madcat015 wrote:
3. Go for Serena C26. Bentuk lumayan manis, interior so-so, fitur oke utk yg HWS Panoramic. Cuman, transmisi CVT. Tambah boyo lagi tenaganya. Daaaaan, ga captain seat.
Salah satu weak point CVT memang tarikannya tidak secepat A/T konvensional Bung.
Kemudian, kalau ada kerusakan ya tidak bisa diperbaiki, karena memang tidak didesain untuk rusak (kecuali karena kesalahan penggunaan oli, seperti dulu lumrah terjadi kasus pada Jazz & City, atau karena kecelakaan)
Tapi di balik itu, strength point CVT adalah semakin memaksimalkan efisiensi BBM, karena tidak adanya "power-loss" pada perpindahan gigi.
(karena CVT tidak ada giginya hehehe..)
Kemudian jangan lupa bahwa perawatan CVT lebih mudah dan murah, karena fungsi CVT oil tidak sama dengan ATF. Diibaratkan, fungsi CVT oil adalah seperti minyak rem. Karena fungsi CVT oil hanya untuk memberikan pressure hidraulik dari Torque Converter untuk diteruskan ke engine pulley, yang kemudian bisa membuat belt baja nya membesar-mengecil dst..
Kemudian kelebihan lainnya, pada CVT kalau turunan ada engine brake.. Jadi rem nya tidak cepat keriting. hehehe..
Di samping itu, bobot gearbox CVT sangat ringan, jadinya bobot mobil juga jadi lebih ringan.
FYI, kalau masalah CVT, saya kira Nissan cukup advance & konsisten mengembangkan dan mengaplikasikan CVT pada mobil2nya.
Contoh di Indonesia, hampir sebagian besar lineup Nissan sudah mengaplikasi CVT sebagai gearbox auto nya. (Juke, X-Trail, Serena, Murano, Teana, Elgrand).
Sekedar info, terkadang ada brosur atau liputan media yang "misleading" mengenai CVT.
Contoh pada NAV1, beberapa liputan media maupun brosur resminya menyebutkan "7-Speed CVT", atau "CVT + 7-Speed Tiptronic".
Hal ini sebetulnya kurang tepat, karena tidak akan ada yang tahu berapa jumlah perbandingan gigi pada CVT (milyaran? trilyunan? tak terhingga).
CVT memiliki rasio transmisi yang variable, misalnya antara 4,999 - 1,999.
di antara kedua angka tersebut, terdapat sekian banyak kemungkinan yang tidak terhitung jumlahnya (karena di belakang koma masih ada angka di belakangnya).
Istilah yang seharusnya digunakan adalah "CVT + 7 Manual Mode"
Angka "7" di sini adalah angka imajiner / bayangan, yang tujuannya hanya untuk memberikan gambaran / bayangan pada pengemudi bahwa dia sedang memindahkan transmisi pada posisi dimana kedua puli CVT menghasilkan perbandingan yang seakan-akan ada pada posisi gigi "1,2,3,4,5,6,7, dst" pada transmisi manual.
Agak panjang & rumit memang.