Kelemahan Torsion ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Kelemahan Torsion ?

Post by handling »

Saya tadi pagi melintasi samping tol kebun jeruk, tidak sengaja melihat ada sebuah mobil 'x' parkir dengan posisi roda belakang terangkat.
Saya tersentak ingin memotret dan mengabadikan disini, akhirnya saya puter balik lagi dan kebetulan bisa parkir dekat dgn mobil 'x'. Dengan diam2 dan cepat2 saya potret (sorry karena cepet2 takut ditegur, saya lupa mengatur dengan setting manual di kamera, jadi sebagian foto agak gelap). Dasar tukang parkir dari saya foto sampe kelar foto juga gak tau :lol: :lol: :lol: , mungkin gua congkel mobilnya juga gak tau kali ya.... :lol: :lol: :lol:

Foto ini bukan dengan tujuan menjatuhkan merk mobil 'x' , karena kebetulan yang saya foto ini adalah mobil 'x' yang menggunakan suspensi type torsion di roda belakang. Mobil lain yang menggunakan suspensi type torsion juga akan seperti mobil di foto ini.

Mengingat mobil yang kembali menggunakan suspensi torsion di roda belakang udah mulai kembali marak, padahal ini bisa dibilang teknologi lama, mungkin dengan alasan biaya produksi, jadi produsen terpaksa menggunakan teknologi ini, selain lebih gampang buatnya dan gak perlu (alias 'gak bisa') dispooring roda belakangnya.

Mobil yang menggunakan suspensi torision diantaranya seperti : swixt, altxs, soluxt, vixs, yarxs, jaxz, cixy, atxz, picanxo, etc.

Kelemahan suspensi ini: karena kedua roda belakang dihubungkan dengan sebatang sumbu, maka gerakan naik turun roda sebelah kiri/kanan akan mempengaruhi roda sebelah kanan/kiri. Tidak seperti suspensi type lain (macpherson strut dan double wishbone), dimana roda kiri/kanan tidak berhubungan dalam satu sumbu, sehingga gerakan roda belakang bisa bergerak dengan bebas, dan tidak mempengaruhi gerakan roda sebelahnya.
Dan kalo dikendarai dengan kecepatan sedang-tinggi dengan gerakan meliuk-liuk traksi salah satu roda belakang akan berkurang , mobil akan terasa limbung karena disebabkan pantat mobilnya yang memang kaku.


Image

Image

Image

Image



Coba perhatikan gerak bebas roda:
Image

Sebenarnya jarak gerak bebas roda belakang mobil 'x' secara normal (posisi mobil diangkat/didongkrak dengan dongkrak hidrolik di bengkel dengan posisi rata) akan lebih besar daripada gerak bebas roda mobil 'x' pada posisi parkir miring.
Pada saat parkir miring, roda sebelah kanan sudah bekerja maximum mengalami tekanan dari badan mobil, bisa dibilang menopang seluruh berat mobil di belakang. Sedangkan roda belakang kiri 'tidak bisa' berbuat apa2 lagi, karena gerakan nya terpaku/ditentukan juga dengan gerakan roda kiri. Ya jadinya roda belakang jadi melayang diatas aspal.

Sebenarnya semua type suspensi akan mengalami nasib yang sama bila berhadapan dengan medan parkir yang sudah tidak bisa ditoleransi lagi derajat kemiringannya, namun tidak akan lebih parah dibandingkan dengan suspensi torsion.

Karakter bodi mobil yang menggunakan suspensi type torsion di roda belakang, pada saat parkir miring, body mobil cenderung akan ikut miring, kemiringannya body mobil cenderung akan mengikuti posisi kemiringan roda belakang terhadap jalan.

Lain hal nya dengan dengan suspensi independent macpherson strut dan double wishbone/sejenisnya (tergantung merk). Kemiringan body mobil akan cenderung mengikuti posisi datar/horisontal jalan pada saat diparkir dengan posisi miring, hal ini dikarenakan ke 4 suspensi nya bekerja saling membagi/menerima beban.

Mohon maaf kalo ada salah penjelasan, dan kekurangan. Mungkin bisa dibantu/dikoreksi oleh rekan2 yang lain.
Last edited by handling on Sun Jun 04, 2006 5:33, edited 1 time in total.
Image
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3513
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Itu yang punya mobil lagi transaksi [cencored] toys? :lol: :lol: :lol: :lol:
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

peratiin aja bung TUFF..heuheuehe.. panahnya kmana, matanya kmana..=Pp

Dulu tetangga saya ada yang pny feroza, dy parkir kayak gt, rodanya ngangkat juga deh..padahal feroza kan tinggi?apa pake torsion sus juga?
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Post by jeremyray »

Tetangga saya juga rumahnya agak tinggi pas mau masuk garasinya, sekali saya lihat city dia juga sama pas mau masuk roda belakangnya ngangkat bahkan lebih parah dari yang di foto itu
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

astaga ngak ada kerjaan emang mr handling ini pake foto2 mobil orang hahahaha,

iya saya pake city kalo naik garasi rumah yang agak tinggi pasti ngesot cittttt ban nya keangkat
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

yang diatas gua ini ngomongnya nyakitin juga ya ....c.kc.kc.cck.k.kc..k.ck...
gua kasih deh foto boil gua, biar gak dikira gak ada kerjaan selalu fotoin mobil orang... :D:D:D

Image
Image
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 572
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

Fotonya pake kamera hp atau kamera digital beneran?? klo pake kamera hp bagus juga tuh.... merk apa?? hehehe
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Thanks atas sharingnya. Buat gw itu info berguna. Karena lg seleksi boil buat mantan pacar. Lg mikir2 antara new city car Jepang/Korea atau used nya pesot.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah seri 7 nya udah di ganti volvo ta bos hahhahahahaha
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

@handling: kalo s80 pake torsion juga gakk?? =PpPp
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

wah masi canggihan suspensi belakang esteem gw dong hehehehe

eh ini bukanya namanya rigid axle?..soalny baca torsion suspensi saya keinget sistem per torsi kijang lama...,jadi batang torsi sebagai pengganti per daun ato per spiral......
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Post by jeremyray »

Itu Volvo yang parkir dibelakang Jazz merah toh? :D
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

@the-mantal, itu pake kamera pak, ada setting auto/manual.
Tapi waktu itu saya pake setting manual, dan serba buru2 gak enak takut dikira mau nyolong lagi...:D:D:D, jadi saya gak perhatiin pencahayaan di kamera lagi. so hasilnya ada yang gelap dan terang.

@uch, sama2 pak

@mpoezz & jeremy ray, hah.haha.aa.. duit dari mane bisa beli volvo, mesti rampok rekening boss yang si swiss kali baru bisa beli volvo....:D:D:D

@skullid & yongis-cd, volvo bukan torsion pak, biasanya ada tulisan torsion/beam di spec kendaraan, dan selalu pengerak roda depan. kalo kijang kapsul dan sebelumnya itu per daun dan ada gardannya (penggerak roda belakang). sama juga tetap kaku.
kalo esteem itu macpherson struts, jelas lebih mantap dari pada torsion beam.

tapi torsion ada enaknya juga, roda belakang gak perlu dispooring. jadi bisa lebih hemat.
Image
frontier

Post by frontier »

suspensi belakang Jazz lebih tepat disebut torsion beam atau rigid axle ?
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

suspensi belakang jazz dinamai H Shape Torsion Beam oleh honda.
Image
frontier

Post by frontier »

tapi artinya sama aja dengan rigid axle kan ?
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

kalo diliat sekilas memang sama antara torsion beam dan rigid axle. karena keliatan seperti ke 2 roda belakang sama2 berhubungan, cuma, istilah rigid axle itu lebih cenderung diaplikasikan utk kendaraan penggerak roda belakang yg mempunyai gardan belakang, dan dilengkapi dengan per daun (seperti kijang kapsul. taruna, apv, mistubishi strada, etc), bisa juga dengan coil spring (seperti new escudo) , mau pake per daun atau pake coil spring lebih ditentukan dari peruntukan kendaraan itu dibuat.

sedangkan torsion beam tdk bisa diaplikasikan utk kendaraan yg berpenggerak roda belakang dan diperuntukkan utk penggerak roda depan. contoh mobilnya seperti yg sdh saya sebutkan diatas.

utk lebih jelas saya kasih contoh spec mobil yg masih dlm satu pabrikan, jadi bisa membandingkan
suspensi belakang toyota altis : eta beam + coil spring
suspensi belakang toyota kijang kapsul : rigid axle+leaf spring

suspensi belakang suzuki swift : Torsion beam + coil spring
suspensi belakang suzuki apv : rigid axle+leaf spring
suspensi belakang suzuki new escudo : rigid axle + 5links coil.

jadi memang ada beda istilah.
sorry kalo ada salah penjelasan, bisa dikoreksi rekan2 yang lain.
Image
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Wah ! Ini pemilik Jazz sungguh desperate cari tempat parkir, kakinya mobil jadi gitu juga ngak tau, ngak care. Kalau saya kalau ngak kepepet, maunya parkir mobil yang jangan sampai kaki begitu.


Maybe someone bisa bantu cari info, sebenernya Honda Jazz di Jepang dan negara lain suspensinya apakah sama, atau cuman HPM lagi specdown, kasih kita suspensi yang beda.


Cause like I said, saudara saya pakai Jazz complain ngak gitu enak suspensinya, dan saya pikir, ini Jazz di Jepang dan negara lain termasuk best seller, bikin saya curiga, di Jepang dan negara lain, jangan jangan suspensinya beda ....


Atau memang semua Jazz di dunia suspensinya system ini.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Just checked Honda Singapore. Sama juga torsion beam. So mungkin semua Jazz memang gitu.

Dan mungkin entry level cars mayoritas begitu.


Handling, C24 ku multi link type. Apakah mirip effectnya ? Seharusnya tidak. Cause saya memang kurang expert urusan suspension. Justru anda cerita kasus ini, bikin saya inggat, pernah sekali parkir sebentar beli makanan, gara gara ada ramp yang tajam, badan belakang naik banyak, eh, rodanya kok masih di lantai ? Sampai saya kaget ! Seperti shockbreakernya putus !


And since anda ngerti tentang ini, I inggin tanya, suspensi tipe apa yang tergolong enak dan nyaman ? Soalnya banyak macam. Ada McPherson, Multi link, etc. etc.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Jadi ikutan bingung.

Kalo "Torsion Bar Independent with Bar Stabilizer gas" effect nya kayak gitu juga nggak. Khan ada kata "torsion" nya jg, tapi ada kata "independent" jg. Gw liat boil gw pake itu.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Iya, banyak macam. Siapa tau torsion suspension ada banyak macam. Yang basic paling ngak enak. Terus tipe lain yang di tambah ini itu jadi mendinggan, lebih enak ?
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Tapi ngomong balik lagi ke dasar. Kalau SAYA pribadi, suspensi mau Mc Pherson kek, Multi link kek, torsion beam kek, paling penting tetap DI LAPANGGAN !


Artinya saat test drive di tol, di jalan keriting, di jalan biasa, mana yang paling enak ? Itu paling penting deh. Seperti ranjang. Ada yang suka keras, ada yang suka soft, ada yang suka water bed malah !


Mesin juga sama. Banyak nama keren sekarang. VVT-i, VTEC, i-VTEC, CVTC, CVT, XTronic CVT, Valvetronic, CVVT etc. etc. Semua namanya keren.


TAPI paling penting TETAP di LAPANGGAN ! Sesudah di uji dengan kondisi wajar, operating condition yang normal kita pakai sehari hari, gimana performa mesin itu ?


In my opinion, thats all there is to it. Ngak gitu ngerti dalam techniquenya sebenernya juga ngak akan terlalu seram. Tinggal cari info yang bisa di percaya, mesin mana saja sih yang performanya yang kita ingginkan.


Tentu jangan lupa mesin doang percuma. Lihat juga pasanggan badannya. Misalnya VVT-i di Vios jadi irit, soalnya Vios badannya kecil dan ringgan. Tapi pasang VVT-i di Innova kok jadi boros ?


Apakah VVT-i Innova systemnya generasinya ngak sama persis dengan mesin Vios, atau bobot / size Innova terlalu berat ? Things like that.


So cuman nama doang si kurang. Harus lihat keseluruhan mobilnya...


Sama restaurant. Ada yang namanya besar, banyak orang bilang enak, biasa saja etc. Tapi paling penting untuk masing masing orang adalah, masuk ke dalam, pesan makanannya, dan rasakan selera lidah masin masing cocok atau ngak ama makananya ?


Ada juga banyak makanan kaki lima yang lebih enak dari restaurant di Hotel bintang 5 !
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Sithlord wrote:................

Ada juga banyak makanan kaki lima yang lebih enak dari restaurant di Hotel bintang 5 !
Ups, bisa kasih contoh (K5 yg lebih enak dari H5)?

Perasaan gw Sop Buntut di Hotel Borobudur masih the Best...
begitu juga Nasgor di Hilton...yummiee...
Image
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Ah ! I don't know abt U, tapi I pernah dengar banyak orang ngomong, itu makanan di daerah Glodok / Pancoran yang di gang gang sempit dan cramp, itu katanya banyak big boss, direktur etc bawa mobil mewahnya ke situ makan. Padahal kan lebih enak ke hotel 5 bintang ? Tapi makanannya sangking lezetnya sampai mereka bela belain ke situ !


Juga sate di abang abang jalanan sering lebih enak banding sate di restaurant. Belum macam aneka bakmi, nasi goreng, dan makanan aneh aneh lain.


Tapi memang kaki 5 harus juga cari yang kebersihaannya wajar, kalau ngak nanti sakit perut juga percuma...
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

Sithlord wrote:Ah ! I don't know abt U, tapi I pernah dengar banyak orang ngomong, itu makanan di daerah Glodok / Pancoran yang di gang gang sempit dan cramp, itu katanya banyak big boss, direktur etc bawa mobil mewahnya ke situ makan. Padahal kan lebih enak ke hotel 5 bintang ? Tapi makanannya sangking lezetnya sampai mereka bela belain ke situ !


Juga sate di abang abang jalanan sering lebih enak banding sate di restaurant. Belum macam aneka bakmi, nasi goreng, dan makanan aneh aneh lain.


Tapi memang kaki 5 harus juga cari yang kebersihaannya wajar, kalau ngak nanti sakit perut juga percuma...
laperrrrrrrrrrrrrrrr