lanjut :
sekarang ttg body. kalu diketok2 keliling mobil, sepertinya ketebalan platnya beda2. ada yg tebal, ada yg tipis. mungkin ini yg bikin mirage bisa ringan. tp utk pintu, lmyn berat. pdhl klu dipikir ga ada teknologi aneh. jd serharusnya ringan. mungkin ada bagian yg berat di dalamnya. entah apa...
masuk ke performa awal. soalnya td sudah test di jalan yg padat, dan sepi. namun belum sampai masuk ke tol. mobil pembandingnya atoz dan avanza s (krn sering pakai itu). tiga2nya m/t.
masuk mobil, setel posisi duduk, terasa paling nyaman dibanding atoz dan avanza s. dgn fitur tilt steering, height adjustable dan reclining, posisi yang nyaman bisa didapat dgn mudah tanpa dengkul mentok. masukkan kunci (m/t hanya ada tipe terendah...

), lalu starter. suara lumayan empuk. stelah beberapa saat, injak kopling (ringan bgt), persneling masuk gear 1. terdengar suara agak kasar saat masuk gear 1. (kejadian yg sama waktu pakai mobil tester). kopling dilepas pelan2, hampir ga terasa saking ringannya. lalu mulai jalan keluar komplek.
beberapa "polisi tidur" dilewati dengan nyaman. dibanding atoz jelas lebih empuk. dibanding avanza, reboundnya lebih nyaman (avanza lebih "mentul2"). begitu masuk ke jalan raya, mulai coba akserasi. lmyn jg. antara atoz dan avanza. ya wajar aja ukuran mesin pertengahan keduanya. yg satu 1000cc, yg satu lagi 1500cc. waktu awal jalan (rpm rendah), suara mesin nyaris tidak terdengar. begitu masuk rpm 2000, mulai terdengar suara mendengung, seakan2 mobil ingin dipacu lebih kencang lg. sayang kondisi jalan raya terlalu padat, jadi hanya sampai pada gear 3 saja. sempat masuk ke gear 4 waktu melaju di flyover yg mulus. saat itu suara mendengungnya hilang. tp begitu jalan agak pelan dgn rpm sekitar 2000-3000 muncul bunyi mendengung lg.
pengereman jg empuk. lebih empuk drpd avanza, tp lebih baik dari atoz. (pengalaman bila ganti dr atoz ke avanza, remnya terasa terlalu pakem). suspensi juga cukup nyaman saat melewati beberapa lubang di jalan. sama halnya seperti melewati "polisi tidur".
utk kemudi jg enak diputar. eps pd mirage jg bekerja cukup baik. pd saat parkir berubah jd ringan, pada jalan akan berubah jd berat. utk yg ini atoz dan avanza s hrs mengalah. radius putarnya juga kecil sekali. klu ga biasa bisa terlalu dlm memutarnya. kalau menurut brosur tertulis 4,4m, dibandingkan dgn avanza yg 4,7m. beda 1 ubin dgn avanza. klu atoz ga tau brp radius stirnya. tp yg jelas mirage enak saja diajak lewat jalan2 kecil atau gang. cuma krn masih baru, kyknya sayang catnya ya...
segini dulu kali ya.. besok kebetulan ada rute ke daerah cilegon. sepertinya bakal bisa kasih tambahan review mirage dgn rute tol.
