
GWK = garuda wisnu kencana ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
itu disuruh ganti segelondong di beres nissan omasudarsono wrote:Gak usah takut ama CVT. Tuh ratusan ribu Mio pakai CVT gak masalah, ada yg boncengan berjamaah ada yg dipakai turing, dll. Yang pertama kalah biasanya bukan beltnya sih, tapi rollernya. Makanya sekarang banyak dijual roller aftermarket seperti Mallusi dan Panoli. Bobotnya juga macam2, ada yg mentingin akselerasi ada yg mendukung top speed. Kalau misalnya antara rpm dan akselerasinya gak match (ngeden), itu mungkin ECU girboxnya bisa diset ulang. Kalau mobil saya sih ada dua setting economy (jadinya ngeden tapi irit) dan sporty (akselerasi lebih cepat tapi boros).
Walau saya ilfil ama Nissan setelah peristiwa Jukenya Olivia, tapi mungkin saja belt itu putus bukan karena usia tapi mungkin karena ngejam. Nyatanya Vespa Corsa aja banyak yang masih gelinding dengan belt aslinya, gak ada masalah. Bukannya saya mengatakan XTrail kalah ama Mio lho ya. Bisa saja karena menerjang banjir lumpur, ketusuk ranting pohon, bengkelnya jail dll. Kalau kita perhatikan Belt putus ya putus aja, kenapa harus ganti segelondongan?
Teknologi CVT ini dibanned di dunia balap, dulu mobil Williamsnya David Coulthard dipasangi, tapi gak boleh tanding karena "unfair advantage".
Selamat datang di SM bos GWK...GWK wrote:Setelah lama menjadi Guest..dan akirnya menjadi Real Nubie..
Saya saat ini lebih memilih Planettary Gear Type..5 tahun lagi mungkin yakin pada CVT.
Salam hangat dan salam kenal buat para SMers.
My Best Rgds...
Busyet dah, ane lupa, Nissan masih setia sama CVT...Hansen wrote:ada, Elgrand 3.5Lmadcat015 wrote:Apakah ada mesin2 di atas 250hp yang pake CVT? Mohon pencerahan master2 sekalian.
emang pakai yg bener itu gmana om?AD74YA wrote:betul.. CVT sebenernya awet-awet saja bung asudarsono... cuman ada yang perlu diperhatikan sama pengguna CVT.. CVT yang untuk mobil konvensional, diperuntukkan agar ekonomis dan nyaman... Tentunya jauh kurang reliabel untuk mendapat beban besar karena pemakaian sembarangan/asal-asalan.. Contoh gampangnya di Jazz GD3 dan Xtrail sudah banyak sekali yang kena masalah... karena mereka nggak tau cara rawatnya/pakainya...
Untuk yang F1, sistemnya tentunya agak berbeda dengan yang konensional karena belt yang digunakan memang khusus didesain mampu menahan beban sangat tinggi.
Masalahnya CVT yang ada di Nissan dan Mitsu yang lagi ngetren sekarang ini beneran konvensional lah.. sistem jadul... yang emang bukan buat nerima beban gede, tapi lebih buat ekonomis.
Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.
Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...
CMIIW.
mungkin salah oli?madcat015 wrote:Ane masih lebih prefer ke geared A/T dibandingkan CVT. Asal nyetir nya oke (baca: halus), pergantian bakal ga kerasa.
Satu hal yang bikin ane (masih) belum pilih CVT:
- Di Honda S*ver Surabaya ane pernah nemu Jazz 2003 iDSI A/T. CVT nya jebol ga tau napa. Biaya perbaikan 70jt minim!![]()
- Ane pernah nyetir Honda City iDSI A/T. Lemot dan begitu rpm di atas 4,000, kayaknya tuh CVT uda kewalahan. Bau kopling sangat menyengat.
- Ane familiar sama CRV Gen3, menurut ane, pergantian transmisinya masih lebih baik dari CVT Honda yang lain. Memang masih menghentak dikit, tapi respon transmisi jauh lebih baik.
Kalo manual ane masih suka, cuman semenjak pake transmisi ActiveMatic Mazda (geared A/T juga tuh), jadi lebih suka transmisi itu. Lebih lembut.
oli untuk matic (mobil) konvensional dan CVT beda pak, dan untuk teknologi saat ini, rasanya ngga boleh salah pakai/kebalikasudarsono wrote:Saya pakai mobil dan motor berCVT sejak 2008, belum pernah tuh liat oli CVT di pasaran. Semua saya serahkan ke dealernya. Gimana sih cara kurasnya, saya kurang paham.
Apakah Honda dan Nissan itu ganti oli CVT di beres atau di tempat lain, yang jelas CVT rusak. Kalau gitu mungkin bener CVTnya gak bagus.
buka dulu bungkusnya... trus pegang dengan dua tangan di kedua sisi....lalu....y_anjasrana wrote:emang pakai yg bener itu gmana om?AD74YA wrote:betul.. CVT sebenernya awet-awet saja bung asudarsono... cuman ada yang perlu diperhatikan sama pengguna CVT.. CVT yang untuk mobil konvensional, diperuntukkan agar ekonomis dan nyaman... Tentunya jauh kurang reliabel untuk mendapat beban besar karena pemakaian sembarangan/asal-asalan.. Contoh gampangnya di Jazz GD3 dan Xtrail sudah banyak sekali yang kena masalah... karena mereka nggak tau cara rawatnya/pakainya...
Untuk yang F1, sistemnya tentunya agak berbeda dengan yang konensional karena belt yang digunakan memang khusus didesain mampu menahan beban sangat tinggi.
Masalahnya CVT yang ada di Nissan dan Mitsu yang lagi ngetren sekarang ini beneran konvensional lah.. sistem jadul... yang emang bukan buat nerima beban gede, tapi lebih buat ekonomis.
Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.
Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...
CMIIW.
ya karena cara kerjanya bedamadcat015 wrote:@bos imsus2c: nah, ane iseng nanya sama temen ane yang kerja di sana. Dia ga tau pastinya. Tiba2 jebol. Ane juga baru tau sekarang kalo oli ATF biasa beda sama CVT...
Jujur aja, ane masih belum seberapa ngeh sama CVT karena kasus Jazz itu. Sampe skr masih teringat tuh mobil. Mesin nyala, tapi ga bs kemana2. Kesian kan...
Very agree dan kalo boleh ane tambahkan = ganti olinya jangan telat serta gunakan oli CVT yg sesuai dengan buku manual.AD74YA wrote: Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.
Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...
CMIIW.
Makasih bro. Ntar aku cari liat di Toda, buat referensi.imsus2c wrote: contoh kalau untuk Honda, bisa dilihat disini
Makasih informasi nya, bos Imsus.imsus2c wrote: oya, yg pernah saya baca entah lupa kapan & dimana,
untuk teknologi saat ini, memang harus diakui CVT masih kalah reliable dan kuat terutama untuk handling torsi dibanding yg sistem torque converter
kalau ngga salah ingat, untuk yg model umum, cvt baru sanggup handling torsi di maksimum 300-400an Nm
jadi jika torsi mesin lebih dari itu atau deket deket situ, mendingan pakai yg torque converter
*sorry, artikel masih dari luar semua
Jangan lupa megangnya juga jangan salah ya... Mesti cover semua sisinya...andy1800 wrote:buka dulu bungkusnya... trus pegang dengan dua tangan di kedua sisi....lalu....y_anjasrana wrote:emang pakai yg bener itu gmana om?AD74YA wrote:betul.. CVT sebenernya awet-awet saja bung asudarsono... cuman ada yang perlu diperhatikan sama pengguna CVT.. CVT yang untuk mobil konvensional, diperuntukkan agar ekonomis dan nyaman... Tentunya jauh kurang reliabel untuk mendapat beban besar karena pemakaian sembarangan/asal-asalan.. Contoh gampangnya di Jazz GD3 dan Xtrail sudah banyak sekali yang kena masalah... karena mereka nggak tau cara rawatnya/pakainya...
Untuk yang F1, sistemnya tentunya agak berbeda dengan yang konensional karena belt yang digunakan memang khusus didesain mampu menahan beban sangat tinggi.
Masalahnya CVT yang ada di Nissan dan Mitsu yang lagi ngetren sekarang ini beneran konvensional lah.. sistem jadul... yang emang bukan buat nerima beban gede, tapi lebih buat ekonomis.
Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.
Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...
CMIIW.
Eheheheeandy1800 wrote:Pendapat yg mantaapp...jd bikin ane ingin buru2 naik kelas jd nubie jg nih
.