
monggo di analisa ama busi expert...


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: please anlisa warna businya
btw nubie jg ingin bertanya nehh...
kira2 kenapa yahh di bagian pinggang busi (yg ane kotak in warna merah) itu koq banyak oli nya yahh... bahkan ampe warna busi nya jadi kekuningan gt gara2 kelamaan kena oli kali... kira2 darimana tuh oli bisa masuk ke ruang busi gt ?? oli nya sehh ga ampe menggenangi ruang busi, cuman banyak aja gt ampe pinggang busi nya berminyak oli smua..
kira2 kenapa yahh di bagian pinggang busi (yg ane kotak in warna merah) itu koq banyak oli nya yahh... bahkan ampe warna busi nya jadi kekuningan gt gara2 kelamaan kena oli kali... kira2 darimana tuh oli bisa masuk ke ruang busi gt ?? oli nya sehh ga ampe menggenangi ruang busi, cuman banyak aja gt ampe pinggang busi nya berminyak oli smua..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: please anlisa warna businya
singachu wrote:ikut minta bantu analisa :
Aerio 2003 M/T
Busi Autolite 985
Bahan Bakar Premium tanpa additive apa2
regards,
singachu
kalau lihat warnanya yg merah bata, sepertinya sudah pas tuhDOHC wrote:tret lama ane angkat lagi ahh...
kali ini busi ipah ane, baru dipake jalan sejauh 6000an km... bensin slalu premium, tanpa aditif macem2..
DENSO K20HR-U11
monggo di analisa ama busi expert...![]()

dan sepertinya premium sekarang memang rasanya sudah benar2 bebas timbal (baik dari kilang maupun cemaran tanki spbu), cmiiw
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: please anlisa warna businya
Corona StainDOHC wrote:btw nubie jg ingin bertanya nehh...
kira2 kenapa yahh di bagian pinggang busi (yg ane kotak in warna merah) itu koq banyak oli nya yahh... bahkan ampe warna busi nya jadi kekuningan gt gara2 kelamaan kena oli kali... kira2 darimana tuh oli bisa masuk ke ruang busi gt ?? oli nya sehh ga ampe menggenangi ruang busi, cuman banyak aja gt ampe pinggang busi nya berminyak oli smua..

Atau parahnya, kemungkinan insulator busi sudah bocor (kalau oli-nya "banyak sekali"), tapi rasanya yg di foto itu cuma corona stain, dan itu wajar kok

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Data Daya Hantar Busi
bahasan menarik dari admin kita waktu belum sibuk kyk skrg.... 

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Data Daya Hantar Busi
Lagi rajin naikin trit lama yahy_anjasrana wrote:bahasan menarik dari admin kita waktu belum sibuk kyk skrg....

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Data Daya Hantar Busi
cium aja rame2 tu brohtannis wrote:Lagi rajin naikin trit lama yahy_anjasrana wrote:bahasan menarik dari admin kita waktu belum sibuk kyk skrg....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Data Daya Hantar Busi
Kayaknya mau saingan sama some1 tuhandy1800 wrote:cium aja rame2 tu brohtannis wrote:Lagi rajin naikin trit lama yahy_anjasrana wrote:bahasan menarik dari admin kita waktu belum sibuk kyk skrg....

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Data Daya Hantar Busi
Some 1 like U
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Data Daya Hantar Busi
Maksud tret ini apa sih, anak SD juga tahu daya antar terbaik itu copper.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Data Daya Hantar Busi
knp ya iridium jg dipakai utk busi ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta