Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

kompresorz wrote:@om turboman...
berapa ari lalu oli matik w204 saya sudah 50ribu yang kedua x nah waktu yang pertama saya ganti di sinar sakti(cabang buana sakti) oli matik saya dikuras total dgn menggunakan alat ky buat cuci darah n menghabiskan 12 liter katanya kebetulan saya tidak perhatikan waktu itu n kmaren saya ganti di toko 74 gunung sahari cuma pake 4 liter krn gak perlu kuras total jadi oli di karter aja yg dibuang n sempat saya komplain tapi bosnya meyakinkan tdk pelu kuras total krn sebenarnya oli matiknya itu udah longlife/standar luar mobil cukup 5 tahun n juga tdk ada pembuangan olinya yang bisa sampai abis n cukup dgn 4 liter aja..n total juga kalo turun transmisi cuma 8 liter...di merci s sclas sekalipun seperti itu ktnya n tidak ada masalah...sekalipun di dealer resmi jg seperti itu metodenya..berhubung sudah dibuka terpaksa saya ikut aja dah apalg ini bengkel sudah punya nama baik dikalangan merci..saya jd bingung mana yang benar seandainya harus dikuras ulang pun gak masalah ditempat lain krn saya taun depan berencana mau saya jual n ganti model baru jd khawatir sebelum saya jual matik bermasalah krn setau saya matik itu ribet mahal klo rusak..
nah gimana menurut om turboman? terima kasih
mobil2 yg Matic-nya gak ada dipstick oli-nya umumnya memang menggunakan ATF yg very Long Life

Tapi saya sih punya keyakinan tetap aja di suatu titik tertentu ATF akan jenuh dan perlu diganti sebagian.
* Bukan ajakan Beli *
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

kompresorz wrote:@om turboman...
berapa ari lalu oli matik w204 saya sudah 50ribu yang kedua x nah waktu yang pertama saya ganti di sinar sakti(cabang buana sakti) oli matik saya dikuras total dgn menggunakan alat ky buat cuci darah n menghabiskan 12 liter katanya kebetulan saya tidak perhatikan waktu itu n kmaren saya ganti di toko 74 gunung sahari cuma pake 4 liter krn gak perlu kuras total jadi oli di karter aja yg dibuang n sempat saya komplain tapi bosnya meyakinkan tdk pelu kuras total krn sebenarnya oli matiknya itu udah longlife/standar luar mobil cukup 5 tahun n juga tdk ada pembuangan olinya yang bisa sampai abis n cukup dgn 4 liter aja..n total juga kalo turun transmisi cuma 8 liter...di merci s sclas sekalipun seperti itu ktnya n tidak ada masalah...sekalipun di dealer resmi jg seperti itu metodenya..berhubung sudah dibuka terpaksa saya ikut aja dah apalg ini bengkel sudah punya nama baik dikalangan merci..saya jd bingung mana yang benar seandainya harus dikuras ulang pun gak masalah ditempat lain krn saya taun depan berencana mau saya jual n ganti model baru jd khawatir sebelum saya jual matik bermasalah krn setau saya matik itu ribet mahal klo rusak..
nah gimana menurut om turboman? terima kasih
coba ikut jawab ya om....
dua2nya bener om.
kalo cara pake alat ntuh dari selang ke cooler oli maticnya dilepas dan disirkulasi.... kebetulan aku pernah nyoba tapi pake cara manual pake tekanan pompa maticnya, ga pake atf changer :
http://otodiy.blogspot.com/2011/08/diy- ... mesin.html
Image
ntuh abis 7 liter dah bersih.... cuman memang sebelumnya aku turunin pan maticnya sekalian benerin ada packing yang rembes.... : http://otodiy.blogspot.com/2011/08/diy- ... smisi.html

enaknya turunin pan, ntuh bisa bersihin pannya juga om, biasanya ada magnet di dalamnya bisa dibersihin....trus aku sekalian ganti saringan (strainer) oli matic yang ada di dalemnya....
saringan :
Image
ganti baru :
Image

magnetnya dibersihin :
Image
pannya juga :
Image
abis ntuh aku lanjut ama sirkulasi, kalo pake cara gini ga lama oli yang keluar dah bening

kalo menurutku cara nurunin pan lebih bersih soalnya bisa bersihin endapan di pan-nya dan di magnet yang ada di dasar pan....sukur2 kalo saringannya dibersihin ato diganti juga.

regards,
singachu
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ilhami »

Kalau kijang kapsul boleh nggak ganti oli 10rb km sekali?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kompresorz »

@om turboman..
1.jadi cukup sebagian aja alias tidak kuras total apa tidak masalah sisa oli lama bercampur dgn oli baru?
2.nah saya sudah dpt spek sheet oli orisinil bintang n ada 2 jenis oli ditoda yang sama dgn bintang yaitu mobil 1 n q8 n swag,kira2 pilih mana dr 4 oli tsb mnrt om turboman?
kmrn sih di toko ditawarin swag tp saya tolak minta star....trims
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kompresorz »

@ singacu trims....
mantap saya udah baca blognya sama kmrn sih seperti itu caranya bengkel cuma buka dr bawah aja pannya dibuka n dibersihkan n sekalian ganti packing n fiter skalian cuma olinya gak kebuang semua cuma tambah 4 liter aja nah pikiran saya apa krn tuh bengkel gak punya alat kuras matik krn mang gak ada...cuma pikiran saya oli lama bercaampur dgn baru tdk masalah?
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

om turbo, kalo mesin kyk gini itu flat tappet bukan??
msh ga ngerti nih apa yg dimaksud flat tappet & roller rocker :mky_01:


Image

ane sekarang pake oli dgn spek ini buat mesin suzuki M15A :
API SN/SM/SL
VW 505.00 /501.01
MB-Approval 229.1
SAE Grade 10W-40
Viscosity, ASTM D 445
cSt @ 40ºC 92
cSt @ 100ºC 14.4
Viscosity Index, ASTM D 2270 154
Sulfated Ash, wt%, ASTM D 874 0.97
HTHS Viscosity., mPa•s @ 150ºC, ASTM D4683 4.0
Pour Point, ºC, ASTM D 97 -36
Flash Point, ºC, ASTM D 92 220
Density @ 15 ºC, kg/l, ASTM D4052 0.869

menurut om turbo gmn spek oli ini buat mesin mobil ane??
mohon pencerahannya om soalnya ga paham baca data teknis gini :ungg:
dulu pake oli mesin ini jg buat mesin 3SZ-VE ga ada masalah sih tapi kalo pagi2 baru starter ada suara "klek2" kira2 5 detik habis itu hilang suaranya
oh iya sekedar info kalo dulu ane ganti tiap 5000 KM/3 bulan (mana tercapai lebih dulu) + ganti filternya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

@Jambangan :
Betul itu mesin flat tappet

Oli yg comply ke MB 229.1 bisa utk mesin flat tappet
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

Turboman wrote:@Jambangan :
Betul itu mesin flat tappet

Oli yg comply ke MB 229.1 bisa utk mesin flat tappet
sip om berarti aman ya??
oh iya ane nanya2 di forum sebelah disaranin pake oli diesel 15W-40 API CI-4 atau oli bensin 10W-40 API SJ/SL
baca2 di trit ini katanya oli diesel buat mesin bensin banyak kekurangannya walaupun kadar ZDDPnya lumayan tinggi. jadi ane ga berani pake. lagipula angka viskositasnya ga sesuai buat mesin mobil ane
kalo oli bensin yg API SJ/SL sulit sekali menemukannya di pasaran. sekarang banyakan API SM atau SN. jadi mau ga mau ambil API SN
tapi setelah dapet pencerahan dari om turbo kalo MB 229.1 boleh buat mesin flat tappet ane jadi tenang. berarti untuk kedepannya ane pake oli ini aja
thx om turbo buat pencerahannya :frm_tumbright: :thanks:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

kompresorz wrote:@ singacu trims....
mantap saya udah baca blognya sama kmrn sih seperti itu caranya bengkel cuma buka dr bawah aja pannya dibuka n dibersihkan n sekalian ganti packing n fiter skalian cuma olinya gak kebuang semua cuma tambah 4 liter aja nah pikiran saya apa krn tuh bengkel gak punya alat kuras matik krn mang gak ada...cuma pikiran saya oli lama bercaampur dgn baru tdk masalah?
Ga masalah....

beberapa mobil malah ga boleh pake atf changer.....
ada yang menyarankan dengan di tap trus isi oli, pakai jalan, tap lagi isi lagi pakai jalan sampe 2 - 3 x an
yang susah kalo ga ada baut tap-nya

regards,
singachu
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

Jambangan wrote:om turbo, kalo mesin kyk gini itu flat tappet bukan??
msh ga ngerti nih apa yg dimaksud flat tappet & roller rocker :mky_01:


Image

ane sekarang pake oli dgn spek ini buat mesin suzuki M15A :
API SN/SM/SL
VW 505.00 /501.01
MB-Approval 229.1
SAE Grade 10W-40
Viscosity, ASTM D 445
cSt @ 40ºC 92
cSt @ 100ºC 14.4
Viscosity Index, ASTM D 2270 154
Sulfated Ash, wt%, ASTM D 874 0.97
HTHS Viscosity., mPa•s @ 150ºC, ASTM D4683 4.0
Pour Point, ºC, ASTM D 97 -36
Flash Point, ºC, ASTM D 92 220
Density @ 15 ºC, kg/l, ASTM D4052 0.869

menurut om turbo gmn spek oli ini buat mesin mobil ane??
mohon pencerahannya om soalnya ga paham baca data teknis gini :ungg:
dulu pake oli mesin ini jg buat mesin 3SZ-VE ga ada masalah sih tapi kalo pagi2 baru starter ada suara "klek2" kira2 5 detik habis itu hilang suaranya
oh iya sekedar info kalo dulu ane ganti tiap 5000 KM/3 bulan (mana tercapai lebih dulu) + ganti filternya
ntuh M15A aerio yah di foto ? intake nya masih aluminium :D

Jambangan wrote:
Turboman wrote:@Jambangan :
Betul itu mesin flat tappet

Oli yg comply ke MB 229.1 bisa utk mesin flat tappet
sip om berarti aman ya??
oh iya ane nanya2 di forum sebelah disaranin pake oli diesel 15W-40 API CI-4 atau oli bensin 10W-40 API SJ/SL
baca2 di trit ini katanya oli diesel buat mesin bensin banyak kekurangannya walaupun kadar ZDDPnya lumayan tinggi. jadi ane ga berani pake. lagipula angka viskositasnya ga sesuai buat mesin mobil ane
kalo oli bensin yg API SJ/SL sulit sekali menemukannya di pasaran. sekarang banyakan API SM atau SN. jadi mau ga mau ambil API SN
tapi setelah dapet pencerahan dari om turbo kalo MB 229.1 boleh buat mesin flat tappet ane jadi tenang. berarti untuk kedepannya ane pake oli ini aja
thx om turbo buat pencerahannya :frm_tumbright: :thanks:
SGO 5w-30 masih API SL kok

http://service.suzuki.co.id/main/sgo/13 ... liter.html

regards,
singachu
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

singachu wrote:
ntuh M15A aerio yah di foto ? intake nya masih aluminium :D
wah ga tau om
gambar asal nyomot dari google :mky_03:
yg penting M15A :big_smoking:
singachu wrote: SGO 5w-30 masih API SL kok

http://service.suzuki.co.id/main/sgo/13 ... liter.html

regards,
singachu
iya om singachu tapi ane dah males ke beres suzuki lagi setelah rabu kemaren ganti oli disitu dikasih engine flush mesin mobil ane padahal ane ga minta engine flush secara jarak tempuh baru 5350an KM
masalahnya filter oli ga diganti kan kacau tuh
makanya sabtu kemaren ane kuras lagi tuh oli di shop & drive deket rumah + ganti filternya pake oli yg biasa ane pake dulu
lagipula dari dulu ane ga terlalu suka sama oli yg buntut 30 berasa kasar suara mesin. makanya ane ganti ke buntut 40 nih
ke beres sekarang buat servis berkala aja. kalo ganti oli mesin ane diluar aja
gitu om singachu :off_good_job:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

sorry om turbo nanya lagi dong :big_peace:

kalo oli mineral yg bagus buat masa break in apa ya om??
viskositas 10W-40 aja
buat mesin honda R20A jarak tempuh sekarang 2800an KM umur mobil 4 bulan
ane liat oli mesin bawaan pabrik dah lumayan kotor trus volume oli diliat dari dipstick tinggal 50% antara tanda FULL dan ADD
mungkin karena msh masa break in ya jadinya lumayan banyak berkurang olinya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Jambangan wrote:sorry om turbo nanya lagi dong :big_peace:

kalo oli mineral yg bagus buat masa break in apa ya om??
viskositas 10W-40 aja
buat mesin honda R20A jarak tempuh sekarang 2800an KM umur mobil 4 bulan
ane liat oli mesin bawaan pabrik dah lumayan kotor trus volume oli diliat dari dipstick tinggal 50% antara tanda FULL dan ADD
mungkin karena msh masa break in ya jadinya lumayan banyak berkurang olinya
kalau saya di R20A selalu pakai buntut 30, pakai 10W40 tarikan jadi berat, dmana R20A mengijinkan oli 0w30 utk ambient sampai 30 deg lebih.

Break in 5W30 bisa pakai Suzuki genuine Oil 5W30 atau Idemitsu 10W30 mineral, sampai 5K Km aja.
* Bukan ajakan Beli *
pdm
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Fri May 11, 2012 3:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by pdm »

Master2 , tanya donk. Saya sebelumnya pake innova, kalo ke beres ganti oli berkala ikutin standard oli-nya toyot.
Sekarang mobil ane cx5, kalo untuk 1000km pertama perlukan diganti?
Dan oli apa yg bagus untuk cx5, yg bisa mengangkat performance mesin, dan mudah dicari di pasaran (jakarta)
Thank you.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

pdm wrote:Master2 , tanya donk. Saya sebelumnya pake innova, kalo ke beres ganti oli berkala ikutin standard oli-nya toyot.
Sekarang mobil ane cx5, kalo untuk 1000km pertama perlukan diganti?
Dan oli apa yg bagus untuk cx5, yg bisa mengangkat performance mesin, dan mudah dicari di pasaran (jakarta)
Thank you.
CBU Jepang ? gak usah, nanti aja kalo mau ganti di 2000 - 3000 Km

Nah mesin2 Mazda yang baru2 mintanya oli 5W20 (see owners manual), coba lihat utk ambient s/d 35 deg C itu diijinkan pakai SAE berapa

Jika diijinkan 5W20 maka pakailah 5W20 yg berkualitas, namun sayang pilihan oli 5W20 di sini sgt sedikit.

FYI:
oli 5W20 itu mengandung komposisi khusus misal kandungan Molybden nya yg agak besar, utk membantu pembentukan oil film.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

Turboman wrote: kalau saya di R20A selalu pakai buntut 30, pakai 10W40 tarikan jadi berat, dmana R20A mengijinkan oli 0w30 utk ambient sampai 30 deg lebih.

Break in 5W30 bisa pakai Suzuki genuine Oil 5W30 atau Idemitsu 10W30 mineral, sampai 5K Km aja.
sip berarti pake buntut 30 aja ya om
kalo idemitsu 10w-30 berarti sama dgn oli honda ya om
berarti ane pake oli honda aja yak :off_good_job:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

om turbo, barusan googling idemitsu 10w-30 yg mineral based yg ini bukan??
Image
kalo iya berarti nanti ane cari oli ini aja. di toda ada kali yak??
kalo seterusnya pake oli ini menurut om gmn??
ganti tiap 3000 KM sekalian ganti filternya
secara ini msh mineral based
pdm
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Fri May 11, 2012 3:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by pdm »

Om turbo, tertulis di manual:
Recommended Oils:
1. Mazda original Oil Supra 0W-20.
2. Mazda original Oil Ultra 5W-30.
Alternative Oil Quality:
3. API SM/SN 0W-20.
4. API SL/SM or ACEA A3/A5 5W-30
Bisa direcommend merek dan tipe oli apa ya om turbo, yg bisa mengangkat performa dibanding dengan oli default dr mazda-nya.. Tolong dijelaskan singkat dan bahasa-nya awam saja karena saya kurang paham teknis-nya. Thanx om :)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

pdm wrote:Om turbo, tertulis di manual:
Recommended Oils:
1. Mazda original Oil Supra 0W-20.
2. Mazda original Oil Ultra 5W-30.
Alternative Oil Quality:
3. API SM/SN 0W-20.
4. API SL/SM or ACEA A3/A5 5W-30
Bisa direcommend merek dan tipe oli apa ya om turbo, yg bisa mengangkat performa dibanding dengan oli default dr mazda-nya.. Tolong dijelaskan singkat dan bahasa-nya awam saja karena saya kurang paham teknis-nya. Thanx om :)
Yg mudah ditemui ya oli 5W30, kalau mau oke pilih yg Full Synthetic API SL atau SN, yg lebih mudah dicari yg API SN, atau yg comply standard ACEA A1 / A5 spt Castrol Magnatec 5W30 (kalo gak salah), please see label first.

Atau 5W30 yg comply ke standard VW 503 / 504 / 507 misalnya, karena standard VW 50x ini HTHS rendah alias 5W30 encer, salah 1 contohnya = Q8 V LongLife 5w30 (di Toda ada)

Atau bisa juga consider Total Quartz 9000 Future 5W30 API SN karena Total ini yg bikin oli 5W30 Mazda genuine oil. (kata mbah gugel)

Atau : Agip Sint Evolution 0W30 MB 229.3 Full Synth., ini oli okeh banget (Toda ada)

tapi coba cek dulu oli bawaan CX-5 dari baru itu SAE berapa, sebab antara 5W20 vs 5W30 sih pasti lebih enteng 5W20, tapi di kita carinya susah.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Jambangan wrote:om turbo, barusan googling idemitsu 10w-30 yg mineral based yg ini bukan??
Image
kalo iya berarti nanti ane cari oli ini aja. di toda ada kali yak??
kalo seterusnya pake oli ini menurut om gmn??
ganti tiap 3000 KM sekalian ganti filternya
secara ini msh mineral based
Oli ini buat break in aja........hahahahaah

buat selepas 5000 Km cari oli 5W30 yg Full Synth lah kalo mau enak
* Bukan ajakan Beli *
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kompresorz »

singachu wrote:
kompresorz wrote:@ singacu trims....
mantap saya udah baca blognya sama kmrn sih seperti itu caranya bengkel cuma buka dr bawah aja pannya dibuka n dibersihkan n sekalian ganti packing n fiter skalian cuma olinya gak kebuang semua cuma tambah 4 liter aja nah pikiran saya apa krn tuh bengkel gak punya alat kuras matik krn mang gak ada...cuma pikiran saya oli lama bercaampur dgn baru tdk masalah?
Ga masalah....

beberapa mobil malah ga boleh pake atf changer.....
ada yang menyarankan dengan di tap trus isi oli, pakai jalan, tap lagi isi lagi pakai jalan sampe 2 - 3 x an
yang susah kalo ga ada baut tap-nya

regards,
singachu

oo syukurlah kalo gak masalah....semoga kuat mobilnya pake 1 tahun lg...hehehe

terima kasih ya...
User avatar
Dyarz_
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Dec 21, 2012 7:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Dyarz_ »

@Om Turbo SHU AB nyari dimana lagi ya yang murah ?

di DTMF (Sanjaya) yang ada cman SAE 5W40 :ungg:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

Turboman wrote: Oli ini buat break in aja........hahahahaah

buat selepas 5000 Km cari oli 5W30 yg Full Synth lah kalo mau enak
siap om turbo :frm_salut:

Dyarz_ wrote:@Om Turbo SHU AB nyari dimana lagi ya yang murah ?

di DTMF (Sanjaya) yang ada cman SAE 5W40 :ungg:
di forum sebelah ada yg jual tuh om
harganya berkisar 125rb/liter
kalo per karton (isi 12 liter) berkisar 1,440 jt/karton
btw SHU 5W-30 & SHU AB 5W-30 itu sama ga sih??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

SHU 5W30 konon pengganti SH AB 5W30, tapi feeling saya sih isinya sama.

Kalo di DTMF cari SHU / SHU AB 5W30 = toko Graha Sakti, sebelah BCA - DTMF.
* Bukan ajakan Beli *
massgawat
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Dec 31, 2012 18:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by massgawat »

Pak Turboman,,

kalo secara gambar dibwah ni flat tappet juga yah?
nubie pake Motul H-Tech 5W30 SN,,sebelumnya pake Magnetec 10W-40, jalan mpe 3000an km dh gag enak,,baca2 di SM trus pake Motul tu, sekarang baru jalan 250an KM, enak, alus juga,,

Image

makasih pencerahannya Pak TurboMan,,,