share captiva - PART 04
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Sun Dec 23, 2012 1:37
Re: share captiva - PART 04
Agan2 disini ada yg udh ganti velg kah? Sy rencananya keluar dr dealer mau lgsg ganti sepatu ctv ane. Kalo pake ring 20" tebel bannya 45 msh enak dipake gak ya? Soalnya nih mobil bakal lebih sering dipake bini, dan doi sangat mengutamakan kenyamanan nih. Please advice dan yg udh ganti kalo bisa di post fotonya ya gan. Buat bahan inspirasi ane nih, hehehe..
Sekalian nawarin agan2 yg mau bayarin velg standar captiva ane, sapa tau ada yg minat. Sebenernya sayang sih kalo velg standar dijual, maklum garasi ane sempit takut bingung ntar mau ditaro dimana tuh velg. Thx sebelumnya.
Sekalian nawarin agan2 yg mau bayarin velg standar captiva ane, sapa tau ada yg minat. Sebenernya sayang sih kalo velg standar dijual, maklum garasi ane sempit takut bingung ntar mau ditaro dimana tuh velg. Thx sebelumnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Sebelumnya pakai mbl apa om? Dan mengharapkan bantingannya selembut mbl apa? Yg ane tau klo pake 20" sih keras jauh dr std. Saya dulu jg berminat ganti, tp pikir2 jd ga nyaman, saya mundur teratur.
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: share captiva - PART 04
Loh.......mengutamakan kenyamanan kok malah ganti pelek raksasa ??Feb Diesel wrote:Agan2 disini ada yg udh ganti velg kah? Sy rencananya keluar dr dealer mau lgsg ganti sepatu ctv ane. Kalo pake ring 20" tebel bannya 45 msh enak dipake gak ya? Soalnya nih mobil bakal lebih sering dipake bini, dan doi sangat mengutamakan kenyamanan nih.
Pelek besar = mengutamakan penampilan & mengorbankan kenyamanan
Pelek standard & ban gemuk = kenyamanan maksimal
Kalau mau gaya bisa consider ganti pelek model laen yang diameternya sama atau paling 1 inch lebih besar, lalu di cat warna gun metal, ganti ban dengan ban yang telapaknya terlihat "kekar" serta ada tulisan warna putih di tepi ban, tapi jika pakai ban H/T maka pilih yang type benar2 silent mengingat Captiva monokok.
Skg ini trend modifikasi gak melulu pelek besar, banyak mobil bergaya Big SUV looks / Army looks.......ya tapi ini soal selera individu sih.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Sun Dec 23, 2012 1:37
Re: share captiva - PART 04
@Belphegor
Nah itu dia om, istri sblmnya pake ford fiesta.. Kalo ngikutin keinginan ane sih, bisa2 ane pasangin ring 22" tuh.. Hahaha.. Tp kalo ring 22 sih ane yakin udh gak enak tuh mobil. Makanya nanya suhu2 disini dulu, karena per dan shock ane tetep mau pake standarnya. Oiya.. Kalo ganti velg gede gitu, warranty dari GM bisa gugur gak tuh ya?
@Turboman
Setuju dgn om turbo, pake ban gede keren jg sih. Tp kalo bisa jgn yg berisik tuh, ban gede dgn profil light off road aja kalo di tol suara bannya ampe masuk kabin. Sodara sy pake escape dgn style modifikasi yg om turbo bilang, pake velg standar jeep cherokee, ban profil tebel trus tulisannya putih. Merk bannya ane kurang inget tuh apaan. Stylish dan terlihat garanggg... Ada referensi merk ban yg oke gak bos? Tp kyknya di jalan ane msh jarang ketemu nih ama badak dgn aliran modif yg gini, kalo pake velg gede udh mayan sering. Btw denger2 mesti ke beres jg ya kalo mau ganti velg / ban gede? Katanya sih mesti reset ODO atau apa gitu.. Trus fuel consumptionnya abis ganti ban gede gini bakal boros signifikan gak ya? Maklum msh newbie nih.. Hehehe..
Nah itu dia om, istri sblmnya pake ford fiesta.. Kalo ngikutin keinginan ane sih, bisa2 ane pasangin ring 22" tuh.. Hahaha.. Tp kalo ring 22 sih ane yakin udh gak enak tuh mobil. Makanya nanya suhu2 disini dulu, karena per dan shock ane tetep mau pake standarnya. Oiya.. Kalo ganti velg gede gitu, warranty dari GM bisa gugur gak tuh ya?
@Turboman
Setuju dgn om turbo, pake ban gede keren jg sih. Tp kalo bisa jgn yg berisik tuh, ban gede dgn profil light off road aja kalo di tol suara bannya ampe masuk kabin. Sodara sy pake escape dgn style modifikasi yg om turbo bilang, pake velg standar jeep cherokee, ban profil tebel trus tulisannya putih. Merk bannya ane kurang inget tuh apaan. Stylish dan terlihat garanggg... Ada referensi merk ban yg oke gak bos? Tp kyknya di jalan ane msh jarang ketemu nih ama badak dgn aliran modif yg gini, kalo pake velg gede udh mayan sering. Btw denger2 mesti ke beres jg ya kalo mau ganti velg / ban gede? Katanya sih mesti reset ODO atau apa gitu.. Trus fuel consumptionnya abis ganti ban gede gini bakal boros signifikan gak ya? Maklum msh newbie nih.. Hehehe..
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: share captiva - PART 04
Kalau gak mau berisik bisa pakai ban kategori H/L atau H/T-S atau UHP, tapi nanti yg paling penting dilihat model telapak-nya & kompon-nya aja.Feb Diesel wrote: pake ban gede keren jg sih. Tp kalo bisa jgn yg berisik tuh, ban gede dgn profil light off road aja kalo di tol suara bannya ampe masuk kabin. Sodara sy pake escape dgn style modifikasi yg om turbo bilang, pake velg standar jeep cherokee, ban profil tebel trus tulisannya putih. Merk bannya ane kurang inget tuh apaan. Stylish dan terlihat garanggg... Ada referensi merk ban yg oke gak bos? Tp kyknya di jalan ane msh jarang ketemu nih ama badak dgn aliran modif yg gini, kalo pake velg gede udh mayan sering. Btw denger2 mesti ke beres jg ya kalo mau ganti velg / ban gede? Katanya sih mesti reset ODO atau apa gitu.. Trus fuel consumptionnya abis ganti ban gede gini bakal boros signifikan gak ya? Maklum msh newbie nih.. Hehehe..
Biasanya merek2 spt Toyo / Yokohama / Michelin mengeluarkan ban ban Terrain yang Low Noise / Kompon empuk / Grip yg baik.
Odo boleh dikalibrasi / boleh enggak mestinya, hanya saja kalau jadi underread kita harus hafal rasio-nya agar jadwal servis tetap on schedule / saat ngukur jarak tetap akurat.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 04
Boleh di PM emailnya gan?Turboman wrote:buat yg mau complain ke GMI silakan bikin resume / essay ceita lengkap, kirim via e-mail ke ane, sy bisa bantu fwd ke pihak GMI
resume lengkapi dgn data mobil / nama no chassis / no mesin / tahun
*bukan sales GM*

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 04
By the way, untuk agan2 yang bermasalah dengan steering racknya yang bunyi2 pas belok gitu, ada pernah minta ke mekaniknya untuk di cek CV Joints sama CV axle shaftnya?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 239
- Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19
Re: share captiva - PART 04
Happy New Year 2013.........
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Wed Feb 17, 2010 6:14
Re: share captiva - PART 04
Nanya dong.. Ada yg udah pernah servis di chevy yg di mt. Haryono? Kelihatannya bagus tuh dari luar kelihatan bonafid hehehe mana tau teknisnya juga terlatih bagus dan lebih profesional
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 04
fr singkat
ane baru keliling jateng total 900km
kondisi full load
ban michelin lattitude setelah dipake 10rb km
empuknya tetap baik, ditambah suspensi jg makin empukan
bener2 puas, enaknya mendekati unit td di cp dulu
jauh banget kalo dibanding dulu awal beli pake standar maxxis
kerasnya amit2, ban dah keras ditambah suspensi mobil anyar jg masih keras. ampun dah, jeduk2 ga keruan
cuman..
ane kok merasa gripnya kurang
2x ane ngalamin di tikungan ban sampe berdecit2 seperti dah kewalahan nyaris kehilangan grip
ada jg kalo pas jalan pelan dibelakang truk, dan tiba2 gas penuh utk nyalip, lonjakan tenaga yg tiba2 membuat roda depan terasa liar, stir jg seperti "melayang"
apa gara2 lebar tapak idealnya 235 ya, diturunin ke 225 jd kurang cengkeramannya..
ane baru keliling jateng total 900km
kondisi full load
ban michelin lattitude setelah dipake 10rb km
empuknya tetap baik, ditambah suspensi jg makin empukan
bener2 puas, enaknya mendekati unit td di cp dulu
jauh banget kalo dibanding dulu awal beli pake standar maxxis
kerasnya amit2, ban dah keras ditambah suspensi mobil anyar jg masih keras. ampun dah, jeduk2 ga keruan
cuman..
ane kok merasa gripnya kurang
2x ane ngalamin di tikungan ban sampe berdecit2 seperti dah kewalahan nyaris kehilangan grip
ada jg kalo pas jalan pelan dibelakang truk, dan tiba2 gas penuh utk nyalip, lonjakan tenaga yg tiba2 membuat roda depan terasa liar, stir jg seperti "melayang"
apa gara2 lebar tapak idealnya 235 ya, diturunin ke 225 jd kurang cengkeramannya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Keliatannya memang grip lattitude kurang baik om, selain itu profil kelebaran ban yg berkurang juga sedikit banyak mempengaruhi om. Btw memang diajak nikung di kecepatan brp tuh om? Saya sih bawa mobil jangkung ga berani nikung cepet om, takut keguling hehehe..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Monggo dicoba saja om, asal jgn terlalu high expectation aja. Saya udah berkali2 dikecewain bengkel resmi, udah hampir habis kepercayaan sayakiddy wrote:Nanya dong.. Ada yg udah pernah servis di chevy yg di mt. Haryono? Kelihatannya bagus tuh dari luar kelihatan bonafid hehehe mana tau teknisnya juga terlatih bagus dan lebih profesional

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 04
ga liat speedo um, ga sempet, konsen ke jalan soalnyaBelphegor wrote:Keliatannya memang grip lattitude kurang baik om, selain itu profil kelebaran ban yg berkurang juga sedikit banyak mempengaruhi om. Btw memang diajak nikung di kecepatan brp tuh om? Saya sih bawa mobil jangkung ga berani nikung cepet om, takut keguling hehehe..
di jalur selatan kan gitu um
kesempatan nyalib dikit
ini pas tanggung, salib 3 mobil sekalian tp dah deket tikungan ke kanan
jadi begitu nebas 3 mobil langsung buru2 balik ke lajur kiri dan langsung belokan patah ke kanan
langsung dah cit cit cit cit cit
didalem mobil dah pada teriak

kayanya kalo ni ban dah gundul mesti cari lebar 235 deh
ato cobain toyo
sepengalaman ane toyo empuk masih diatas BS tp gripnya jauh lebih hebat dr BS
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Setau ane ya om, kalau ban yg silent dan empuk biasanya gripnya kurang. Dan kalau yang gripnya bagus itu biasanya agak berisik. Katanya sih ban yang paling bagus untuk SUV itu Yokohama Parada Spec X, cuma saya belum pernah coba sih om.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: share captiva - PART 04
mnrt saya kalo ada ukurannya kenapa gak coba potenza adrenalin segalanya kondisi udah dapat...awetnya jg lebih lama...generasi skrg jg udah empuk...dr dl potenza udah top buat kondisi indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Sepertinya potenza adrenalin tdk ada ukuran utk SUV deh om, kemarin nyari2 tdk ada profil tebal.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Sat Mar 06, 2010 6:11
Re: share captiva - PART 04
ane punya badak lari 140 keatas steer nya geter yah.. masa bengkel gak spooring/balancing dulu yah??..
baru kali ini badak nya dibawa ke bandung.. eh gak bisa ngacir.. uhuhu.. di asepin bnyk mobil
baru kali ini badak nya dibawa ke bandung.. eh gak bisa ngacir.. uhuhu.. di asepin bnyk mobil

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Setau ane malah di bengkel resmi chevrolet blm ada yg punya mesin spooring / balancing.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Sat Mar 06, 2010 6:11
Re: share captiva - PART 04
astaga beres chevy
apa perlu serpis rutin di beres boyota yah ehehehe...

apa perlu serpis rutin di beres boyota yah ehehehe...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Thu Feb 16, 2012 9:52
Re: share captiva - PART 04
Akhirnya di Fontana itu shocknya beneran diganti kan Om? Jangan sampe bilang ganti taunya kagak.. terus joint steer jadi diganti juga gak tuh Om?Belphegor wrote:Hmm setelah ane complain bunyi2 di rem pada saat rem mendadak seperti bunyi nguk2, Pak Yudha selaku SA Nusantara Chevindo Pluit pun berpendapat bahwa shock saya yg rusak. Karena mereka tdk punya barangnya, maka saya dihimbau untuk ke Fontana Gunung Sahari untuk dilakukan penggantian shockbeaker depan. Jam 9 saya sampai di lokasi, sampai jam 12 juga belum selesai ganti shocknya, akhirnya ane tinggal aja untuk pulang ke rumah sebentar, lalu jam 3 ane datang kesana lagi untuk ambil unit and GUESS WHAT? Bunyinya sama sekali tidak hilang, tetapi SA Fontana bilang kalau bunyi sdh clear. Hmmm, ane mulai putus asa.
Sebenernya saya ada claim 3, yg 1 bunyi nguk2 kalau di rem mendadak, kedua: bunyi kreket2 di dalam dashboard, dan ketiga: getar pada saat di tanjakan. Saya udah jelasin ke SA nya lokasi tempat bunyinya. Dan pada saat jam 3, jawaban mereka begini: Untuk bunyi kreket2, kita akan order penggantian joint steer. Dalam hati ane, WTF, org bunyinya dari belakang dashboard kok nyimpangnya ke joint steer?, lalu jawaban selanjutnya: Untuk getaran di tanjakan, kita harus tes dulu dengan mobil sejenis pak, soalnya disini ga ada unit captiva diesel facelift yg laen, jadi saya ga bisa tes. Dalam hati ane lagi, WTF lagi, ini getaran bukannya dicari solusinya, tapi malah dicari dulu aslinya begimana. Org udah jelas getarannya parah, udah kayak panther
.
Sebagai gambaran, bengkel Fontana ini, BeRes Chevy terbesar yg ane pernah lihat, stall nya sendiri aja ada 8, untuk luasnya, ane bisa bilang lebih luas daripada bengkel Ayun Jaya Motor. Tapi sayang seribu sayang, kembali mengecewakan![]()
Baca juga sih berita Fontana buka lagi dan stall-nya banyak. Sekarang claim bisa ke Fontana juga ya? ane kira cuman buat body repair doang tadinya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Bisa kok om di Fontana, joint steer barang mereka ga stock, jadinya blm diganti. Walaupun diganti pun saya yakin ga akan hilang bunyinya, wong dari dalam dashboard kok bunyinya. Kalau shock saya yakin diganti baru, soalnya saya perhatiin bener2 barangnya takutnya ga beneran diganti.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 239
- Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19
Re: share captiva - PART 04
Belphegor wrote:Bisa kok om di Fontana, joint steer barang mereka ga stock, jadinya blm diganti. Walaupun diganti pun saya yakin ga akan hilang bunyinya, wong dari dalam dashboard kok bunyinya. Kalau shock saya yakin diganti baru, soalnya saya perhatiin bener2 barangnya takutnya ga beneran diganti.
wah udah ganti shock om?
depan? belakang?
dua2 nya?
ciri2nya apa kalau udah rusak?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Depan doang 2 bro. Sebenernya shock saya ga rusak bro, coba dibaca kronologis kasus saya diatas. Org yg bunyi di rem, dia ganti shocknya 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Mon Feb 25, 2008 16:18
Re: share captiva - PART 04
Lama gak mampir tepaksa bc dari page 40.SaebaRyo wrote:
nyaman banget captiva, ud empuk, driving experiencenya jg enak bgt.
dan yg gw notice bedanya dr honda gw, ini ctv kalo direm pas kecepatan tinggi dia seakan-akan turun gigi, jadi kayak dapet semacam 'bantuan' dr engine break.
enak bgt deh, ngeremnya kayak ngga 'maksa' gituu..
kalo di new jazz, kalo gw rem di lets say gigi 5, pas ngerem seakan-akan ya tetep di gigi lima, begitu mau gas lagi baru dia shift down ke (misalnya) gigi 3.
jadi ngeremnya bikin badan kehempas ke depan, kalo ctv ngga.
captiva <--![]()
![]()
Memang transmisinya ctv pinter bgnet, sy pernah pake fortie kl ngerem ya persis sprti yg agan bilang.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 04
kok ane ga berasa transmisinya pinter ya
kmaren abis keliling jalur selatan
misalnya ya, pas lg nunggu di blakang truk jalan pelan, tiba2 mau salip, injak dalem gasnya
transmisi kadang suka masi mikir dulu
1 detik... masi pelan...
2 detik .......... tiba2 turun gigi dan mobil seperti lompat
kmaren abis keliling jalur selatan
misalnya ya, pas lg nunggu di blakang truk jalan pelan, tiba2 mau salip, injak dalem gasnya
transmisi kadang suka masi mikir dulu
1 detik... masi pelan...
2 detik .......... tiba2 turun gigi dan mobil seperti lompat