All About Spark 800cc
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Mar 03, 2011 15:17
All About Spark 800cc
gan, ane mw nanya apa sih kelebihan dan kekurangan mobil ini??
tahan ga dibawa keluar kota??
perawatannya gmn??
fc nya berapa ya gan??
maaf banyak nanya maklum newbie bgt soal mobil...
tahan ga dibawa keluar kota??
perawatannya gmn??
fc nya berapa ya gan??
maaf banyak nanya maklum newbie bgt soal mobil...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Fri Dec 28, 2012 7:21
Re: All About Spark 800cc
yang saya tau, mobil ini re-branding dari daewoo matiz
kalo keluar kota, saya belum pernah lihat mobil ini di jalan lintas propinsi..
ga mending pertimbangkan karimun atau daihatsu ceria aja bro?
maaf kalo ngga banyak membantu
kalo keluar kota, saya belum pernah lihat mobil ini di jalan lintas propinsi..
ga mending pertimbangkan karimun atau daihatsu ceria aja bro?
maaf kalo ngga banyak membantu
Selalu ada alasan untuk tersenyum, Nikmatilah perjalanan kita
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Mar 03, 2011 15:17
Re: All About Spark 800cc
kl ceria kecil bgt n bodynya jelek keliatan. karimun jg terlalu kotak2 mnrt saya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: All About Spark 800cc
Mending karimun kotak daripada spark gan
Soalnya soal mesin, karimun ini jauh lebih tangguh daripada spark, spark rada2 rewel sih soalnya
Karimun juga jauh lebih lega, soalnya bentuk kotak2nya itu yang bikin space kabin jadi lega
Kalo buat modif juga karimun ini jauh lebih banyak komponennya daripada spark
Tapi kalo mau agak unik, beli spark aja gan
Soalnya soal mesin, karimun ini jauh lebih tangguh daripada spark, spark rada2 rewel sih soalnya

Karimun juga jauh lebih lega, soalnya bentuk kotak2nya itu yang bikin space kabin jadi lega
Kalo buat modif juga karimun ini jauh lebih banyak komponennya daripada spark
Tapi kalo mau agak unik, beli spark aja gan

-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Mar 03, 2011 15:17
Re: All About Spark 800cc
itu dia mslhnya gan.. udah kesengsem duluan ama spark.
kira2 apa kelebihannya n kekurangannya gan??ane bener2 butuh masukan nihhh....
kira2 apa kelebihannya n kekurangannya gan??ane bener2 butuh masukan nihhh....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: All About Spark 800cc
pernah pinjam sih punya temen, tapi cuman dipake dalam kota....meskipun 800cc tapi kok nggak irit2 banget ya (mungkin cuman dapet 1:9, kira2 pake perasaan doank), daihatsu sirion malah malah lebih irit.....
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: All About Spark 800cc
faktor umur kali broHarchi wrote:pernah pinjam sih punya temen, tapi cuman dipake dalam kota....meskipun 800cc tapi kok nggak irit2 banget ya (mungkin cuman dapet 1:9, kira2 pake perasaan doank), daihatsu sirion malah malah lebih irit.....

maklum mobil udh 10 tahun pasti udh ada penurunan kulaitas
buat TS
ane ga pernah nyobain mobil ini maupun jadi penumpang tapi pernah baca reviewnya di majalah autobild tahun 2003 pas jaman2 mobil ini baru keluar. waktu itu ane baca sih reviewnya positif cuma udh lupa apa aja yg jadi kelebihan nih mobil

tapi ane rasa ini mobil cocok deh buat keliling kota doang secara bodi kecil gampang parkir & lincah
dulu barunya sekitar 70 jtaan kalo ga salah
sekarang sekennya brp ya?? 40 jtaan ya??
kalo masalah sparepart dll ane ga ngerti deh secara ga pernah pake mobil korea

tapi ane rasa ga terlalu sulit ya nyari sparepartnya soalnya ini mobil termasuk banyak populasinya di jamannya
modelnya emang keren sih ane jg demen dari pertama kali keluar hehe..

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: All About Spark 800cc
Tapi si spark ini punya kloning dari china loh



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: All About Spark 800cc
iya nih bikin image nya jelek ajaamfibi wrote:Tapi si spark ini punya kloning dari china loh![]()

ini merek kasian ya gara2 banyak masalah didepak ama indomobil
lagian bikin mobil ga niat sih udh model jiplak kualitasnya ga ada

msh mendingan merek china sebelah deh modelnya ga jiplak

tapi chery yg ini cakep jg modelnya

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: All About Spark 800cc
Iya gan chery qq ini naudzubillah dah kualitasnyaJambangan wrote:iya nih bikin image nya jelek ajaamfibi wrote:Tapi si spark ini punya kloning dari china loh![]()
![]()
ini merek kasian ya gara2 banyak masalah didepak ama indomobil
lagian bikin mobil ga niat sih udh model jiplak kualitasnya ga ada![]()
msh mendingan merek china sebelah deh modelnya ga jiplak![]()
tapi chery yg ini cakep jg modelnya

Kualitas interiornya tuh yang bikin geleng2 kepala

Tapi chery bangkit lagi sekarang, baru awal 2012 diresmikan
Itu chery eastar dijual loh gan disini

Tapi kok ga pernah keliatan dijalan ya?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: All About Spark 800cc
harganya kali bro kemahalanamfibi wrote: Iya gan chery qq ini naudzubillah dah kualitasnya![]()
Kualitas interiornya tuh yang bikin geleng2 kepala
Tapi chery bangkit lagi sekarang, baru awal 2012 diresmikan
Itu chery eastar dijual loh gan disini![]()
Tapi kok ga pernah keliatan dijalan ya?

di price list harganya 210 jt kalo ga salah
sayang ngeluarin duit segitu buat mobil cina
coba harganya ga mahal2 amat boleh jg nih

sempet naksir jg waktu itu tapi takutnya kualitas kyk QQ

oh iya di malay lumayan populer lho gan eastar ini. ane beberapa kali ketemu di jalan pas kesana
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: All About Spark 800cc
tergantung:reinhard_boss wrote:gan, ane mw nanya apa sih kelebihan dan kekurangan mobil ini??
apa yg mau diraih dg membeli Spark ini?
inginnya baru atau bekas? brp aja harganya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: All About Spark 800cc
Berarti seharga proton exora gitu yaJambangan wrote:harganya kali bro kemahalanamfibi wrote: Iya gan chery qq ini naudzubillah dah kualitasnya![]()
Kualitas interiornya tuh yang bikin geleng2 kepala
Tapi chery bangkit lagi sekarang, baru awal 2012 diresmikan
Itu chery eastar dijual loh gan disini![]()
Tapi kok ga pernah keliatan dijalan ya?![]()
di price list harganya 210 jt kalo ga salah
sayang ngeluarin duit segitu buat mobil cina
coba harganya ga mahal2 amat boleh jg nih![]()
sempet naksir jg waktu itu tapi takutnya kualitas kyk QQ![]()
oh iya di malay lumayan populer lho gan eastar ini. ane beberapa kali ketemu di jalan pas kesana

Mending beli exora kalo ane, dah pernah nyobain exora tante ane, enak juga

Tapi ane rasa kalo dijual 150 juta juga ga laku ya

Tapi berdasarkan review, katanya kualitas plastik sm jahitan joknya kurang banget tuh eastar

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Mar 03, 2011 15:17
Re: All About Spark 800cc
maklum gan buat istri biar lbh irit, simpel n dlm kota gampang parkir.. beli yg seken gan thn 2004.andy1800 wrote:tergantung:reinhard_boss wrote:gan, ane mw nanya apa sih kelebihan dan kekurangan mobil ini??
apa yg mau diraih dg membeli Spark ini?
inginnya baru atau bekas? brp aja harganya?
tp kok agak boros ya? dalkot cm dpt 1:9.. apa krn velg dah ganti r15 ya??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: All About Spark 800cc
Bagus, bagus...o jd skrg ini mmg dah beli ya?
Klo jkt, dalkot 9 km/l sih dah ckup baik lah ya...brp lg yg bs diekspektasikan?
Velg bawaannya gak dikasih ya? Dah dia tukertambah ya?
Klo jkt, dalkot 9 km/l sih dah ckup baik lah ya...brp lg yg bs diekspektasikan?
Velg bawaannya gak dikasih ya? Dah dia tukertambah ya?
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Mar 03, 2011 15:17
Re: All About Spark 800cc
heheeee...
iya gan dah di beli soalnya istri dah gak tahan..
spark ini dah pake spoiler, tv n parking sensor gan.
fcnya kl bs 1:12 gan sesuai dgn info dr forum sebelah. soalnya istri marketing jd prlu buat harian.. apa yg bs di ubah biar lbh irit ya gan???
iya gan dah di beli soalnya istri dah gak tahan..
spark ini dah pake spoiler, tv n parking sensor gan.
fcnya kl bs 1:12 gan sesuai dgn info dr forum sebelah. soalnya istri marketing jd prlu buat harian.. apa yg bs di ubah biar lbh irit ya gan???
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: All About Spark 800cc
hehee ic..
nah klo "dicurigai" bhw ini spark bs 12 km/l dalkot. dan agan ingin ngejar segitu..maka ada bbrp hal yg perlu dilakukan
mindsetnya, bukan apa yg perlu diubah sih. tp mindset seharusnya adlh: fokus mengembalikan segalanya ke kondisi awal lbh dulu.
masalhnya, ini perlu biaya jg ...masalahnya, kdg biayanya gak sedikit.
lakukan step by step aja
sbenenrya step plg ptg pertama ya balikin jd velg kecil dl ...kayanya ini dah akan signifikan deh....msalh utama dr velg ring gede tu bukan diameternya, tp lebar bannya yg otomatis hrs ngejar lebar velgnya. ini jelas akan membuat gesekan dg aspal jd membesar, itu mmg bagus buat handling, tp jg mengandung konsekuesni membebani mesin, artinya boros.
klo ada velg dan ban nganggur pnya temen yg bs dipinjam, itu yg terbagus, bs jd solusi gratis dlm lgkah "troubleshooting" ini.
trus stlh itu bisa dilanjut dg tune up... dlm arti, mesin dan settingannya dikembalikan lg ke kondisi standar pabrik/factory default....siapa tau ada pergeseran2 setting seiring usia mobil.... tentunya ini akan lbh meyakinkan kl di beres.
dlm tahap ini tentu dilakukan pula upaya pembersihan2 jalur bensin sampai injektor dan jalur udara.
stlh itu, klo diperlukan, hal berikutnya adlh carbon cleaning
total biaya gak kecil jg ternyata ya
nah klo "dicurigai" bhw ini spark bs 12 km/l dalkot. dan agan ingin ngejar segitu..maka ada bbrp hal yg perlu dilakukan
mindsetnya, bukan apa yg perlu diubah sih. tp mindset seharusnya adlh: fokus mengembalikan segalanya ke kondisi awal lbh dulu.
masalhnya, ini perlu biaya jg ...masalahnya, kdg biayanya gak sedikit.
lakukan step by step aja
sbenenrya step plg ptg pertama ya balikin jd velg kecil dl ...kayanya ini dah akan signifikan deh....msalh utama dr velg ring gede tu bukan diameternya, tp lebar bannya yg otomatis hrs ngejar lebar velgnya. ini jelas akan membuat gesekan dg aspal jd membesar, itu mmg bagus buat handling, tp jg mengandung konsekuesni membebani mesin, artinya boros.
klo ada velg dan ban nganggur pnya temen yg bs dipinjam, itu yg terbagus, bs jd solusi gratis dlm lgkah "troubleshooting" ini.
trus stlh itu bisa dilanjut dg tune up... dlm arti, mesin dan settingannya dikembalikan lg ke kondisi standar pabrik/factory default....siapa tau ada pergeseran2 setting seiring usia mobil.... tentunya ini akan lbh meyakinkan kl di beres.
dlm tahap ini tentu dilakukan pula upaya pembersihan2 jalur bensin sampai injektor dan jalur udara.
stlh itu, klo diperlukan, hal berikutnya adlh carbon cleaning
total biaya gak kecil jg ternyata ya

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: All About Spark 800cc
ban diameter besar efeknya ke bbm. makin besar, makin lebar, makin berat, pasti ujung2nya makin boros. silahkan bandingkan dgn ban 13". coba saja ganti ban rim 15 dgn rim 13. wajar aja klu mobil jd lebih cepat haus. sepatunya terlalu berat sih.
selain itu kurangi bawaan yg ga perlu, termasuk accessories yg bisa ditinggal di rumah. makin sedikit bawaan, makin ringan beban mesin. brarti makin irit.
selain itu kurangi bawaan yg ga perlu, termasuk accessories yg bisa ditinggal di rumah. makin sedikit bawaan, makin ringan beban mesin. brarti makin irit.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Mar 03, 2011 15:17
Re: All About Spark 800cc
wahhh...
makasi byk ya para master2 dsini.
sarannya bakal ane coba deh. skrg mw kumpulin duit dl nih..
makasi byk ya para master2 dsini.
sarannya bakal ane coba deh. skrg mw kumpulin duit dl nih..

-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Mon Feb 18, 2013 13:43
Re: All About Spark 800cc
2 bulan yll sy beli Spark 2005. Spt biasa krn mobil bekas, hrs dipermak kiri kanan supaya ciamik lagi. Tyt onderdilnya banyak didapat. Laker belakang = punya zebra (ada 3 merk, harganya @ Rp 40 ribu). Laker depan bisa ambil milik Suzuki futura (@Rp50 ribu). Kopling bisa ambil dari suzuki karimun. Onderdil yg "khusus" untuk spark juga ada. Tp harganya muahal. Setelah dilihat, tyt banyak dijual dg merk lain dg harga sepertiganya. Jadi ttg onderdil kesimpulan saya : Spark mudah didapat. Kita jangan tanya ke toko onderdil : Sparepart utk Spart ada nggak? krn sering dijawab : tidak ada! krn Chevrolet jarang dimiliki (beda dg toyota, daihatsu, suzuki yg seabrek). Tp kalo sparepart tsb kita lepas dan kita tunjukkan ke toko, dr bbrp toko yg sy kunjungi tyt tdk mslh. Si empunya toko lgs ambil brgnya : mau yg ini apa itu (ada byk pilihan). Jadi nampaknya onderdial asli hanya soal packaging saja. Yg asli tapi dipakai merk mobil lain (Daihatsu, suzuki, toyota) juga banyak yg cocok dg harga bersahabat.
Tentang konsumsi bahan bakar, saya bawa pulang dr Jakarta ke Purbalingga Jateng (my home town) = 450 km+ muter2 di jakarta 4 jam-an hanya sekali isi bensin full tank (35 liter). Dugaan sy 1 lt bensinnya bisa mencapai = 15-16 km. Mobil diisi 2 orang (bobot penumpang total +- 160kg), full AC skala 1.
Dipakai ngebut di sepanjang Cikampek-Cirebon (100kpj), enak dan stabil juga.
Jangan lupa ini mobil standar eropa, bodynya msh tebal (beda dg Avansa,APV yg pernah sy miliki), pintu2 ditutupnya juga rapat/mantab. Dibanding Chery QQ bodi Spark jauh lbh kokoh (sy pernah coba dan hampir sj beli QQ). Yg bikin kagok awalnya adalah posisi tuas sein dan wiper yg terbalik (sein di sebelah kiri kemudi, wiper di kanan, spt layaknya mobil setir kiri). Kunci pintu juga terbalik (membuka pintu malah ke depan/kebalikan dg mobil pd umumnya), pegangan utk majumundurkan kursi jg disebelah/dg tangan kanan. Jadi byk hal yg tidak standar/berkebalikan (krn mobil ini masih CBU standard Eropa). Tapi dijamin 1 minggu sdh bisa menyesuaikan. Lampunya sekalipun kecil tapi menyala terang (sein, lampu atret, lampu depan). AC-nya dingin sekali, sy pake siang hari skala2 (dr 5 skala) minta ampun dinginnya. Yg lucu : ada AC panasnya. Ingat mobil ini dirancang hidup di 2 musim yg ekstrim : musim dingin/salju dan musim panas. Sehingga logikanya : mobil ini kuat baik tenaga ataupun kenyamannya all wheater...Yg lucu lg CD changer diletakkan dibawah jok penumpang sebelah sopir. Sekalipun nyentrik tp suaranya Dolby bro..! mantab abiz..
Jadi kesimpulannya : untuk yg berbudget sekitar 60juta, nggak ada salahnya milih ini mobil. (Sy beli tahun 2005 harga 54,3juta)......Selamat berburu SPARK....!
Tentang konsumsi bahan bakar, saya bawa pulang dr Jakarta ke Purbalingga Jateng (my home town) = 450 km+ muter2 di jakarta 4 jam-an hanya sekali isi bensin full tank (35 liter). Dugaan sy 1 lt bensinnya bisa mencapai = 15-16 km. Mobil diisi 2 orang (bobot penumpang total +- 160kg), full AC skala 1.
Dipakai ngebut di sepanjang Cikampek-Cirebon (100kpj), enak dan stabil juga.
Jangan lupa ini mobil standar eropa, bodynya msh tebal (beda dg Avansa,APV yg pernah sy miliki), pintu2 ditutupnya juga rapat/mantab. Dibanding Chery QQ bodi Spark jauh lbh kokoh (sy pernah coba dan hampir sj beli QQ). Yg bikin kagok awalnya adalah posisi tuas sein dan wiper yg terbalik (sein di sebelah kiri kemudi, wiper di kanan, spt layaknya mobil setir kiri). Kunci pintu juga terbalik (membuka pintu malah ke depan/kebalikan dg mobil pd umumnya), pegangan utk majumundurkan kursi jg disebelah/dg tangan kanan. Jadi byk hal yg tidak standar/berkebalikan (krn mobil ini masih CBU standard Eropa). Tapi dijamin 1 minggu sdh bisa menyesuaikan. Lampunya sekalipun kecil tapi menyala terang (sein, lampu atret, lampu depan). AC-nya dingin sekali, sy pake siang hari skala2 (dr 5 skala) minta ampun dinginnya. Yg lucu : ada AC panasnya. Ingat mobil ini dirancang hidup di 2 musim yg ekstrim : musim dingin/salju dan musim panas. Sehingga logikanya : mobil ini kuat baik tenaga ataupun kenyamannya all wheater...Yg lucu lg CD changer diletakkan dibawah jok penumpang sebelah sopir. Sekalipun nyentrik tp suaranya Dolby bro..! mantab abiz..
Jadi kesimpulannya : untuk yg berbudget sekitar 60juta, nggak ada salahnya milih ini mobil. (Sy beli tahun 2005 harga 54,3juta)......Selamat berburu SPARK....!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sat Jul 31, 2010 16:17
Re: All About Spark 800cc
Wah mendetail, kekurangan spark yang lama menurut saya sempit di depan. Dulu mau tes drive ngga bisa gara2 kaki kejedok dashboard biarpun kursi udah dimundurin max. Balada orang tinggi ...